Home » » TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 4 November 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Bereunuen
Kelas/Semester                           : IV/1
Tema 4                                        : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Pekerjaan Orang Tuaku/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 hari

A. KOMPETENSI INTI :
1.         Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
3.5.1        Mendeskripsikan penilaian cerita secara lisan dan tulisan secara perinci.
4.5 Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.5.1        Menilai cerita secara perinci.

b) IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
3.3.1        Mengidentifikasi jenis pekerjaan terkait social budaya di wilayahnya secara perinci.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
4.3.1        Mengomunikasikan jenis pekerjaan terkait sosial budaya di wilayahnya secara perinci.

c) IPA
3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
3.8.1        Menginformasikan dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang dilingkungannya.
4.8.1        Menuliskan contoh kegiatan sebagai upaya pencegahan langkanya sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

Karakter yang Dikembangkan  : Disiplin, Kerjasama, Mandiri,  Religius, integritas

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Setelah membaca dongeng “Tupai dan Ikan gabus”, siswa mampu menilai cerita secara perinci.
2.      Setelah membaca dongeng “Tupai dan Ikan gabus”, siswa mampu mendeskripsikan penilaian cerita secara lisan dan tulisan secara perinci.
3.      Setelah membaca teks tentang pengrajin kayu, siswa mampu mengidentifikasi jenis pekerjaan terkait social budaya di wilayahnya secara perinci.
4.      Setelah berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan jenis pekerjaan terkait sosial budaya di wilayahnya secara perinci.
5.      Setelah mengamati gambar, siswa mampu menginformasikan dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
6.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh kegiatan sebagai upaya pencegahan langkanya sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

D.      DESKRIPSI MATERI PEMBELAJARAN :
1.      Menilai cerita utuh Mengidentifikasi kegiatan terkait pengontrolan dalam pemanfaatan sumber daya alam
2.      Melaporkan jenis-jenis pekerjaan terkait sosial budaya

E.       PENDEKATAN DAN METODE
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
4.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
5.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Berbagai Pekerjaan”.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Sebelumnya guru menempelkan gambar tupai dan ikan gabus di papan tulis.
o   Guru menyampaikan bahwa hari ini siswa akan membaca dongeng dari daerah Kalimantan Barat, yaitu ‘Tupai dan Ikan Gabus’.
o   Mintalah siswa untuk membuat prediksi ceritanya. Prediksi tidak harus benar.

o   Siswa diminta membaca dalam hati teks tentang “Tupai dan Ikan Gabus” dalam hati.
o   Setiap siswa menemukan unsur cerita dan menuliskannya kedalam peta pikiran. Siswa kemudian mendiskusikan hasilnya dengan teman satu kelompok.

o   Guru membimbing diskusi dan berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
o   Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan lain.
o   Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya.
o   Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada.
o   Siswa diminta menuliskan pendapatnya mengenai cerita tersebut.
o   Guru menyampaikan rubrik penilaian agar mereka memahami apa yang akan dinilai.
o   Siswa menukarkan hasil pekerjaannya dengan pekerjaan temannya dan saling mengomentari. Siswa dapat bekerja berpasangan.

Tugas dinilai dengan rubrik.
o   Untuk menambah pemahaman siswa tentang jenis-jenis pekerjaan, guru mengajak siswa membaca teks tentang seorang pengrajin kayu.
o   Siswa diminta menjawab pertanyaan pada buku pelajaran dan mendiskusikannya dengan teman kelompok.
o   Guru meminta satu perwakilan siswa untuk menyampaikan hasilnya dan membahasnya bersama.
o   Secara individu, siswa harus menuliskan pengrajin yang ada di sekitar mereka. Karena tulisan akan dinilai, guru menyosialisasikan rubrik kepada siswa.
o   Tugas dinilai dengan menggunakan daftar periksa
o   Guru melanjutkan pembelajaran dengan meminta siswa untuk mengamati gambar dan mengisi diagram tentang kondisi hutan di Kalimantan.
o   Guru meminta setiap kelompok untuk mendiskusikannya dan memberikan penguatan.
o   Siswa melanjutkan pekerjaannya dengan mengamati gambar Kalimantan dan membuat prediksi tentang kondisi hutan. Siswa diminta untuk menuliskan alternatif jalan keluar agar kondisi hutan tidak bertambah buruk.
o   Tugas dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
o   Siswa diminta membuat perkiraan tentang kenampakan hutan di Kalimantan pada tahun 2030, dengan cara mewarnai menggunakan warna hijau.
o   Siswa menuliskan cara-cara yang harus dilakukan untuk menghindari kerusakan hutan.
o   SIswa kemudian mendiskusikan hasilnya secara berpasangan.
o   Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.

Pengayaan
o   Mintalah siswa untuk menuliskan akhir cerita yang berbeda dari dongeng “Tupai dan Ikan Gabus”.

Remedial
o   Bagi siswa yang belum mampu menemukan unsur-unsur cerita dalam bacaan, akan diberikan latihan tambahan menggunakan cerita yang lebih sederhana.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

G.      Penilaian :
A.    Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
2.      Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
3.      Keterampilan
 

Penilaian
1. Diskusi
Saat siswa melakukan diskusi tentang peta pikiran berkaitan dengan
pentingnya menjaga kelestarian dan sumber daya alam.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
Mendengarkan
teman yang
berbicara, namun sesekali
masih perlu
diingatkan.
Masih perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
Sering
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara,
namun tidak
mengindahkan.
Komunikasi
non-verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
non-verbal
dengan tepat.
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering
merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non-verbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon
sesuai dengan
topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
namun terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik.
Jarang
berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung







Penilaian  (penskoran):         Total Nilai Siswa          x 10
Total Nilai Maksimal

2. Bahasa Indonesia
Komentar siswa tentang cerita dinilai dengan menggunakan rubrik.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Topik cerita
Topik cerita
disampaikan
dengan benar.
Topik cerita
disampaikan
mendekati benar.
Topik cerita
disampaikan,
namun kurang
benar
Topik
cerita tidak
disampaikan
Alur cerita
Alur cerita
disampaikan
dengan lengkap
dan runtut
Alur cerita
disampaikan
dengan lengkap,
namun tidak
runtut.
Sebagian besar
alur cerita
disampaikan
dengan runtut
Sebagian kecil
alur cerita
disampaikan
dan tidak
runtut.
Latar
belakang
cerita
Latar belakang
cerita
disampaikan
dengan benar
Latar belakang
cerita
disampaikan
mendekati benar
Latar belakang
cerita
disampaikan
namun kurang
benar.
Latar belakang
cerita tidak
disampaikan
Fakta
pendukung
Fakta
pendukung yang
disampaikan
seluruhnya
sesuai dengan
isi cerita.
Fakta pendukung
yang disampaikan
sebagian besar
sesuai dengan isi
cerita
Fakta
pendukung yang
disampaikan,
sebagian kecil
sesuai dengan
isi cerita
Fakta yang
disampaikan
tidak sesuai
cerita.







Penilaian  (penskoran):         Total Nilai Siswa          x 10
Total Nilai Maksimal

3. IPS
Indikator Penilaian
Ada
Tidak ada
Memuat minimal 2 jenis pekerjaan yang dilibatkan.


Menyebutkan produk yang dihasilkan terkait sosial
budaya.


Menyebutkan sumber daya alam yang sesuai.


Menyebutkan manfaat pekerjaan terhadap masyarakat
minimal 3.



4. IPA
Diagram Venn tentang perbedaan jenis pekerjaan yang merugikan sumber daya alam dinilai dengan centang (√).
Indikator Penilaian
Ada
Tidak ada
Menyebutkan dua jenis pekerjaan


Menyebutkan persamaan tugas pekerjaan minimal 3.


Menyebutkan perbedaan tugas pekerjaan minimal 3.


Menyebutkan persamaan/perbedaan dampak positif.


Menyebutkan persamaan/perbedaan dampak negatif.




5. Penilaian sikap (Percaya diri). Contoh format di lampiran 2 Buku Guru.

H. Sumber dan Media
o   Buku Guru
o   Buku Siswa
o   Gambar tupai dan ikan gabus


Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312 199402 2 002

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas IV A



MISRIATI, A.Ma.Pd
NIP: 19650103 198610 2 001




Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berdasarkan cerita Tupai dan Ikan Gabus tersebut, temukan unsur-unsur cerita yang ada dan tuliskan
pada kolom berikut:

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)





Bagaimana pendapatmu tentang cerita tersebut?



Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut? 
 

Sampaikan tulisanmu di depan kelas!
 

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

RPP LAINNYA:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors