RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Bereunuen
Kelas/Semester : IV/1
Tema 4 :
Berbagai
Pekerjaan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran :
Pekerjaan Orang Tuaku/
1
Alokasi
Waktu : 1 hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.5 Menguraikan
pendapat pribadi tentang isi buku sastra
(cerita, dongeng, dan sebagainya).
3.5.1
Mendeskripsikan
penilaian cerita secara lisan dan tulisan secara perinci.
4.5 Menyajikan
petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks
tulis dan visual menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif.
4.5.1
Menilai cerita secara perinci.
b) IPS
3.3
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan
hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan
budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
3.3.1
Mengidentifikasi
jenis pekerjaan terkait social budaya di wilayahnya secara perinci.
4.3 Menyajikan
hasil identifikasi kegiatan
ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan,
sosial dan budaya di
lingkungan sekitar sampai provinsi
4.3.1
Mengomunikasikan
jenis pekerjaan terkait
sosial budaya di wilayahnya secara perinci.
c) IPA
3.8 Menjelaskan
pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di
lingkungannya.
3.8.1
Menginformasikan
dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.8 Melakukan
kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang dilingkungannya.
4.8.1
Menuliskan
contoh kegiatan sebagai upaya
pencegahan langkanya sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
Karakter
yang Dikembangkan : Disiplin, Kerjasama, Mandiri, Religius, integritas
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Setelah membaca
dongeng “Tupai dan Ikan gabus”, siswa mampu menilai cerita secara perinci.
2.
Setelah membaca
dongeng “Tupai dan Ikan gabus”, siswa mampu mendeskripsikan
penilaian cerita secara lisan dan tulisan secara perinci.
3.
Setelah membaca
teks tentang pengrajin kayu, siswa mampu mengidentifikasi
jenis pekerjaan terkait social budaya di wilayahnya secara perinci.
4.
Setelah berdiskusi,
siswa mampu mengomunikasikan jenis pekerjaan terkait
sosial budaya di wilayahnya secara perinci.
5.
Setelah mengamati
gambar, siswa mampu menginformasikan dampak pemanfaatan
sumber daya alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
6.
Setelah berdiskusi,
siswa mampu menuliskan contoh kegiatan sebagai upaya
pencegahan langkanya sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
D.
DESKRIPSI MATERI
PEMBELAJARAN :
1.
Menilai cerita utuh Mengidentifikasi kegiatan terkait pengontrolan dalam pemanfaatan sumber daya alam
2. Melaporkan
jenis-jenis pekerjaan terkait sosial budaya
E.
PENDEKATAN
DAN METODE
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
4. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
5. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Berbagai Pekerjaan”.
6. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Sebelumnya guru
menempelkan gambar tupai dan ikan
gabus di papan tulis.
o
Guru menyampaikan
bahwa hari ini siswa akan
membaca dongeng dari daerah Kalimantan
Barat, yaitu ‘Tupai dan Ikan Gabus’.
o
Mintalah siswa
untuk membuat prediksi ceritanya.
Prediksi tidak harus benar.
o
Siswa diminta
membaca dalam hati teks tentang “Tupai dan Ikan Gabus” dalam hati.
o
Setiap siswa
menemukan unsur cerita dan menuliskannya kedalam peta pikiran. Siswa kemudian mendiskusikan hasilnya
dengan teman satu kelompok.
o
Guru membimbing
diskusi dan berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota
berpartisipasi aktif.
o
Guru melakukan
penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi.
Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat
mereka melakukan diskusi di
kesempatan lain.
o
Guru mengajak
satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya,
lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi
kesempatan kepada seluruh
siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung namun memberi kesempatan
kepada siswa lain untuk
mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya.
o
Guru dapat
menguatkan jawaban-jawaban yang ada.
o
Siswa diminta
menuliskan pendapatnya mengenai cerita tersebut.
o
Guru menyampaikan
rubrik penilaian agar mereka memahami apa yang akan
dinilai.
o
Siswa menukarkan
hasil pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling mengomentari. Siswa dapat bekerja
berpasangan.
Tugas dinilai
dengan rubrik.
o
Untuk menambah
pemahaman siswa tentang jenis-jenis pekerjaan, guru mengajak siswa membaca teks tentang seorang
pengrajin kayu.
o
Siswa diminta
menjawab pertanyaan pada buku pelajaran dan mendiskusikannya
dengan teman kelompok.
o
Guru meminta satu
perwakilan siswa untuk menyampaikan hasilnya dan membahasnya bersama.
o
Secara individu,
siswa harus menuliskan pengrajin yang ada di sekitar mereka. Karena tulisan akan dinilai, guru
menyosialisasikan rubrik kepada siswa.
o
Tugas dinilai
dengan menggunakan daftar periksa
o
Guru melanjutkan
pembelajaran dengan meminta siswa untuk mengamati
gambar dan mengisi diagram tentang kondisi hutan di Kalimantan.
o
Guru meminta
setiap kelompok untuk mendiskusikannya dan memberikan
penguatan.
o
Siswa melanjutkan
pekerjaannya dengan mengamati gambar Kalimantan dan
membuat prediksi tentang kondisi hutan. Siswa diminta untuk menuliskan alternatif jalan keluar agar kondisi
hutan tidak bertambah buruk.
o
Tugas dinilai
dengan menggunakan daftar periksa.
o
Siswa diminta
membuat perkiraan tentang kenampakan hutan di Kalimantan
pada tahun 2030, dengan cara mewarnai menggunakan warna hijau.
o
Siswa menuliskan
cara-cara yang harus dilakukan untuk menghindari kerusakan hutan.
o
SIswa kemudian
mendiskusikan hasilnya secara berpasangan.
o
Siswa melakukan
refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.
Pengayaan
o
Mintalah siswa
untuk menuliskan akhir cerita yang berbeda dari dongeng “Tupai dan Ikan Gabus”.
Remedial
o
Bagi siswa yang
belum mampu menemukan unsur-unsur cerita dalam bacaan,
akan diberikan latihan tambahan menggunakan cerita yang lebih sederhana.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/
rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
A.
Teknik Penilaian:
·
Penilaian Sikap : kerja sama, peduli, komunikatif
·
Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis
·
Penilaian
Keterampilan : Uji unjuk kerja
B.
Bentuk Instrumen
Penilaian
1. Sikap
2. Pengetahuan
Siswa mengerjakan
soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
3. Keterampilan
Penilaian
1. Diskusi
Saat siswa
melakukan diskusi tentang peta pikiran berkaitan dengan
pentingnya menjaga
kelestarian dan sumber daya alam.
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
|
Mendengarkan
teman yang
berbicara, namun sesekali
masih perlu
diingatkan.
|
Masih perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
|
Sering
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara,
namun tidak
mengindahkan.
|
|
Komunikasi
non-verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara)
|
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
non-verbal
dengan tepat.
|
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
Sering
merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
|
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon
sesuai dengan
topik.
|
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
namun terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik.
|
Jarang
berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung
|
|
Penilaian (penskoran):
Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
2. Bahasa Indonesia
Komentar
siswa tentang cerita dinilai dengan menggunakan rubrik.
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Topik cerita
|
Topik cerita
disampaikan
dengan benar.
|
Topik cerita
disampaikan
mendekati benar.
|
Topik cerita
disampaikan,
namun kurang
benar
|
Topik
cerita
tidak
disampaikan
|
|
Alur cerita
|
Alur
cerita
disampaikan
dengan
lengkap
dan
runtut
|
Alur cerita
disampaikan
dengan lengkap,
namun tidak
runtut.
|
Sebagian besar
alur cerita
disampaikan
dengan runtut
|
Sebagian kecil
alur cerita
disampaikan
dan tidak
runtut.
|
|
Latar
belakang
cerita
|
Latar
belakang
cerita
disampaikan
dengan
benar
|
Latar
belakang
cerita
disampaikan
mendekati
benar
|
Latar belakang
cerita
disampaikan
namun kurang
benar.
|
Latar
belakang
cerita
tidak
disampaikan
|
|
Fakta
pendukung
|
Fakta
pendukung yang
disampaikan
seluruhnya
sesuai dengan
isi cerita.
|
Fakta pendukung
yang disampaikan
sebagian besar
sesuai dengan isi
cerita
|
Fakta
pendukung yang
disampaikan,
sebagian kecil
sesuai dengan
isi cerita
|
Fakta
yang
disampaikan
tidak
sesuai
cerita.
|
|
Penilaian (penskoran): Total Nilai Siswa x
10
Total Nilai Maksimal
3. IPS
Indikator
Penilaian
|
Ada
|
Tidak ada
|
Memuat
minimal 2 jenis pekerjaan yang dilibatkan.
|
|
|
Menyebutkan produk yang dihasilkan terkait sosial
budaya.
|
|
|
Menyebutkan
sumber daya alam yang sesuai.
|
|
|
Menyebutkan
manfaat pekerjaan terhadap masyarakat
minimal
3.
|
|
|
4. IPA
Diagram Venn
tentang perbedaan jenis pekerjaan yang merugikan sumber daya alam dinilai
dengan centang (√).
Indikator
Penilaian
|
Ada
|
Tidak ada
|
Menyebutkan
dua jenis pekerjaan
|
|
|
Menyebutkan
persamaan tugas pekerjaan minimal 3.
|
|
|
Menyebutkan
perbedaan tugas pekerjaan minimal 3.
|
|
|
Menyebutkan
persamaan/perbedaan dampak positif.
|
|
|
Menyebutkan
persamaan/perbedaan dampak negatif.
|
|
|
5. Penilaian sikap (Percaya diri). Contoh
format di lampiran 2 Buku Guru.
H. Sumber
dan Media
o
Buku Guru
o
Buku Siswa
o
Gambar tupai dan
ikan gabus
Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3
Beureunuen
CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312
199402 2 002
|
|
Beureunuen, …, ………….., 2017
Guru Kelas IV A
MISRIATI,
A.Ma.Pd
NIP: 19650103 198610 2 001
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Berdasarkan
cerita Tupai dan Ikan Gabus tersebut,
temukan unsur-unsur cerita yang ada dan tuliskan
pada kolom berikut:
Bagaimana
pendapatmu tentang cerita tersebut?
Hal
baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?
Sampaikan
tulisanmu di depan kelas!
RPP LAINNYA:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment