(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/1
Tema 8 :
Bumi dan Alam Semesta
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Perubahan
Rupa Bumi/ 6
Alokasi
Waktu : …………………
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4 Memiliki
rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.1 Menyusun
teks laporan yang berisi
informasi tentang perubahan
rupa bumi.
4.1.1 Menceritakan
kembali informasi
berdasarkan teks laporan
tentang rupa bumi dan
perubahannya secara lisan
dengan lancar.
b) PKn
1.1 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan
perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2 Mengetahui
hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari di rumah dan di
sekolah.
3.2.1 Memberikan
contoh hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari sesuai
konteks/tema.
3.2.2 Menceritakan
hasil pengamatan tentang hak dan kewajiban dalam masyarakat sesuai konteks.
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2.1 Mengamalkan
sikap dan perilaku tanggung jawab menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga
dalam kehidupan seharihari.
c) Matematika
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam
diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1 Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan
dan perkalian.
3.1.1 Mengidentifikasi
operasi hitung
perkalian dan pembagian
berdasarkan soal
cerita.
4.2 Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang,
berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menggunakan
pengetahuan yang
dimiliki untuk menyelesaikan
masalah sehai-hari
yang berkaitan dengan
perkalian.
4.2.2 Menggunakan
pengetahuan yang
dimiliki untuk menyelesaikan
masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan
pembagian.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Melengkapi
bagan kesimpulan tentang perubahan rupa bumi.
2.
Membuat
buku saku “Aku Sayang Bumiku.”
3.
Bercerita
dari gambar pada buku bumi.
4.
Menyelesaikan
soal cerita perkalian dan pembagian.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa dan guru bersama-sama mengulang kembali materi
pelajaran mengenai perubahan bentuk muka bumi serta penyebabnya. (Mengkomunikasikan)
o Siswa diminta untuk menuliskan kesimpulan dalam
bagan yang tersedia. Siswa dapat membuat bagan terpisah di kertas karton dan
kemudian mengkreasikan dan menghiasnya untuk dipajang. (Mengekplorasi)
o Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa setiap
orang berkewajiban menjaga lingkungan dan alam di sekitarnya sebagai bentuk
rasa syukur atas anugerah yang diberikan Tuhan pada manusia. (Mengamati)
o Siswa diminta menyebutkan hal-hal apa saja yang
seharusnya dan sudah mereka lakukan untuk membantu menjaga lingkungan
sekitar. (Mengekplorasi)
o Siswa membuat buku bumi mengenai hal positif yang
dapat mereka lakukan untuk menjaga agar bumi tidak rusak.
o Siswa melengkapi buku bumi, melipat dan menggunting
pada bagian yang ditandai serta menyatukan dengan tali/benang sehingga menjadi buku saku.
o Siswa diminta untuk saling berbagi cerita dengan
temannya mengenai buku bumi dan apa yang akan dan sudah mereka lakukan untuk
menjaga bumi. (Mengasosiasi)
o Buku bumi dapat menjadi buku saku yang menjadi
refleksi siswa. Siswa diminta untuk memberi tanda centang pada buku buminya
jika mereka sudah melakukan hal-hal yang terdapat pada buku tersebut.
o Siswa mereview kembali materi tentang perkalian dan
pembagian. Kemudian menyelesaikan soal cerita tentang perkalian dan pembagian
pada buku siswa. (Mengasosiasi)
Kegiatan Remedial
Kegiatan
remedial dilakukan dengan kegiatan berikut.
• Mengulas kembali penjelasan
tentang pengamalan nilai-nilai Pancasila.
• Mengulas kembali materi
tentang perkalian dan pembagian bilangan.
Kegiatan Alternatif
(Pengayaan)
Kegiatan
pengayaan dapat dilakukan dengan kegiatan-kegiatan berikut.
• Berkunjung ke platerium atau
museum geologi.
• Menonton film dokumenter
tentang perubahan ketampakan muka bumi.
• Membuat laporan pelaksanaan
kegiatan sosial membantu korban bencana.
• Membuat laporan pelaksanaan
kegiatan sosial membersihkan lingkungan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Penilaian
pengetahuan dilihat dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
tentang perkalian, dan melengkapi bagan kesimpulan.
1. Menyelesaikan soal cerita tentang perkalian.
2. Melengkapi bagan kesimpulan.
3.
Penilaian Keterampilan
Penilaian
keterampilan dilihat dari keterampilan siswa bercerita dengan buku bumi.
Rubrik
Bercerita dengan Buku Bumi
Rubik Bercerita
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kelancaran dalam bercerita.
|
Seluruh cerita disampaikan
dengan lancar.
|
Setengah atau lebih bagian
cerita disampaikan dengan lancar.
|
Kurang dari setengah bagian
cerita disampaikan dengan lancar.
|
Belum mampu bercerita.
|
Kesesuaian cerita.
|
Cerita sesuai dengan tema dan
gambar.
|
Sebagian besar cerita sesuai
dengan gambar.
|
Kurang dari setengah cerita
yang sesuai dengan gambar.
|
Belum bisa bercerita sesuai
gambar.
|
Volume suara, intonasi dan
ekspresi.
|
Volume dan Intonasi suara
terdengar
jelas hingga seluruh ruang
kelas.
|
Terdengar jelas hingga setengah
ruang kelas.
|
Hanya terdengar di bagian depan
kelas.
|
Sangat pelan atau tidak
terdengar.
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Karton
3. Gunting
4. Stapler
5. Alat mewarnai
Mengetahui, Tijue,
……., ………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Tulis dengan
kalimatmu sendiri.
Lembar Penilaian
1. Lengkapilah teka-teki berikut ini.
Mendatar
1. Hujan deras yang disertai angin
kencang.
2. Kata lain dari musibah.
3. Tanah yang amblas akibat hujan deras.
4. Meluapnya air sungai ke daratan.
Menurun
5. Salah satu sumber energi.
6. Pengikisan tanah oleh air.
7. Limbah yang dihasilkan manusia dan
dapat
menyebabkan banjir.
8. Jenis tanah yang terdapat di daerah pantai.
RPP Lainya:
- tema-8-kelas-2-sub-1-pb-6
- tema-8-kelas-2-sub-1-pb-5
- tema-8-kelas-4-sub-2-pb-6
- tema-8-kelas-4-sub-2-pb-5
- tema-8-kelas-4-sub-2-pb-4
- tema-9-kelas-5-sub-1-pb-6
- tema-9-kelas-5-sub-1-pb-5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment