(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 2 :
Perkembangan Teknologi
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Perkembangan
Teknologi Komunikasi/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yangdikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Melengkapi
isi teks surat tanggapan pribadi tentang teknologi komunikasi.
4.3 Mengolah dan menyajikan
teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membuat surat
tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi komunikasi secara tertulis.
b) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasihsayang, percaya diri,
berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, danguru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan perilaku
kerja sama dalamkeberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
2.3.1 Memberikan
contoh kewajiban anggota keluarga di rumah.
3.2 Mengetahui hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2.1 Menjelaskan
hubungan antara hak dan kewajiban di rumah.
4.2.2 Melaksanakan kewajiban
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
c) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Mengidentifikasi
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
tradisional.
4.1 Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan tradisional.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi
2. Contoh kewajiban anggota keluarga di rumah
3. Hubungan antara hak dan kewajiban di rumah
4. Kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|||
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Perkembangan Teknologi”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
|||
B.Kegiatan Inti
|
o
Di awal
pembelajaran, guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.
o
Siswa berdoa
bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah
satu siswa petugas piket.
o
Guru
menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
o
Guru menginformasikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran
dilaksanakan.
o
Guru melakukan
apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut yaitu tanya jawab,
mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman,
atau kegiatan lainnya.
o
Siswa membaca
teks secara berpasangan.
o
Siswa melengkapi
pesan pendek yang ada pada teks.
o
Siswa menulis
jawaban pesan pendek sebagai jawaban pesan sebelumnya
o
Siswa mengamati
gambar yang ada pada buku siswa dengan cermat dan mendiskusikannya dengan teman
sebangku.
o
Siswa menuliskan
pelaksanaan kewajiban yang ada pada gambar.
o
Kemudian siswa
bersama pasangannya mendiskusikan akibat yang terjadi jika kewajiban tidak
dilaksanakan.
o
Guru dan siswa
membahas hasil pengamatan dan diskusi siswa dengan kegiatan tanya jawab
o
Setelah
pembahasan selesai, guru dan siswa ke lapangan olahraga. Guru menjelaskan
kegiatan pesan berantai yang akan dilakukan. Permainan ini akan dilakukan
secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Setiap siswa
berdiri pada posisi masing-masing seperti pada gambar berikut:
A B C D
o
Siswa di posisi A
akan mendapat pesan dari guru.
o
Setelah aba-aba
dimulai, siswa A berlari ke siswa di posisi B untuk membisikkan pesan. Siswa
di posisi B akan berlari ke siswa di posisi C untuk membisiskkan pesan juga.
Siswa di posisi C pun berlari ke posisi D untuk membisikkan pesan. Siswa di
posisi D harus menuliskan pesan yang diperolehnya. Seluruh siswa yang berada
di posisi D pada tiap-tiap kelompok menunjukkan pesan yang telah ditulisnya bersamaan.
o
Pada saat
kegiatan menyampaikan pesan, guru dapat menyalakan musik agar suasana
bertambah riang.
o
Kelompok yang
menuliskan pesan dengan benar akan mendapat poin 10. Kelompok yang siswanya pertama
kali mencapai di posisi D mendapat tambahan 10 poin.
o
Pada kegiatan ini
guru melakukan penilaian.
o
Kegiatan
menyampaikan pesan berakhir, seluruh siswa kembali ke ruang kelas.
Refleksi
o
Guru dan siswa
melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu.
Dalam kegiatan refleksi
guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
Apa yang kamu
pelajari hari ini?
Bagaimana
perasaanmu saat membuat teks surat dalam bentuk pesan singkat/berdiskusi hak
dan kewajiban/bermain menyampaikan pesan?
Kegiatan apa yang
paling kamu sukai?
Informasi apa
yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
Bagaimana caramu
untuk mendapatkan informasi tersebut?
o
Pertanyaan yang
diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau
tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi
sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
|
150 menit
|
|||
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Lembar Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Melengkapi teks
surat (pesan singkat)
Jumlah soal: 4
Skor maksimal: 40
Skor setiap jawaban: 10
b. Menuliskan
kewajiban yang ada pada gambar
Jumlah soal: 4
Skor maksimal: 25
Skor setiap jawaban: 100
Catatan:
Jawaban dapat disesuaikan dengan jawaban siswa namun tetap berkaitan
dengan kewajiban yang harus
dilakukan seorang anak
c. Akibatnya jika
kewajiban tidak dilaksanakan
Jumlah soal: 1
Skor maksimal: 10
Skor setiap jawaban: 10
1.
Keterampilan
Penilaian: Unjuk kerja
a. Rubrik menulis pesan singkat
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
huruf
besar,
dan
tanda baca
|
Menggunakan
huruf
besar di
awal
kalimat
dan nama orang,
serta
menggunakan
tanda
titik di
akhir kalimat.
|
Terdapat
1-2
kesalahan
dalam
penggunaan
huruf besar
dan tanda titik
|
Terdapat
lebih
dari 2 kesalahan
dalam
penggunaan
huruf besar
dan tanda titik
|
Tidak
satu pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
besar dan
tanda
titik
|
2
|
Kesesuaian
teks yang
ditulis
dengan
tema
|
Seluruh
isi teks
yang
ditulis
sesuai
tema
|
Setengah
atau
lebih isi
teks
sesuai
dengan
tema
|
Hampir
keseluruhan
teks
kurang
sesuai
dengan
tema
|
Teks
tidak sesuai
tema.
|
Penulisan
|
Penulisan
kata
sudah
tepat.
|
Terdapat
1-2
kata yang
belum tepat
penulisannya.
|
Terdapat
lebih
dari 2
kata yang belum tepat
penulisannya
|
Seluruh
katabelum
tepat
dalam
penulisan.
|
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang efektif
|
Terdapat
1-2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif.
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
belum
efektif.
|
b. Penilaian:
Observasi (pengamatan)
Instrumen
observasi berbentuk lembar pengamatan bermain menyampaikan pesan.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
4
|
3
|
||
1
|
Dapat
bermain dengan sportif
|
……
|
……
|
2
|
Menguasai
konsep lokomotor ( berlari)
|
……
|
……
|
3
|
Melakukan
permainan dengan penuh antusias
|
……
|
……
|
F. Sumber dan Media
Gambar-gambar
yang ada pada buku siswa
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2014
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
Tulislah kewajiban yang dilaksanakan
pada tiap gambar!
Gambar 1: ....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Gambar 2:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Gambar 3:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Gambar 4:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment