Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 1

TEMA 6 KELAS 3 SUB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 16 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 6                                        : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Temanku Sahabatku/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan social melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Merumuskan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks surat tanggapan pribadi.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menceritakan kembali isi teks surat tanggapan pribadi berdasarkan pertanyaan yang dibua

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.9 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.1 Menyebutkan satuan waktu yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
4.5.1 Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu

c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.3 Memahami gerak kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan.
3.3.1 Mengidentifikasi gerak kuat dan gerak lemah berdasarkan pengamatan terhadap alam sekitar.
4.9 Mengembangkan gerak berdasarkan hasil pengamatan alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema.
4.9.1 Menirukan gerak alam hasil pengamatan dari alam sekitar.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.    Membaca, mengidentifikasi, dan menceritakan isi surat teks tanggapan pribadi.
2.    Belajar membaca dan menentukan jam.
3.    Mengidentifikasi dan menirukan gerakan-gerakan berdasarkan pengamatan terhadap permainan Petak Jongkok

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengucap salam dan menyapa siswa.
o   Guru memeriksa kehadiran siswa.
o   Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
o   Guru menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
o   Salah satu siswa diminta membaca nyaring teks tentang sahabat pena di buku siswa.
o   Semua siswa membaca teks surat yang dikirimkan oleh sahabat pena Dayu di dalam hati
o   Siswa menuliskan pertanyaan yang mungkin muncul setelah membaca teks tersebut.
o   Pertanyaan yang ditulis dapat berupa pertanyaan terbuka.
o   Misal:
·         Sejak kapan Dayu dan Sindai, sahabat penanya berkirim surat?
·         Dari mana Dayu mengenalnya?
·         Apakah Dayu dan Sindai pernah bertemu?
o   Siswa menuliskan isi surat Sindai dengan bahasanya sendiri.
o   Siswa menulis dengan bahasa yang santun.
o   Untuk melakukan kegiatan ini, guru meminta siswa untuk menutup halaman surat Sindai.
o   Guru meminta salah satu siswa membaca surat balasan dari Dayu untuk Sindai
o   Guru membahas hubungan antar satuan waktu yang berlaku di dunia.
o   Siswa menyimak konversi antar satuan waktu.
o   Guru bertanya pada siswa:
·         Satuan waktu manakah yang paling lama?
·         Satuan waktu mana yang paling singkat?
o   Menyusun satuan-satuan waktu pada garis waktu mulai dari satuan waktu yang paling singkat hingga satuan waktu yang paling lama.
o   Guru dan siswa mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
o   Siswa diminta mengamati gambar anak-anak bermain
o   Petak Jongkok
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang permainan
o   Petak Jongkok
o   Siswa menirukan gerakan-gerakan permainan Petak
o   Jongkok ke dalam tarian.
o   Siswa mengumpulkan buku siswa untuk dinilai.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027


2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
a. Membuat pertanyaan berdasarkan teks surat tanggapan pribadi
b. Menyusun satuan waktu pada garis waktu
Jumlah jawaban: 10
Total Skor: 100.

3. Penilaian Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk Kerja
Menceritakan isi surat tanggapan pribadi
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Kesesuaian
dengan teks.
Cerita yang
ditulis sesuai
dengan teks
Cerita yang
ditulis sesuai
dengan teks
dengan
penambahan
dan pengurangan
yang tidak
mengubah isi
teks
Cerita yang
ditulis merujuk
pada teks
dengan
penambahan
dan
pengurangan
Cerita yang
ditulis tidak
sesuai dengan
teks.
2.
Keaslian
redaksi cerita.
Pilihan kata
dalam cerita
autentik.
Pilihan kata
yang digunakan
lebih banyak
redaksi sendiri
(autenti).
Menggunakan
kata-kata dari
teks dengan
gaya bahasa
sendiri.
Menggunakan
seluruh kata
dari teks.

Menggambar jam berdasarkan waktu yang ditentukan

No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Akurasi
(ketepatan)
urutan satuan
waktu
Seluruh satuan waktu tersusun
dalam urutan
yang benar
Dua satuan
waktu tidak
tepat urutannya
Tiga satuan
waktu tidak
tepat urutannya.
Empat satuan
waktu tidak
tepat urutannya
2.
Akurasi
(ketepatan)
penempatan
satuan waktu
dalam garis.
Seluruh satuan waktu pada posisi yang tepat
Dua satuan
waktu tidak
tepat posisinya
Tiga satuan
waktu tidak
tepat posisinya
Empat satuan
waktu tidak
tepat posisinya

Menirukan gerakan-gerakan berdasarkan pengamatan terhadap permainan
Petak Jongkok.

No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Keaslian dan
kesesuaian
dengan tema
Siswa menari
dengan
gerakangerakan
ciptaan
sendiri yang
sesuai dengan
pengamatan
permainan
Petak Jongkok.
Siswa menari
dengan
gerakangerakan
improvisasi
dari gerakan
teman yang
sesuai dengan
pengamatan
permainan
Petak Jongkok
Siswa menari
dengan
gerakangerakan
meniru gerakan
teman yang
sesuai dengan
pengamatan
permainan
Petak Jongkok.
Siswa
belum dapat
menarikan
gerakan yang
sesuai dengan
pengamatan
permainan
Petak Jongkok
walau dengan
bimbingan
penuh dari guru.
2.
Konsistensi
gerakan
Siswa menari
dengan ragam
gerakan yang
konsisten dari
awal hingga
akhir.
Siswa
menarikan
sebagian besar
gerakan dengan
konsisten.
Siswa
menarikan
separuh gerakan
tarian dengan
konsisten
Siswa belum
dapat menari
dengan
gerakangerakan
konsisten.

Kepercayaan
diri
Siswa dapat
menari secara
individu dan
kelompok
dengan percaya
diri.
Siswa dapat
menari secara
kelompok
dengan percaya
diri
Siswa dapat
menari dengan
motivasi dan
dorongan dari
guru.
Siswa belum
dapat menari
dengan percaya
diri walau
dengan motivasi
dan dorongan
penuh dari guru

H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar jam
3.      Jam



Mengetahui,                                                                        Tijue, 1 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                             NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




MEDIA

TEMA 6 KELAS 3 SUB 1



Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Satuan-satuan waktu yang berlaku di dunia!
1 abad            : 100 tahun
1 dasawarsa   : 10 tahun
1 windu          : 8 tahun
1 tahun           : 12 bulan
1 bulan           : 4 minggu
1 minggu        : 7 hari
1 hari              : 24 jam
1 jam              : 60 menit
1 menit           : 60 detik




Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors