Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 20 November 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                       : SD Negeri 3 Bereunuen
Kelas/Semester                           : IV/1
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perjuangan para Pahlawan/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.         Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.7  Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
3.7.1 Menjawab pertanyaan dengan benar.
4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
4.7.1        Menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.

b) IPS
3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/ atau Islam di lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
3.4.1        Mengidentifikasi peninggalan kerajaan di masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat dengan benar.
4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini..
4.4.1        Mengomunikasikan peninggalan kerajaan di masa Hindu, Buddha dan Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan peta pikiran.

c) IPA
3.7  Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
3.7.1        Menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
4.7  Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya..
4.7.1        Menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar.
Karakter yang dikembangkan: Religius, Gotong-royong, Nasionalis, Mandiri

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Setelah membaca teks tentang Raja Purnawarman, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar.
2.      Setelah menjawab pertanyaan berdasarkan teks, siswa mampu menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
3.      Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi peninggalan kerajaan di masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat dengan benar.
4.      Setelah berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan peninggalan kerajaan di masa Hindu, Buddha dan Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan peta pikiran.
5.      Setelah melakukan percobaan tentang cahaya , siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
6.      Setelah melakukan percobaan tentang cahaya, siswa mampu menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar.

D.      DESKRIPSI MATERI PEMBELAJARAN :
1.      Menceritakan kembali isi teks dengan Bahasa sendiri
2.      Mengidentifikasi peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya bagi masyarakat sekitar
3.      Menyampaikan laporan percobaan tentang cahaya

E.       PENDEKATAN DAN METODE
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
(Religius: Beriman dan Bertaqwa)
2.      Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
(Mandiri: kediplinan Siswa)
3.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
4.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
(Gotong Royong: melatih sikap kerjasama siswa)
5.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
6.      Guru Menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
7.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o  Sebelumnya guru menempelkan gambar seorang anak yang membantu seorang kakek menyeberang jalan.
o  Guru meminta pendapat siswa tentang kejadian yang ada dalam gambar. Guru membuat kesimpulan bahwa anak tersebutmemiliki sikap kepahlawanan yaitu berkorban untuk membantu orang lain yang membutuhkan.
o  Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan banyak belajar tentang nilai-nilai kepahlawanan dari raja-raja pada masa Hindu, Buddha, dan Islam.
o  Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku siswa.
o  Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
o  Setiap siswa kemudian menjawab pertanyaan yang ada dan mendiskusikan jawabannya di kelompok masing-masing.
o  Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
o  Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi pada kesempatan lain.
o  Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung tetapi memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada.
o  Menolong orang lain merupakan salah satu sikap kepahlawanan
o  Guru melanjutkan kegiatan dengan meminta siswa membaca teks tentang Raja Purnawarman dalam hati.
o  Setiap siswa diminta untuk menjawab pertanyaan dan secara klasikal guru membahas jawabannya. Seorang siswa bisa diminta untuk menyampaikan jawaban dan siswa lain dapat menanggapinya.
o  Siswa kemudian memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian menceritakan kembali isi bacaan dengan memperhatikan fakta-fakta yang ada, runtut dan menggunakan ejaan yang benar.
o  Guru menyampaikan rubrik penilaian kepada siswa.
Tugas dinilai dengan rubrik

o  Untuk menambah pemahaman siswa tentang Raja-Raja di Nusantara serta peninggalan dan pengaruhnya terhadap masyarakat, guru mengajak siswa untuk mengamati gambar.
o  Guru memberi contoh bahwa peninggalan bukan hanya benda bersejarah saja, tetapi juga pemikiran atau nilai-nilai yang bisa mempengaruhi hidup masyarakat. misalnya Raja Purnawarman memiliki nilai melindungi orang lain, dalam hal ini rakyatnya. Nilai tersebut dimiliki oleh beberapa tokoh di sekitar mereka dan mempengaruhi kehidupan masyarakat.
o  Guru meminta siswa untuk memberikan beberapa contoh sikap
o  kepahlawanan dari raja-raja tersebut yang terlihat di sekitar mereka.
o  Siswa menuliskan nilai-nilai perjuangan atau peninggalan lainnya dari para raja yang mempengaruhi masyarakat atau daerah di mana mereka tinggal. Tulisan bisa memuat semangat perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif, maupun benda-benda bersejarah.
Produk dinilai dengan cek lis

o  Kegiatan berikutnya adalah percobaan, guru sebaiknya mempersiapkan perlengkapan percobaan sebelum kelas dimulai. Perlengkapan dikelompokkan berdasarkan jenis kegiatan yang dilakukan kelompok.
o  Guru meminta satu perwakilan untuk mengambil perlengkapan percobaan.
o  Siswa dan guru membuat kesepakatan tentang percobaan agar kegiatan bisa berjalan dengan baik.
o  Kelompok melakukan percobaan sesuai dengan prosedur yang ada pada buku siswa.
o  Guru berkeliling untuk memastikan setiap kelompok melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur.
o  Guru memastikan setiap anggota aktif mengikuti kegiatan.
o  Guru memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan.
o  yy Setiap siswa mencatat hasil percobaan pada tabel yang telah disiapkan.
o  Di akhir laporannya siswa menuliskan kesimpulan. Siswa menyampaikan hasil laporannya di kelompok masing-masing dan perwakilan bisa menyampaikannya di depan kelas. Guru menambah informasi yang dibutuhkan sebagai penguatan.
Produk dinilai dengan menggunakan rubric

Pengayaan
o  Mintalah siswa untuk membuat peta pikiran setelah membaca teks Raja Purnawarman.

Remedial
o  Siswa yang belum memahami sifat cahaya dapat melakukan percobaan ulang.
o  Mintalah siswa untuk memahami langkah-langkah kegiatan percobaan satu persatu. Lakukan kegiatan setahap demi setahap.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o   Melakukan penilaian hasil belajar
o   Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.
o   Menyampaikan pesan moral/belajar.
o   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

G.      Penilaian :
A.    Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
2.      Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
3.      Keterampilan

                                                                                               


Penilaian
1. Diskusi
Saat siswa melakukan diskusi tentang nilai-nilai kepahlawanan Raja Purnawarman, dinilai dengan rubrik.

Berilah tanda centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
Mendengarkan
teman yang
berbicara tetapi
sesekali masih
perlu diingatkan
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
tetapi tidak
mengindahkan
Komunikasi nonverbal
(kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah,
suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi nonverbal
dengan tepat.
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,tetapi
terkadang
merespon kurang sesuai dengan topik.
Jarang berbicara
Selama proses diksusi
berlangsung.







Penilaian  (penskoran):         Total Nilai Siswa          x 10
Total Nilai Maksimal


2. Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan rubrik.
Berilah tanda centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Topik cerita
Topik cerita
disampaikan
dengan benar
Topik cerita
disampaikan
mendekati benar
Topik cerita
disampaikan
tetapi kurang
benar
Topik cerita tidak
disampaikan
Alur cerita
Alur cerita
disampaikan
dengan lengkap
dan runtut.
Alur cerita
disampaikan
dengan lengkap
tetapi tidak
runtut.
Sebagian besar
alur cerita
disampaikan
dengan runtut
Sebagian kecil
alur cerita
disampaikan dan
tidak runtut.
Ejaan
Seluruh tulisan
menggunakan
ejaan yang benar
Sebagian
besar tulisan
menggunakan
ejaan yang benar
Sebagian
kecil tulisan
menggunakan
ejaan yang
benar
Tulisan tidak
menggunakan
ejaan yang
benar
Fakta pendukung
Fakta pendukung
Yang disampaikan
seluruhnya
sesuai dengan isi
cerita
Fakta
pendukung yang
disampaikan
sebagian besar
sesuai dengan isi
cerita
Fakta
pendukung yang disampaikan
sebagian kecil
sesuai dengan isi cerita
Fakta yang
disampaikan
tidak sesuai
cerita







Penilaian  (penskoran):         Total Nilai Siswa          x 10
Total Nilai Maksimal


3. IPS
Tugas dinilai dengan cek lis
Indikator penilaian
Ada
Tidak ada
Memuat minimal dua benda peninggalan sejarah


Menyebutkan minimal dua ajaran positif yang diwariskan raja-raja


Menyebutkan minimal dua nilai-nilai sikap kepahlawanan yang diwariskan para raja


Menyebutkan pengaruh dari peninggalan raja-raja terhadap masyarakat setempat



4. IPA
Laporan IPA dinilai dengan rubrik
Berilah tanda centang () pada bagian yang memenuhi criteria
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Penerapan
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung dan menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
sedang dipelajari
dengan benar
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung
tetapi perlu
bantuan saat
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang yang sedang dipelajari
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti yang
terbatas dan
penyampaian
pemahaman
inti dari konsep tidak jelas.
Perlu
bimbingan saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman
inti dari konsep
yang dipelajari
Komunikasi
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas
serta objektif
dengan didukung
data penunjang
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas
dan didukung
sebagian data
penunjang
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas
tetapi hanya
didukung
sebagian kecil
data penunjang
Hasil
percobaan
disampaikan
dengan kurang
jelas dan
tanpa data
penunjang
Prosedur dan
strategi
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan secara
sistematis dan
strategi yang
digunakan
membuat
percobaan
berhasil.
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan dilakukan secara
sistematis
tetapi masih
membutuhkan
bimbingan dalam menemukan
strategi agar
percobaan berhasi.
Sebagian besar
data dicatat,
langkah
kegiatan
dan strategi
dilakukan secara
sistematis
setelah
mendapat
bantuan guru.
Sebagian kecil
data dicatat,
langkah
kegiatan tidak
sistematis dan
strategi yang
dipilih tidak
tepat.
Kesimpulan
Seluruh
kesimpulan
percobaan
disampaikan
dengan memuat
data penunjang
dan tepat
sebagian besar
kesimpulan
percobaan
disampaikan
dengan memuat
data penunjang
dan tepat.
Kesimpulan
percobaan
disampaikan
dengan memuat
data.
Kesimpulan
percobaan
disampaikan
dengan
memuat data
namun kurang
tepat.






5. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (Jujur)
(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

H. Sumber dan Media
o   Buku Guru
o   Buku Siswa
o   Percobaan IPA :
Setiap kelompok membutuhkan
−− 3 karton tebal
−− 1 lilin
−− 1 senter
−− 1 gelas
−− 1 lampu senter
−− 2 cermin datar
−− 1 pensil
−− 1 isolasi untuk seluruh kelas untuk menempel karton sehingga bisa berdiri       tegak.
o   Gambar seorang anak yang sedang membantu seorang kakek menyeberang jalan




Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312 199402 2 002

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas IV A



MISRIATI, A.Ma.Pd
NIP: 19650103 198610 2 001



Lembar Kerja Siswa
(LKS)
 
 
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)
Jawab pertanyaan di bawah ini!
1. Apa yang mereka lakukan?
 ..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
   
2. Bagaimana pendapatmu mengenai hal itu?
 ..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................

3. Hal baik apa yang bisa kamu contoh?
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................

 MEDIA
 
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)
 
RPP Lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors