Home » » Tema 1 Kelas 2 Sub 4 Pb 1

Tema 1 Kelas 2 Sub 4 Pb 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 20 August 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 2/1
Tema 1                                        : Hidup Rukun
Sub Tema 4/ Pembelajaran          : Hidup Rukun di Masyarakat / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
3.4.6 Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman kegemaran/ hobi.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat/ karakter..

b) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah  Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.7 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5.4 Membaca teks pemintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
13.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok Dienes (kubus satuan).
3.1.8 Membilang loncat
3.1.7 Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100.
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100

d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
3.1.1 Megidentifikasi bahanbahan dalam membuat karya seni rupa.
4.1.1 Menggambar bermacam-macam garis.
4.1.2 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis.
4.1.3 Mewarnai gambar Ekspresi

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat/ karakter
2.      Contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman
3.      Teks pemintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.      Membilang loncat
5.      Pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100.
6.      Ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar lingkungan perumahan yang kotor dengan teliti (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar lingkungan perumahan yang kotor (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar warga yang bergotong royong membersihkan lingkungan (mengamati).
o   Siswa menanya tentang gambar lingkungan perumahan yang kotor (menanya).
o   Siswa menanya tentang gambar warga yang bergotong royong membersihkan lingkungan (menanya).
o   Siswa menceritakan tentang gambar lingkungan perumahan yang kotor (mengomunikasikan).
o   Siswa boleh menggunakan bahasa daerahnya.
o   Guru membimbing siswa untuk mendengarkan teks
o   “Membuang Sampah di Tempat Sampah” yang dibacakan guru dengan percaya diri (mencoba).
o   Siswa mendengarkan guru membacakan teks “Membuang
o   Sampah di Tempat Sampah” (mencoba).
o   Siswa membaca lancar teks “Membuang Sampah di Tempat Sampah” (mencoba).
o   Siswa membuat kalimat permohonan maaf sesuai teks bacaan “Membuang Sampah di Tempat Sampah” (mencoba).
o   Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman (menalar).
o   Siswa memperhatikan gambar berangka pembagian kelompok gotong royong (mengamati).
o   Siswa memperhatikan angka yang ada pada gambar (mengamati).
o   Siswa menyebutkan angka yang ada pada gambar secara berurutan yaitu bilangan loncat 2 (menalar).
o   Siswa mengerjakan latihan dengan mengisi bilangan yang hilang dari urutan yang sudah ditentukan pada garis bilangan (mencoba).
o   Siswa mengurutkan bilangan sampai 500 (menalar).
o   Siswa mengurutkan bilangan dari yang terbesar sampai yang terkecil (menalar).
o   Siswa memperhatikan garis bilangan yang terdapat pada
o   Buku Siswa (mengamati).
o   Siswa menentukan bilangan loncat (menalar).
o   Siswa menuliskan bilangan yang hilang (mencoba).
o   Siswa menentukan pola bilangan pada baris bilangan (menalar).
o   Siswa memperhatikan gambar (mengamati).
o   Siswa membaca teks percakapan sederhana pada keterangan gambar (mencoba).
o   Siswa mengurutkan gambar (menalar).
o   Siswa berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat/ karakter (mencoba).
o   Guru membimbing siswa untuk bercerita di depan kelas dengan bahasa yang santun.
o   Siswa mengingat pengalaman yang pernah dialami (mengamati).
o   Siswa membaca pertanyaan yang bisa memandu bercerita dengan urut (mencoba).
o   Siswa menjawab pertanyaan yang bisa memandu bercerita dengan urut (menalar).

Contoh cerita
Membuang Sampah di Tempat Sampah
Rumah Udin bersih dan rapi.
Setiap ruangan disapu setiap hari.
Behitu juga halaman luarnya.
Di dalam dan di luar rumah tidak ada sampah berserakan.
Udin membuang sampah di tempat sampah.
Sebaliknya, rumah Badu kotor dan tidak rapi.
Sampah berserakan dimana-mana.

o   Got di depan rumah Badu penuh dengan sampah.
o   Siswa menulis cerita yang dibuatnya (mencoba).
o   Siswa bercerita di depan kelas (mengomunikasikan).
o   Guru membimbing siswa untuk menggambar ekspresi dengan mengolah garis dengan percaya diri.
o   Siswa mempersiapkan alat tulis dan buku gambar (mencoba).
o   Siswa menggambar bermacam-macam garis (mencoba).
o   Siswa menggambar ekspresi dengan mengolah garis (mencoba).
o   Siswa mewarnai gambar ekspresi (mencoba).
o   Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa (menalar).
o   Siswa bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami (menanya dan menalar).
o   Guru memberikan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa, misalnya dengan penghargaan secara verbal.
o   Siswa diarahkan menyimpulkan pelajaran (mengomunikasikan).

PENGAYAAN
o   Jika siswa sudah bisa membaca lancar dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan dalam membaca lancar yang lain.
o   Jika siswa sudah bisa menggambar kreasi dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan dalam menggambar kreasi yang lebih intensif dalam bentuk yang lain.
o   Jika siswa sudah bisa membilang loncat, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan berupa bentuk soal lain.
o   Jika siswa sudah bisa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman kegemaran/hobi, maka guru dapat memberikan penugasan
o   lanjutan berupa memilih salah satu bentuk kegiatan dan membuat ceritanya.

REMEDIAL
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membaca lancar, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan berkelompok di rumah.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menggambar kreasi, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam menggambar kreasi yang lebih intensif.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membilang loncat, maka guru dapat membimbing siswa dalam membilang loncat dengan tepat.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman kegemaran/hobi, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dalam membuat cerita tentang memilih salah satu bentuk kegiatan bersama teman dengan mengarahkan pemikiran siswa.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai;  a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;        a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


 Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya


2. Penilaian Pengetahuan
a. Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)
Tes Tertulis: Skor
1.      Menentukan bilangan loncat.
2.      Menulis bilangan yang hilang.
3.      Menentukan pola deret bilangan .

Banyak Soal:
1.      2 soal
2.      2 soal
3.      2 soal

1) Penilaian Keterampilan
a.      Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Lancar

No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
membaca
teks
Mampu
membaca lancar keseluruhan teks
Mampu
membaca lancar
sebagian besar
teks
Mampu
membaca lancar
sebagian kecil
teks

Belum mampu
membaca lancar
teks
2
Pemahaman
isi teks
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang diajukan
Mampu
menjawab
sebagian besar
pertanyaan yang diajukan

Mampu
menjawab
sebagian kecil
pertanyaan yang
diajukan
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan

b.      Penilaian: Pengamatan
Penilaian Menggambar Ekspresi dengan Mengolah Garis
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Kemampuan menggambar
bermacam-macam garis


2
Kemampuan mengolah garis


3
Mewarnai gambar ekspresi


4




c.       Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membuat Cerita tentang Kegiatan Bersama
Teman di sekitar Rumah dalam Keragaman Kegemaran
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membuat cerita
Mampu
membuat
cerita berkaitan
dengan kegiatan
bersama teman
di sekitar
rumah dalam
keragaman
kegemaran
Mampu sebagian besar
membuat
cerita berkaitan
dengan kegiatan
bersama teman
di sekitar
rumah dalam
keragaman
kegemaran

Mampu
sebagian kecil
membuat
cerita berkaitan
dengan kegiatan
bersama teman
di sekitar
rumah dalam
keragaman
kegemaran
Belum mampu
membuat cerita
2
Kesesuaian
panduan
membuat
cerita
dengan isi
cerita
Mampu
membuat cerita
sesuai dengan
panduan
Mampu
sebagian besar
membuat cerita sesuai dengan
panduan
Mampu
sebagian kecil
membuat cerita sesuai dengan
panduan

Belum mampu
membuat cerita sesuai dengan
isi cerita


H. Sumber dan Media
1.      Gambar lingkungan perumahan yang kotor.
2.      Teks bacaan “Membuang Sampah di Tempat Sampah”.
3.      Gambar pembagian kelompok gotong royong.
4.      Gambar acak.
5.      Alat tulis.
6.      Buku gambar.

Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2015
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas II,




Rosmiati, S.Pd                                                                  Mimi Santi, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19750305 200801 2 001

Media
Tema 1 Kelas 2 Sub 4 Pb 1

RPP Lain: 
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors