Home » » Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 5

Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 13 August 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 2                                        : Perkembangan Teknologi
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Perkembangan Teknologi Komunikasi/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1  Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasihsayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3  Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.2.1 Memberikan contoh hak petugas pos.
4.2  Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2.1 Memberikan contoh kewajiban petugas pos.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yangdikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup  sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.3  Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.3  Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Menuliskan bagian yang hilang pada teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi komunikasi.
4.3  Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menyusun pertanyaan berdasarkan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi komunikasi secara tertulis.
4.3.1 Membuat surat di kartu pos.

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikanpada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.4 Mengenal pecahan dan bilangan desimal, serta dapat melakukan penambahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama.
3.4.1 Mengubah pecahan menjadi desimal.
3.4.2 Membandingkan pecahan yang berpenyebut sama (lebih besar atau lebih kecil).
4.2 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekita
2.      Contoh kewajiban petugas pos
3.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportas
4.      Pertanyaan berdasarkan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi komunikasi
5.      Pecahan dan bilangan desimal, serta dapat melakukan penambahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Perkembangan Teknologi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Di awal pembelajaran, guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
o   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
o   Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
o   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
o   Guru melakukan apersepsi dengan mereview kembali bagian-bagian yang ada pada teks surat
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mendiskusikan kegiatan-kegiatan di kantor pos yang termasuk hak dan kewajiban petugas pos.
o   Siswa menuliskan hasil diskusi pada tempat tersedia di buku siswa.
o   Selanjutnya, siswa membaca teks yang ada pada buku siswa dengan suara lantang. Siswa membaca secara bergiliran dan menyimak teman yang sedang membaca bagi siswa yang telah atau belum mendapat giliran.
o   Guru dan siswa mendiskusikan kata-kata yang belum diketahui siswa.
o   Siswa mengamati bagian-bagian teks surat.
o   Siswa menuliskan bagian yang hilang dari teks surat.
o   Siswa membuat bagian teks yang hilang yaitu pembuka surat.
o   Siswa membuat pertanyaan berdasarkan teks surat.
o   Guru menjelaskan tentang kartu pos (bentuk kartu pos, bagian-bagian kartu pos, dan cara menggunakannya) dengan mendemonstrasikan kartu pos yang dibawa guru.
o   Kemudian siswa membuat kartu pos dari karton/ kertas yang telah dipersiapkan guru. Siswa dapat menggambar sesuatu atau menuliskan kata-kata pada kartu pos miliknya. Siswa juga mewarnai dekorasi kartu pos miliknya.
o   Setelah selesai membuat kartu pos, siswa mengumpulkan kartu pos yang telah dibuatnya pada guru.
o   Siswa merapikan dan membersihkan peralatan yang telah digunakannya.
o   Kegiatan selanjutnya, guru mereview tentang mengubah pecahan menjadi bilangan desimal, menentukkan pecahan yang paling besar/kecil, pecahan yang paling besar atau kecil dengan kegiatan tanya jawab.
o   Siswa menyelesaikan soal-soal tentang mengubah bilangan pecahan biasa menjadi bilangan desimal, menentukkan pecahan yang paling besar/kecil, pecahan yang paling besar atau kecil.
o   Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soalsoal yang telah dikerjakan siswa.
o   Siswa mengecek hasil pekerjaannya sendiri.

Refleksi
o   Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
*      Apa yang kamu pelajari hari ini?
*      Bagaimana perasaanmu saat membuat pembuka surat/membuat kartu pos/menyelesaikan soal-soal matematika?
*      Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
*      Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
*      Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
o   Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masingmasing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Lembar Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menulis 3 kegiatan yang termasuk kewajiban dan hak petugas pos
Jumlah soal             : 6 buah
Skor maksimal        : 60
Skor setiap jawaban: 10

b. Mencari bagian yang hilang pada teks surat tanggapan pribadi
Jumlah soal             : 1 soal
Skor maksimal        : 10
Skor setiap jawaban: 10

c. Membuat pertanyaan berdasarkan teks bacaan
Jumlah soal             : 5 buah
Skor maksimal        : 50
Skor setiap jawaban: 10

d. Menjawab pertanyaan
Jumlah soal             : 2 buah
Skor maksimal        : 60
Skor setiap jawaban: 5

e. Menjawab pertanyaan
Jumlah soal             : 2 buah
Skor maksimal        : 20
Skor setiap jawaban: 10

2.    Keterampilan
Penilaian: Unjuk kerja
     a. Rubrik membaca teks

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks dengan
lancar
Siswa mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian
teks dengan
lancar

Siswa mampu
Membaca
kurang dari
setengah bagian teks dengan lancar.

Siswa belum
Mampu membaca teks

2
Volume Suara
Volume suara keras dan jelas
Volume suara
jelas.
Volume suara
kurang keras
dan kurang
jelas.
Suara sangat
pelan dan tidak
jelas.


Penggunaan
intonasi yang tepat
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks dengan
intonasi yang tepat
Siswa mampu
Membaca setengah atau
lebih bagian
teks dengan
intonasi yang
tepat.


Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah bagian
teks dengan
intonasi yang
tepat.



Siswa belum
mampu
membaca teks
dengan intonasi
yang tepat.




Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik membuat kartu pos

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kerapian dan
kebersihan
kartu pos
Kertas karton
digunting
dengan rapi.
Kartu pos
yang sudah
didekorasi
dalam keadaan
bersih
Kertas karton
digunting
dengan rapi
namun kartu
pos yang sudah
didekorasi
kurang bersih
atau sebaliknya

Kertas karton
yang digunting
kurang rapi.
Kartu pos yang
telah didekorasi
juga kurang
bersih

Belum mampu
menggunting
sesuai garis dan
belum mampu
mendekorasi
kartu pos

2
Komposisi
warna
Semua
komposisi warna
menunjukkan
keharmonisan
(kontras/serasi/
gradasi).
Sebagian besar
komposisi warna
menunjukkan
keharmonisan
(kontras/serasi/
gradasi)
Sebagian kecil
komposisi warna
menunjukkan
keharmonisan
(kontras/serasi/
gradasi).
Tidak ada
keharmonisan
komposisi warna
(kontras/serasi/
gradasi).

Penggunaan
huruf besar,dan
tanda baca
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama orang, serta
menggunakan
tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik..



Terdapat lebih dari 2
kesalahandalam
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik.

Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik




F. Sumber dan Media
1.      Gambar-gambar yang ada pada buku siswa
2.      Karton/kertas
3.      Krayon/spidol/pensil warna


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2014
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)



Buatlah pertanyaan berdasarkan teks bacaan pada bukumu halaman 108-109



1.    ………………………………………………………………. ?
Dayu

2.    ………………………………………………………………. ?
Ke kantor pos

3.    ………………………………………………………………. ?
Pengiriman surat, kartu pos, uang, dan barang

4.    ………………………………………………………………. ?
Kode pos membantu pengelompokkan surat untuk dikirim ke kantor pos kecamatan

5.    ………………………………………………………………. ?
      Kami semua merasa senang.

MEDIA

Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 5

Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 5



RPP Lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors