Home » » Tema 1 Kelas 2 Sub 4 Pb 2

Tema 1 Kelas 2 Sub 4 Pb 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 20 August 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 2/1
Tema 1                                        : Hidup Rukun
Sub Tema 4/ Pembelajaran          : Hidup Rukun di Masyarakat / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggungjawab, santun,  peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan disekolah.
3.4.7 Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama temanteman di sekitar rumah, baik perempuan maupun laki-laki
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan di sekolah..
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar  rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, citacita,  dan sifat.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.8 Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5.5 Menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.
c) PJOK
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,  serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.6 Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.1 Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis.
3.6.3 Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai 4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik. irama (ketukan) tanpa iringan music dalam aktivitas gerak ritmis.
4.6.1 Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik.
4.6.2 Melangkah ke berbagai arah sesuai irama.

d) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.1 Mengenal bilangan aslivsampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan)
3.1.7 Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100
4.1.1 Mengamati dan menyebutkan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan disekolah
2.      Rukun dengan setiap teman di sekitar  rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, citacita,  dan sifat
3.      Teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan

D.      .Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati teks percakapan dengan teliti (mengamati).
o   Siswa mengamati teks percakapan (mengamati).
o   Siswa menanya tentang teks percakapan (menanya).
o   Siswa menanya tentang sikap hidup rukun (menanya).
o   Siswa menanya tentang sikap hidup tidak rukun (menanya).
o   Siswa mendapatkan peran sesuai dengan bimbingan guru.
o   Siswa membaca teks percakapan dengan intonasi yang jelas (mengamati).
o   Guru membimbing siswa untuk menulis kembali isi teks percakapan permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca membentuk sebuah cerita dengan bahasa yang santun.
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang isi percakapan sebagai panduan menulis cerita (menalar).
o   Siswa menulis kembali isi teks percakapan permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca membentuk sebuah cerita (menalar).
o   Siswa memperhatikan gambar gerakan yang akan dilakukan (mengamati).
o   Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman di sekitar rumah, baik perempuan maupun laki-laki (menalar).
o   Siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis (menalar).
o   Siswa mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak ritmis (menalar).
o   Siswa bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) tanpa iringan musik (mencoba).
o   Siswa melangkah ke berbagai arah sesuai irama (mencoba).
o   Siswa memilih lagu kesukaannya (mengamati).
o   Siswa mendengarkan aba-aba (mengamati).
o   Siswa berjalan berkelompok sambil menyanyikan lagu (mencoba).
o   Siswa kelompok laki-laki berjalan di salah satu sudut lapangan (mencoba).
o   Siswa kelompok perempuan berjalan di sudut yang lain (mecoba).
Aturan Bermain
Bentuk anak laki-laki satu baris.
Bentuk anak perempuan satu baris.
Anak laki-laki dan anak perempuan berjalan
bersama lurus ke depan, ke belakang sesuai irama
dengan tangan di pinggang.
Dua baris anak (satu barisan laki-laki dan satu
barisan perempuan).
Satu barisan melangkah ke kanan.
Satu barisan melangkah ke kiri.
Dua baris membentuk huruf “V”.
Siswa laki-laki dan siswa perempuan berpasangan,
ada 3 pasang.
Melakukan kombinasi gerak langkah kaki ke depan,
ke depan sambil memutar lengan sesuai irama.


Petunjuk Guru:
Ø  Siswa dibentuk menjadi 4 kelompok. Dua kelompok siswa laki-laki, dua kelompok siswa perempuan.
Ø  Tentukan batas arena bermain berbentuk persegi. Setiap kelompok menempati setiap sudut lapangan.
Ø  Jika peluit berbunyi, siswa berjalan ke arah kanan sambil menyanyikan lagu dan bertepuk tangan menuju sudut lapangan yang lain.
Ø  Jika sudah sampai di sudut lapangan yang lain, kelompok siswa berhenti berjalan dan berlari.
Ø  Jika peluit berbunyi lagi, kelompok siswa berjalan ke arah sebaliknya.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan untuk memandu bercerita
Ø  Siswa menulis cerita tentang yang dirasakan siswa setelah bermain jalan gembira (mengomunikasikan).
Ø  Siswa melengkapi garis bilangan (menalar).
Ø  Guru membimbing siswa untuk melakukan permainan dengan percaya diri.
o   Siswa membuat barisan bilangan dimulai dari 200 sampai bilangan sebanyak siswa (mencoba).
o   Siswa memegang satu kartu bilangan (mencoba).
o   Siswa berbaris sesuai kartu bilangan yang dipegang (mencoba).
o   Siswa membuat garis bilangan berdasarkan urutan barisan bilangan siswa (mencoba).
o   Siswa memberikan gambar-gambar yang menarik pada garis bilangan tersebut (mencoba).
o   Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 3 sampai 4 siswa (mencoba).
o   Setiap kelompok mengambil kartu bilangan sesuai jumlah siswa.
o   Setiap siswa dalam kelompok memegang satu kartu bilangan (mencoba).
o   Siswa memulai membuat bilangan urut dari kartu bilangan tersebut (mencoba).

Petunjuk Guru:
Ø  Siswa dibimbing menggambar garis bilangan sesuai kreasinya.
Ø  Garis bilangan yang dibentuk masing-masing terdiri atas 10 bilangan.
Ø  Pajanglah garis bilangan itu di kelas secara bersambungan sehingga terbentuk satu garis bilangan.

Petunjuk Guru:
Ø  Bimbinglah siswa membentuk kelompok secara tertib.
Ø  Guru memberikan aba-aba kepada setiap ketua kelompok nuntuk mengambil sejumlah kartu bilangan sesuai jumlah anggota kelompok.
Ø  Siswa diarahkan untuk mengurutkan bilangan dengan cara melihat urutan bilangan pada garis bilangan yang sudah dibuat.
Ø  Guru membimbing siswa untuk menulis bilangan yang ada dalam kelompok dengan menggunakan huruf tegak bersambung dengan teliti.
Ø  Siswa menulis bilangan yang ada dalam kelompok dengan menggunakan huruf tegak bersambung (mencoba).

PENGAYAAN
o   Jika siswa sudah bisa membaca teks percakapan, maka guru dapat memberikan penugasan dalam membaca teks percakapan yang lebih memperhatikan intonasi yang tepat.
o   Jika siswa sudah bisa menuliskan kesimpulan teks percakapan dalam bentuk cerita, maka guru dapat memberikan latihan menulis kembali teks percakapan ke bentuk cerita dalam bentuk teks lain.
o   Jika siswa sudah bisa melakukan gerakan kaki dan tangan dengan tepat, maka guru dapat memberikan latihan menemukan gerakan kaki dan tangan dalam bentuk gerakan lain.
o   Jika siswa sudah bisa bermain bilangan urut, maka guru dapat membimbing siswa dalam melakukan aturan permainan dengan lebih intensif.

REMEDIAL
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membaca teks percakapan, maka guru dapat memberikan bimbingan membaca percakapan dan penugasan latihan berkelompok di rumah.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menulis kesimpulan teks percakapan dalam bentuk cerita, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam penulisan cerita yang lebih intensif.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk melakukan gerakan kaki dan tangan, maka guru dapat membimbing siswa dalam melakukan gerakan kaki dan tangan lebih intensif.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk bermain bilangan urut, maka guru dapat membimbing siswa dalam melakukan aturan permainan dengan lebih intensif.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya


2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian)
Tes Tertulis: Skor

Teks percakapan kegiatan bersama dan hidup rukun
Banyak Soal: 5 Soal

Kunci Jawaban:
1.      Menyelesaikan tugas lebih cepat selesai
2.      Perlu
3.      Edo dan Badu
4.      Disesuaikan dengan jawaban siswa
5.      Disesuaikan dengan jawaban siswa

1) Penilaian Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca

No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
membaca
lancar teks
Mampu
membaca
keseluruhan teks
Mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian teks
Mampu
membaca
kurang dari
setengah bagiann teks
Belum mampu
membaca teks
2
Pemahaman
isi teks
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang diajukan
Mampu
menjawab
setengah atau
lebih pertanyaan
yang diajukan
Mampu menjawab
kurang dari
setengah bagian teks
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan


Rubrik Menulis Kembali Teks Percakapan ke dalam Cerita

No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
huruf besar,
kata depan,
dan tanda
baca
Seluruh kalimat
menggunakan
huruf besar,
kata depan, dan tanda baca yang tepat

Kalimat
menggunakan
dua di antara
huruf besar,
kata depan, dan tanda baca
Kalimat hanya
menggunakan
salah satu dari
huruf besar,
kata depan, dan tanda baca
Seluruh
kalimat belum
menggunakan
huruf besar,
kata depan, dan
tanda baca yang tepat
2
Kelengkapan
penulisan
kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Terdapat
sebagian kecil
penulisan kata
yang kurang
lengkap

Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang belum lengkap

                      
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum lengkap
3
Kesesuaian
isi teks yang ditulis dengan tema hidup rukun
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema

Setengah
atau lebih isi
karangan sesuai judul atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi
Karangan belum sesuai
4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang efektif

Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 3 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efekti
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif

Penilaian: Pengamatan
Variasi Pola Gerak Dasar Lokomotor dan Non-lokomotor Sesuai Irama (Ketukan)
Tanpa Iringan Musik dalam Aktivitas Gerak Ritmis

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Keterampilan koordinasi kaki dan tangan dalam melakukan gerakan lokomotor



2
Keseimbangan posisi badan dalam meniru gerakan lokomotor



3
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan lokomotor



4
Keterampilan koordinasi kaki dan
tangan dalam melakukan gerakan non-lokomotor



5
Keseimbangan posisi badan dalam
melakukan gerakan non-lokomoto



6
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan non-lokomotor



c. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Bermain Bilangan Urut
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
mengurutkan
bilangan
urut
Mampu
mengurutkan
bilangan
urut secara
keseluruhan

Mampu
mengurutkan
sebagian besar
bilangan urut
Mampu
mengurutkan
sebagian kecil
bilangan urut
Belum mampu
mengurutkan
bilangan
2
Kemampuan
mengikuti
aturan
permainan
Mampu
mengikuti
aturan
permainan
sampai selesai

Mampu
mengikuti
aturan
permainan
hampir sampai
selesai

Mampu
mengikuti
aturan
permainan
sebagian kecil
sampai selesai

Belum mampu
mengikuti
aturan
permainan

H. Sumber dan Media
1.      Gambar lingkungan perumahan yang kotor.
2.      Teks bacaan “Membuang Sampah di Tempat Sampah”.
3.      Gambar pembagian kelompok gotong royong.
4.      Gambar acak.
5.      Alat tulis.
6.      Buku gambar.

Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2015
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas II,




Rosmiati, S.Pd                                                                  Fajriah, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19601231 198206 2 028

Tema 1 Kelas 2 Sub 4 Pb 2

RPP Lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors