Home » » TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 16 November 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




Satuan Pendidikan                     : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                         : 5/1
Tema 4                                      : Sehat itu Penting
Sub Tema 3/ Pembelajaran        : Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia/1
Alokasi Waktu                          : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) IPA
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah  manusia.
3.4.1        Mengidentifikasi berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah manusia dan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah.
4.4  Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.
4.4.1        Memelihara kesehatan organ peredaran darah.

b) Bhs. Indonesia
3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
3.6.1        Menjelaskan isi pantun yang disajikan secara lisan dan runtut.
3.6.2        Menjelaskan isi pantun yang disajikan secara tertulis dan runtut.
4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
4.6.1        Membacakan pantun yang dibuatnya dengan lafal dan intonasi yang tepat.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan kegiatan mencari tahu tentang berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah dan cara pencegahannya, siswa dapat mengidentifikasi berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah manusia dan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah.
2.      Dengan kegiatan mengamati pembacaan pantun, siswa dapat menjelaskan isi pantun yang disajikan secara lisan dan runtut.
3.      Dengan kegiatan menulis pantun, siswa dapat menjelaskan isi pantun yang disajikan secara tertulis dan runtut.
4.      Dengan kegiatan mencoba menulis pantun dengan tema menjaga kesehatan tubuh, siswa dapat membacakan pantun yang dibuatnya dengan lafal dan intonasi yang tepat.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Isi pantun yang disajikan secara lisan
2.      Berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah pada manusia.

E.       PENDEKATAN DAN METODE
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o   Mengajak semua siswa berdoa.
o   Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
o   Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o   Menginformasikan tentang subtema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Makanan Sehat”.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan berkaitan dengan aktivitas-aktivitas yang dapat memelihara peredaran darah manusia, yakni bersepeda.
o   Pada kegiatan: AYO, BACALAH: siswa membaca bacaan tentang manfaat bersepeda.

Alternatif kegiatan membaca:
Alternatif 1:
o   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.

Alternatif 2:
o   Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut danmeminta siswa lain menyimak.
Alternatif 3:
o   Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
o   Pada kegiatan: AYO MENULIS: siswa mencari dan mengumpulkan data dan informasi untuk mengisi tabel tentang nama-nama penyakit yang dapat mengganggu peredaran darah dalam tubuh dan cara pencegahannya.

Alternatif Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran:
o   Kegiatan pembelajaran ini dapat disajikan ke dalam bentuk diskusi, adapun alternatif pelaksanaan diskusinya sebagai berikut:
o   Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
o   Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi.
o   Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaanpertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
o   Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
o   Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
o   Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru mengkonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
o   Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi.
§  Guru menarasikan kalimat penghubung antar kompetensi.
o   Slogan“ Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati” menjadi kalimat kunci sebagai penghubung antarkompetensi, yakni cara memelihara peredaran darah dalam tubuh manusia dengan pantun.
§  Guru bersama-sama dengan siswa membaca pantun pada buku siswa.
§  Selesai membaca, siswa mencermati pantun dengan seksama.
§  Pada kegiatan AYO MENGAMATI: siswa secara mandiri mengamati pantun.
o   Hasil pengamatan siswa terhadap pantun digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.

Catatan:
o   Eksplorasi: ajarkan siswa untuk mengeksplorasi pantun secara cermat untuk menggali informasi.
o   Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan.
o   Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog interaktif.
o   Selesai menjawab pertanyaan pada buku siswa, guru secara acak dan spontan menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil jawabannya.

Tips dan Saran
o   Berikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan eksplorasi, pengumpulan data, dan komunikasi.
o   Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian, dengan melihat kedalaman dan kebenaran jawaban siswa serta kelengkapan data/informasi yang dikumpulkan siswa.
o   Guru bersama-sama siswa mengidentifikasi ciri-ciri pantun.
o   Pada kegiatan AYO MENULIS: Guru memberikan waktu kepada siswa untuk memahami ciri-ciri pantun.
o   Setelah benar-benar memahami, secara mandiri siswa menuliskan ciri-ciri pantun pada buku siswa.
o   Pada kegiatan: AYO MEMBACA: siswa membaca bacaan tentang cara-cara memelihara kesehatan peeredaran darah dalam tubuh, selain bersepeda.
o   Siswa mengidentifikasi dan menyebutkan cara-cara memelihara kesehatan peredaran darah dalam tubuh.

Alternatif kegiatan membaca:
Alternatif 1:
o   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
Alternatif 2:
o   Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
Alternatif 3:
o   Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
o   Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apakah kamu sudah menjaga kesehatan organ peredaran darah dalam tubuhmu? Bagaimanakah bentuk usaha yang sudah kamu lakukan untuk mencegah terjadinya gangguan pada organ peredaran tubuhmu?
o   Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
o   Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai cara memelihara kesehatan peredaran darah dalam tubuh manusia.

Catatan:
o   Merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
o   Pada aktivitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
o   Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan remidial dan pengayaan sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
o   Dengan bimbingan dan pengawasan orang tua, siswa membuat jadwal olah raga untuk menjaga kesehatan peredaran darah dalam tubuh manusia.
o   Siswa menerapkan secara disiplin jadwal dan kekuatan olah raga untuk menjaga kesehatan peredaran darah dalam tubuh manusia.

C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

G.      Penilaian :
A.    Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
a. Disiplin
b. Tanggung Jawab
c. Peduli
d. Percaya Diri


KEGIATAN PENILAIAN
Rubrik Mempresentasikan Berbagai Gangguan Organ Peredaran Darah
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Mengetahui
berbagai
penyakit yang
mempengaruhi
organ peredaran
manusia.
Mengetahui cara
memelihara
kesehatan organ
peredaran darah
manusia.
Menjelaskan
berbagai
penyakit yang
mempengaruhi
organ peredaran
manusia dan
menjelaskan
cara memelihara
kesehatan organ
peredaran darah
manusia dengan
benar.
Menjelaskan
sebagian besar
berbagai
penyakit yang
mempengaruhi
organ peredaran
manusia dan
menjelaskan
cara memelihara
kesehatan organ
peredaran darah
manusia dengan
benar.
Menjelaskan
sebagian kecil
berbagai
penyakit yang
mempengaruhi
organ
peredaran
manusia dan
menjelaskan
cara memelihara
kesehatan
organ peredaran
darah manusia
dengan benar
Belum dapat
menjelaskan
berbagai
penyakit yang
mempengaruhi
organ peredaran
manusia dan
menjelaskan
cara memelihara
kesehatan organ
peredaran darah
manusia.
Menggunakan
bagan atau
diagram
alur untuk
menjelaskan
berbagai
pernyakit yang
mempengaruhi
kerja organ
peredaran darah.
Menyajikan
bagan atau
diagram
alur untuk
menjelaskan
berbagai
pernyakit yang
mempengaruhi
kerja organ
peredaran
darah dengan
sistematis
bahasa
Indonesia yang
baik dan benar

Menyajikan
bagan atau
diagram
alur untuk
menjelaskan
berbagai pernyakit yang
mempengaruhi
kerja organ
peredaran darah
dengan cukup
sistematis
Menyajikan
laporan
bagan atau
diagram
alur untuk
menjelaskan
berbagai
pernyakit yang
mempengaruhi
kerja organ
peredaran
darah dengan
kurang
sistematis.
Belum dapat
bagan atau
diagram
alur untuk
menjelaskan
berbagai
pernyakit yang
mempengaruhi
kerja organ
peredaran darah
dengan
sistematis

Rubrik Berkreasi Membuat Pantun Jenaka
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil yang
dibuat oleh
siswa
Sesuai dengan ciri-ciri pantun, yaitu:
• Pantun bersajak a-ba-b.
• Satu bait terdiri atas empat baris.
• Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.
• Terdapat sampiran
pada dua baris
pertama dan isi pada dua baris berikutnya
Memenuhi 3
kriteria dari 4
kriteria yang
ditetapkan
Memenuhi 2
kriteria dari 4
kriteria yang
ditetapkan
Memenuhi 1
kriteria dari 4
kriteria yang
ditetapkan
Penggunaan
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar:
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dalam penulisan
ringkasan
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik
dalam keseluruhan
penulisan
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan
efisien dalam
keseluruhan
penulisan
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan
Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dengan
sangat
efisien dalam
sebagian
kecil
penulisan

H.      Sumber dan Media
·         Buku, teks bacaan, dan alat tulis seperti pensil dan pulpen.


Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312 199402 2 002

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas V B



BACHTIAR, S.Pd
NIP: 19800611 200504 1 001




Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Selain jantung koroner, masih banyak contoh penyakit yang dapat mengganggu organ peredaran darah. Sekarang, tugas kamu untuk mencari contoh penyakit yang bisa mengganggu organ peredaran darah manusia beserta cara pencegahannya. Kamu bisa mencari informasi tersebut dari berbagai sumber bacaan, termasuk internet. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti berikut:

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)



Perhatikan pantun berikut ini!

Kacang goreng enak dimakan
Kue tape diberi ragi
Kalau tembok sudah dibersihkan
Jangan ada coretan lagi

Apa jenis pantun di atas?
Ada berapa baitkah pantun di atas?
Terdiri atas berapa bariskah bait pantun di atas?
Tuliskan baris yang merupakan sampiran!
Tuliskan pula baris yang merupakan isi pantun!
Tuliskan jawabanmu dalam bentuk tabel seperti berikut :



MEDIA

TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

RPP LAINNYA:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors