(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 :
Hidup Rukun
Sub
Tema 4/ Pembelajaran : Hidup Rukun
di Masyarakat / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih
sayang, jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.4 Memahami arti
bersatu dalam keberagaman di rumah dan disekolah.
3.4.7 Menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan bersama temanteman di sekitar rumah, baik perempuan
maupun laki-laki
4.4 Bermain peran
tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan di sekolah..
4.4.13 Berperilaku
rukun dengan setiap teman di sekitar rumah
yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, citacita, dan sifat.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.5 Mengenal teks
permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
3.5.8 Membedakan
contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman.
4.5 Menggunakan
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman
secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5.5 Menyimpulkan
isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang
telah dibaca.
c) PJOK
1.1. Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.6 Mengetahui
konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.1
Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis.
3.6.3
Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai 4.6
Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik. irama (ketukan)
tanpa iringan music dalam aktivitas gerak ritmis.
4.6.1 Bergerak
bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik.
4.6.2 Melangkah ke
berbagai arah sesuai irama.
d) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.1 Mengenal
bilangan aslivsampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan)
3.1.7 Mengurutkan
bilangan sampai 500.
4.1 Memprediksi
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100
4.1.1 Mengamati dan
menyebutkan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan disekolah
2. Rukun dengan setiap teman di sekitar
rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, citacita, dan sifat
3. Teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan
D.
.Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membimbing siswa untuk mengamati teks percakapan dengan teliti (mengamati).
o
Siswa mengamati teks percakapan (mengamati).
o
Siswa menanya tentang teks percakapan (menanya).
o
Siswa menanya tentang sikap hidup rukun (menanya).
o
Siswa menanya tentang
sikap hidup tidak rukun (menanya).
o
Siswa mendapatkan peran sesuai dengan bimbingan guru.
o
Siswa membaca teks percakapan dengan intonasi yang jelas (mengamati).
o
Guru membimbing siswa untuk menulis kembali isi teks percakapan
permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah
dibaca membentuk sebuah cerita dengan bahasa yang santun.
o
Siswa menjawab pertanyaan tentang isi percakapan sebagai panduan
menulis cerita (menalar).
o
Siswa menulis kembali isi teks percakapan permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca membentuk sebuah
cerita (menalar).
o
Siswa memperhatikan gambar gerakan yang akan dilakukan (mengamati).
o
Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman di
sekitar rumah, baik perempuan maupun laki-laki (menalar).
o
Siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor
sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis
(menalar).
o
Siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar
non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas
gerak ritmis (menalar).
o
Siswa bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik
(mencoba).
o
Siswa melangkah ke berbagai arah sesuai irama (mencoba).
o
Siswa memilih lagu kesukaannya (mengamati).
o
Siswa mendengarkan aba-aba (mengamati).
o
Siswa berjalan berkelompok sambil menyanyikan lagu (mencoba).
o
Siswa kelompok laki-laki berjalan di salah satu sudut lapangan
(mencoba).
o
Siswa kelompok perempuan berjalan di sudut yang lain (mecoba).
Aturan Bermain
Bentuk anak laki-laki satu baris.
Bentuk anak perempuan satu baris.
Anak laki-laki dan anak perempuan
berjalan
bersama lurus ke depan, ke belakang
sesuai irama
dengan tangan di pinggang.
Dua baris anak (satu barisan laki-laki
dan satu
barisan perempuan).
Satu barisan melangkah ke kanan.
Satu barisan melangkah ke kiri.
Dua baris membentuk huruf “V”.
Siswa laki-laki dan siswa perempuan
berpasangan,
ada 3 pasang.
Melakukan kombinasi gerak langkah kaki
ke depan,
ke depan sambil memutar lengan sesuai
irama.
Petunjuk
Guru:
Ø Siswa
dibentuk menjadi 4 kelompok. Dua kelompok siswa laki-laki, dua kelompok siswa
perempuan.
Ø Tentukan
batas arena bermain berbentuk persegi. Setiap kelompok menempati setiap sudut
lapangan.
Ø Jika
peluit berbunyi, siswa berjalan ke arah kanan sambil menyanyikan lagu dan
bertepuk tangan menuju sudut lapangan yang lain.
Ø Jika
sudah sampai di sudut lapangan yang lain, kelompok siswa berhenti berjalan
dan berlari.
Ø Jika
peluit berbunyi lagi, kelompok siswa berjalan ke arah sebaliknya.
Ø Siswa menjawab pertanyaan untuk memandu
bercerita
Ø Siswa menulis cerita tentang yang dirasakan
siswa setelah bermain jalan gembira (mengomunikasikan).
Ø Siswa melengkapi garis bilangan (menalar).
Ø Guru membimbing siswa untuk melakukan
permainan dengan percaya diri.
o
Siswa membuat barisan bilangan dimulai dari 200 sampai bilangan
sebanyak siswa (mencoba).
o
Siswa memegang satu kartu bilangan (mencoba).
o
Siswa berbaris sesuai kartu bilangan yang dipegang (mencoba).
o
Siswa membuat garis bilangan berdasarkan urutan barisan bilangan siswa
(mencoba).
o
Siswa memberikan gambar-gambar yang menarik pada garis bilangan
tersebut (mencoba).
o
Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 3 sampai 4
siswa (mencoba).
o
Setiap kelompok mengambil kartu bilangan sesuai jumlah siswa.
o
Setiap siswa dalam kelompok memegang satu kartu bilangan (mencoba).
o
Siswa memulai membuat bilangan urut dari kartu bilangan tersebut
(mencoba).
Petunjuk
Guru:
Ø Siswa
dibimbing menggambar garis bilangan sesuai kreasinya.
Ø Garis
bilangan yang dibentuk masing-masing terdiri atas 10 bilangan.
Ø Pajanglah
garis bilangan itu di kelas secara bersambungan sehingga terbentuk satu garis
bilangan.
Petunjuk Guru:
Ø
Bimbinglah siswa membentuk kelompok
secara tertib.
Ø
Guru memberikan aba-aba kepada setiap
ketua kelompok nuntuk mengambil sejumlah kartu bilangan sesuai jumlah anggota
kelompok.
Ø
Siswa diarahkan untuk mengurutkan
bilangan dengan cara melihat urutan bilangan pada garis bilangan yang sudah
dibuat.
Ø
Guru membimbing siswa untuk menulis bilangan yang ada dalam kelompok
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dengan teliti.
Ø
Siswa menulis bilangan yang ada dalam kelompok dengan menggunakan
huruf tegak bersambung (mencoba).
PENGAYAAN
o
Jika siswa sudah bisa membaca teks
percakapan, maka guru dapat memberikan penugasan dalam membaca teks
percakapan yang lebih memperhatikan intonasi yang tepat.
o
Jika siswa sudah bisa menuliskan
kesimpulan teks percakapan dalam bentuk cerita, maka guru dapat memberikan
latihan menulis kembali teks percakapan ke bentuk cerita dalam bentuk teks
lain.
o
Jika siswa sudah bisa melakukan gerakan
kaki dan tangan dengan tepat, maka guru dapat memberikan latihan menemukan
gerakan kaki dan tangan dalam bentuk gerakan lain.
o
Jika siswa sudah bisa bermain bilangan
urut, maka guru dapat membimbing siswa dalam melakukan aturan permainan
dengan lebih intensif.
REMEDIAL
o
Jika siswa masih kesulitan untuk membaca
teks percakapan, maka guru dapat memberikan bimbingan membaca percakapan dan
penugasan latihan berkelompok di rumah.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk menulis
kesimpulan teks percakapan dalam bentuk cerita, maka guru dapat memberikan
bimbingan dalam penulisan cerita yang lebih intensif.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk
melakukan gerakan kaki dan tangan, maka guru dapat membimbing siswa dalam
melakukan gerakan kaki dan tangan lebih intensif.
o
Jika siswa masih kesulitan untuk bermain
bilangan urut, maka guru dapat membimbing siswa dalam melakukan aturan
permainan dengan lebih intensif.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian;
a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian)
Tes Tertulis: Skor
Teks percakapan
kegiatan bersama dan hidup rukun
Banyak Soal: 5 Soal
Kunci
Jawaban:
1. Menyelesaikan
tugas lebih cepat selesai
2. Perlu
3. Edo dan
Badu
4. Disesuaikan
dengan jawaban siswa
5. Disesuaikan
dengan jawaban siswa
1) Penilaian
Keterampilan
a.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Kemampuan Membaca
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
membaca
lancar teks
|
Mampu
membaca
keseluruhan teks
|
Mampu
membaca
setengah
atau
lebih
bagian teks
|
Mampu
membaca
kurang
dari
setengah
bagiann teks
|
Belum
mampu
membaca teks
|
2
|
Pemahaman
isi teks
|
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu
menjawab
setengah
atau
lebih
pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab
kurang
dari
setengah
bagian teks
|
Belum
mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang
diajukan
|
Rubrik
Menulis Kembali Teks Percakapan ke dalam Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
huruf
besar,
kata
depan,
dan tanda
baca
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
huruf
besar,
kata
depan, dan tanda baca yang tepat
|
Kalimat
menggunakan
dua di
antara
huruf
besar,
kata
depan, dan tanda baca
|
Kalimat
hanya
menggunakan
salah
satu dari
huruf
besar,
kata
depan, dan tanda baca
|
Seluruh
kalimat
belum
menggunakan
huruf
besar,
kata
depan, dan
tanda
baca yang tepat
|
2
|
Kelengkapan
penulisan
kata
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
penulisan
kata
yang
lengkap
|
Terdapat
sebagian
kecil
penulisan
kata
yang
kurang
lengkap
|
Terdapat
setengah
dari
teks
penulisan
kata yang
belum lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan
kata
yang
belum lengkap
|
3
|
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan tema hidup rukun
|
Seluruh
isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah
atau
lebih isi
karangan
sesuai judul atau tema
|
Kurang
dari
setengah
isi
karangan
sesuai judul atau tema
|
Seluruh
isi
Karangan belum
sesuai
|
4
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang efektif
|
Terdapat
1-2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Terdapat
lebih
dari 3
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang efekti
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
belum efektif
|
Penilaian:
Pengamatan
Variasi
Pola Gerak Dasar Lokomotor dan Non-lokomotor Sesuai Irama (Ketukan)
Tanpa
Iringan Musik dalam Aktivitas Gerak Ritmis
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Keterampilan
koordinasi kaki dan tangan dalam melakukan gerakan lokomotor
|
||
2
|
Keseimbangan
posisi badan dalam meniru
gerakan lokomotor
|
||
3
|
Ketaatan
pada aturan melakukan gerakan lokomotor
|
||
4
|
Keterampilan
koordinasi kaki dan
tangan
dalam melakukan gerakan non-lokomotor
|
||
5
|
Keseimbangan
posisi badan dalam
melakukan
gerakan non-lokomoto
|
||
6
|
Ketaatan
pada aturan melakukan gerakan non-lokomotor
|
c.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Kemampuan Bermain Bilangan Urut
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
mengurutkan
bilangan
urut
|
Mampu
mengurutkan
bilangan
urut
secara
keseluruhan
|
Mampu
mengurutkan
sebagian
besar
bilangan urut
|
Mampu
mengurutkan
sebagian
kecil
bilangan urut
|
Belum
mampu
mengurutkan
bilangan
|
2
|
Kemampuan
mengikuti
aturan
permainan
|
Mampu
mengikuti
aturan
permainan
sampai selesai
|
Mampu
mengikuti
aturan
permainan
hampir
sampai
selesai
|
Mampu
mengikuti
aturan
permainan
sebagian
kecil
sampai selesai
|
Belum
mampu
mengikuti
aturan
permainan
|
H. Sumber dan Media
1. Gambar lingkungan perumahan yang kotor.
2. Teks bacaan “Membuang Sampah di Tempat
Sampah”.
3. Gambar pembagian kelompok gotong royong.
4. Gambar acak.
5. Alat tulis.
6.
Buku gambar.
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2015
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas II,
Rosmiati, S.Pd Fajriah, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19601231 198206 2 028
RPP Lainnya:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment