Home » » TEMA 4 KELAS 2 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 2 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 15 December 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 4                                    : Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 3/ Pembelajaran       : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain/ 1
Alokasi Waktu                         : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
3.4.1        Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
3.4.2        Mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
3.4.3        Menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
3.4.4        Menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
3.4.5        Membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
4.4 Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.4.1        Melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar
4.4.2        Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.
4.4.3        Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat
b) SBdP
3.1  Memahami karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
3.1.1        Mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan benar.
3.1.2        Mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif dengan benar.
3.1.3        Mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan menggambar dengan benar.
3.1.4        Mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan benar.
4.1  Membuat karya gambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1.1        Menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.

c) Matematika
3.9 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang.
3.9.1        Mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat.
4.9  Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar
4.9.1        Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2.      Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
3.      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
4.      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
5.      Melalui penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
6.      Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
7.      Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.
8.      Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
9.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan benar.
10.  Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif dengan benar.
11.  Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan menggambar dengan benar.
12.  Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan benar.
13.  Melalui penugasan, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.
14.  Dengan mengamati berbagai bentuk bangun ruang, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
15.  Dengan mengamati gambar model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di tempat
bermain.
2.      Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di tempat
bermain.
3.      Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan sehat di tempat bermain.
4.      Membuat laporan sederhana tentang lingkungan sehat di tempat bermain.
5.      Menggambar imajinatif dua dimensi.
6.      Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang.

E.       PENDEKATAN
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
o   Mengajak semua siswa berdoa.
o   Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
o   Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
o   Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
o   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
o   Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Tugasku Sehari-Hari”.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Sebelum masuk Pembelajaran 1, guru terlebih dahulu menghubungkan pembelajaran dengan pengantar subtema 3 yaitu hidup bersih dan sehat di tempat bermain.

Ayo Mengamati
o   Siswa dimotivasi dengan mengamati gambar pada pengantar subtema 3, misalnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti pada buku
o   Siswa. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya:
o   Kegiatan apa saja yang dilakukan Dayu dan teman-temannya?
o   Mengapa mereka melakukan kegiatan itu?
o   Apakah kamu setuju dengan kegiatan yang mereka lakukan?
o   Ketika mengajukan pertanyaan, siswa diarahkan pada pengetahuan awal mereka dan penanaman sikap yang dapat diteladani melalui gambar.
o   Langkah selanjutnya, barulah dibahas materi yang ada pada Pembelajaran 1.

Ayo Mengamati
o   Pada awal pembelajaran, siswa mendengarkan teman membacakan teks percakapan yang berhubungan dengan hidup bersih di tempat bermain.
o   Bertanya jawab tentang isi percakapan secara umum. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya: “Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?”
o   dan “Sikap apa yang dapat ditiru dari percakapan Dayu dan temanteman?”.

Ayo Berlatih
o   Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks percakapan yang didengar sebelumnya.
o   Guru dan siswa bersama-sama mengoreksi kebenaran jawaban yang dibuat siswa.
o   Memberikan penguatan terhadap jawaban siswa dan mengarahkannya agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan di manapun berada.

Ayo Berdiskusi
o   Siswa mendiskusikan makna kata yang berhubungan dengan teks percakapan sebelumnya, misalnya saja kata indah, nyaman, dan rindang.
o   Ketika berdiskusi, siswa hendaknya dibimbing penuh oleh guru karena kata yang dicari maknanya mungkin saja kata yang baru pertama kali ia dengar.
o   Untuk memantapkan pemahaman siswa, diberikan soal menjodohkan tentang kata dan makna kata yang sesuai.
o   Mengoreksi kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok.
o   Memberikan penguatan terhadap hasil kerja siswa dalam menemukan makna kata.

Ayo Membaca
o   Siswa membaca teks yang berhubungan dengan tempat bermain yang bersih dan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
o   Bertanya jawab tentang isi teks yang dibaca. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya: “Apa isi teks yang kamu baca?” dan “Apa kesimpulanmu terhadap isi teks?”.

Ayo Mengamati
o   Siswa mengamati gambar yang berhubungan dengan ciri tempat bermain yang bersih dan sehat.
o   Bertanya jawab tentang isi teks, terutama yang berhubungan dengan cirri tempat bermain yang bersih dan sehat. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya: “Bagaimana keadaan tempat bermain Dayu dan temanteman?” dan “Bersihkah tempat bermain mereka?”
o   Siswa menuliskan laporan hasil pengamatan tentang ciri tempat bermain yang bersih dan sehat.
o   Siswa diberikan arahan tentang penggunaan ejaan yang tepat ketika menulis laporan.
o   Siswa membacakan laporan hasil pengamatan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Ayo Berkreasi
o   Siswa mengamati gambar dua dimensi, misalnya gambar, lukisan, dan sulaman.
o   Bertanya jawab tentang gambar. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya: “Gambar apa yang kamu amati?” dan “Tahukah kamu alat dan bahan yang digunakan untuk membuat gambar tersebut?”.
o   Siswa mengamati gambar alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat gambar dua dimensi, misalnya: pensil, penggaris, rautan pensil, crayon, cat air dan kuas, dan buku gambar.
o   Siswa diberikan arahan cara menggunakan alat dan bahan, serta langkah-langkah dalam membuat gambar dua dimensi.

Ayo Berlatih
o   Siswa membuat gambar dua dimensi tentang benda-benda atau lingkungan di sekitar.
o   Ketika membuat gambar dua dimensi, siswa hendaknya dibimbing agar membuat gambar secara proporsional dan kombinasi warna yang sesuai.
o   Memberikan penguatan dan motivasi terhadap gambar siswa.
o   Siswa mengamati gambar Dayu berupa susunan kubus menyerupai jenjang dan mengarahkannya dengan unsur bangun ruang.
o   Siswa menemukan ruas garis pada kubus.
o   Memberikan penguatan terhadap pemahaman siswa tentang ruas garis pada bangun ruang.

Ayo Berlatih
o   Siswa menyelesaikan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan menemukan ruas garis pada berbagai bentuk bangun ruang, misalnya: balok, prisma tegak segiempat, dan prisma tegak segitiga.
o   Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
o   Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
o   Memberikan motivasi dan penguatan terhadap prestasi belajar siswa.
o   Menyimpulkan dan menutup materi pembelajaran.

PENGAYAAN
o   Menugaskan siswa bermain peran tentang kesehatan lingkungan.
o   Menugaskan siswa mengembangkan lebih lanjut gambar imajinatif yang telah dibuatnya dengan kreasi yang lebih bervariasi.
o   Menugaskan siswa menemukan berbagai bentuk bangun ruang yang lain di lingkungan sekitar, kemudian menentukan ruas garis yang membatasi setiap model bangun ruang.

REMEDIAL
o   Menjelaskan kembali materi tentang lingkungan sehat bagi siswa yang belum paham.
o   Mengulas kembali dan membimbing siswa tentang cara membuat gambar imajinatif bagi siswa yang belum mampu membuatnya.
o   Mengulas kembali materi tentang menentukan ruas garis yang membatasi setiap model bangun ruang.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o  Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
o  Melakukan penilaian hasil belajar
o  Melakukan repleksi
o  Menyampaikan pesan moral/belajar.
o  Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

G.      Penilaian :
1.      Teknik Penilaian:
·         Penilaian Sikap                        : kerja sama, peduli, komunikatif
·         Penilaian Pengetahuan            : Tes tertulis
·         Penilaian Keterampilan           : Uji unjuk kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Sikap
2.      Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, Remidial, dan pengayaaan pada buku siswa.
3.      Keterampilan

Bentuk Instrumen Penilaian
a) Sikap
Petunjuk:
Berilah tanda centang () pada sikap setiap siswa yang terlihat!
NO
NAMA SISWA
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Santun
Peduli
Percaya Diri
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
1
Afkar Alfa Ruqi












2
Ainun Nur Fadwie












3
Alfi Al Zikra












4
Amisya Humaira












5
Anis Marzatillah












6
Anna Thaifattun Nissa












7
Aural Salsabila












8
Farah Annisa












9
Firman












10
Frayuda Hidayat












11
Harits Atsal












12
Laini Mastura












13
M. Fathur Riza












14
Maulidatun Warahmah












15
Muhammad Akil












16
Muhammad Alfata












17
Muhammad Rizaul Ilmi












18
Rahadatul Aisi












19
Rahimatus Salmi












20
Rawiyatul Husna












21
Rizkina Salisa












22
Shafiatul Ulya












23
Siti Yuliza












24
Suci Rizkina












25
Teguh Bijaksana


























Keterangan:
T : Terlihat
BT : Belum Terlihat
 
2. Penilaian Pengetahuan
         Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan tempat bermain yang bersih dan sehat.
Skor : 5
         Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan tempat bermain yang bersih dan sehat.
Skor : 3
         Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang.
Skor : 5

3. Penilaian Keterampilan
• Membaca lancar teks yang berhubungan dengan tempat bermain yang bersih dan sehat.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks
Siswa mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian
teks
Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah
bagian teks
Siswa belum
mampu
membaca teks
Pemahaman
Isi teks
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
Mampu
menjawab
setengah
atau lebih
pertanyaan
yang diajukan
Mampu
menjawab
kurang dari
setengah
pertanyaan
yang diajukan
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan

• Membuat laporan sederhana tentang tempat bermain yang
bersih dan sehat
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Kelengkapan
isi laporan
Isi laporan
lengkap
Isi laporan
mencakup
sebagian besar
isi gambar
Isi laporan
Hanya mencakup
sebagian kecil
isi gambar
Isi laporan
belum sesuai
dengan isi
gambar
Tampilan
Tulisan jelas,
rapi, dan bersih
Tulisan jelas,
tetapi kurang
rapi atau bersih
Tulisan kurang
jelas
Tulisan tidak
bisa dibaca

• Menggambar imajinatif dua dimensi.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Bentuk objek (Representasi objek)
Tampilan
gambar jelas,
rapi, dan
bersih
Tampilan
gambar jelas,
tetapi kurang
rapi atau
kurang bersih
Tampilan
Gambar kurang jelas dan kurang
rapi atau kurang bersih
Tampilan gambar tidak
jelas dan tidak rapi atau tidak bersih
Komposisi
(susunan
garis, bentuk,
dan warna)
Susunan garis,
bentuk, dan
warna sangat
serasi
Susunan garis,
bentuk, dan
warna serasi
Susunan garis,
bentuk, dan
warna kurang
serasi
Susunan garis,
bentuk, dan
warna tidak
serasi
Teknik
Sangat efektif
menggunakan
alat dan bahan
Efektif
menggunakan
alat dan bahan
Kurang efektif
menggunakan
alat dan bahan
Tidak efektif
menggunakan
alat dan bahan

H.      Sumber dan Media
1.      Gambar-gambar yang berhubungan dengan tempat bermain yang sehat.
2.      Gambar yang berhubungan dengan gambar imajinatif.
3.      Gambar dan model bangun ruang.




Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA, S.Pd
NIP. 19700312 199402 2 002           

Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas II



FAJRIAH, S.Pd
NIP. 19601231 198206 2 028



Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks
percakapan sebelumnya!
1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................

2. Bagaimana suasana tempat bermain Dayu dan
    teman-teman?
Jawab: ...................................................................

3. Bagaimana pendapatmu terhadap isi percakapan
    Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................

4. Apa yang harus dilakukan agar kebersihan taman
    terus terjaga?
Jawab: ...................................................................

5. Apa pendapatmu apabila tempat bermain jarang
    dibersihkan?
Jawab: ...................................................................


Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata berikut!


TEMA 4 KELAS 2 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 4 KELAS 2 SUB 3 PB 1 (Revisi 2017)

RPP Lainya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Newest
You are reading the newest post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors