Home » » Tema 2 Kelas 6 Sub 3 Pb 5

Tema 2 Kelas 6 Sub 3 Pb 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 11 August 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 2                                        : Persatuan dalam perbedaan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Bersatu Kita Teguh/5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.3 Mengenal estetika gerak dan  komposisi kelompok dalam tari.
3.3.1 Mendeskripsikan langkah-langkah dalam melakukan gerak dan komposisi kelompok dalam tari.
4.9 Menemukan gerak tari bertema berdasarkan pengembangan gagasan dan imajinasi.
4.9.1 Menampilkan gerak tari bertemakan nilai persatuan.

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan  menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan Kreatif
3.3 Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam.
3.3.1 Menentukan langkah-langkah memecahkan masalah tentang segi tiga.
4.6 Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam.
4.6.1 Memecahkan masalah tentang segi tiga.


c) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia
3.2 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional Dan Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1 Mempresentasikan tentang kerukunan adalah merupakan pondasi untuk persatuan bangsa.
4.1 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan
4.1.1 Menjelaskan bahwa kerukunan adalah merupakan pondasi untuk persatuan bangsa.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :



D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Persatuan dalam perbedaan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyampaikan:
        Siswa telah berlatih untuk pe nampilan tari yang mereka rancang secara berkelompok.
        Setiap kelompok akan melakukan penampilan di depan kelas.

o   Siswa menampilkan tari yang dilandasi nilai-nilai persatuan secara berkelompok.
o   Ketika kelompok lain melakukan penampilan, siswa yang tidak tampil membuat catatan penting tentang isi penampilan dari kelompok lain.
o   Antarsiswa dapat memberikan komentar dan saran sehubungan dengan penampilan yang dilakukan oleh kelompok lain.
o   Ketika penampilan berlangsung, siswa dapat menulis pertanyaan yang akan mereka ajukan kepada kelompok lain setelah mereka selesai melakukan penampilan.
o   Setelah menyaksikan semua penampilan tari, siswa menulis penjelasan tentang makna nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tarian masingmasing kelompok.
o   Siswa dapat melakukan wawancara kepada kelompok lain untuk menggali informasi lebih lanjut.
o   Guru menyampaikan bahwa siswa telah mengetahui salah satu nilai luhur yang terdapat pada tari Lego-lego adalah nilai-nilai persatuan
o   Hal tersebut menandakan bahwa nilai-nilai persatuan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, baik pada Masa
o   Perjuangan Pergerakan Kemerdekaan sampai kepada saat ini.
        Siswa menulis analisis mereka tentang hubungan sebab akibat antara persatuan dan kemajuan bangsa.
        Siswa menjelaskan tentang dampak persatuan terhadap kesatuan bangsa.
        Siswa menjelaskan akibat yang timbul jika tidak terjalin persatuan dan kesatuan.
o   Siswa membaca teks.
        Sekelompok siswa sedang berdiskusi merancang sebuah tari kreasi tentang nilai-nilai persatuan.
        Gerakan dan susunan penari lebih banyak dalam bentuk segi tiga.
        Siswa tersebut mendiskusikan berbagai kemungkinan barisan penari dalam bentuk segi tiga.

o   Siswa menjawab pertanyaan yang belum terjawab dalam diskusi tersebut.
o   Siswa diminta membantu menjawab pertanyaan.
o   Siswa menjelaskan kemungkinan susunan penari berbentuk segi tiga dengan syarat-syarat:
a) Lebih dari satu sudut tumpul,
b) sudut siku-siku,
c) 3 sudut lancip.
o   Siswa menjelaskan menggunakan gambar dan kata-kata.
o   Siswa menyimpulkan
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.

Pengayaan
o   Siswa membuat soal cerita sendiri tentang sudut segi tiga.
o   Siswa menukarkan soal yang mereka buat dengan siswa lain.
o   Siswa menjawab soal cerita tersebut.

Remedial
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami konsep sudut dalam segi tiga (menyelesaikan kurang dari 50% soal dengan benar) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan menggunakan benda konkret. Selain itu, guru akan mengulang kembali penanaman konsep secara bertahap dimulai dari yang mudah dipahami.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;








Penilaian
1. SBdP dinilai dengan rubrik

Kriteria
Bagus  
Cukup
Berlatih lagi
3
2
1
Kesiapan tampil
Siswa sangat berani
tampil dan tanpa ragu-ragu.
Siswa cukup berani tampil dan tanpa ragu-ragu.
Siswa berani tampil,
namun masih raguragu.
Terlihat adegan
yang bermakna
persatuan
Adegan tentang
persatuan terlihat jelas.
Adegan tentang
persatuan terlihat cukup jelas
Adegan tentang
persatuan tidak jelas
Kualitas gerakan
Kualitas gerakan
sangat baik
Kualitas gerakan cukup baik
Kualitas gerakan
kurang baik
Kerja sama
Tarian ditampilkan
dengan kompak
Tarian ditampilkan
dengan cukup kompak
Tarian ditampilkan
dengan tidak kompak

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

2. Matematika dinilai dengan angka (skoring).
3. PPKn dinilai dengan daftar periksa
No
Krtiteria
Ya
Tidak
Catatan
1
Siswa mampu menulis analisis mereka
tentang hubungan sebab akibat antara persatuan dan kemajuan bangsa



2
Siswa mampu menjelaskan tentang dampak persatuan terhadap kemajuan bangsa



3
Siswa mampu menjelaskan akibat yang
timbul jika tidak terjalin persatuan dan
kesatuan.




4. Penilaian sikap
Contoh penilaian sikap dapat dilihat di lampiran 2.

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar


Mengetahui,                                                                            Beureunuen,…………...2015
Kepala SD N 3 Beureunuen                                                   Guru Kelas VI B,



( ROSMIATI, S.Pd )                                                             ( BACHTIAR, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2 006                                                NIP. 19800611 200504 1 001

Media 
Tema 2 Kelas 6 Sub 3 Pb 5

RPP Lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors