(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 :
Hidup Rukun
Sub
Tema 4/ Pembelajaran : Hidup Rukun
di Masyarakat / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR
a) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.4
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
3.4.6
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam
keragaman kegemaran/ hobi.
4.4
Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
4.4.13
Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis
kelamin, kegemaran, dan sifat/ karakter..
b) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.5
Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.7
Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5
Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5.4
Membaca teks pemintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
13.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan
blok Dienes (kubus satuan).
3.1.8
Membilang loncat
3.1.7
Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1
Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang
kurang dari 100.
4.1.1
Menentukan pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari
100
d) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni.
3.1
Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
3.1.1
Megidentifikasi bahanbahan dalam membuat karya seni rupa.
4.1.1
Menggambar bermacam-macam garis.
4.1.2
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis.
4.1.3
Mewarnai gambar Ekspresi
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah dengan
setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat/
karakter
2. Contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman
3.
Teks
pemintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4. Membilang loncat
5. Pola-pola bilangan sederhana menggunakan
bilanganbilangan yang kurang dari 100.
6. Ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan
tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar lingkungan
perumahan yang kotor dengan teliti (mengamati).
o
Siswa mengamati gambar lingkungan perumahan yang kotor
(mengamati).
o
Siswa mengamati gambar warga yang bergotong royong membersihkan
lingkungan (mengamati).
o
Siswa menanya tentang gambar lingkungan perumahan yang
kotor (menanya).
o
Siswa menanya tentang gambar warga yang bergotong royong
membersihkan lingkungan (menanya).
o
Siswa menceritakan tentang gambar lingkungan
perumahan yang kotor (mengomunikasikan).
o Siswa
boleh menggunakan bahasa daerahnya.
o
Guru membimbing siswa untuk mendengarkan teks
o
“Membuang Sampah di Tempat Sampah” yang dibacakan guru
dengan percaya diri (mencoba).
o
Siswa mendengarkan guru membacakan teks “Membuang
o
Sampah di Tempat Sampah” (mencoba).
o
Siswa membaca lancar teks “Membuang Sampah di Tempat
Sampah” (mencoba).
o
Siswa membuat kalimat permohonan maaf sesuai teks bacaan
“Membuang Sampah di Tempat Sampah” (mencoba).
o
Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun
dalam kemajemukan
teman (menalar).
o
Siswa memperhatikan gambar berangka pembagian kelompok
gotong royong (mengamati).
o
Siswa memperhatikan angka yang ada pada gambar (mengamati).
o
Siswa menyebutkan angka yang ada pada gambar secara berurutan
yaitu bilangan loncat 2 (menalar).
o
Siswa mengerjakan latihan dengan mengisi bilangan yang
hilang dari urutan yang sudah ditentukan pada garis bilangan (mencoba).
o
Siswa mengurutkan bilangan sampai 500 (menalar).
o
Siswa mengurutkan bilangan dari yang terbesar sampai
yang terkecil
(menalar).
o
Siswa memperhatikan garis bilangan yang terdapat
pada
o
Buku Siswa (mengamati).
o
Siswa menentukan bilangan loncat (menalar).
o
Siswa menuliskan bilangan yang hilang (mencoba).
o
Siswa menentukan pola bilangan pada baris bilangan (menalar).
o
Siswa memperhatikan gambar (mengamati).
o
Siswa membaca teks percakapan sederhana pada keterangan
gambar (mencoba).
o
Siswa mengurutkan gambar (menalar).
o
Siswa berperilaku rukun dengan setiap teman di
sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat/ karakter (mencoba).
o
Guru membimbing siswa untuk bercerita di depan kelas
dengan bahasa yang santun.
o
Siswa mengingat pengalaman yang pernah dialami (mengamati).
o
Siswa membaca pertanyaan yang bisa memandu bercerita
dengan urut (mencoba).
o
Siswa menjawab pertanyaan yang bisa memandu
bercerita dengan
urut (menalar).
Contoh cerita
Membuang Sampah di Tempat Sampah
Rumah Udin bersih dan rapi.
Setiap ruangan disapu setiap hari.
Behitu juga halaman luarnya.
Di dalam dan di luar rumah tidak ada
sampah berserakan.
Udin membuang sampah di tempat sampah.
Sebaliknya, rumah Badu kotor dan tidak
rapi.
Sampah berserakan dimana-mana.
o
Got
di depan rumah Badu penuh dengan sampah.
o
Siswa
menulis cerita yang dibuatnya (mencoba).
o Siswa bercerita di depan kelas
(mengomunikasikan).
o
Guru membimbing siswa untuk menggambar ekspresi dengan
mengolah garis dengan percaya diri.
o
Siswa mempersiapkan alat tulis dan buku gambar (mencoba).
o Siswa
menggambar bermacam-macam garis (mencoba).
o
Siswa menggambar ekspresi dengan
mengolah garis (mencoba).
o
Siswa mewarnai gambar ekspresi
(mencoba).
o
Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam
membuat karya seni rupa (menalar).
o
Siswa bertanya jawab tentang materi yang
belum dipahami (menanya dan menalar).
o
Guru memberikan penghargaan terhadap
prestasi belajar siswa, misalnya dengan penghargaan secara verbal.
o
Siswa diarahkan menyimpulkan pelajaran
(mengomunikasikan).
PENGAYAAN
o
Jika siswa sudah bisa membaca lancar
dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan dalam membaca lancar yang
lain.
o
Jika siswa sudah bisa menggambar kreasi
dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan dalam menggambar kreasi
yang lebih intensif dalam bentuk yang lain.
o
Jika siswa sudah bisa membilang loncat,
maka guru dapat memberikan latihan lanjutan berupa bentuk soal lain.
o
Jika siswa sudah bisa menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman
kegemaran/hobi, maka guru dapat memberikan penugasan
o
lanjutan berupa memilih salah satu
bentuk kegiatan dan membuat ceritanya.
REMEDIAL
o
Jika siswa masih kesulitan untuk membaca
lancar, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan
berkelompok di rumah.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk
menggambar kreasi, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam menggambar
kreasi yang lebih intensif.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk
membilang loncat, maka guru dapat membimbing siswa dalam membilang loncat
dengan tepat.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk
menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam
keragaman kegemaran/hobi, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dalam
membuat cerita tentang memilih salah satu bentuk kegiatan bersama teman dengan mengarahkan pemikiran siswa.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian;
a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Instrumen
penilaian: tes tertulis (isian)
Tes Tertulis: Skor
1. Menentukan
bilangan loncat.
2. Menulis
bilangan yang hilang.
3. Menentukan
pola deret bilangan .
Banyak Soal:
1. 2 soal
2. 2 soal
3. 2 soal
1) Penilaian
Keterampilan
a. Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Lancar
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
membaca
teks
|
Mampu
membaca lancar
keseluruhan teks
|
Mampu
membaca
lancar
sebagian
besar
teks
|
Mampu
membaca
lancar
sebagian
kecil
teks
|
Belum
mampu
membaca
lancar
teks
|
2
|
Pemahaman
isi teks
|
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu
menjawab
sebagian
besar
pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu
menjawab
sebagian
kecil
pertanyaan
yang
diajukan
|
Belum
mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang
diajukan
|
b. Penilaian:
Pengamatan
Penilaian
Menggambar Ekspresi dengan Mengolah Garis
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Kemampuan
menggambar
bermacam-macam
garis
|
||
2
|
Kemampuan
mengolah garis
|
||
3
|
Mewarnai
gambar ekspresi
|
||
4
|
c. Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membuat Cerita tentang Kegiatan Bersama
Teman di sekitar Rumah dalam Keragaman Kegemaran
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membuat cerita
|
Mampu
membuat
cerita berkaitan
dengan
kegiatan
bersama
teman
di
sekitar
rumah
dalam
keragaman
kegemaran
|
Mampu sebagian
besar
membuat
cerita
berkaitan
dengan
kegiatan
bersama
teman
di
sekitar
rumah
dalam
keragaman
kegemaran
|
Mampu
sebagian
kecil
membuat
cerita berkaitan
dengan
kegiatan
bersama
teman
di
sekitar
rumah
dalam
keragaman
kegemaran
|
Belum
mampu
membuat cerita
|
2
|
Kesesuaian
panduan
membuat
cerita
dengan
isi
cerita
|
Mampu
membuat
cerita
sesuai
dengan
panduan
|
Mampu
sebagian
besar
membuat
cerita sesuai dengan
panduan
|
Mampu
sebagian
kecil
membuat
cerita sesuai dengan
panduan
|
Belum
mampu
membuat
cerita sesuai dengan
isi cerita
|
H. Sumber dan Media
1. Gambar lingkungan perumahan yang kotor.
2. Teks bacaan “Membuang Sampah di Tempat
Sampah”.
3. Gambar pembagian kelompok gotong royong.
4. Gambar acak.
5. Alat tulis.
6.
Buku gambar.
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2015
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas II,
Rosmiati, S.Pd Mimi Santi, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19750305 200801 2 001
Media
RPP Lain:
Tema 3 Kelas IV Sub 1 Pb 4
Tema 3 Kelas IV Sub 1 Pb 3
Tema 3 Kelas IV Sub 1 Pb 2
Tema 3 Kelas IV Sub 1 Pb 1
Tema 3 Kelas IV Sub 1 Pb 3
Tema 3 Kelas IV Sub 1 Pb 2
Tema 3 Kelas IV Sub 1 Pb 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment