Home » » TEMA 4 KELAS 2 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 2 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 19 November 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                    : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                        : 2/1
Tema 4                                     : Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran       : Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah/ 1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
3.4.1        Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat
3.4.2        Mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
3.4.3        Menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
3.4.4        Menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
3.4.5        Membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
4.4 Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual..
4.4.1        Melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara benar.
4.4.2        Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan ejaan yang tepat.
4.4.3        Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.

b) Matematika
3.10     Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciricirinya.
3.10.1    Menentukan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

4.10     Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya..
4.10.1    Mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

c) SBdP
3.3  Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
3.3.1        Mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
3.3.2        Mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
3.3.3        Mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar.
3.3.4        Mengidentifikasi koordinasi gerak dengan benar.

4.3  Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari.
4.3.1        Melakukan gerak bagian kepala dengan hitungan secara tepat.
4.3.2        Melakukan gerak bagian tangan dengan hitungan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul, dan lain sebagainya) secara tepat.
4.3.3        Melakukan gerak bagian kaki dengan hitungan secara tepat
4.3.4        Melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan secara tepat.
4.3.5        Melakukan gerak bagian kepala dengan iringan secara tepat.
4.3.6        Melakukan gerak bagian tangan dengan iringan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul dan sebagainya) secara tepat.
4.3.7        Melakukan gerak bagian kaki dengan iringan secara tepat.
4.3.8        Melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan iringan secara tepat.

Karakter  : Disiplin, Kerjasama, Jujur, Komunikatif, Hemat, Kreatif

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.           Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2.           Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
3.           Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
4.           Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
5.           Melalui penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
6.           Melalui instruksi guru, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara benar.
7.           Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan ejaan yang tepat.
8.           Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
9.           Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
10.       Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
11.       Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar.
12.       Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak dengan benar.
13.       Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian kepala dengan hitungan secara tepat.
14.       Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian tangan dengan hitungan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul, dan lain sebagainya) secara tepat.
15.       Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian kaki dengan hitungan secara tepat.
16.       Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan secara tepat.
17.       Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian kepala dengan iringan secara tepat.
18.       Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian tangan dengan iringan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul dan sebagainya) secara tepat.
19.       Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian kaki dengan iringan secara tepat.
20.       Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan iringan secara tepat.
21.       Dengan berpedoman pada ciri setiap bangun datar, siswa dapat menentukan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
22.       Dengan berpedoman pada ciri setiap bangun datar, siswa dapat mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di sekolah.
2.      Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di sekolah.
3.      Membuat laporan sederhana tentang lingkungan sehat di sekolah.
4.      Menirukan gerak menyapu lantai dalam bentuk tari.
5.      Menentukan bangun datar berdasarkan banyaknya sisi, sudut, dan titik sudut.

E.       PENDEKATAN
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o   Mengajak semua siswa berdoa.
o   Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
o   Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o   Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
·         Pada awal pembelajaran, siswa mendengarkan teman membacakan teks percakapan yang berkaitan dengan hidup bersih dan sehat di kelas.
o   Bertanya jawab tentang isi percakapan yang di dengar.

Ayo Berlatih
o   Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks percakapan.
o   Mengoreksi kebenaran jawaban yang telah dibuat siswa.
o   Memberikan penguatan terhadap jawaban siswa.

Ayo Berdiskusi
·         Siswa mendiskusikan makna kata yang terdapat dalam tabel, yaitu kata kemoceng, kain pel, dan vas.
·         Untuk menguji hasil diskusi siswa, mereka diberikan soal menjodohkan tentang kata dengan makna yang sesuai.
o   Mengoreksi kebanaran hasil kerja siswa dan memberikan penguatan
o   Siswa membaca teks “Kelasku Bersih, Aku Bangga!”.
·         Bertanya jawab tentang isi teks yang dibaca. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya “Apa isi teks yang kamu baca?” dan “Sikap apa yang dapat kita teladani dari teks yang telah kita baca tadi?”.

Ayo Mengamati
o   Siswa diarahkan untuk mengamati ciri ruang kelas yang bersih dan sehat.
·         Bertanya jawab tentang isi gambar dan menghubungkannya dengan cirri ruang kelas yang sehat.

Ayo Menulis
o   Siswa menuliskan hasil pengamatan dalam bentuk laporan sederhana.
·         Ketika menulis laporan, siswa dibimbing penggunaan ejaan dengan benar.
·         Siswa membacakan laporan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Ayo Mengamati
o   Siswa mengamati gambar tentang gerakan tari menyapu lantai.
o   Bertanya jawab tentang isi gambar.
o   Guru mencontohkan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari.
o   Bertanya jawab tentang cara melakukan gerakan tari menyapu lantai.

Ayo Mencoba
o   Siswa mencoba menirukan gerakan tari menyapu lantai dengan hitungan.
·         Jika telah bisa, siswa diarahkan melakukan gerakan tari menggunakan iringan musik, misalnya alat musik ritmis.
o   Bertanya jawab tentang kegiatan yang telah dilakukan.
·         Menghubungkan dengan pembelajaran matematika, siswa diarahkan untuk mengamati bangun datar yang ada pada permukaan dinding alat musik ritmis gendang dan tifa.
o   Bertanya jawab tentang sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar.
·         Guru membimbing siswa tentang sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar hingga benar-benar paham.

Ayo Berlatih
·         Setelah siswa paham dengan konsep sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar, siswa mengerjakan soal-soal evaluasi.
o   Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
o   Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
o   Memberikan motivasi dan penguatan terhadap prestasi belajar siswa.

PENGAYAAN
·         Siswa mengamati berbagai contoh lingkungan sekolah yang bersih dan sehat kemudian menceritakan hasil pengamatannya dengan bahasa yang santun.
·         Siswa mengembangkan tari gerakan menyapu dengan kombinasi gerakan yang lain agar tarian menjadi lebih indah.
·         Siswa mengamati lebih lanjut berbagai bentuk bangun datar di lingkungan sekitar dan menghitung banyak sisi, sudut, dan titik sudut setiap bangun datar.

REMEDIAL
·         Menjelaskan kembali materi yang berhubungan dengan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat bagi siswa yang belum paham.
·         Menjelaskan kembali materi yang berhubungan dengan cara melakukan gerakan tari menyapu bagi siswa yang belum bisa melakukannya dengan benar.
·         Mengulas kembali materi yang berhubungan dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

G.      Penilaian :
1.      Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
2.      Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
3.      Keterampilan


Bentuk Instrumen Penilaian
a) Sikap
Petunjuk:
Berilah tanda centang () pada sikap setiap siswa yang terlihat!
NO
NAMA SISWA
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Santun
Peduli
Percaya Diri
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













11













12













13













14













15













16













17













18













19













20













21













22













23













24













25




























Keterangan:
T : Terlihat
BT : Belum Terlihat

b)       Penilaian Pengetahuan
         Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan sekolah yang bersih.
Skor : 5
         Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan sekolah yang bersih.
Skor : 3
         Menentukan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut.
Skor : 5

c)         Penilaian Keterampilan
• Menirukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari.
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Siswa melakukan gerakan sesuai
dengan tema


Siswa melakukan gerakan sesuai
dengan hitungan dan iringan



Hasil Pengamatan Kegiatan Bertanya
NO
NAMA SISWA
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat
Belum terlihat
Terlihat
Belum terlihat
Terlihat
Belum terlihat

























































































































































































































Keterangan:
T : Terlihat
BT : Belum Terlihat

• Membuat laporan sederhana tentang lingkungan sekolah yang bersih.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Kelengkapan
isi laporan
Isi laporan
lengkap
Isi laporan
mencakup
sebagian besar
isi gambar
Isi laporan
hanya
mencakup
sebagian kecil
isi gambar
Isi laporan
belum sesuai
dengan isi
gambar
Tampilan
Tulisan jelas,
rapi, dan
bersih
Tulisan jelas,
tetapi kurang
rapi atau
bersih
Tulisan kurang
jelas
Tulisan tidak
bisa dibaca

• Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan sekolah yang bersih.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks
Siswa mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian
teks
Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah
bagian teks
Siswa belum
mampu
membaca teks
Pemahaman
Isi teks
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
Mampu
menjawab
setengah
atau lebih
pertanyaan
yang diajukan
Mampu
menjawab
kurang dari
setengah
pertanyaan
yang diajukan
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan

H.      Sumber dan Media
1.      Gambar yang berhubungan dengan ciri lingkungan sekolah yang sehat.
2.      Gambar yang berhubungan dengan tari gerakan menyapu.
3.      Gambar dan model berbagai bentuk bangun datar.




Mengetahui,
Kepala SD Negeri 1 Beureunuen



CUT ZAINABON, S.Pd
NIP. 19680201 199401 2 001

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas II



JUSNIAR, S.Pd
NIP: 19690905 200701 2 002



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Tentukan bangun datar sesuai dengan banyak sisi,
sudut, dan titik sudutnya!
TEMA 4 KELAS 2 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 2 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)




EVALUASI


Jawablah pertanyaan berikut sesuai hasil musyawarah
Dayu dan teman-teman!
1. Kegiatan apa yang akan diikuti Dayu dan teman-     teman?
Jawab: ...................................................................

2. Apa hasil musyawarah Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................

3. Bagaimana pendapatmu terhadap hasil
     musyawarah mereka?
Jawab: ...................................................................

4. Apa saja peralatan yang perlu mereka siapkan?
Jawab: ...................................................................

5. Menurutmu, apa manfaat kegiatan yang akan
    mereka lakukan?
Jawab: ...................................................................


Media

TEMA 4 KELAS 2 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 2 SUB 2 PB 1 (Revisi 2017)


RPP  Lainnya:
TEMA 4 KELAS 5 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors