Home » » Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 4

Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 13 August 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 2                                        : Perkembangan Teknologi
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Perkembangan Teknologi Komunikasi/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yangdikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Melengkapi isi teks surat tanggapan pribadi tentang teknologi komunikasi.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membuat surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi komunikasi secara tertulis.

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasihsayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, danguru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalamkeberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
2.3.1 Memberikan contoh kewajiban anggota keluarga di rumah.
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2.1 Menjelaskan hubungan antara hak dan kewajiban di rumah.
4.2.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.1 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan tradisional.
4.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan tradisional.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
2.      Contoh kewajiban anggota keluarga di rumah
3.      Hubungan antara hak dan kewajiban di rumah
4.      Kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Perkembangan Teknologi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Di awal pembelajaran, guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
o   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
o   Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
o   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
o   Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.
o   Siswa membaca teks secara berpasangan.
o   Siswa melengkapi pesan pendek yang ada pada teks.
o   Siswa menulis jawaban pesan pendek sebagai jawaban pesan sebelumnya
o   Siswa mengamati gambar yang ada pada buku siswa dengan cermat dan mendiskusikannya dengan teman sebangku.
o   Siswa menuliskan pelaksanaan kewajiban yang ada pada gambar.
o   Kemudian siswa bersama pasangannya mendiskusikan akibat yang terjadi jika kewajiban tidak dilaksanakan.
o   Guru dan siswa membahas hasil pengamatan dan diskusi siswa dengan kegiatan tanya jawab
o   Setelah pembahasan selesai, guru dan siswa ke lapangan olahraga. Guru menjelaskan kegiatan pesan berantai yang akan dilakukan. Permainan ini akan dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Setiap siswa berdiri pada posisi masing-masing seperti pada gambar berikut:



 
A                               B                             C                            D

o   Siswa di posisi A akan mendapat pesan dari guru.
o   Setelah aba-aba dimulai, siswa A berlari ke siswa di posisi B untuk membisikkan pesan. Siswa di posisi B akan berlari ke siswa di posisi C untuk membisiskkan pesan juga. Siswa di posisi C pun berlari ke posisi D untuk membisikkan pesan. Siswa di posisi D harus menuliskan pesan yang diperolehnya. Seluruh siswa yang berada di posisi D pada tiap-tiap kelompok menunjukkan pesan yang telah ditulisnya bersamaan.
o   Pada saat kegiatan menyampaikan pesan, guru dapat menyalakan musik agar suasana bertambah riang.
o   Kelompok yang menuliskan pesan dengan benar akan mendapat poin 10. Kelompok yang siswanya pertama kali mencapai di posisi D mendapat tambahan 10 poin.
o   Pada kegiatan ini guru melakukan penilaian.
o   Kegiatan menyampaikan pesan berakhir, seluruh siswa kembali ke ruang kelas.

Refleksi
o   Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu.
Dalam kegiatan refleksi guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
*      Apa yang kamu pelajari hari ini?
*      Bagaimana perasaanmu saat membuat teks surat dalam bentuk pesan singkat/berdiskusi hak dan kewajiban/bermain menyampaikan pesan?
*      Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
*      Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
*      Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
o   Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Lembar Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Melengkapi teks surat (pesan singkat)
Jumlah soal: 4
Skor maksimal: 40
Skor setiap jawaban: 10

b. Menuliskan kewajiban yang ada pada gambar
Jumlah soal: 4
Skor maksimal: 25
Skor setiap jawaban: 100
Catatan:
Jawaban dapat disesuaikan dengan jawaban siswa namun tetap berkaitan
dengan kewajiban yang harus dilakukan seorang anak

c. Akibatnya jika kewajiban tidak dilaksanakan
Jumlah soal: 1
Skor maksimal: 10
Skor setiap jawaban: 10

1.        Keterampilan
Penilaian: Unjuk kerja
a. Rubrik menulis pesan singkat
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda baca
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam penggunaan
huruf besar dan tanda titik

Terdapat lebih
dari 2 kesalahan
dalam penggunaan
huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
2
Kesesuaian
teks yang
ditulis dengan
tema
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai tema
Setengah atau
lebih isi teks
sesuai dengan
tema
Hampir
keseluruhan
teks kurang
sesuai dengan
tema
Teks tidak sesuai
tema.



Penulisan
Penulisan kata
sudah tepat.
Terdapat 1-2
kata yang belum tepat
penulisannya.
Terdapat lebih
dari 2 kata yang belum tepat
penulisannya

Seluruh
katabelum
tepat dalam
penulisan.


Penggunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang efektif
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif.

Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif

Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif.



b. Penilaian: Observasi (pengamatan)
    Instrumen observasi berbentuk lembar pengamatan bermain menyampaikan pesan.

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
4
3
1
Dapat bermain dengan sportif
……
……
2
Menguasai konsep lokomotor ( berlari)
……
……
3
Melakukan permainan dengan penuh antusias
……
……

F. Sumber dan Media
     Gambar-gambar yang ada pada buku siswa


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2014
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




LEMBAR KERJA SISWA


Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 4

Tulislah kewajiban yang dilaksanakan pada tiap gambar!



Gambar 1: ....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
.................................................................................................................................... 
Gambar 2:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
 
Gambar 3: 
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Gambar 4:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
 
  RPP Lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors