Home » » Tema 2 Kelas 6 Sub 3 Pb 6

Tema 2 Kelas 6 Sub 3 Pb 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 11 August 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 2                                        : Persatuan dalam perbedaan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Bersatu Kita Teguh/6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
3.3.1 Menjelaskan cara bermain permainan tradisional Pindah Bintang.
4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
4.3.1 Mempraktikkan konsep variasi  dan kombinasi gerak dasar atletik dalam permainan pindah bintang

b) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia.
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan.
3.5.1 Menjelaskan bahwa kerukunan adalah merupakan pondasi untuk persatuan bangsa.
4.5 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.1 Mempresentasikan tentang kerukunan adalah merupakan pondasi untuk persatuan bangsa.

c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energy listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.4 Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3 Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.1 Menjelaskan rancangan pidato persuasif.
4.3 Menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan system pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Menyampaikan pidato persuasive

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional
2.      Nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan system pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Persatuan dalam perbedaan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengingatkan siswa tentang permainan Pindah Bintang yang telah mereka pelajari sebelumnya.
o   Guru menanyakan apakah mereka masih ingat dengan permainan tersebut.
o   Guru menyampaikan bahwa bahwa permainan Pindah Bintang dapat memberikan kebugaran dan sekaligus kesenangan bagi pemain.
o   Siswa mengamati gambar dan membaca teks singkat yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa mempraktikkan permainan Pindah Bintang.
o   Sebelumnya, siswa dibagi menjadi dua kelompok.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang aturan permainan

Lari 40 meter
·         Guru membuat lintasan lari dengan jarak 40 meter.
·         Siswa melakukan lomba lari menggunakan start jongkok.
o   Guru mengambil catatan waktu yang diraih siswa.
o   Begitu seterusnya sampai semua siswa melakukan perlombaan
o   Guru menjelaskan:
        Ketika kelompok pertama bermain, kelompok kedua mengamati dan membuat catatan-catatan penting tentang berlangsungnya permainan, dengan memperhatikan gerakan pemain, ketaatan terhadap aturan, serta nilai-nilai yang ditemukan dalam permainan.
        Catatan tersebut akan digunakan untuk menulis laporan berdasarkan pengamatan.
o   Siswa menulis laporan yang berisikan penjelasan tentang permainan
o   Pindah Bintang berdasarkan pengamatan yang mereka lakukan dan catatan yang dibuat.
o   Siswa menulis laporan dengan memperhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar, khususnya penggunaan tanda baca, huruf besar, dan kosakata baku.
o   Siswa mempresentasikan laporan mereka dalam kelompok.
o   Setelah memahami pentingnya persatuan dalam kehidupan sehari-hari, siswa bekerja secara berpasangan untuk mengajak teman-teman di sekolah mereka untuk selalu bersatu dalam hal kebaikan.
o   Siswa membuat rancangan pidato persuasif secara berpasangan tentang pentingnya kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
o   Siswa mendiskusikan rancangan pidato terlebih dahulu.
o   Setelah membuat rancangan, siswa menuangkannya menjadi pidato lengkap.
o   Siswa menampilkan pidato yang telah mereka rancang secara berpasangan di hadapan siswa lain.
        Siswa yang tidak tampil membuat catatan tentang isi pidato dan penampilan siswa lain.
        Catatan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan refleksi

        Siswa mengerjakan soal evaluasi

o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


 

Penilaian
1. PJOK dinilai dengan rubrik.
   Teknik pengambilan nilai.
Kriteria
Bagus  
Cukup
Berlatih lagi
3
2
1
Melakukan gerak dasar lari.
o   Siswa mampu melakukan gerak start dengan benar.
o   Siswa mampu melakukan gerak dasar saat berlari dengan benar.
o   Siswa mampu melakukan gerak dasar memasuki garis finish dengan benar
Jika siswa
mampu
melakukan dua
kriteria dengan
benar
Jika siswa
mampu
melakukan
satu kriteria
dengan
benar.

2. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik daftar periksa.

No
Krtiteria
Ya
Tidak
Catatan
1
Pidato sesuai tema.



2
Komponen lengkap (pembukaan, isi,
penutup).



3
Pilihan bahasa sesuai



4
Suara jelas.



5
Kontak mata dengan pendengar



6
Bahasa tubuh sesuai




3. PPKn dinilai dengan daftar periksa

No
Krtiteria
Ya
Tidak
Catatan
1
Siswa mampu menjelaskan hubungan antara kerukunan dalam perbedaan dengan persatuan.



2
Siswa mampu mempresentasikan pandangan mereka tentang hubungan
antara kerukunan dalam perbedaan dengan persatuan



3
Siswa mampu menyimpulkan tentang hubungan antara kerukunan dalam perbedaan dengan persatuan




4. Penilaian sikap
    Contoh penilaian sikap dapat dilihat di lampiran 2.

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar



Mengetahui,                                                                            Beureunuen,…………...2015
Kepala SD N 3 Beureunuen                                                   Guru Kelas VI B,



( ROSMIATI, S.Pd )                                                             ( BACHTIAR, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2 006                                                NIP. 19800611 200504 1 001

MEDIA 

Tema 2 Kelas 6 Sub 3 Pb 6

RPP Lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors