RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri Mns. Peureulak
Kelas/Semester : 1/1
Tema 4 :
Keluargaku
Sub
Tema 4/ Pembelajaran : Kebersamaan Dalam Keluarga/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.8 Merinci
ungkapan penyampaian terima
kasih, permintaan maaf,
tolong, dan pemberian pujian,
ajakan, pemberitahuan, perintah,
dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun
secara lisan dan tulisan yang dapat
dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.8.1
Mengenal ungkapan terima kasih dan mengucapkannya dengan baik dan benar.
4.8 Mempraktikan
ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan
pemberian pujian, dengan
menggunakan bahasa yang santun
kepada orang lain secara lisan dan
tulis.
4.8.1
Bersyukur memiliki keluarga dengan baik.
b) SBdP
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya.
3.4.1
Mengungkapkan ungkapan pujian, baik secara lisan maupun tulisan dengan baik.
4.4 Membuat karya dari bahan alam
4.4.1
Mengkreasikan hasil
alam, yaitu biji atau kerang
dengan baik dan memiliki nilai keindahan.
c) PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari
di rumah.
3.2.1
Menunjukan kegiatan
membersihkan rumah, siswa dapat mengaplikasikan
kegiatan tersebut dalam keseharian di rumah
dengan baik.
4.2 Menceritakan kegiatan
sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
4.2.1
Memiliki tanggung jawab yang sama terhadap kebersihan lingkungannya dengan benar.
Karakter yang dikembangkan: Religius, Mandiri, Nasionalis, Gotong-Royong
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Dengan mendengar
cerita guru, siswa mampu bersyukur memiliki keluarga
dengan baik.
2.
Dengan mengerjakan
latihan di buku siswa, siswa mampu mengenal ungkapan
terima kasih dan mengucapkannya dengan baik dan benar.
3.
Dengan menyanyikan
lagu kasih ibu, siswa mampu mengungkapkan ungkapan
pujian, baik secara lisan maupun tulisan dengan baik.
4.
Dengan meronce,
siswa mampu mengkreasikan hasil alam, yaitu biji atau kerang dengan baik dan memiliki nilai keindahan.
5.
Dengan memilih
gambar yang menunjukan kegiatan membersihkan rumah,
siswa dapat mengaplikasikan kegiatan tersebut dalam keseharian di rumah dengan baik.
6.
Dengan membuat
daftar piket di kelas, siswa mampu memiliki tanggung jawab yang sama terhadap kebersihan lingkungannya dengan benar.
D. DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN
1.
Membaca teks.
2.
Menulis ungkapan
terima kasih.
3.
Menulis ungkapan
pujian.
4.
Meronce.
5. Membuat daftar petugas kebersihan
E.
PENDEKATAN
DAN METODE
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
o Guru mengucapkan salam dan mengajak
berdoa
(Religius:
Beriman dan Bertaqwa)
o
Melakukan komunikasi
terntang kehadiran siswa
(Mandiri: kediplinan Siswa)
o
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
(Gotong
Royong: melatih sikap kerjasama siswa)
o
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Keluargaku”.
o
Guru Menyiapkan fisik
dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
o
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengawali
pembelajaran dengan membacakan
teks pada buku siswa.
o
Siswa diingatkan
kembali mengenai anggota keluarga,
selain ayah, ibu, kakak, dan adik.
o
Kemudian, siswa
diminta berdiskusi mengenai kebersamaan
bersama keluarga.
o
Siswa diminta
menyebutkan lima cara mengungkapkan
rasa terima kasih kepada Tuhan
atas anugerah kebahagian dapat berkumpul
bersama keluarga.
o
Siswa diminta
mengamati teks pada buku siswa
mengenai berterima kasih kepada orang tua.
o
Siswa
mengemukakan pendapat tentang cara berterima
kasih kepada orang tua. Masing-masing siswa dapat memberi satu contoh.
o
Setelah menyimak
teks diskusikan dengan siswa
bagaimana kita dapat berterima kasih kepada
ibu, siswa menuliskan ungkapan lima cara
siswa mengungkapkan cara berterima kasih
kepada kedua orang tuanya.
§ Siswa menyanyikan lagu Kasih Ibu.
o
Siswa diminta
menyimak teks yang berhubungan
dengan lagu Kasih Ibu.
o
Setelah membaca
teks, siswa diminta menulis dan
menceritakan di depan kelas bagaimana mereka
memuji ibunya.
o
Siswa diminta
mengamati gambar dan membaca
teks mengenai kegiatan Dayu membantu
ibunya di dapur.
o
Guru memberikan
pertanyaan : Apa yang sedang
dilakukan oleh Dayu? Apakah kalian pernah
melakukan hal yang sama, yaitu membantu
ibu di rumah?
§ Kegiatan meronce:
·
Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok.
·
Guru menyiapkan tali dan melubangi bahan dasar ronce seperti pada gambar yaitu batang daun singkong, biji-bijian, seperti pete cina atau kerang di buku siswa.
·
Siswa berlatih meronce bersama-sama.
·
Hasil meronce bisa digunakan untuk membuat gelang
atau kalung.
o
Siswa mengamati
gambar di buku siswa yang menunjukkan kegiatan siswa di
rumah.
o
Siswa kemudian
diminta berlatih memilih gambar yang menunjukkan kegiatan membersihkan rumah. Siswa dibantu guru
membuat jadwal piket
kebersihan kelas.
o
Siswa menyimak
penjelasan guru tentang bagaimana membuat jadwal piket.
§ Siswa dibantu guru membuat jadwal piket kebersihan
kelas.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
o
Guru melakukan review
atau pengulangan inti pembelajaran.
o
Sebagai penutup, siswa
diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudah mereka
lakukan sepanjang hari ini.
o Pelajaran ditutup dengan doa bersama
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b. tertulis,lisan
c. praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1.
Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian sikap)
2.
Penilaian Pengetahuan
Latihan
soal di buku siswa.
Menulis lima ungkapan terima kasih kepada Tuhan dan Orang tua.
Menulis lima kalimat pujian kepada Ibu.
3.
Penilaian Keterampilan
Rubrik bercerita
dan memberikan ungkapan terima kasih
Aspek
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Pendampingan
1
|
Kemampuan
bercerita
|
Lancar,
intonasi ada dan menggunakan
ungkapan
terima
kasih dan
pujian
dengan
baik, beralur
|
Hanya
memenuhi
2
kriteria.
|
Hanya
memenuhi
1
kriteria.
|
Belum
mampu.
|
Kepercayaan
diri dalam
memberikan
tanggapan
|
Tidak
terlihat raguragu
|
Terlihat
ragu-ragu
|
Memerlukan
bantuan
guru
|
Belum
menunjukkan
kepercayaan
diri.
|
Rubrik
Meronce
Aspek
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Pendampingan
1
|
Keindahan
|
Sangat
Indah
|
Kurang
Indah
|
Belum
tampak
|
Perlu latihan
|
Kerapian
|
Sangat Indah
|
Kurang
Indah
|
Belum tampak
|
Perlu
latihan
|
Kegunaan
|
Dapat
digunakan
|
Kurang
dapat
digunakan
|
Belum tampak
|
Perlu latihan
|
Pemanfaatan
bahan
alami
|
Seluruhnya
menggunakan
bahan
alami
|
Setengah
atau
lebih
menggunakan
bahan
alami
|
Kurang
dari
setengah
menggunakan
bahan alami
|
Tidak
menggunakan
bahan alami
|
H. Sumber dan Media
1.
Buku pegangan siswa.
2.
Buku siswa.
3.
Tali senar atau
tali kasur.
4.
Biji dan kerang
Mengetahui,
Kepala SD Negeri Mns.
Peureulak
BUKHARI A., S.Pd
NIP.
19601231 19830910 1 004
|
…………….., …, ………….., 2017
Guru Kelas I
ERNAWATI, S.Pd
NIP. 19601231 198207 2 004
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Bagaimana caramu berterima kasih kepada Tuhan?
Sebutkan lima cara kamu mengungkapkan terima
kasih kepada Tuhan.
1. ___________________________________________________________________
2. ___________________________________________________________________
3. ___________________________________________________________________
4. ___________________________________________________________________
5. ___________________________________________________________________
Bagaimana kamu memuji ibumu.
Tulis dan ceritakan di depan kelas.
Contoh: Ibu wanita kuat yang membuatku menjadi
aman.
1. ___________________________________________________________________
2. ___________________________________________________________________
3. ___________________________________________________________________
4. ___________________________________________________________________
5. ___________________________________________________________________
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment