(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 2 : Persatuan dalam perbedaan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Bersatu Kita Teguh/6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
sang Pencipta.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
2.6 Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.3 Memahami konsep
variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan
kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
3.3.1 Menjelaskan
cara bermain permainan tradisional Pindah Bintang.
4.3 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan
kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
4.3.1 Mempraktikkan
konsep variasi dan kombinasi gerak dasar
atletik dalam permainan pindah bintang
b) PPKn
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan
ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
2.4 Menunjukkan
perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia.
3.5 Memahami
Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan.
3.5.1 Menjelaskan
bahwa kerukunan adalah merupakan pondasi untuk persatuan bangsa.
4.5 Menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan
Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.1 Mempresentasikan
tentang kerukunan adalah merupakan pondasi untuk persatuan bangsa.
c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energy listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.4 Memiliki
kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3 Menguraikan isi
teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta
layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.1 Menjelaskan
rancangan pidato persuasif.
4.3 Menyampaikan
teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan system pemerintahan serta
layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Menyampaikan
pidato persuasive
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1.
Variasi dan
kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol
yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional
2.
Nilai-nilai
persatuan dan kesatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan
Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Teks pidato
persuasif tentang cinta tanah air dan system pemerintahan serta layanan
masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Persatuan dalam
perbedaan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengingatkan
siswa tentang permainan Pindah Bintang yang telah mereka pelajari sebelumnya.
o
Guru menanyakan
apakah mereka masih ingat dengan permainan tersebut.
o
Guru menyampaikan
bahwa bahwa permainan Pindah Bintang dapat memberikan kebugaran dan sekaligus
kesenangan bagi pemain.
o
Siswa mengamati
gambar dan membaca teks singkat yang terdapat dalam buku siswa.
o
Siswa
mempraktikkan permainan Pindah Bintang.
o
Sebelumnya, siswa
dibagi menjadi dua kelompok.
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang aturan permainan
Lari 40 meter
·
Guru membuat lintasan lari dengan jarak 40 meter.
·
Siswa melakukan lomba lari menggunakan start jongkok.
o
Guru mengambil
catatan waktu yang diraih siswa.
o
Begitu seterusnya
sampai semua siswa melakukan perlombaan
o
Guru menjelaskan:
–
Ketika kelompok pertama bermain, kelompok kedua
mengamati dan membuat catatan-catatan penting tentang berlangsungnya permainan,
dengan memperhatikan gerakan pemain, ketaatan terhadap aturan, serta
nilai-nilai yang ditemukan dalam permainan.
–
Catatan tersebut akan digunakan untuk menulis
laporan berdasarkan pengamatan.
o
Siswa menulis
laporan yang berisikan penjelasan tentang permainan
o
Pindah Bintang
berdasarkan pengamatan yang mereka lakukan dan catatan yang dibuat.
o
Siswa menulis
laporan dengan memperhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar, khususnya
penggunaan tanda baca, huruf besar, dan kosakata baku.
o
Siswa
mempresentasikan laporan mereka dalam kelompok.
o
Setelah memahami
pentingnya persatuan dalam kehidupan sehari-hari, siswa bekerja secara
berpasangan untuk mengajak teman-teman di sekolah mereka untuk selalu bersatu
dalam hal kebaikan.
o
Siswa membuat
rancangan pidato persuasif secara berpasangan tentang pentingnya kerja sama
dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
o
Siswa
mendiskusikan rancangan pidato terlebih dahulu.
o
Setelah membuat
rancangan, siswa menuangkannya menjadi pidato lengkap.
o
Siswa menampilkan
pidato yang telah mereka rancang secara berpasangan di hadapan siswa lain.
–
Siswa yang tidak tampil membuat catatan tentang isi
pidato dan penampilan siswa lain.
–
Catatan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan
refleksi
–
Siswa mengerjakan
soal evaluasi
o
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran
1.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai;
a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1. PJOK dinilai
dengan rubrik.
Teknik
pengambilan nilai.
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih
lagi
|
3
|
2
|
1
|
|
Melakukan
gerak dasar lari.
|
o
Siswa mampu melakukan gerak start dengan
benar.
o
Siswa mampu melakukan gerak dasar saat
berlari dengan benar.
o
Siswa mampu melakukan gerak dasar memasuki
garis finish dengan benar
|
Jika
siswa
mampu
melakukan
dua
kriteria
dengan
benar
|
Jika
siswa
mampu
melakukan
satu
kriteria
dengan
benar.
|
2. Bahasa Indonesia
dinilai dengan rubrik daftar periksa.
No
|
Krtiteria
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
1
|
Pidato
sesuai tema.
|
|||
2
|
Komponen
lengkap (pembukaan, isi,
penutup).
|
|||
3
|
Pilihan
bahasa sesuai
|
|||
4
|
Suara
jelas.
|
|||
5
|
Kontak
mata dengan pendengar
|
|||
6
|
Bahasa
tubuh sesuai
|
3. PPKn dinilai
dengan daftar periksa
No
|
Krtiteria
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
1
|
Siswa
mampu menjelaskan hubungan antara kerukunan dalam perbedaan dengan persatuan.
|
|||
2
|
Siswa
mampu mempresentasikan pandangan mereka tentang hubungan
antara
kerukunan dalam perbedaan dengan persatuan
|
|||
3
|
Siswa
mampu menyimpulkan tentang hubungan antara kerukunan dalam perbedaan dengan
persatuan
|
4. Penilaian sikap
Contoh
penilaian sikap dapat dilihat di lampiran 2.
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Mengetahui, Beureunuen,…………...2015
Kepala SD N 3 Beureunuen Guru Kelas VI B,
( ROSMIATI, S.Pd ) ( BACHTIAR, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2 006 NIP. 19800611 200504 1 001
MEDIA
RPP Lainnya:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment