Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 11 December 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)




Satuan Pendidikan                     : SD Negeri 1 Lampoih Saka
Kelas/Semester                         : 5/1
Tema 5                                      : Ekosistem
Sub Tema 3/ Pembelajaran        : Keseimbangan Ekosistem/1
Alokasi Waktu                          : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bhs. Indonesia
3.7  Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.
3.7.1        Memahami dan menjelaskan hubungan antarmakhluk hidup, menjelaskan perbedaan antara simbiosis parasistisme, komensalisme, dan mutualisme, dan menyimpulkan mengenai hubungan khas makhluk hidup secara benar.
4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
4.7.1        Menemukan dan mencari arti dari kosakata baru, menentukan pokok pikiran dari sebuah bacaan nonfiksi dan menyajikannya dalam bentuk sebuah peta pikiran secara baik dan benar.

b) IPA
3.5. Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.
3.5.1        Menganalisis sebuah poster jaring-jaring makanan dari sebuah ekosistem, mempresentasikan hasil kerja mereka dan menjelaskannya dengan percaya diri di depan kelas, dan membuat tulisan mengenai hubungan yang terjadi di dalam rantai makanan secara runtun
4.5  Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem.
4.5.1        Membuat sebuah poster jaring-jaring makanan dari sebuah ekosistem, mempresentasikan hasil kerja mereka dan menjelaskannya dengan percaya diri di depan kelas, dan membuat tulisan mengenai hubungan yang terjadi di dalam rantai makanan secara runtun


Karakter yang dikembangkan: Religius, Gotong-royong, Nasionalis, Mandiri

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan mengamati gambar yang ada, siswa mampu memahami dan menjelaskan hubungan antarmakhluk hidup, menjelaskan perbedaan antara simbiosis parasistisme, komensalisme, dan mutualisme, dan menyimpulkan mengenai hubungan khas makhluk hidup secara benar.
2.      Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukan dan mencari arti dari kosakata baru, menentukan pokok pikiran dari sebuah bacaan nonfiksi dan menyajikannya dalam bentuk sebuah peta pikiran secara baik dan benar.
3.      Dengan memahami peran antarmakhluk hidup bagi kelangsungan hidup mereka di dalam sebuah ekosistem, siswa mampu membuat sebuah poster jaring-jaring makanan dari sebuah ekosistem, mempresentasikan hasil kerja mereka dan menjelaskannya dengan percaya diri di depan kelas, dan membuat tulisan mengenai hubungan yang terjadi di dalam rantai makanan secara runtun.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Informasi penting dari setiap paragraph dalam teks nonfiksi
2.      Jenis makanan hewan
3.      Klasifikasi hewan-hewan yang termasuk dalam kornivora, herbivora dan omnivora

E.       PENDEKATAN DAN METODE
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
(Religius: Beriman dan Bertaqwa)
o   Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
(Mandiri: kediplinan Siswa)
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
(Gotong Royong: melatih sikap kerjasama siswa)
o   Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Ekosistem”.
o   Guru Menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
o   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan meminta siswa untuk mengamati gambar tentang hubungan khas makhluk hidup.
o   Guru meminta siswa untuk menjelaskan mengenai hubungan antarmakhluk hidup dan perbedaan antara simbiosis parasitisme, komensalisme, dan mutualisme. Kemudian, guru meminta siswa untuk menyimpulkan mengenai hubungan khas makhluk hidup dengan cara menunjuk beberapa siswa untuk menyimpulkannya.
o   Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap proses pembelajarannya, dan menumbuhkan keterampilan untuk memahami, mendiskusikan, dan kemudian menyimpulkan hubungan antarmakhluk hidup yang telah mereka amati.
o   Secara acak, siswa ditunjuk untuk membaca dan mencermati teks bacaan yang disajikan,
o   Siswa distimulasi dengan beberapa pertanyaan berikut:
-          “Apa yang dimaksud dengan energi?”
-          “Apa yang merupakan sumber energi utama di planet ini?.”
-          “Bagaimana makhluk hidup memperoleh energi?”
-          “Apa yang dimaksud dengan hubungan antara produsen dan konsumen?”
-          “Apa perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan?”
-          “Apa yang disebut dengan ekosistem?”
-          “Sebutkan jenis-jenis ekosistem di dunia ini yang kamu ketahui”
-          “Pernahkah kamu mendengar tentang komponen biotik dan abiotik?
o   Guru menggunakan pertanyaan arahan di atas untuk mendorong siswa bertanya lebih banyak tentang topik pembelajaran.
o   Siswa mencermati teks bacaan kembali, kemudian siswa:
-          Menemukan dan mencari arti dari kosakata baru.
-          Menemukan informasi-informasi penting dalam setiap paragraf.
o   Siswa menentukan pokok pikiran dari teks bacaan dalam bentuk sebuah peta pikiran dan mempresentasikan peta pikiran mereka di depan kelas. Kegiatan ini merupakan bagian pemenuhan KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.
o   Secara berkelompok, siswa diminta untuk menyajikan jaring-jaring makanan dari sebuah ekosistem yang telah ditentukan oleh guru.
o   Dalam kelompoknya, siswa diminta untuk menunjuk satu orang ketua kelompok yang bertugas untuk membagi dan mangatur tugas yang harus dilakukan oleh setiap anggota kelompok.
o   Setiap kelompok akan menggunakan format yang tersedia di buku siswa.
o   Setiap kelompok akan mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
o   Kegiatan ini untuk memenuhi KD IPA 3.5 dan 4.5.
o   Guru memberikan kesempatan diskusi guna melakukan klarifikasi dan konfirmasi terhadap hasil paparan kelompok lain di dalam kelas.
o   Siswa secara individu diminta untuk mencermati kembali hasil paparan dan pekerjaan kelompoknya.
o   Secara individu, siswa diminta untuk menulis sebuah tulisan yang menjelaskan secara lebih detail mengenai hubungan yang terjadi di dalam rantai makanan dalam sebuah ekosistem.
o   Kegiatan ini untuk menguatkan KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7.
-          Apakah yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan?
-          Apa fungsi jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem?
-          Apa perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan?
o   Bersama dengan orang tua, siswa menentukan seekor hewan yang paling disukai. Siswa dan orang tua dapat mencari gambar-gambar dan informasi tentang hewan tersebut, lalu dibuatkan jaring-jaring makanannya. Siswa dan orang tua dapat mengerjakan tugas di atas kertas dan dihias agar menarik.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

 G.      Penilaian :
A.    Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

B.     Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
a. Disiplin
b. Tanggung Jawab
c. Peduli
d. Percaya Diri



KEGIATAN PENILAIAN
1. Bentuk Penilaian: Nontes (Peta Pikiran)
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Pengetahuan
tentang hubungan
antarmakhluk
hidup (BI 3.7).
Terdapat paling
sedikit 6 informasi
penting dalam
peta pikiran.
Pengaturan letak
informasi dalam
peta pikiran sangat mudah dimengerti
Terdapat paling
sedikit 4 informasi
penting dalam
peta pikiran.
Pengaturan letak
informasi dalam
peta pikiran
cukup mudah
dimengerti.
Terdapat paling sedikit 2 informasi
penting dalam
peta pikiran.
Pengaturan
letak informasi
dalam peta
pikiran mudah
dimengerti.
Peta pikiran
sangat minim
informasi penting.
Pengaturan letak
informasi dalam
peta pikiran sulit
dimengerti
Keterampilan
dalam menyajikan
informasi (BI 4.7).
Peta pikiran
dibuat sangat rapi, teratur, dan mudah dibaca.
Peta pikiran dibuat cukup rapi, teratur, dan mudah dibaca.
Peta pikiran dibuat agak rapi, teratur,
dan agak sulit
dibaca.
Peta pikiran dibuat terburu-buru, tidak lengkap, dan
sulit dibaca.
Sikap Kecermatan dan Kemandirian
Diisi dengan catatan khusus hasil pengamatan terhadap sikap siswa yang sangat baik dan perlu pendampingan, digunakan sebagai data dalam rekapitulasi penilaian sikap.

Catatan:
§  Rubrik digunakan sebagai pegangan guru dalam memberikan umpan balik terhadap tugas peta pikiran, hasil dari kegiatan ini tidak harus dimasukkan ke dalam buku nilai (sangat bergantung pada kesiapan siswa).
·         Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang hubungan antarmakhluk hidup.
§  Guru dapat melihat keberhasilan pembelajaran tentang kata kunci dari hasil keseluruhan kelas secara umum.

2. Bentuk Penilaian: Nontes
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPA 3.5 dan 4.5
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Pengetahuan
tentang jaringjaring
makanan
dalam ekosistem.
Informasi sangat
lengkap dan
akurat.
Diagram jaringjaring
Makanan dibuat sesuai dengan jenis ekosistem yang dipilih.
Informasi yang
ada cukup lengkap
dan akurat.
Diagram jaringjaring
makanan
dibuat sesuai
dengan jenis
ekosistem yang dipilih.
Informasi yang
ada kurang
lengkap dan
akurat.
Diagram jaringjaring
makanan
dibuat tidak sesuai dengan jenis ekosistem yang dipilih.
Informasi yang
ditempel pada
poster tidak
lengkap dan
kurang akurat.
Diagram jaringjaring
Makanan tidak sesuai dengan ekosistem yang dipilih.
Keterampilan
dalam mengolah
informasi.
Tulisan sangat
mudah dibaca
dari jarak yang
cukup jauh, serta
penataan poster
sangat bagus
sehingga mudah
dimengerti.
Tulisan sangat
mudah dibaca
dari jarak yang
cukup jauh, serta penataan poster cukup bagus sehingga mudah dimengerti.
Tulisan mudah
dibaca namun
agak sulit
dimengerti
Tulisan agak
sulit dibaca dan
dimengerti

H.      Sumber dan Media
·         Buku teks, buku bacaan tentang Hubungan Antara Makhluk Hidup, dan gambar-gambar hubungan khas makhluk hidup.




Mengetahui,
Kepala SD Negeri 1 Lampoih Saka



RATNAWATI, S.Pd
NIP. 19611231 198410 2 015

Lampoih Saka, …, …………..,  2017
Guru Kelas V



MARIANA, S.Pd
NIP: 19670305 200701 2 003


 

Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Susunlah jaring-jaring makanan dan keterangannya dengan menarik.
Presentasikan hasil karyamu di depan kelas dengan percaya diri.


Nama Ekosistem ..................................


Jaring-Jaring Makanan

……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….

Fakta Menarik tentang Jaring-Jaring Makanan

……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….

MEDIA
TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 5 KELAS 5 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

RPP LAINNYA: 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors