Home » » Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 3

Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 13 August 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 2                                        : Perkembangan Teknologi
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Perkembangan Teknologi Komunikasi/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif.
3.1.1 Mengidentifikasi motif hias bergaya dekoratif.
4.1 Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.1 Mewarnai motif hias bergaya dekoratif.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikanpada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.4 Mengenal pecahan dan bilangan desimal, serta dapat melakukan penambahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama.
3.4.1 Menentukan bilangan pecahan biasa dan bilangan desimal yang senilai.
4.2 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitandengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar


c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yangdikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi komunikasi secara tertulis.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menguraikan gagasan pokok dari isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi komunikasi secara tertulis.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Karya seni gaya dekoratif
2.      Dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
3.      Bilangan pecahan biasa dan bilangan desimal yang senilai
4.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Perkembangan Teknologi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Di awal pembelajaran, guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
o   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
o   Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
o   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
o   Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.
o   Siswa membaca teks yang ada pada buku siswa di pembelajaran 3.
o   Siswa menuliskan 4 kata yang ada pada teks dan berhubungan dengan teknologi komunikasi.
o   Siswa menuliskan gagasan pokok/hal penting yang ada pada teks di paragraf 1 dan 2.
o   Siswa membuat hiasan dekoratif dan mewarnai gambar pelapis telepon genggam.
o   Guru mereview bilangan pecahan biasa dan bilangan desimal.
o   Siswa mengerjakan latihan dengan menghubungkan pecahan biasa dengan pecahan desimal yang senilai.
o   Setelah semua siswa menyelesaikan soal, guru dan siswa mendiskusikannya bersama jawaban dari soal-soal tersebut.

Refleksi
o   Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
*      Apa yang kamu pelajari hari ini?
*      Bagaimana perasaanmu saat membuat motif dekoratif/mengerjakan soal-soal matematika/ mencari hal penting pada teks surat?
*      Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
*      Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
*      Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
o   Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masingmasing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Lembar Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menuliskan 4 kata berhubungan dengan teknologi komunikasi yang ada pada
    teks.
Jumlah soal             : 1
Skor maksimal        : 40

b. Menuliskan gagasan pokok atau hal penting yang ada pada teks
 Jumlah soal            : 2
Skor maksimal        : 50
Skor setiap jawaban: 25

c. Menghubungkan bilangan pecahan biasa dengan nilai desimalnya
    Jumlah soal              : 5 buah
Skor maksimal        : 50
Skor setiap jawaban: 10

d. Mewarnai gambar sesuai dengan bilangan pecahan dan desimalnya
Jumlah soal             : 3 buah
Skor maksimal        : 30
Skor setiap jawaban: 10

2.        Keterampilan
        Penilaian : Unjuk Kerja
         Rubrik mewarnai dan menambahkan hiasan dekoratif
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kerapian dan kebersihan
dalam
mewarnai
Warna yang dibuat sangat rapi serta bersih pada media
gambar.
Warna yang dibuat rapi serta
sedikit bersih
pada media
gambar.
Warna yang
dibuat kurang
rapi serta
kurang bersih
pada media
gambar.
Belum mampu
mewarnai
dengan rapi dan
bersih.
2
Kreativitas
Menghasilkan 4
motif dekoratif
Menghasilkan 3 motif dekoratif.
Menghasilkan 2 motif dekoratif.
Menghasilkan 1
motif dekoratif

Komposisi
warna
Semua komposisi warna menunjukkan
keharmonisan
(kontras/serasi/
gradasi).
Sebagian besar
komposisi warna menunjukkan
keharmonisan
(kontras/serasi/
gradasi).
Sebagian kecil
komposisi warna menunjukkan
keharmonisan
(kontras/serasi/
gradasi).
Tidak ada
keharmonisan
komposisi warna
(kontras/serasi/
gradasi).



F. Sumber dan Media
1.      Gambar yang ada pada buku siswa
2.      Krayon/pensil warna/spidol

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2014
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,



PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Di bawah ini terdapat bilangan pecahan biasa yang telah diketik Edo.

Tariklah garis yang menghubungkan angka pecahan biasa dengan nilai desimalnya!
Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 3

Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 3

Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 3

RPP Lainnya:
tema-6-kelas-iv-sub-1-pb-6
tema-6-kelas-iv-sub-2-pb-1
tema-4-kelas-iv-sub-2-pb-1

 


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors