(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 2 : Persatuan dalam perbedaan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Bersatu Kita Teguh/5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) SBdP
1.1 Mengapresiasi
karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
2.2 Menghargai alam
dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.3 Mengenal
estetika gerak dan komposisi kelompok
dalam tari.
3.3.1
Mendeskripsikan langkah-langkah dalam melakukan gerak dan komposisi kelompok
dalam tari.
4.9 Menemukan gerak
tari bertema berdasarkan pengembangan gagasan dan imajinasi.
4.9.1 Menampilkan
gerak tari bertemakan nilai persatuan.
b) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis, dan Kreatif
3.3 Menentukan
besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan
tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut
antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam.
3.3.1 Menentukan
langkah-langkah memecahkan masalah tentang segi tiga.
4.6 Mengukur besar
sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat
bermain dengan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut
di antara dua jarum jam.
4.6.1 Memecahkan masalah
tentang segi tiga.
c) PPKn
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan
ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
2.4 Menunjukkan
perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia
3.2 Menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional
Dan Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1
Mempresentasikan tentang kerukunan adalah merupakan pondasi untuk persatuan
bangsa.
4.1 Memahami
Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan
4.1.1 Menjelaskan
bahwa kerukunan adalah merupakan pondasi untuk persatuan bangsa.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.
Mengajak semua siswa berdoa.
3. Pada
awal pelajaran, guru menempel gambar
di depan kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Persatuan dalam
perbedaan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru
menyampaikan:
–
Siswa telah berlatih untuk pe nampilan tari yang
mereka rancang secara berkelompok.
–
Setiap kelompok akan melakukan penampilan di depan
kelas.
o
Siswa menampilkan
tari yang dilandasi nilai-nilai persatuan secara berkelompok.
o
Ketika kelompok
lain melakukan penampilan, siswa yang tidak tampil membuat catatan penting
tentang isi penampilan dari kelompok lain.
o
Antarsiswa dapat
memberikan komentar dan saran sehubungan dengan penampilan yang dilakukan
oleh kelompok lain.
o
Ketika penampilan
berlangsung, siswa dapat menulis pertanyaan yang akan mereka ajukan kepada
kelompok lain setelah mereka selesai melakukan penampilan.
o
Setelah
menyaksikan semua penampilan tari, siswa menulis penjelasan tentang makna
nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tarian masingmasing kelompok.
o
Siswa dapat
melakukan wawancara kepada kelompok lain untuk menggali informasi lebih
lanjut.
o
Guru menyampaikan
bahwa siswa telah mengetahui salah satu nilai luhur yang terdapat pada tari
Lego-lego adalah nilai-nilai persatuan
o
Hal tersebut
menandakan bahwa nilai-nilai persatuan merupakan hal yang sangat penting
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, baik pada Masa
o
Perjuangan
Pergerakan Kemerdekaan sampai kepada saat ini.
–
Siswa menulis analisis mereka tentang hubungan sebab
akibat antara persatuan dan kemajuan bangsa.
–
Siswa menjelaskan tentang dampak persatuan terhadap
kesatuan bangsa.
–
Siswa menjelaskan akibat yang timbul jika tidak
terjalin persatuan dan kesatuan.
o
Siswa membaca
teks.
–
Sekelompok siswa sedang berdiskusi merancang sebuah
tari kreasi tentang nilai-nilai persatuan.
–
Gerakan dan susunan penari lebih banyak dalam bentuk
segi tiga.
–
Siswa tersebut mendiskusikan berbagai kemungkinan
barisan penari dalam bentuk segi tiga.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang belum terjawab dalam diskusi tersebut.
o
Siswa diminta
membantu menjawab pertanyaan.
o
Siswa menjelaskan
kemungkinan susunan penari berbentuk segi tiga dengan syarat-syarat:
a) Lebih dari
satu sudut tumpul,
b) sudut
siku-siku,
c) 3 sudut
lancip.
o
Siswa menjelaskan
menggunakan gambar dan kata-kata.
o
Siswa
menyimpulkan
o
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada
lampiran 1.
Pengayaan
o
Siswa membuat
soal cerita sendiri tentang sudut segi tiga.
o
Siswa menukarkan
soal yang mereka buat dengan siswa lain.
o
Siswa menjawab
soal cerita tersebut.
Remedial
o
Siswa yang belum
tuntas dalam memahami konsep sudut dalam segi tiga (menyelesaikan kurang dari
50% soal dengan benar) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu
siswa dengan menggunakan benda konkret. Selain itu, guru akan mengulang
kembali penanaman konsep secara bertahap dimulai dari yang mudah dipahami.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai;
a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1. SBdP dinilai
dengan rubrik
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih
lagi
|
3
|
2
|
1
|
|
Kesiapan
tampil
|
Siswa
sangat berani
tampil
dan tanpa ragu-ragu.
|
Siswa
cukup berani tampil dan tanpa ragu-ragu.
|
Siswa
berani tampil,
namun
masih raguragu.
|
Terlihat
adegan
yang
bermakna
persatuan
|
Adegan
tentang
persatuan
terlihat jelas.
|
Adegan
tentang
persatuan
terlihat cukup jelas
|
Adegan
tentang
persatuan tidak jelas
|
Kualitas gerakan
|
Kualitas
gerakan
sangat
baik
|
Kualitas
gerakan cukup baik
|
Kualitas
gerakan
kurang
baik
|
Kerja
sama
|
Tarian
ditampilkan
dengan
kompak
|
Tarian
ditampilkan
dengan
cukup kompak
|
Tarian
ditampilkan
dengan
tidak kompak
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
2. Matematika
dinilai dengan angka (skoring).
3. PPKn dinilai
dengan daftar periksa
No
|
Krtiteria
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
1
|
Siswa
mampu menulis analisis mereka
tentang
hubungan sebab akibat antara persatuan dan kemajuan bangsa
|
|||
2
|
Siswa
mampu menjelaskan tentang dampak persatuan terhadap kemajuan bangsa
|
|||
3
|
Siswa
mampu menjelaskan akibat yang
timbul
jika tidak terjalin persatuan dan
kesatuan.
|
4. Penilaian sikap
Contoh penilaian
sikap dapat dilihat di lampiran 2.
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Mengetahui, Beureunuen,…………...2015
Kepala SD N 3 Beureunuen Guru Kelas VI B,
( ROSMIATI, S.Pd ) ( BACHTIAR, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2 006 NIP. 19800611 200504 1 001
Media
RPP Lainnya:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment