(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 2 : Persatuan dalam perbedaan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Bersatu Kita Teguh/3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
sang Pencipta.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
2.6 Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.3 Memahami konsep
variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan
kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
3.3.1 Menjelaskan
cara bermain permainan tradisional Pindah Bintang.
4.3 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan
kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
4.3.1 Mempraktikkan
konsep variasi dan kombinasi gerak dasar atletik dalam permainan Pindah
Bintang.
b) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
4.2
Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.2.1 Mengidentifikasi
cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.5 Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk hidup yang ditemui di lingkungan
sekitar.
4.5.1 Menulis
laporan tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan.
c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energy listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.4 Memiliki
kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi
teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta
layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.1 Menentukan
langkah-langkah dalam menyusun pidato persuasif.
4.3 Menyampaikan
teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta
layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Merancang
pidato persuasif.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1. Konsep variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat,
dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga
tradisional
2. Cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
3. Isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem
pemerintahan
4. Langkah-langkah dalam menyusun pidato persuasif
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.
Mengajak semua siswa berdoa.
3. Pada
awal pelajaran, guru menempel gambar
di depan kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Persatuan dalam
perbedaan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Sebagai pembuka
pembelajaran, guru menyampaikan bahwa:
o
Hidup rukun dalam
perbedaan adalah merupakan landasan terciptanya persatuan dan kesatuan
bangsa.
o
Bermain bersama
dengan teman-teman yang berbeda secara damai dan saling menghargai adalah
cerminan hidup rukun. Hidup rukun merupakan landasan terciptanya persatuan.
o
Siswa membaca
teks singkat yang terd apat dalam buku siswa
o
Siswa mengamati
gambar dan membaca teks dengan nyaring secara bergantian tentang permainan
Pindah Bintang.
o
Untuk mendukung
permainan tadi, guru memberikan keterampilan lari 40 meter terlebih dahulu
o
Siswa menulis hal
yang mereka ingin ketahui lebih lanjut tentang permainan
o
Pindah Bintang
dalam bentuk pertanyaan setelah mengamati gambar dan membaca teks.
o
Siswa menukarkan
pertanyaan yang telah mereka tulis dengan teman di sebelahnya.
o
Siswa
mendiskusikan jawabannya bersama-sama.
o
Siswa
mempraktikkan permainan Pindah Bintang.
o
Guru mengarahkan
agar siswa bermain dengan tertib, disiplin, dan sportif
o
Guru menyampaikan
bahwa:
1.
Mempelajari budaya yang ada di Indonesia dari Sabang
sampai Merauke dapat meningkatkan pemahamanmu terhadap budaya yang berbeda beserta
nilai-nilai luhurnya. Pemahaman tersebut pada akhirnya dapat memperkokoh
persatuan dan kesatuan.
2.
Selain itu, mempelajari budaya bangsa dan turut
melestarikannya merupakan salah satu sikap cinta tanah air.
o
Guru memberi tugas
kepada siswa, yaitu mengajak teman-teman yang ada di sekolah untuk mengenal
dan melestarikan permainan tradisional melalui pidato persuasif.
o
Siswa diberi
kesempatan terlebih dahulu membuat rancangan pidato.
o
Pidato tersebut
akan disampaikan di depan kelas.
o
Siswa menulis
teks pidato lengkap berdasarkan rancangan yang telah dibuat.
o
Siswa berlatih
melakukan pidato berdasarkan teks yang sudah dirancang.
o
Selesai berlatih,
siswa meminta komentar dan saran dari teman.
o
Siswa akan
menyampaikan pidato yang telah dibuat di depan kelas pada pertemuan
berikutnya.
o
Guru menyampaikan
kepada siswa:
1.
Sebelumnya kamu sudah mengetahui bahwa Hyena adalah
salah satu hewan yang menunjukkan persatuan ketika menghadapi musuh.
2.
Apakah kamu pernah menemukan hewan lain yang juga
memerlukan persatuan untuk keberlangsungan hidupnya. Persatuan tersebut dapat
ditunjukkan melalui kerja sama dan saling membantu.
o
Siswa diberi
tugas mengamati hewan yang ada di sekitar mereka.
o
Siswa
memperhatikan pola interaksi antarhewan tersebut.
o
Kemudian, siswa
menulis laporan berdasarkan pengamatan mereka
o
Siswa menulis
laporan berdasarkan pengamatan tentang cara hewan menyesuaikan diri
o
Siswa
membandingkan laporan mereka dengan teman di sebelahnya.
o
Siswa mencari
tahu persamaan dan perbedaan tentang cara adaptasi hewan yang diamati.
o
Siswa
mendiskusikan hasilnya bersama-sama.
o
Siswa mengambil
kesimpulan berdasarkan diskusi
o
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Guru
dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat
pada lampiran 1.
Pengayaan
o
Siswa menggali
informasi dari berbagai sumber tentang permainan tradisional
o
Indonesia. Siswa
juga dapat melakukan wawancara kepada masyarakat setempat.
Remedial
o
Siswa yang belum
tuntas dalam memahami teks pidato persuasif (belum dapat menyajikan secara
baik) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan
memberikan siswa teks laporan pidato persuasif sederhana dan mengidentifikasi
ciri-cirinya. Kemudian, siswa berlatih menulis bagian per bagian, yang
meliputi definisi umum, isi, dan penutup. Remedial dilaksanakan selama 30
menit setelah jam sekolah.
o
Siswa yang belum
tuntas dalam memahami adaptasi hewan akan mengikuti program remedial. Guru
dapat membantu siswa dengan memberikan gambar dan deskripsi tentang adaptasi
hewan. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o
Remedial juga
diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai
konsep.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai;
a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1. PJOK dinilai
dengan daftar periksa.
Kriteria
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Siswa
mematuhi tata tertib permainan
|
|||||
Siswa mempraktikkan
keterampilan berjalan dan
berlari dengan teknik yang benar.
|
|||||
Siswa menunjukkan sikap kerja sama
|
|||||
Siswa
menunjukkan sikap sportif
|
|||||
Keterangan:
1.
Tidak pernah menunjukkan kriteria yang
diharapkan.
2.
Menunjukkan sikap sesuai kriteria sebesar
50%
3.
Menunjukkan sikap sesuai kriteria lebih
dari 50% namun kurang dari 75%.
4.
Menunjukkan kriteria lebih dari 75%
namun kurang dari 100%.
2.
Menunjukkan sikap sesuai kriteria yang
diharapkan.
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
2. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik daftar periksa.
No
|
Krtiteria
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
1
|
Pidato
sesuai tema.
|
|||
2
|
Komponen
lengkap (pembukaan, isi, penutup).
|
|||
3
|
Pilihan
bahasa sesuai
|
|||
4
|
Suara
jelas.
|
|||
5
|
Kontak
mata dengan pendengar
|
|||
6
|
Bahasa
tubuh sesuai
|
3. IPA dinilai
dengan rubrik.
Laporan tentang
cara hewan beradaptasi.
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih
lagi
|
3
|
2
|
1
|
|
Definisi umum
|
Memuat
definisi
umum
dengan
tepat.
|
Memuat
definisi umum dengan tepat, namun sebagian informasi kurang tepat.
|
Tidak
memuat definisi umum.
|
Tahap perkembangan
hewan
|
Mendeskripsikan
Tahap perkembangan
hewan
secara runtut
dan
lengkap
|
Mendeskripsikan
tahap perkembangan hewan, namun kurang runtut dan
tidak
lengkap.
|
Mendeskripsikan
tahap
perkembangan
hewan, namun tidak runtut dan tidak lengkap
|
Isi.
|
Seluruh
fakta
disajikan
dengan
benar.
|
Sebagian
besar fakta disajikan dengan dengan benar.
|
Sebagian
kecil fakta
disajikan
dengan benar
|
Skor
Maksimal 12
Nilai =
4. Penilaian sikap
(tanggung jawab, kerja keras).
Contoh penilaian sikap
dapat dilihat di lampiran 2.
1. Mengapa
sikap rukun diperlukan dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa?
2. Apa akibatnya jika masyarakat tidak rukun?
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Mengetahui, Beureunuen,…………...2015
Kepala SD N 3 Beureunuen Guru Kelas VI B,
( ROSMIATI, S.Pd ) ( BACHTIAR, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2 006 NIP. 19800611 200504 1 001MEDIA
RPP Lainnya:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment