(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 2 :
Perkembangan Teknologi
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Perkembangan
Teknologi Komunikasi/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, kasihsayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman
di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2 Mengetahui hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.2.1 Memberikan
contoh hak petugas pos.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2.1 Memberikan
contoh kewajiban petugas pos.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yangdikenal sebagai bahasa persatuan
dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan,
bumi dan alam semesta.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan
teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan social di
daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang
perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
3.3.1 Menuliskan
bagian yang hilang pada teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
komunikasi.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan
pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.3.1 Menyusun
pertanyaan berdasarkan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
komunikasi secara tertulis.
4.3.1 Membuat surat
di kartu pos.
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikanpada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
3.4 Mengenal
pecahan dan bilangan desimal, serta dapat melakukan penambahan dan pengurangan
pecahan berpenyebut sama.
3.4.1 Mengubah pecahan
menjadi desimal.
3.4.2 Membandingkan
pecahan yang berpenyebut sama (lebih besar atau lebih kecil).
4.2 Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat
benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menyajikan
nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
sekita
2. Contoh kewajiban petugas pos
3. Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportas
4. Pertanyaan berdasarkan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan
teknologi komunikasi
5. Pecahan dan bilangan desimal, serta dapat melakukan penambahan dan
pengurangan pecahan berpenyebut sama
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Perkembangan Teknologi”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Di awal
pembelajaran, guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.
o
Siswa berdoa
bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah
satu siswa petugas piket.
o
Guru
menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
o
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran
dilaksanakan.
o
Guru melakukan
apersepsi dengan mereview kembali bagian-bagian yang ada pada teks surat
o
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mendiskusikan kegiatan-kegiatan di
kantor pos yang termasuk hak dan kewajiban petugas pos.
o
Siswa menuliskan
hasil diskusi pada tempat tersedia di buku siswa.
o
Selanjutnya,
siswa membaca teks yang ada pada buku siswa dengan suara lantang. Siswa
membaca secara bergiliran dan menyimak teman yang sedang membaca bagi siswa
yang telah atau belum mendapat giliran.
o
Guru dan siswa
mendiskusikan kata-kata yang belum diketahui siswa.
o
Siswa mengamati
bagian-bagian teks surat.
o
Siswa menuliskan
bagian yang hilang dari teks surat.
o
Siswa membuat
bagian teks yang hilang yaitu pembuka surat.
o
Siswa membuat
pertanyaan berdasarkan teks surat.
o
Guru menjelaskan
tentang kartu pos (bentuk kartu pos, bagian-bagian kartu pos, dan cara menggunakannya)
dengan mendemonstrasikan kartu pos yang dibawa guru.
o
Kemudian siswa
membuat kartu pos dari karton/ kertas yang telah dipersiapkan guru. Siswa
dapat menggambar sesuatu atau menuliskan kata-kata pada kartu pos miliknya.
Siswa juga mewarnai dekorasi kartu pos miliknya.
o
Setelah selesai
membuat kartu pos, siswa mengumpulkan kartu pos yang telah dibuatnya pada
guru.
o
Siswa merapikan
dan membersihkan peralatan yang telah digunakannya.
o
Kegiatan
selanjutnya, guru mereview tentang mengubah pecahan menjadi bilangan desimal,
menentukkan pecahan yang paling besar/kecil, pecahan yang paling besar atau
kecil dengan kegiatan tanya jawab.
o
Siswa
menyelesaikan soal-soal tentang mengubah bilangan pecahan biasa menjadi
bilangan desimal, menentukkan pecahan yang paling besar/kecil, pecahan yang
paling besar atau kecil.
o
Guru dan siswa
mendiskusikan jawaban dari soalsoal yang telah dikerjakan siswa.
o
Siswa mengecek
hasil pekerjaannya sendiri.
Refleksi
o
Guru dan siswa
melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru
memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
Apa yang kamu
pelajari hari ini?
Bagaimana
perasaanmu saat membuat pembuka surat/membuat kartu pos/menyelesaikan soal-soal
matematika?
Kegiatan apa yang
paling kamu sukai?
Informasi apa
yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
Bagaimana caramu
untuk mendapatkan informasi tersebut?
o
Pertanyaan yang
diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan.
Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya
siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masingmasing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Lembar Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menulis 3
kegiatan yang termasuk kewajiban dan hak petugas pos
Jumlah soal : 6 buah
Skor maksimal : 60
Skor setiap jawaban: 10
b. Mencari bagian
yang hilang pada teks surat tanggapan pribadi
Jumlah soal : 1 soal
Skor maksimal : 10
Skor setiap jawaban: 10
c. Membuat
pertanyaan berdasarkan teks bacaan
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal : 50
Skor setiap jawaban: 10
d. Menjawab
pertanyaan
Jumlah soal : 2 buah
Skor maksimal : 60
Skor setiap jawaban: 5
e. Menjawab
pertanyaan
Jumlah soal : 2 buah
Skor maksimal : 20
Skor
setiap jawaban: 10
2.
Keterampilan
Penilaian: Unjuk kerja
a. Rubrik membaca teks
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca
Teks
|
Siswa
mampu
membaca
keseluruhan
teks
dengan
lancar
|
Siswa
mampu
membaca
setengah
atau
lebih
bagian
teks
dengan
lancar
|
Siswa
mampu
Membaca
kurang
dari
setengah
bagian teks dengan lancar.
|
Siswa
belum
Mampu membaca teks
|
2
|
Volume
Suara
|
Volume
suara keras
dan jelas
|
Volume
suara
jelas.
|
Volume
suara
kurang
keras
dan
kurang
jelas.
|
Suara
sangat
pelan dan
tidak
jelas.
|
Penggunaan
intonasi
yang tepat
|
Siswa
mampu
membaca
keseluruhan
teks
dengan
intonasi
yang tepat
|
Siswa
mampu
Membaca setengah
atau
lebih
bagian
teks
dengan
intonasi
yang
tepat.
|
Siswa
mampu
membaca
kurang
dari
setengah
bagian
teks
dengan
intonasi
yang
tepat.
|
Siswa
belum
mampu
membaca
teks
dengan
intonasi
yang
tepat.
|
Penilaian : Unjuk
Kerja
Rubrik
membuat kartu pos
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kerapian
dan
kebersihan
kartu
pos
|
Kertas
karton
digunting
dengan
rapi.
Kartu pos
yang
sudah
didekorasi
dalam
keadaan
bersih
|
Kertas
karton
digunting
dengan
rapi
namun
kartu
pos yang
sudah
didekorasi
kurang
bersih
atau
sebaliknya
|
Kertas
karton
yang
digunting
kurang
rapi.
Kartu pos
yang
telah
didekorasi
juga
kurang
bersih
|
Belum
mampu
menggunting
sesuai
garis dan
belum
mampu
mendekorasi
kartu pos
|
2
|
Komposisi
warna
|
Semua
komposisi
warna
menunjukkan
keharmonisan
(kontras/serasi/
gradasi).
|
Sebagian
besar
komposisi
warna
menunjukkan
keharmonisan
(kontras/serasi/
gradasi)
|
Sebagian
kecil
komposisi
warna
menunjukkan
keharmonisan
(kontras/serasi/
gradasi).
|
Tidak ada
keharmonisan
komposisi
warna
(kontras/serasi/
gradasi).
|
Penggunaan
huruf
besar,dan
tanda
baca
|
Menggunakan
huruf
besar di
awal
kalimat
dan nama orang,
serta
menggunakan
tanda
titik di akhir kalimat.
|
Terdapat
1-2
kesalahan
dalam
penggunaan
huruf
besar dan
tanda
titik..
|
Terdapat lebih
dari 2
kesalahandalam
penggunaan
huruf
besar dan
tanda
titik.
|
Tidak
satu pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
besar dan
tanda
titik
|
F. Sumber dan Media
1. Gambar-gambar
yang ada pada buku siswa
2. Karton/kertas
3. Krayon/spidol/pensil warna
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2014
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR
KERJA SISWA
(LKS)
Buatlah pertanyaan berdasarkan teks
bacaan pada bukumu halaman 108-109
1.
………………………………………………………………. ?
Dayu
2.
………………………………………………………………. ?
Ke kantor pos
3.
………………………………………………………………. ?
Pengiriman surat, kartu pos,
uang, dan barang
4.
………………………………………………………………. ?
Kode pos membantu
pengelompokkan surat untuk dikirim ke kantor pos kecamatan
5.
………………………………………………………………. ?
Kami semua merasa senang.MEDIA
RPP Lainnya:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment