Home » » TEMA 8 KELAS 3 SUB 3 PB 6

TEMA 8 KELAS 3 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 16 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 8                                        : Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Perubahan Rupa Bumi/ 6
Alokasi Waktu                            : …………………

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.1    Menyusun teks laporan yang berisi informasi tentang perubahan rupa bumi.
4.1.1    Menceritakan kembali informasi berdasarkan teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan dengan lancar.

b) PKn
1.1    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3    Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2    Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari di rumah dan di sekolah.
3.2.1    Memberikan contoh hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari sesuai konteks/tema.
3.2.2    Menceritakan hasil pengamatan tentang hak dan kewajiban dalam masyarakat sesuai konteks.
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2.1    Mengamalkan sikap dan perilaku tanggung jawab menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari.

c) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
3.1.1    Mengidentifikasi operasi hitung perkalian dan pembagian berdasarkan soal cerita.
4.2    Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1    Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehai-hari yang berkaitan dengan perkalian.
4.2.2    Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pembagian.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.   Melengkapi bagan kesimpulan tentang perubahan rupa bumi.
2.   Membuat buku saku “Aku Sayang Bumiku.”
3.   Bercerita dari gambar pada buku bumi.
4.   Menyelesaikan soal cerita perkalian dan pembagian.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa dan guru bersama-sama mengulang kembali materi pelajaran mengenai perubahan bentuk muka bumi serta penyebabnya. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa diminta untuk menuliskan kesimpulan dalam bagan yang tersedia. Siswa dapat membuat bagan terpisah di kertas karton dan kemudian mengkreasikan dan menghiasnya untuk dipajang. (Mengekplorasi)
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa setiap orang berkewajiban menjaga lingkungan dan alam di sekitarnya sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah yang diberikan Tuhan pada manusia. (Mengamati)
o   Siswa diminta menyebutkan hal-hal apa saja yang seharusnya dan sudah mereka lakukan untuk membantu menjaga lingkungan sekitar. (Mengekplorasi)
o   Siswa membuat buku bumi mengenai hal positif yang dapat mereka lakukan untuk menjaga agar bumi tidak rusak.
o   Siswa melengkapi buku bumi, melipat dan menggunting pada bagian yang ditandai serta menyatukan dengan tali/benang sehingga  menjadi buku saku.
o   Siswa diminta untuk saling berbagi cerita dengan temannya mengenai buku bumi dan apa yang akan dan sudah mereka lakukan untuk menjaga bumi. (Mengasosiasi)
o   Buku bumi dapat menjadi buku saku yang menjadi refleksi siswa. Siswa diminta untuk memberi tanda centang pada buku buminya jika mereka sudah melakukan hal-hal yang terdapat pada buku tersebut.
o   Siswa mereview kembali materi tentang perkalian dan pembagian. Kemudian menyelesaikan soal cerita tentang perkalian dan pembagian pada buku siswa. (Mengasosiasi)

Kegiatan Remedial
Kegiatan remedial dilakukan dengan kegiatan berikut.
  Mengulas kembali penjelasan tentang pengamalan nilai-nilai Pancasila.
  Mengulas kembali materi tentang perkalian dan pembagian bilangan.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
Kegiatan pengayaan dapat dilakukan dengan kegiatan-kegiatan berikut.
  Berkunjung ke platerium atau museum geologi.
  Menonton film dokumenter tentang perubahan ketampakan muka bumi.
  Membuat laporan pelaksanaan kegiatan sosial membantu korban bencana.
  Membuat laporan pelaksanaan kegiatan sosial membersihkan lingkungan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilihat dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang perkalian, dan melengkapi bagan kesimpulan.
1.      Menyelesaikan soal cerita tentang perkalian.
2.      Melengkapi bagan kesimpulan.

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa bercerita dengan buku bumi.
Rubrik Bercerita dengan Buku Bumi

Rubik Bercerita
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran dalam bercerita.
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar.
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Belum mampu bercerita.
Kesesuaian cerita.
Cerita sesuai dengan tema dan gambar.
Sebagian besar cerita sesuai dengan gambar.
Kurang dari setengah cerita yang sesuai dengan gambar.
Belum bisa bercerita sesuai gambar.
Volume suara, intonasi dan ekspresi.
Volume dan Intonasi suara terdengar
jelas hingga seluruh ruang kelas.
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas.
Hanya terdengar di bagian depan kelas.
Sangat pelan atau tidak terdengar.


H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Karton
3.      Gunting
4.      Stapler
5.      Alat mewarnai


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……., …………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Tulis dengan kalimatmu sendiri.



Lembar Penilaian
1.  Lengkapilah teka-teki berikut ini.

Mendatar
1. Hujan deras yang disertai angin kencang.
2. Kata lain dari musibah.
3. Tanah yang amblas akibat hujan deras.
4. Meluapnya air sungai ke daratan.

Menurun
5. Salah satu sumber energi.
6. Pengikisan tanah oleh air.
7. Limbah yang dihasilkan manusia dan dapat
menyebabkan banjir.
8. Jenis tanah yang terdapat di daerah pantai.
 


TEMA 8 KELAS 3 SUB 3 PB 6



TEMA 8 KELAS 3 SUB 3 PB 6
TEMA 8 KELAS 3 SUB 3 PB 6

RPP Lainya:


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors