Home » » TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 29 November 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)



Satuan Pendidikan                   : SD Negeri Mns. Peureulak
Kelas/Semester                        : 1/1
Tema 4                                    : Keluargaku
Sub Tema 4/ Pembelajaran       : Kebersamaan Dalam Keluarga/ 1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.8.1        Mengenal ungkapan terima kasih dan mengucapkannya dengan baik dan benar.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
4.8.1        Bersyukur memiliki keluarga dengan baik.

b) SBdP
3.4  Mengenal bahan alam dalam berkarya.
3.4.1        Mengungkapkan ungkapan pujian, baik secara lisan maupun tulisan dengan baik.
4.4  Membuat karya dari bahan alam
4.4.1        Mengkreasikan hasil alam, yaitu biji atau kerang dengan baik dan memiliki nilai keindahan.

c) PPKn
3.2  Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.1        Menunjukan kegiatan membersihkan rumah, siswa dapat mengaplikasikan kegiatan tersebut dalam keseharian di rumah dengan baik.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1        Memiliki tanggung jawab yang sama terhadap kebersihan lingkungannya dengan benar.

Karakter  yang dikembangkan: Religius, Mandiri, Nasionalis, Gotong-Royong

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan mendengar cerita guru, siswa mampu bersyukur memiliki keluarga dengan baik.
2.      Dengan mengerjakan latihan di buku siswa, siswa mampu mengenal ungkapan terima kasih dan mengucapkannya dengan baik dan benar.
3.      Dengan menyanyikan lagu kasih ibu, siswa mampu mengungkapkan ungkapan pujian, baik secara lisan maupun tulisan dengan baik.
4.      Dengan meronce, siswa mampu mengkreasikan hasil alam, yaitu biji atau kerang dengan baik dan memiliki nilai keindahan.
5.      Dengan memilih gambar yang menunjukan kegiatan membersihkan rumah, siswa dapat mengaplikasikan kegiatan tersebut dalam keseharian di rumah dengan baik.
6.      Dengan membuat daftar piket di kelas, siswa mampu memiliki tanggung jawab yang sama terhadap kebersihan lingkungannya dengan benar.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Membaca teks.
2.      Menulis ungkapan terima kasih.
3.      Menulis ungkapan pujian.
4.      Meronce.
5.      Membuat daftar petugas kebersihan

E.       PENDEKATAN DAN METODE
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
(Religius: Beriman dan Bertaqwa)
o   Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
(Mandiri: kediplinan Siswa)
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
(Gotong Royong: melatih sikap kerjasama siswa)
o   Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Keluargaku”.
o   Guru Menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
o   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengawali pembelajaran dengan membacakan teks pada buku siswa.
o   Siswa diingatkan kembali mengenai anggota keluarga, selain ayah, ibu, kakak, dan adik.
o   Kemudian, siswa diminta berdiskusi mengenai kebersamaan bersama keluarga.
o   Siswa diminta menyebutkan lima cara mengungkapkan rasa terima kasih kepada Tuhan atas anugerah kebahagian dapat berkumpul bersama keluarga.
o   Siswa diminta mengamati teks pada buku siswa mengenai berterima kasih kepada orang tua.
o   Siswa mengemukakan pendapat tentang cara berterima kasih kepada orang tua. Masing-masing siswa dapat memberi satu contoh.
o   Setelah menyimak teks diskusikan dengan siswa bagaimana kita dapat berterima kasih kepada ibu, siswa menuliskan ungkapan lima cara siswa mengungkapkan cara berterima kasih kepada kedua orang tuanya.
§  Siswa menyanyikan lagu Kasih Ibu.
o   Siswa diminta menyimak teks yang berhubungan dengan lagu Kasih Ibu.
o   Setelah membaca teks, siswa diminta menulis dan menceritakan di depan kelas bagaimana mereka memuji ibunya.
o   Siswa diminta mengamati gambar dan membaca teks mengenai kegiatan Dayu membantu ibunya di dapur.
o   Guru memberikan pertanyaan : Apa yang sedang dilakukan oleh Dayu? Apakah kalian pernah melakukan hal yang sama, yaitu membantu ibu di rumah?
§  Kegiatan meronce:
·         Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok.
·         Guru menyiapkan tali dan melubangi bahan dasar ronce seperti pada gambar yaitu batang daun singkong, biji-bijian, seperti pete cina atau kerang di buku siswa.
·         Siswa berlatih meronce bersama-sama.
·         Hasil meronce bisa digunakan untuk membuat gelang atau kalung.
o   Siswa mengamati gambar di buku siswa yang menunjukkan kegiatan siswa di rumah.
o   Siswa kemudian diminta berlatih memilih gambar yang menunjukkan kegiatan membersihkan rumah. Siswa dibantu guru membuat jadwal piket kebersihan kelas.
o   Siswa menyimak penjelasan guru tentang bagaimana membuat jadwal piket.
§  Siswa dibantu guru membuat jadwal piket kebersihan kelas.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o   Guru melakukan review atau pengulangan inti pembelajaran.
o   Sebagai penutup, siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudah mereka lakukan sepanjang hari ini.
o   Pelajaran ditutup dengan doa bersama
15 menit

G.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai;     a.Penilaian Sikap
                                                  b.Penilaian Pengetahuan
                                                  c. Penilaian Ketrampilan       
2.      Jenis penilaian;            a. observasi
                                            b. tertulis,lisan
                                            c. praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian
1. Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian sikap)

2. Penilaian Pengetahuan
Latihan soal di buku siswa.
Menulis lima ungkapan terima kasih kepada Tuhan dan Orang tua.
Menulis lima kalimat pujian kepada Ibu.

3. Penilaian Keterampilan
Rubrik bercerita dan memberikan ungkapan terima kasih
Aspek
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu
Pendampingan
1
Kemampuan
bercerita
Lancar, intonasi ada dan menggunakan
ungkapan terima
kasih dan pujian
dengan baik, beralur
Hanya
memenuhi 2
kriteria.
Hanya
memenuhi 1
kriteria.
Belum
mampu.
Kepercayaan diri dalam memberikan
tanggapan
Tidak terlihat raguragu
Terlihat
ragu-ragu
Memerlukan
bantuan
guru
Belum
menunjukkan
kepercayaan
diri.

Rubrik Meronce
Aspek
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu
Pendampingan
1
Keindahan
Sangat Indah
Kurang Indah
Belum tampak
Perlu latihan
Kerapian
Sangat Indah
Kurang Indah
Belum tampak
Perlu latihan
Kegunaan
Dapat
digunakan
Kurang dapat
digunakan
Belum tampak
Perlu latihan
Pemanfaatan
bahan alami
Seluruhnya
menggunakan
bahan alami
Setengah
atau lebih
menggunakan
bahan alami
Kurang dari
setengah
menggunakan
bahan alami
Tidak
menggunakan
bahan alami

H.      Sumber dan Media
1.         Buku pegangan siswa.
2.         Buku siswa.
3.         Tali senar atau tali kasur.
4.         Biji dan kerang




Mengetahui,
Kepala SD Negeri Mns. Peureulak



BUKHARI A., S.Pd
NIP. 19601231 19830910 1 004

…………….., …, …………..,  2017
Guru Kelas I



ERNAWATI, S.Pd
NIP. 19601231 198207 2 004

Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Bagaimana caramu berterima kasih kepada Tuhan?
Sebutkan lima cara kamu mengungkapkan terima
kasih kepada Tuhan.
1. ___________________________________________________________________
2. ___________________________________________________________________
3. ___________________________________________________________________
4. ___________________________________________________________________
5. ___________________________________________________________________

Bagaimana kamu memuji ibumu.
Tulis dan ceritakan di depan kelas.

Contoh: Ibu wanita kuat yang membuatku menjadi
aman.
1. ___________________________________________________________________
2. ___________________________________________________________________
3. ___________________________________________________________________
4. ___________________________________________________________________
5. ___________________________________________________________________

MEDIA
TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 1 (Revisi 2017)TEMA 4 KELAS 1 SUB 4 PB 1 (Revisi 2017) RPP LAINNYA:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors