(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 2 :
Perkembangan Teknologi
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Perkembangan
Teknologi Komunikasi/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal karya
seni gaya dekoratif.
3.1.1 Mengidentifikasi
motif hias bergaya dekoratif.
4.1 Menggambar
dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.1 Mewarnai
motif hias bergaya dekoratif.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikanpada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
3.4 Mengenal
pecahan dan bilangan desimal, serta dapat melakukan penambahan dan pengurangan
pecahan berpenyebut sama.
3.4.1 Menentukan
bilangan pecahan biasa dan bilangan desimal yang senilai.
4.2 Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitandengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat
benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menyajikan
nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yangdikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi komunikasi secara
tertulis.
4.3 Mengolah dan menyajikan
teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menguraikan
gagasan pokok dari isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
komunikasi secara tertulis.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Karya seni gaya
dekoratif
2.
Dekoratif dengan
mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
3.
Bilangan pecahan
biasa dan bilangan desimal yang senilai
4.
Isi teks surat
tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan
transportasi
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Perkembangan Teknologi”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Di awal
pembelajaran, guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.
o
Siswa berdoa
bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah
satu siswa petugas piket.
o
Guru menginformasikan
kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
o
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran
dilaksanakan.
o
Guru melakukan
apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut yaitu tanya jawab, mengulas
kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman,
atau kegiatan lainnya.
o
Siswa membaca
teks yang ada pada buku siswa di pembelajaran 3.
o
Siswa menuliskan
4 kata yang ada pada teks dan berhubungan dengan teknologi komunikasi.
o
Siswa menuliskan
gagasan pokok/hal penting yang ada pada teks di paragraf 1 dan 2.
o
Siswa membuat
hiasan dekoratif dan mewarnai gambar pelapis telepon genggam.
o
Guru mereview
bilangan pecahan biasa dan bilangan desimal.
o
Siswa mengerjakan
latihan dengan menghubungkan pecahan biasa dengan pecahan desimal yang senilai.
o
Setelah semua
siswa menyelesaikan soal, guru dan siswa mendiskusikannya bersama jawaban
dari soal-soal tersebut.
Refleksi
o
Guru dan siswa
melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru
memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
Apa yang kamu
pelajari hari ini?
Bagaimana
perasaanmu saat membuat motif dekoratif/mengerjakan soal-soal matematika/ mencari
hal penting pada teks surat?
Kegiatan apa yang
paling kamu sukai?
Informasi apa
yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
Bagaimana caramu
untuk mendapatkan informasi tersebut?
o
Pertanyaan yang
diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan.
Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya
siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masingmasing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Lembar Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menuliskan 4
kata berhubungan dengan teknologi komunikasi yang ada pada
teks.
Jumlah soal : 1
Skor maksimal : 40
b. Menuliskan
gagasan pokok atau hal penting yang ada pada teks
Jumlah soal : 2
Skor maksimal : 50
Skor setiap jawaban: 25
c. Menghubungkan
bilangan pecahan biasa dengan nilai desimalnya
Jumlah
soal : 5 buah
Skor maksimal : 50
Skor setiap jawaban: 10
d. Mewarnai gambar
sesuai dengan bilangan pecahan dan desimalnya
Jumlah soal : 3 buah
Skor maksimal : 30
Skor
setiap jawaban: 10
2.
Keterampilan
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik mewarnai dan menambahkan hiasan
dekoratif
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kerapian
dan kebersihan
dalam
mewarnai
|
Warna
yang dibuat sangat rapi serta bersih pada media
gambar.
|
Warna
yang dibuat rapi serta
sedikit bersih
pada
media
gambar.
|
Warna
yang
dibuat
kurang
rapi
serta
kurang
bersih
pada
media
gambar.
|
Belum
mampu
mewarnai
dengan
rapi dan
bersih.
|
2
|
Kreativitas
|
Menghasilkan
4
motif
dekoratif
|
Menghasilkan
3 motif dekoratif.
|
Menghasilkan
2 motif dekoratif.
|
Menghasilkan
1
motif dekoratif
|
Komposisi
warna
|
Semua komposisi
warna menunjukkan
keharmonisan
(kontras/serasi/
gradasi).
|
Sebagian
besar
komposisi
warna menunjukkan
keharmonisan
(kontras/serasi/
gradasi).
|
Sebagian
kecil
komposisi
warna menunjukkan
keharmonisan
(kontras/serasi/
gradasi).
|
Tidak ada
keharmonisan
komposisi
warna
(kontras/serasi/
gradasi).
|
F. Sumber dan Media
1. Gambar yang
ada pada buku siswa
2. Krayon/pensil warna/spidol
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2014
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Di bawah ini terdapat bilangan pecahan biasa yang telah diketik Edo.
RPP Lainnya:
tema-6-kelas-iv-sub-1-pb-6
tema-6-kelas-iv-sub-2-pb-1
tema-4-kelas-iv-sub-2-pb-1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment