Home » » Tema 2 Kelas 6 Sub 3 Pb 3

Tema 2 Kelas 6 Sub 3 Pb 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 11 August 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 2                                        : Persatuan dalam perbedaan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Bersatu Kita Teguh/3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
3.3.1 Menjelaskan cara bermain permainan tradisional Pindah Bintang.
4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
4.3.1 Mempraktikkan konsep variasi dan kombinasi gerak dasar atletik dalam permainan Pindah Bintang.

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
4.2 Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.2.1 Mengidentifikasi cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk hidup yang ditemui di lingkungan sekitar.
4.5.1 Menulis laporan tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan.

c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energy listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.4 Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.1 Menentukan langkah-langkah dalam menyusun pidato persuasif.
4.3 Menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Merancang pidato persuasif.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Konsep variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional
2.      Cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
3.      Isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan
4.      Langkah-langkah dalam menyusun pidato persuasif

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Persatuan dalam perbedaan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Sebagai pembuka pembelajaran, guru menyampaikan bahwa:
o   Hidup rukun dalam perbedaan adalah merupakan landasan terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa.
o   Bermain bersama dengan teman-teman yang berbeda secara damai dan saling menghargai adalah cerminan hidup rukun. Hidup rukun merupakan landasan terciptanya persatuan.
o   Siswa membaca teks singkat yang terd apat dalam buku siswa
o   Siswa mengamati gambar dan membaca teks dengan nyaring secara bergantian tentang permainan Pindah Bintang.
o   Untuk mendukung permainan tadi, guru memberikan keterampilan lari 40 meter terlebih dahulu
o   Siswa menulis hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut tentang permainan
o   Pindah Bintang dalam bentuk pertanyaan setelah mengamati gambar dan membaca teks.
o   Siswa menukarkan pertanyaan yang telah mereka tulis dengan teman di sebelahnya.
o   Siswa mendiskusikan jawabannya bersama-sama.
o   Siswa mempraktikkan permainan Pindah Bintang.
o   Guru mengarahkan agar siswa bermain dengan tertib, disiplin, dan sportif
o   Guru menyampaikan bahwa:
1.      Mempelajari budaya yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke dapat meningkatkan pemahamanmu terhadap budaya yang berbeda beserta nilai-nilai luhurnya. Pemahaman tersebut pada akhirnya dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan.
2.      Selain itu, mempelajari budaya bangsa dan turut melestarikannya merupakan salah satu sikap cinta tanah air.

o   Guru memberi tugas kepada siswa, yaitu mengajak teman-teman yang ada di sekolah untuk mengenal dan melestarikan permainan tradisional melalui pidato persuasif.
o   Siswa diberi kesempatan terlebih dahulu membuat rancangan pidato.
o   Pidato tersebut akan disampaikan di depan kelas.
o   Siswa menulis teks pidato lengkap berdasarkan rancangan yang telah dibuat.
o   Siswa berlatih melakukan pidato berdasarkan teks yang sudah dirancang.
o   Selesai berlatih, siswa meminta komentar dan saran dari teman.
o   Siswa akan menyampaikan pidato yang telah dibuat di depan kelas pada pertemuan berikutnya.
o   Guru menyampaikan kepada siswa:
1.      Sebelumnya kamu sudah mengetahui bahwa Hyena adalah salah satu hewan yang menunjukkan persatuan ketika menghadapi musuh.
2.      Apakah kamu pernah menemukan hewan lain yang juga memerlukan persatuan untuk keberlangsungan hidupnya. Persatuan tersebut dapat ditunjukkan melalui kerja sama dan saling membantu.
o   Siswa diberi tugas mengamati hewan yang ada di sekitar mereka.
o   Siswa memperhatikan pola interaksi antarhewan tersebut.
o   Kemudian, siswa menulis laporan berdasarkan pengamatan mereka
o   Siswa menulis laporan berdasarkan pengamatan tentang cara hewan menyesuaikan diri
o   Siswa membandingkan laporan mereka dengan teman di sebelahnya.
o   Siswa mencari tahu persamaan dan perbedaan tentang cara adaptasi hewan yang diamati.
o   Siswa mendiskusikan hasilnya bersama-sama.
o   Siswa mengambil kesimpulan berdasarkan diskusi
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.

Pengayaan
o   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber tentang permainan tradisional
o   Indonesia. Siswa juga dapat melakukan wawancara kepada masyarakat setempat.

Remedial
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami teks pidato persuasif (belum dapat menyajikan secara baik) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan memberikan siswa teks laporan pidato persuasif sederhana dan mengidentifikasi ciri-cirinya. Kemudian, siswa berlatih menulis bagian per bagian, yang meliputi definisi umum, isi, dan penutup. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami adaptasi hewan akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan memberikan gambar dan deskripsi tentang adaptasi hewan. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;
Penilaian
1. PJOK dinilai dengan daftar periksa.
Kriteria
1
2
3
4
5
Siswa mematuhi tata tertib permainan





Siswa mempraktikkan keterampilan berjalan dan
berlari dengan teknik yang benar.





Siswa menunjukkan sikap kerja sama





Siswa menunjukkan sikap sportif





Keterangan:
1.      Tidak pernah menunjukkan kriteria yang diharapkan.
2.      Menunjukkan sikap sesuai kriteria sebesar 50%
3.      Menunjukkan sikap sesuai kriteria lebih dari 50% namun kurang dari 75%.
4.      Menunjukkan kriteria lebih dari 75% namun kurang dari 100%.
2.      Menunjukkan sikap sesuai kriteria yang diharapkan.






Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =
2. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik daftar periksa.
No
Krtiteria
Ya
Tidak
Catatan
1
Pidato sesuai tema.



2
Komponen lengkap (pembukaan, isi, penutup).



3
Pilihan bahasa sesuai



4
Suara jelas.



5
Kontak mata dengan pendengar



6
Bahasa tubuh sesuai




3. IPA dinilai dengan rubrik.
Laporan tentang cara hewan beradaptasi.
Kriteria
Bagus  
Cukup
Berlatih lagi
3
2
1
Definisi umum
Memuat definisi
umum dengan
tepat.
Memuat definisi umum dengan tepat, namun sebagian informasi kurang tepat.
Tidak memuat definisi umum.
Tahap perkembangan
hewan
Mendeskripsikan
Tahap perkembangan
hewan secara runtut
dan lengkap
Mendeskripsikan tahap perkembangan hewan, namun kurang runtut dan
tidak lengkap.
Mendeskripsikan tahap
perkembangan hewan, namun tidak runtut dan tidak lengkap
Isi.
Seluruh fakta
disajikan dengan
benar.
Sebagian besar fakta disajikan dengan dengan benar.
Sebagian kecil fakta
disajikan dengan benar

Skor Maksimal 12

Nilai    =

4. Penilaian sikap (tanggung jawab, kerja keras).
Contoh penilaian sikap dapat dilihat di lampiran 2.
1.      Mengapa sikap rukun diperlukan dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa?
2.      Apa akibatnya jika masyarakat tidak rukun?

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar


Mengetahui,                                                                            Beureunuen,…………...2015
Kepala SD N 3 Beureunuen                                                   Guru Kelas VI B,



( ROSMIATI, S.Pd )                                                             ( BACHTIAR, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2 006                                                NIP. 19800611 200504 1 001

MEDIA
Tema 2 Kelas 6 Sub 3 Pb 3

Tema 2 Kelas 6 Sub 3 Pb 3

RPP Lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors