Home » » Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 2

Tema 2 Kelas 3 Sub 2 Pb 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 12 August 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 2                                        : Perkembangan Teknologi
Sub Tema/ Pembelajaran             : Perkembangan Teknologi Pangan/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi kata-kata yang berkaitan dengan hasil teknologi pangan yang ada pada teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menyusun pertanyaan berdasarkan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi secara tertulis.

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.3.1 Menyebutkan beragam makanan kesukaan anggota keluarga di rumah.
3.3.2 Menyebutkan beragam kebiasaan anggota keluarga di rumah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
4.3.1 Mempresentasikan beragam makanan kesukaan anggota keluarga di rumah.
4.3.3 Mempresentasikan beragam kebiasaan anggota keluarga di rumah..

c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.1 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
3.9 Mengetahui manfaat pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.
3.9.1 Mengidentifikasi ketidaksesuaian antara penggunaan perlengkapan (atribut) dengan aktivitas fisik.
4.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang  dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mencocokkan aktivitas fisik dengan perlengkapan yang digunakan dalam beraktivitas.
4.9 Memakai pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.
4.9.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
4.9.2 Memakai atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.

 C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial
2.      Kata-kata yang berkaitan dengan hasil teknologi pangan yang ada pada teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi
3.      Teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi secara tertulis
4.      Keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
5.      Pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.
6.      Kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang  dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Perkembangan Teknologi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Di awal pembelajaran, guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
o   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
o   Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
o   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
o   Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya, menceritakan pengalaman, atau kegiatan lainnya.
o   Siswa membaca teks surat tanggapan pribadi tentang teknologi produksi.
o   Siswa dan guru mendiskusikan teks bacaan yang kurang dipahami siswa.
o   Siswa membuat pertanyaan dari teks surat tanggapan pribadi tentang teknologi produksi
o   Siswa menuliskan daftar makanan hasil teknologi pangan yang ada pada teks surat.
o   Selanjutnya, siswa menuliskan makanan kesukaannya dengan tepat.
o   Siswa juga menuliskan macam-macam makanan kesukaan dan kebiasaan anggota keluarga dengan tepat pada tempat yang tersedia di buku siswa.
o   Siswa mempresentasikan keberagaman dan kebiasaan anggota keluarga di depan kelas.
o   Untuk menentukkan siswa yang presentasi secara bergiliran, guru dan siswa dapat melakukan permainan lempar bola. Berikut ini aturan permainan lempar bola:
*   Guru menyiapkan sebuah bola. Bola dapat menggunakan bola pingpong/bola kertas/bola plastik.
*   Guru melemparkan bola pada siswa. Siswa yang terkena bola mendapat giliran presentasi.
o   Setelah selesai presentasi, siswa tersebut melemparkan bola pada teman-temannya.
o   Siswa yang terkena bola mendapat giliran presentasi.
o   Begitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran presentasi.
o   Saat kegiatan melempar bola dapat diikuti dengan iringan musik sederhana.
o   Setelah kegiatan presentasi, siswa di kelas dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok membaca teks yang ada pada buku siswa dan mendiskusikan
o   ketidaksesuaian antara teks dengan gambar.
o   Siswa menarik garis untuk memasangkan gambar perlengkapan pakaian dengan kegiatan olahraga secara tepat.
o   Siswa dan guru mendiskusikan hasil kerja siswa.
o   Guru memberi penekanan bahwa pakaian dan perlengkapannya perlu disesuaikan dengan aktivitas.
o   Hal ini bermanfaat untuk kenyamanan tubuh maupun kemudahan pekerjaan seseorang.
o   Siswa bersiap-siap melakukan aktivitas olahraga.
o   Sebelum ke lapangan siswa berganti pakaian olahraga sebagai bentuk mempraktikkan penggunaan perlengkapan yang cocok untuk berolahraga.
o   Kegiatan olahraga diawali dengan melakukan pemanasan dengan berlari keliling lapangan sekolah sebanyak 3 kali putaran.
o   Setelah kegiatan pemanasan, guru menjelaskan kegiatan melompat, serta hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melompat. Guru member contoh gerak melompat yang tepat sehingga tidak membahayakan diri sendiri.
Materi Melompat:
o   Ada 4 elemen penting dalam melompat, yaitu:
*      Panggul dan lutut ditekuk sebelum melompat.
Hal ini dilakukan untuk menghasilkan kekuatan saat melompat.
*      Lengan mencapai kepala
Saat panggul dan lutut ditekuk, lengan diayunkan ke belakang. Ketika melompat di udara, kaki lurus dan tangan diayunkan lurus ke atas mencapai kepala.
*      Tubuh membentuk sudut 45 derajat selama di udara
Lompatan yang kuat biasanya terjadi saat tubuh membentuk sudut 45 derajat.
Sebelum mendarat panggul ditekuk sehingga kaki akan mendarat terlebih dahulu.
*      Melompat dan mendarat dengan 2 kaki
o   Lompatan yang kuat dilakukan dengan kedua kaki meninggalkan tanah pada waktu yang bersamaan. Demikian pula saat turun kedua kaki mendarat dengan kedua kaki.
o   Siswa bersiap-siap melakukan kegiatan melompat. Guru berdiri di lapangan sambil memegang tongkat. Tongkat diangkat tinggi-tinggi. Anak-anak berlari pelan-pelan. Sambil berlari kemudian melompat untuk meraih ujung tongkat.
o   Lanjutkan sampai setiap anak mendapat giliran melompat serta meraih ujung tongkat.
o   Setelah semua siswa melakukan kegiatan melompat, guru dan siswa melakukan gerakan pendinginan.
o   Siswa dan guru kembali ke kelas. Sebelumnya siswa mengganti pakaian olahraga dengan pakaian seragam sekolah.

Refleksi
o   Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu.
o   Dalam kegiatan refleksi guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
1.      Apa yang kamu pelajari hari ini?
2.      Bagaimana perasaanmu saat membuat per-tanyaan/presentasi/melakukan
3.      kegiatan me-lompat?
4.      Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
5.      Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
6.      Bagaimana caramu untuk mendapatkan infor-masi tersebut?
o   Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



 Penilaian Sikap

No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku

Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab

K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4





























































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

 2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Membuat pertanyaan
Jumlah soal: 5
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
b. Membuat daftar makanan hasil teknologi pangan yang ada pada teks
Jumlah soal: 4
Skor maksimal: 40
Skor setiap jawaban: 10
c. Menuliskan makanan kesukaan keluarga
Jumlah soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25
d. Menuliskan kebiasaan anggota keluarga di rumah
Jumlah soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25
e. Menarik garis sesuai dengan atribut-atribut yang dibutuhkan dalam beraktivitas.
Jumlah soal: 1 buah
Skor maksimal: 3

1.        Keterampilan
a. Penilaian menceritakan keberagaman makanan kesukaan dan kebiasaan anggota     keluarga
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kelancaran
Berbicara
Berbicara
dengan lancar
tanpa terbatabata
dan tidak
perlu bimbingan
guru.
Berbicara
dengan sedikit
terbata-bata
tapi tidak perlu
bimbingan guru
Berbicara
dengan sedikit
terbatabata dan
perlu sedikit
bimbingan guru
Kesulitan
mengungkapkan
ide sehingga
butuh banyak
bimbingan guru.
2
Volume suara
Terdengar jelas
hingga seluruh
ruang kelas
Terdengar jelas
hingga setengah
ruang kelas.
Hanya terdengar
di bagian depan
ruang kelas.
Sangat pelan
atau tidak
terdengar
3
Pandangan
mata
Selalu
melakukan
kontak mata
dengan seluruh
pendengar
Sering
melakukan
kontak mata
dengan seluruh
pendengar
Kadang-kadang
melakukan
kontak mata
dengan seluruh
pendengar.
Tidak melakukan
kontak mata
dengan
pendengar
(pandangan
selalu
menunduk).
4
Lafal dan
Intonasi
Mengucapkan
lafal dan
intonasi yang
tepat.

Mengucapkan
lafal yang
tepat namun
ada beberapa
intonasi yang
kurang tepat
Mengucapkan
lafal ada yang
kurang tepat
dan ada intonasi
yang kurang
tepat.
Mengucapkan
lafal ada yang
kurang tepat
dan tidak
menggunakan
intonasi yang
tepat

b. Penilaian: Observasi (Pengamatan)
     Instrumen observasi berbentuk lembar pengamatan ketidaksesuaian antara teks dengan      gambar.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Mengidentifikasi kejanggalan gambar yang ada pada pada teks
…...
…...
2
Dapat menjelaskan aspek kejanggalan tersebut
…...
…...

c. Penilaian: Observasi (Pengamatan)
     Instrumen Observasi berbentuk lembar pengamatan mempraktikkan gerakan melompat
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Ujung kaki yang terakhir meninggalkan tanah
…...
…...
2
Lompatan ke atas dengan tubuh lurus
…...
…...
3
Tangan di depan saat mendarat
…...
…...
4
Melompat sesuai ritme/melodi musik
…...
…...


F. Sumber dan Media
1.      Bola pingpong/bola kertas/bola plastik
2.      Baju olahraga



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2014
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas III,



Rosmiati, S.Pd                                                                  Mimi Santi, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19750305 200801 2 001







LEMBAR KERJA SISWA


Buatlah pertanyaan berdasarkan jawaban yang tersedia!
Pertanyaan

........................................................................................................................................................... ?

Jawaban

Tanggal 5 September 2014


Pertanyaan
........................................................................................................................................................... ?
Jawaban

Tentang susu sapi yang dapat diolah menjadi berbagai bahan pangan.
Pertanyaan

........................................................................................................................................................... ?
Jawaban

Penguapan bertujuan untuk mengurangi kadar air susu.

Pertanyaan
........................................................................................................................................................... ?
Jawaban

Edo


Pertanyaan
........................................................................................................................................................... ?
Jawaban
            Karena rasanya lebih gurih 

Media 




RPP Lainnya: 
tema-6-kelas-iv-sub-1-pb-6
tema-6-kelas-iv-sub-2-pb-1
tema-4-kelas-iv-sub-2-pb-1

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors