Home » » TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB1

TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 17 October 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 3                                        : Perubahan di Alam
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perubahan Wujud Benda / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam  semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1    Mengidentifikasi teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,  perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Mengelompokkan benda berdasarkan informasi isi teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat

b) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.5    Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/pengurangan bilangan sampai dua angka.
3.5.1    Mengidentifikasi kesamaan dua ekspresi menggunakan operasi penjumlahan.
4.2.   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.8    Menuliskan kalimat matematika untuk kesamaan dua ekspresi yang berkaitan dengan penjumlahan

c) SBdP
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.2    Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
3.2.1    Mengidentifikasi pola irama rata lagu bertanda birama enam.
4.6    Memainkan alat musik ritmis pola irama bervariasi sambil bernyanyi.
4.6.2    Mengiringi lagu dengan alat musik ritmis.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.        Wacana tentang macam wujud benda di alam
2.      Mengamati benda-benda di sekitar.
3.      Mengamati pukulan pola irama enam
4.      Mempraktikkan pukulan pola irama 6 pada lagu
5.      Memasangkan dua ekspresi
6.      Menuliskan persamaan dua ekspresi

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan mengarahkan siswa untuk mengamati benda-benda di sekitar kelas. (Mengamati)
o   Secara berkelompok siswa diarahkan untuk mengelompokkan benda yang ada di sekitar mereka, pengelompokkan dibebaskan. (Mengekplorasi)
o   Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan pengelompokkan yang mereka lakukan. Misalkan berdasarkan ukuran, fungsi, warna dan sebagainya (bebaskan siswa untuk membuat pengelompokkan). (Mengasosiasi)
o   Siswa diarahkan membaca wacana yang ada di buku siswa. (Mengamati)
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengelompokkan benda berdasarkan wujudnya, yaitu padat, cair dan gas.
o   Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan terkait wacana dan penjelasan guru sebelumnya. (Menanya)
o   Siswa mengamati gambar yang ada di buku paket dan mengelompokkan benda–benda yang ada di dalam gambar sesuai dengan wujudnya.
o   Siswa memeriksa kembali pengelompokkan yang sudah dilakukan pada aktivitas pembuka. (Aktifitas kelompok). (Mengasosiasi)
o   Siswa berdisikusi untuk mengelompokkan benda yang sudah mereka kelompokkan sebelumnya ke dalam pengelompokkan berdasarkan wujudnya. (Mengekplorasi)
o   Jika siswa sebelumnya hanya mendapatkan kelompok benda yang berwujud padat, maka siswa diminta untuk melengkapi dengan wujud lainnya.
o   Setelah melengkapi wujud benda ke dalam kelompoknya, siswa menuliskan benda-benda yang dikelompokkan tersebut ke dalam tabel yang telah disediakan di buku siswa.
o   Siswa menyimak pengarahan guru tentang sifat benda. Sifat fisik benda adalah segala sesuatu yang dapat mendeskripsikan atau mencirikan benda tersebut dan dapat diamati oleh indra manusia. Segala sesuatu yang bisa dilihat, diraba dan dirasa (jika perlu). (Mengamati)
o   Siswa berlatih untuk mengidentifikasi sifat fisik benda yang dipilihnya. Misalkan penghapus: berbentuk kotak, berwarna putih, berwujud padat dsb. (Mengekplorasi)
o   Setelah berlatih siswa melengkapi latihan di buku siswa, yaitu menuliskan wujud dan sifat benda.
o   Terlebih dahulu siswa menentukan benda yang akan diamati (cukup empat benda).
o   Kemudian menggambarkan benda tersebut di tabel yang telah disediakan dan menuliskannya wujud serta sifat benda tersebut.
o   Siswa diarahkan oleh guru untuk memperhatikan penulisan huruf Kapital dan tanda baca titik (.) dengan tepat. Ingatkan siswa bahwa di awal kalimat harus huruf besar dan akhir kalimat di akhiri dengan tanda titik (.).
o   Siswa diperlihatkan aneka alat musik ritmis.
o   Siswa mengelompokkan apakah alat musik tersebut masuk kedalam wujud padat, cair atau padat.
o   Siswa menyebutkan fungsi dari alat musik tersebut (untuk mengiringi lagu), apa perbedaan dengan alat musik melodis.
o   Guru dapat mengenalkan alat musik ritmis daerah bila ada. Akan lebih baik jika ditunjukkan juga contoh alat musik daerahnya. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa mengamati jenis alat musik ritmis yang ada di buku siswa. (Akan lebih baik, jika guru membawa salah satu contoh alat musik ritmis). Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan seputar alat musik ritmis. (Mengamati)
o   Siswa diarahkan untuk berlatih tepuk birama enam. Tepukan sangat bervariasi, boleh tepukan lemahkuat, ataupun tepukan tangan –tepukan meja ataupun lainya. (Mengekplorasi)
o   Siswa diperkenalkan simbol yang digunakan di buku siswa, yaitu simbol:
þ = Ketukan kuat/Tepuk meja
ý = Ketukan lemah/Tepuk tangan
Guru menyampaikan bahwa pukulan bisa divariasikan, misalkan menggunakan hentakanan kaki dan tepuk tangan, menggunakan stik pemukul dan tepuk tangan, mengetuk di meja dan kursi.
o   Keterangan untuk birama 6 adalah sebagai berikut:
Artinya dalam tiap – tiap batas garis (yang dinamakan 1 birama ) ada 6 ketukan dengan hitungan 1, 2, 3, 4, 5 dan 6
Pola Ketukan Birama 6 adalah sebagai berikut :
1
Ket : K = kuat, L= lemah
Ketukan dapat dibuat lebih bervariasi:
2
Ket : K = kuat, L= lemah, M=agak kuat
• Beberapa contoh lagu birama 6 selain yang ada dibuku Siswa adalah:
Desaku yang Kucinta , Siapa Penciptamu? Naik-Naik ke Puncak Gunung,
Berdayung, Bungaku, Ibu Guru Kami, dsb.
o   Siswa membentuk kelompok, dengan menggunakan alat musik yang berasal dari benda-benda yang ditugaskan untuk dibawa sebelumnya (Kaleng bekas, galon minuman dsb). Siswa berlatih tepuk birama 6 mengiringi lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung. (Mengekplorasi)
o   Setelah berlatih secara berkelompok siswa memperlihatkan kemampuan mengiringi lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung dengan alat musik ritmis.
o   Kelompok siswa yang menyaksikan kelompok siswa lainnya tampil diarahkan untuk memberikan masukan kepada temannya (apakah cukup kompak, tepukannya sesuai dengan hitungan dsb). (Mengasosiasi)
o   Kegiatan dilanjutkan dengan guru memperlihatkan beberapa buah kelereng. (dapat diganti kancing jika tidak ada). (Mengkomunikasikan)
o   Siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, awali dengan pertanyaan sederhana (ketika membacakan pertanyaan, minta perwakilan siswa untuk mengambil kelereng dengan jumlah yang disebutkan dalam soal): (Mengekplorasi)
     Jika Dayu mempunyai 15 kelereng, kemudian Udin memberi Dayu 5 kelereng lagi. Berapa jumlah semua kelereng Dayu sekarang?
     Beni mengkoleksi 13 kelereng, berapa  kelereng yang harus ditambahkan Beni agar jumlahnya sama dengan yang dimiliki oleh Dayu?
o   Siswa memberikan pendapatnya bagaimana menyelesaikan soal yang dibacakan oleh guru, perhitungan dapat dilakukan di papan tulis oleh perwakilan siswa. (Mengasosiasi)
o   Siswa diberikan penjelasan oleh guru terkait teknik menghitung kesamaan dua ekspresi. (Mengkomunikasikan)
Beberapa langkah penyelesaian:
13 + ... = 15 + 5  tahap 1:
Tambahkan terlebih dahulu 15+5
13 + ... = 20  tahap 2:
20 – 13 = 7, maka 13 + 7 = 20
o   Siswa berlatih untuk menyelesaikan kesamaan dua ekspresi yang ada di buku siswa. (Mengekplorasi)
o   Siswa menggambarkan dulu berapa benda yang harus ditambahkan di sisi kanan sehingga sisi kanan dan kiri sama banyak.
o   Siswa menuliskan kalimat matematikanya di bawah soal tersebut.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2.    Penilaian Pengetahuan
a. Lembar kerja menggolongkan benda di sekitar berdasarkan wujudnya
b. Menyelesaikan persamaan dua ekspresi

3.    Penilaian Keterampilan :
a. Rubrik mendeskripsikan wujud dan sifat benda
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kemampuan menuliskan deskripsi
Mampu mendeskripsikan sampai 4 kalimat atau lebih.
Mendeskripsikan hanya sampai 3 kalimat
Mendeskripsikan hanya dengan 2 kalimat
Mendeskripsikan hanya dengan satu kalimat
Ketepatan dalam mendeskripsikan benda
Semua deskripsi tepat menggambarkan benda
Hanya 3/4 - ½ deskripsi tepat menggambarkan benda.
Hanya 1/4 - 1/2  deskripsi tepat menggambarkan benda
Kurang dari ¼ deskripsi tepat.
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik(.).
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik(.).
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik(.).

b. Rubrik Penilaian memainkan alat musik Ritmis
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Ketepatan gerakan memukul meja dan bertepuk tangan
Konsisten dalam pergantian.
Cukup konsisten, lebih banyak gerakan yang benar.
Cukup konsisten, lebih banyak kegiatan tertukar.
Tidak konsisten dalam pergantian.
Kestabilan tempo birama enam
Tempo konsisten dan stabil (tempo tetap tidak berubah sepanjang lagu).
Tempo stabil (tempo tetap/ tidak berubah sepanjang waktu).
Tempo kurang stabil (tempo agak berubah dibeberapa bagian lagu).
Tempo tidak stabil (tempo berubah-ubah sepanjang lagu



F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru dan buku siswa
2.      Benda–benda yang mewakili setiap wujud.
3.      Alat musik ritmis.
4.      Benda-benda di sekitar yang dapat dibuat menjadi alat musik ritmis seperti galon air mineral, kaleng, sendok, botol bekas, dan sebagainya


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,



PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




 LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Dari hasil pengamatanmu pada gambar di atas,
kelompokkan benda–benda yang ada di dalam
gambar berdasarkan wujudnya dan tuliskanlah
dalam tabel di bawah ini!
.
Benda Padat
Benda cair
Benda gas

















































TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB1

TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB1

TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB1


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors