Home » » Tema 3 Kelas 6 Sub 3 Pb 2

Tema 3 Kelas 6 Sub 3 Pb 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 10 August 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 2                                        : Persatuan dalam perbedaan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Bersatu Kita Teguh/2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.3 Mengenal estetika gerak dan komposisi kelompok dalam tari. 
3.3.1 Mendeskripsikan langkah-langkah dalam melakukan gerak dan komposisi  kelompok dalam tari.
4.9 Menemukan gerak tari bertema berdasarkan pengembangan gagasan dan imajinasi.
4.9.1 Merancang gerak tari bertemakan nilai persatuan..

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan Kreatif.
3.3 Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam.
3.3.1Menyebutkan cara menghitung sudut pada segi tiga menggunakan alat ukur tidak baku dan baku.
4.6 Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam.
4.6.1 Siswa mengukur sudut segi tiga menggunakan alat ukur tidak baku dan bakua.

c) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik.
1.3 Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.1 Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
3.2 Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari Masa Pergerakan Kemerdekaan sampai dengan Awal Reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara.
3.2.1 Menggali informasi dari berbagai sumber tentang sebab dan akibat perubahan masyarakat pada Masa Orde Baru dan Reformasi
4.2 Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari Masa Pergerakan Kemerdekaan sampai dengan Awal Reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara dalam bentuk tulisan.
.4.2.1 Menuliskan informasi penting tentang perubahan masyarakat pada Masa Orde Baru dan Zaman Reformasi..

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.         Langkah-langkah dalam melakukan gerak dan komposisi  kelompok dalam tari.
2.         Cara menghitung sudut pada segi tiga menggunakan alat ukur tidak baku dan baku.
3.         Pemahaman sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari Masa Pergerakan Kemerdekaan sampai dengan Awal Reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Persatuan dalam perbedaan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyampaikan bahwa:
o   Banyak cara yang dapat dilakukan agar nilai-nilai persatuan dapat terlaksana.
o   Salah satunya melalui tarian.
o   Guru memotivasi siswa menggali informasi mengenai tarian Lego-lego

o   Siswa mengamati gambar dan membaca teks Lego-Lego, Tari Adat Alor Bermakna Persatuan dalam hati.
o   Berdasarkan gambar dan teks, siswa menulis hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut tentang nilai-nilai yang terkandung dalam tarian Lego-lego dalam bentuk pertanyaan.
o    Siswa menukarkan pertanyaan yang mereka buat dengan teman di sebelah mereka dan menjawab setiap pertanyaan.
o   Siswa mendiskusikan jawaban pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa menjelaskan pesan moral yang terdapat dalam tari Lego-lego.
o   Siswa menjelaskan secara ringkas cara melakukan tari Lego-lego.
o   Siswa menceritakan salah satu tarian yang ada di daerah mereka yang memiliki nilai-nilai luhur.
o   Siswa menulis kesimpulan tentang tari Lego-lego. siswa merancang sebuah tarian yang dilandasi nilai-nilai luhur yang terdapat pada tarian Lego-lego secara berkelompok.
o   Siswa mendiskusikan rancangan tarian yang akan mereka ciptakan dengan mencantumkan: jumlah penari, alur dan gerakan, pengiring (pemukul gong, penyanyi, penyampai pantun).
o   Siswa mencantumkan nilai moral dalam tari rancangan mereka.
o   Siswa menuliskan rancangan tarian mereka pada bagan.
o   Siswa melakukan pembagian tugas dalam tarian tersebut.
o   Siswa berlatih secara berkelompok.
o   Siswa akan menampilkan tarian secara berkelompok pada pertemuan yang telah ditentukan guru.
o   Guru menyampaikan:
o   Selain membentuk lingkaran, ada juga tarian yang menerapkan unsure segi tiga dalam gerakan dan kostum yang mereka kenakan. Salah satunya terdapat pada tari Ngremo dari Jawa Timur.
o   Siswa mengamati gambar ikat kepala.
o   Siswa menjelaskan jenis sudut yang mereka temukan pada ikat kepala yang berbentuk segi tiga tersebut.
o   Guru menyampaikan bahwa pola segi tiga juga ditemukan pada kain dan batik.
o   Siswa mengamati pola tersebut.
o   Siswa mendiskusikan dalam kelompok jenis sudut yang ditemukan pada batik di atas. Kemudian, siswa menggambar segi tiga sejenis pada kertas berpetak
o   Guru bertanya kepada siswa apakah mereka tahu cara menentukan besar sudut pada masing-masing segi tiga yang mereka amati.
o   Guru memotivasi siswa untuk mempelajari hal tersebut lebih lanjut.
o   Guru meminta siswa menyiapkan penggaris, gunting, dan busur.
o   Siswa mengikuti petunjuk.
o   Siswa menggambar segi tiga yang memenuhi persyaratan berikut:
        Sebuah segi tiga yang mempunyai satu sudut siku-siku.
        Satu segi tiga yang mempunyai satu sudut tumpul.
        Satu segi tiga dengan seluruh sudutnya lancip.
o   Siswa menggunakan busur derajat untuk mengukur sudut yang terdapat pada masing-masing segi tiga.
o   Siswa menulis hasil pengukuran dalam bentuk tabel.
o   Siswa menggunting salah satu dari segi tiga tersebut.
o   Kemudian, siswa menggunting masing-masing sudutnya seperti gambar berikut.
o   Siswa menempatkan hasil potongan dari tiga sudut tersebut bersama sama sehingga sisinya saling menempel.
o   Siswa menjelaskan apa yang mereka amati.
o   Siswa mengulangi kegiatan tesebut dengan dua segi tiga lainnya.
o   Siswa menyimpulkan tentang jumlah seluruh sudut untuk masing-masing segi tiga.
o   Siswa diminta memperhatikan kembali tabel sebelumnya.
o   Siswa mencoba menemukan hasil penjumlah besar seluruh sudut pada segi tiga tersebut.
o   Siswa menjelaskan tentang pembuktian hasil dari sudut yang tadi sudah dipotong.
o   Siswa membandingkan hasil yang mereka peroleh dengan teman di sebelahnya.
o   Siswa menyimpulkan hasil diskusi.
o   Siswa menjelaskan apakah hal yang ditemukan berlaku untuk seluruh jenis segi tiga
o   Guru menyampaikan kepada siswa:
        Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus terus kita pertahankan. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila.
        Zaman boleh berganti, pemerintahan boleh berubah, namun Persatuan dan Kesatuan Bangsa harus tetap terjaga utuh.
        Bangsa Indonesia telah membuktikan hal ini ketika berjuang melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan.
o   Guru menyampaikan kepada siswa:
o   Siswa akan menggali informasi lebih lanjut tentang sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia pada Masa Orde
o   Baru sampai Masa Reformasi. Siswa dapat menggali informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, koran, majalah, internet, atau mewawancarai orang dewasa di sekitarmu).
o   Siswa bekerja berkelompok.
o   Siswa menulis laporan dalam bentuk lini masa.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.

Pengayaan
o   Siswa bereksplorasi mengukur sudut berbagai segi tiga yang ditemukan di sekitar mereka.

Remedial
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami konsep sudut dalam segi tiga (menyelesaikan kurang dari 50% soal dengan benar) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan menggunakan benda konkret. Selain itu, guru akan mengulang kembali penanaman konsep secara bertahap dimulai dari yang mudah dipahami. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

Penilaian
1. SBdP dinilai dengan rubrik
Kriteria
Bagus  
Cukup
Berlatih lagi
3
2
1
Kesiapan tampil
Siswa sangat berani
tampil dan tanpa
ragu-ragu.
Siswa cukup berani
tampil dan tanpa
ragu-ragu.
Siswa berani tampil,
namun masih raguragu
Terlihat adegan yang bermakna persatuan
Adegan tentang persatuan terlihat jelas.
Adegan tentang
persatuan terlihat
cukup jelas
Adegan tentang
persatuan tidak
jelas
Kualitas gerakan.
Kualitas gerakan
sangat baik.
Kualitas gerakan
cukup baik
Kualitas gerakan
kurang baik.
Kerja sama
Tarian ditampilkan
dengan kompak
Tarian ditampilkan
dengan cukup
kompak
Tarian ditampilkan
dengan tidak
kompak

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12
Nilai    =

2. Matematika dinilai dengan angka (skoring).
3. IPS dinilai dengan daftar periksa.
No
Krtiteria
Ya
Tidak
Catatan
1
Siswa mampu menggali informasi
dari berbagai sumber tentang sebab
dan akibat perubahan masyarakat
pada Masa Orde Baru dan
Reformasi.



2
Siswa mampu menuliskan informasi
penting tentang perubahan
masyarakat pada Masa Orde Baru
dan Zaman Reformasi dalam
bentuk lini masa



3
Siswa mampu menyimpulkan
tentang perubahan masyarakat
pada Masa Orde Baru dan Zaman
Reformasi



4. Penilaian sikap
    Contoh penilaian sikap dapat dilihat di lampiran 2.

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar




Mengetahui,                                                                            Beureunuen,…………...2015
Kepala SD N 3 Beureunuen                                                   Guru Kelas VI B,



( ROSMIATI, S.Pd )                                                             ( BACHTIAR, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2 006                                               NIP. 19800611 200504 1 001

RPP Lainnya:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors