(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 3/1
Tema 2 :
Perkembangan Teknologi
Sub
Tema/ Pembelajaran : Perkembangan
Teknologi Pangan/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
kata-kata yang berkaitan dengan hasil teknologi pangan yang ada pada teks surat
tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi.
4.3 Mengolah dan menyajikan
teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menyusun
pertanyaan berdasarkan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi secara tertulis.
b) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
3.3 Memahami makna keberagaman
karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.3.1 Menyebutkan
beragam makanan kesukaan anggota keluarga di rumah.
3.3.2 Menyebutkan
beragam kebiasaan anggota keluarga di rumah.
4.3 Berinteraksi
dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
4.3.1 Mempresentasikan
beragam makanan kesukaan anggota keluarga di rumah.
4.3.3 Mempresentasikan
beragam kebiasaan anggota keluarga di rumah..
c) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Mengidentifikasi
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
sederhana.
3.9 Mengetahui
manfaat pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.
3.9.1 Mengidentifikasi
ketidaksesuaian antara penggunaan perlengkapan (atribut) dengan aktivitas
fisik.
4.1 Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi
konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mencocokkan aktivitas
fisik dengan perlengkapan yang digunakan dalam beraktivitas.
4.9 Memakai pakaian
dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.
4.9.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana.
4.9.2 Memakai
atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial
2. Kata-kata yang berkaitan dengan hasil teknologi pangan yang ada pada
teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi
3. Teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi secara
tertulis
4.
Keberagaman
karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
5.
Pakaian dan atribut
yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.
6. Kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Perkembangan Teknologi”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Di awal
pembelajaran, guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran
siswa.
o
Siswa berdoa
bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah
satu siswa petugas piket.
o
Guru
menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
o
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
o
Guru melakukan
apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut yaitu tanya jawab,
mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan
pengalaman, atau kegiatan lainnya.
o
Siswa membaca
teks surat tanggapan pribadi tentang teknologi produksi.
o
Siswa dan guru
mendiskusikan teks bacaan yang kurang dipahami siswa.
o
Siswa membuat
pertanyaan dari teks surat tanggapan pribadi
tentang teknologi produksi
o
Siswa menuliskan
daftar makanan hasil teknologi pangan yang ada pada teks surat.
o
Selanjutnya,
siswa menuliskan makanan kesukaannya dengan tepat.
o
Siswa juga
menuliskan macam-macam makanan kesukaan dan kebiasaan anggota keluarga dengan
tepat pada tempat yang tersedia di buku siswa.
o
Siswa
mempresentasikan keberagaman dan kebiasaan anggota keluarga di depan kelas.
o
Untuk menentukkan
siswa yang presentasi secara bergiliran, guru dan siswa dapat melakukan
permainan lempar bola. Berikut ini aturan permainan lempar bola:
Guru menyiapkan
sebuah bola. Bola dapat menggunakan bola pingpong/bola kertas/bola plastik.
Guru melemparkan
bola pada siswa. Siswa yang terkena bola mendapat giliran presentasi.
o
Setelah selesai
presentasi, siswa tersebut melemparkan bola pada teman-temannya.
o
Siswa yang
terkena bola mendapat giliran presentasi.
o
Begitu seterusnya
sampai semua siswa mendapat giliran presentasi.
o
Saat kegiatan
melempar bola dapat diikuti dengan iringan musik
sederhana.
o
Setelah kegiatan
presentasi, siswa di kelas dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok
membaca teks yang ada pada buku siswa dan mendiskusikan
o
ketidaksesuaian antara teks dengan gambar.
o
Siswa menarik
garis untuk memasangkan gambar perlengkapan pakaian dengan kegiatan olahraga secara
tepat.
o
Siswa dan guru
mendiskusikan hasil kerja siswa.
o
Guru memberi
penekanan bahwa pakaian dan perlengkapannya perlu disesuaikan dengan
aktivitas.
o
Hal ini
bermanfaat untuk kenyamanan tubuh maupun kemudahan
pekerjaan seseorang.
o
Siswa
bersiap-siap melakukan aktivitas olahraga.
o
Sebelum ke
lapangan siswa berganti pakaian olahraga sebagai bentuk mempraktikkan
penggunaan perlengkapan yang cocok untuk berolahraga.
o
Kegiatan olahraga
diawali dengan melakukan pemanasan dengan berlari keliling lapangan sekolah sebanyak
3 kali putaran.
o
Setelah kegiatan
pemanasan, guru menjelaskan kegiatan melompat, serta hal-hal yang perlu
diperhatikan ketika melompat. Guru member contoh gerak melompat yang tepat
sehingga tidak membahayakan diri sendiri.
Materi Melompat:
o
Ada 4 elemen penting dalam melompat, yaitu:
Panggul dan lutut ditekuk sebelum melompat.
Hal ini dilakukan untuk menghasilkan kekuatan saat
melompat.
Lengan mencapai kepala
Saat panggul dan lutut ditekuk, lengan diayunkan ke
belakang. Ketika melompat di udara, kaki lurus dan tangan diayunkan lurus ke
atas mencapai
kepala.
Tubuh membentuk sudut 45 derajat selama di udara
Lompatan yang kuat biasanya terjadi saat tubuh
membentuk sudut 45 derajat.
Sebelum mendarat panggul ditekuk sehingga kaki akan
mendarat terlebih dahulu.
Melompat dan mendarat dengan 2 kaki
o
Lompatan yang
kuat dilakukan dengan kedua kaki meninggalkan tanah pada waktu yang
bersamaan. Demikian pula saat turun kedua kaki mendarat dengan kedua kaki.
o
Siswa
bersiap-siap melakukan kegiatan melompat. Guru berdiri di lapangan sambil
memegang tongkat. Tongkat diangkat tinggi-tinggi. Anak-anak berlari pelan-pelan.
Sambil berlari kemudian melompat untuk meraih ujung tongkat.
o
Lanjutkan sampai
setiap anak mendapat giliran melompat serta meraih ujung tongkat.
o
Setelah semua
siswa melakukan kegiatan melompat, guru dan siswa melakukan gerakan
pendinginan.
o
Siswa dan guru
kembali ke kelas. Sebelumnya siswa mengganti pakaian olahraga dengan
pakaian seragam sekolah.
Refleksi
o
Guru dan siswa
melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu.
o
Dalam kegiatan refleksi
guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
1.
Apa yang kamu pelajari hari ini?
2.
Bagaimana perasaanmu saat membuat
per-tanyaan/presentasi/melakukan
3.
kegiatan me-lompat?
4.
Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
5.
Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
6.
Bagaimana caramu untuk mendapatkan infor-masi
tersebut?
o
Pertanyaan yang
diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan.
Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya
siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||||||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||||||||||||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Membuat
pertanyaan
Jumlah soal: 5
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
b. Membuat daftar makanan
hasil teknologi pangan yang ada pada teks
Jumlah soal: 4
Skor maksimal: 40
Skor setiap jawaban: 10
c. Menuliskan
makanan kesukaan keluarga
Jumlah soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25
d. Menuliskan
kebiasaan anggota keluarga di rumah
Jumlah soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25
e. Menarik garis
sesuai dengan atribut-atribut yang dibutuhkan dalam beraktivitas.
Jumlah soal: 1 buah
Skor maksimal: 3
1.
Keterampilan
a. Penilaian
menceritakan keberagaman makanan kesukaan dan kebiasaan anggota keluarga
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kelancaran
Berbicara
|
Berbicara
dengan
lancar
tanpa
terbatabata
dan tidak
perlu
bimbingan
guru.
|
Berbicara
dengan
sedikit
terbata-bata
tapi
tidak perlu
bimbingan guru
|
Berbicara
dengan
sedikit
terbatabata
dan
perlu
sedikit
bimbingan
guru
|
Kesulitan
mengungkapkan
ide
sehingga
butuh
banyak
bimbingan guru.
|
2
|
Volume
suara
|
Terdengar
jelas
hingga
seluruh
ruang
kelas
|
Terdengar
jelas
hingga
setengah
ruang
kelas.
|
Hanya
terdengar
di bagian
depan
ruang
kelas.
|
Sangat
pelan
atau
tidak
terdengar
|
3
|
Pandangan
mata
|
Selalu
melakukan
kontak
mata
dengan
seluruh
pendengar
|
Sering
melakukan
kontak
mata
dengan
seluruh
pendengar
|
Kadang-kadang
melakukan
kontak
mata
dengan seluruh
pendengar.
|
Tidak
melakukan
kontak
mata
dengan
pendengar
(pandangan
selalu
menunduk).
|
4
|
Lafal dan
Intonasi
|
Mengucapkan
lafal dan
intonasi
yang
tepat.
|
Mengucapkan
lafal
yang
tepat
namun
ada
beberapa
intonasi
yang
kurang tepat
|
Mengucapkan
lafal ada
yang
kurang
tepat
dan ada
intonasi
yang
kurang
tepat.
|
Mengucapkan
lafal ada
yang
kurang
tepat
dan tidak
menggunakan
intonasi
yang
tepat
|
b. Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Instrumen
observasi berbentuk lembar pengamatan ketidaksesuaian antara teks dengan gambar.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Mengidentifikasi
kejanggalan gambar yang ada pada
pada teks
|
…...
|
…...
|
2
|
Dapat
menjelaskan aspek kejanggalan tersebut
|
…...
|
…...
|
c. Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Instrumen
Observasi berbentuk lembar pengamatan mempraktikkan gerakan melompat
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Ujung
kaki yang terakhir meninggalkan tanah
|
…...
|
…...
|
2
|
Lompatan
ke atas dengan tubuh lurus
|
…...
|
…...
|
3
|
Tangan
di depan saat mendarat
|
…...
|
…...
|
4
|
Melompat
sesuai ritme/melodi musik
|
…...
|
…...
|
F. Sumber dan Media
1.
Bola pingpong/bola
kertas/bola plastik
2.
Baju olahraga
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2014
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas III,
Rosmiati, S.Pd Mimi Santi, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19750305 200801 2 001
LEMBAR
KERJA SISWA
Buatlah pertanyaan berdasarkan
jawaban yang tersedia!
Pertanyaan
...........................................................................................................................................................
?
Jawaban
Tanggal 5 September 2014.
........................................................................................................................................................... ?
Jawaban
Tentang susu sapi yang dapat diolah menjadi berbagai
bahan pangan.
........................................................................................................................................................... ?
Jawaban
Penguapan bertujuan untuk mengurangi kadar air susu.
........................................................................................................................................................... ?
Jawaban
Edo
........................................................................................................................................................... ?
Jawaban
Karena rasanya lebih gurih Media
RPP Lainnya:
tema-6-kelas-iv-sub-1-pb-6
tema-6-kelas-iv-sub-2-pb-1
tema-4-kelas-iv-sub-2-pb-1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment