Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 13 November 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 2 Busu
Kelas/Semester                        : 1/1
Tema 4                                     : Keluargaku
Sub Tema 3/ Pembelajaran       : Keluargaku Besarku/ 1
Alokasi Waktu                          : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah .
3.9.1        Memberikan tanggapan dengan menggunakan bahasa yang santun.
3.9.2        Mengidentifikasi anggota keluarga besar dengan benar.
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulis.
4.9.1        Membaca teks tentang keluarga besar dengan lancar.
4.9.2        Memasangkan gambar dan nama anggota keluarga besar dengan benar.

b) PPKn
3.3  Mengidentifikasi keberagamankarateristik individu di rumah.
3.3.1        Mengisi tabel daftar keluarga di rumah dengan benar.
3.3.2        Mengisi kedudukan keluarga besar Udin dengan benar.
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah.
4.3.1        Memperkenalkan anggota keluarganya di depan kelas dengan benar dan jelas .

c) SBdP
3.1  Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
3.1.1 Mengidentifikasikarya dua dimensi, kemudian siswa dapat menyelesaikan gambar dua dimensi dengan baik.
4.1  Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1.1 Menentukan ide/ gagasan, tema, dan obyek untuk membuat karya dua dimensi dengan teknik menggambar yang benar.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan mengamati contoh guru membaca, siswa dapat membaca teks tentang keluarga besar dengan lancar.
2.      Dengan mengamati gambar di buku siswa, siswa dapat memberikan tanggapan dengan menggunakan bahasa yang santun.
3.      Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi anggota keluarga besar dengan benar.
4.      Dengan membaca teks dan melihat gambar, siswa dapat memasangkan gambar dan nama anggota keluarga besar dengan benar.
5.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengisi tabel daftar keluarga di rumah dengan benar.
6.      Dengan mengamat contoh, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarganya di depan kelas dengan benar dan jelas .
7.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengisi kedudukan keluarga besar Udin dengan benar.
8.      Dengan mengamati contoh gambar siswa mampu mengidentifikasikarya dua dimensi, kemudian siswa dapat menyelesaikan gambar dua dimensi dengan baik.
9.      Dengan menggambar di buku siswa, siswa mampu menentukan ide/ gagasan, tema, dan obyek untuk membuat karya dua dimensi dengan teknik menggambar yang benar.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Mengenal anggota keluarga besar
2.      Mampu memperkenalkan keluarga besar.
3.      Menggambar

E.       PENDEKATAN DAN METODE
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
§  Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
§  Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
§  Guru melakukan ice breaking dengan bermain tebak nama-nama benda.
o   Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
o   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengawali pembelajaran dengan membacakan teks pada buku siswa.
o   Siswa diingatkan kembali mengenai anggota keluarga selain ayah, ibu, kakak, dan adik.
o   Siswa diminta mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa diajak berdiskusi mengenai isi gambar.
o   Siswa diminta memberikan tanggapan mengenai isi gambar secara bergiliran.
o   Rangkum jawaban siswa dan ajak siswa untuk membuat kesimpulan dari gambar yang telah diamati.
o   Jika siswa sudah memperoleh kesimpulan bahwa topik diskusi adalah mengenai keluarga besar, maka tanyakan pada siswa, siapa saja keluarga yang dikenal selain ayah, ibu, atau adik.
o   Siswa berlatih memasangkan kosakata panggilan nama keluarga sesuai dengan keterangan teks sebelumnya
o   Siswa diminta menceritakan anggota keluarga besarnya yang siswa ketahui.
o   Setelah itu siswa diminta mengerjakan latihan di buku siswa, yaitu mengisi tabel panggilan untuk nenek dan kakek berdasarkan asal daerahnya.
o   Siswa diminta mengamati silsilah keluarga besar Udin.
o   Setelah mengamati silsilah keluarga besar
o   Udin, kemudian siswa menulis jawaban latihan nama panggilan keluarga besar.
o   Siswa diminta mengamati gambar lukisan
o   Udin. Kemudian diskusikan objek, warna, serta alat yang digunakan Udin untuk menggambar.
o   Setelah berdiskusi mengenai gambar lukisan Udin, Siswa diminta menggambar keluarganya masing-masing.
o   Siswa mengisi tabel mengenai gambar keluarganya yang berisi nama benda yang digambar, warna, dan alat yang digunakan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
§  Guru melakukan review atau pengulangan inti pembelajaran.
o   Sebagai penutup siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudah mereka lakukan sepanjang hari ini.
o   Pelajaran ditutup dengan doa bersama
15 menit

G.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai;     a.Penilaian Sikap
                                                  b.Penilaian Pengetahuan
                                                  c. Penilaian Ketrampilan       
2.      Jenis penilaian;            a. observasi
                                            b. tertulis,lisan
                                            c. praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian
1. Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian sikap)

2. Penilaian Pengetahuan
Latihan tertulis (lembar kerja) memasangkan gambar dan nama anggota keluarga besar.
Pasangkan gambar dibawah ini dengan nama panggilan keluarga Udin.
Contoh:


Skor maksimal 100
Skor tiap soal: 20
20 x 6/1,2 =100

Menulis nama panggilan keluarga berdasarkan gambar silsilah keluarga Udin di buku siswa

Contoh:
Adik dari ibu dipanggil ....
Jawabannya Bibi
Ayah dari ayah atau ibu kita dipanggil kakek.
Ibu dari ayah atau ibu kita dipanggil nenek.
Adik laki-laki dari ayah atau ibu dipanggil paman.
Anak dari paman atau bibi dipanggil sepupu.
Skor maksimal: 100
Skor tiap nomer : 50
50 x 4 /2= 100


3. Penilaian Keterampilan
Unjuk kerja memberikan tanggapan berdasarkan gambar
Aspek
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu
Pendampingan
1
Kemampuan
memberikan
tanggapan
• Tanggapan siswa
sesuai dengan
fakta yang ada di
gambar
• Siswa
menambahkan
informas idi luar
gambar
Tanggapan
siswa sesuai
dengan fakta
yang ada
di gambar
Tanggapan
siswa tidak
sesuai
dengan fakta
yang ada di
gambar
Belum mampu
memberikan
tanggapan
Kepercayaan
diri dalam
memberikan
tanggapan
Tidak terlihat ragu-
ragu
Terlihat ragu-
ragu
Memerlukan
bantuan
guru
Belum
menunjukkan
kepercayaan
diri

Unjuk Kerja membuat lukisan
Aspek
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu
Pendampingan
1
Kemampuan
menggambar
• Gambar siswa
memiiliki
komposisi garis
dan bidang
yang baik
• Siswa mampu
menggambar
dengan rapi
• Gambar siswa
memiiliki
komposisi
garis dan
bidang yang
baik cukup
baik
• Siswa mampu
menggambar
dengan rapi
• Siswa
mampu
menggambar
dengan tidak
rapi
Belum mampu
menggambar
Kemampuan
mewarnai
Komposisi warna
bergradasi
Komposisi warna
sudah banyak
Sedikit warna
Belum
diberikan
warna

H.      Sumber dan Media
1.         Buku pegangan siswa.
2.         Kartu kosakata bergambar ayah, ibu, nenek, kakek, paman dan bibi.
3.         Contoh pohon keluarga.
4.         Buku gambar.



Mengetahui,
Kepala SD Negeri 2 Busu



BUKHARI, S.Pd
NIP. 19801105 200604 1 017

Busu, ….., …………………....,  2017
Guru Kelas I



CUT AJI, S.Pd
NIP: 19631231 198309 2 004



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Pasangkan gambar di bawah ini dengan nama panggilan keluarga Udin

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)


Silsilah keluarga besar Udin

TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)


 Media
TEMA 4 KELAS 1 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

RPP LAINNYA:
TEMA 4 KELAS 4 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors