RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 3 :
Perubahan di Alam
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Perubahan Wujud Benda / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2
Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah.
3.1
Menggali
informasi dari teks
laporan informatif hasil
observasi tentang perubahan
wujud benda,
sumber energi, perubahan
energi, energi
alternatif, perubahan
iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya,
serta alam
semesta
dengan bantuan
guru dan teman
dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa
daerah untuk
membantu pemahaman.
3.1.1
Mengidentifikasi
teks laporan
informatif tentang
perubahan wujud
benda secara lisan
atau tulis dengan
tepat.
4.1
Mengamati
dan mengolah
isi teks laporan
informatif hasil
observasi tentang perubahan
wujud benda,
sumber energi, perubahan
energi, energi
alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1
Mengelompokkan benda berdasarkan
informasi isi teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara
lisan atau tulis dengan tepat
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti,
jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah
menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.3
Memiliki sikap terbuka, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun
aktivitas sehari-hari.
3.5
Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi
dengan menggunakan penambahan/pengurangan bilangan sampai dua angka.
3.5.1
Mengidentifikasi kesamaan dua ekspresi menggunakan operasi penjumlahan.
4.2.
Merumuskan
dengan kalimat
sendiri, membuat
model matematika,
dan memilih
strategi yang
efektif dalam memecahkan
masalah nyata
sehari-hari yang
berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.8
Menuliskan
kalimat matematika
untuk kesamaan
dua ekspresi
yang berkaitan
dengan penjumlahan
c) SBdP
1.1
Memuji keunikan kemampuan manusia dalam
berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1
Menunjukkan sikap berani
mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.2
Membedakan
pola irama
rata dan bervariasi
lagu bertanda
birama enam.
3.2.1
Mengidentifikasi pola irama rata lagu bertanda birama enam.
4.6
Memainkan
alat musik ritmis
pola irama bervariasi
sambil bernyanyi.
4.6.2
Mengiringi
lagu dengan
alat musik ritmis.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Wacana
tentang macam wujud
benda di alam
2.
Mengamati benda-benda
di sekitar.
3.
Mengamati pukulan pola
irama enam
4.
Mempraktikkan pukulan
pola irama 6 pada
lagu
5.
Memasangkan dua
ekspresi
6.
Menuliskan persamaan
dua ekspresi
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “perubahan di alam”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru membuka pelajaran dengan mengarahkan siswa
untuk mengamati benda-benda di sekitar kelas. (Mengamati)
o Secara berkelompok siswa diarahkan untuk
mengelompokkan benda yang ada di sekitar mereka, pengelompokkan dibebaskan. (Mengekplorasi)
o Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan
pengelompokkan yang mereka lakukan. Misalkan berdasarkan ukuran, fungsi,
warna dan sebagainya (bebaskan siswa untuk membuat pengelompokkan). (Mengasosiasi)
o Siswa diarahkan membaca wacana yang ada di buku
siswa.
(Mengamati)
o Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
pengelompokkan benda berdasarkan wujudnya, yaitu padat, cair dan gas.
o Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan terkait
wacana dan penjelasan guru sebelumnya. (Menanya)
o Siswa mengamati gambar yang ada di buku paket dan
mengelompokkan benda–benda yang ada di dalam gambar sesuai dengan wujudnya.
o Siswa memeriksa kembali pengelompokkan yang sudah
dilakukan pada aktivitas pembuka. (Aktifitas kelompok). (Mengasosiasi)
o Siswa berdisikusi untuk mengelompokkan benda yang
sudah mereka kelompokkan sebelumnya ke dalam pengelompokkan berdasarkan
wujudnya. (Mengekplorasi)
o Jika siswa sebelumnya hanya mendapatkan kelompok
benda yang berwujud padat, maka siswa diminta untuk melengkapi dengan wujud
lainnya.
o Setelah melengkapi wujud benda ke dalam kelompoknya,
siswa menuliskan benda-benda yang dikelompokkan tersebut ke dalam tabel yang
telah disediakan di buku siswa.
o Siswa menyimak pengarahan guru tentang sifat benda.
Sifat fisik benda adalah segala sesuatu yang dapat mendeskripsikan atau
mencirikan benda tersebut dan dapat diamati oleh indra manusia. Segala
sesuatu yang bisa dilihat, diraba dan dirasa (jika perlu). (Mengamati)
o Siswa berlatih untuk mengidentifikasi sifat fisik
benda yang dipilihnya. Misalkan penghapus: berbentuk kotak, berwarna putih,
berwujud padat dsb. (Mengekplorasi)
o Setelah berlatih siswa melengkapi latihan di buku
siswa, yaitu menuliskan wujud dan sifat benda.
o Terlebih dahulu siswa menentukan benda yang akan
diamati (cukup empat benda).
o Kemudian menggambarkan benda tersebut di tabel yang
telah disediakan dan menuliskannya wujud serta sifat benda tersebut.
o Siswa diarahkan oleh guru untuk memperhatikan
penulisan huruf Kapital dan tanda baca titik (.) dengan tepat. Ingatkan siswa
bahwa di awal kalimat harus huruf besar dan akhir kalimat di akhiri dengan
tanda titik (.).
o Siswa diperlihatkan aneka alat musik ritmis.
o Siswa mengelompokkan apakah alat musik tersebut
masuk kedalam wujud padat, cair atau padat.
o Siswa menyebutkan fungsi dari alat musik tersebut
(untuk mengiringi lagu), apa perbedaan dengan alat musik melodis.
o Guru dapat mengenalkan alat musik ritmis daerah bila
ada. Akan lebih baik jika ditunjukkan juga contoh alat musik daerahnya. (Mengkomunikasikan)
o Siswa mengamati jenis alat musik ritmis yang ada di
buku siswa. (Akan lebih baik, jika guru membawa salah satu contoh alat musik
ritmis). Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan seputar alat musik
ritmis.
(Mengamati)
o Siswa diarahkan untuk berlatih tepuk birama enam.
Tepukan sangat bervariasi, boleh tepukan lemahkuat, ataupun tepukan tangan
–tepukan meja ataupun lainya. (Mengekplorasi)
o Siswa diperkenalkan simbol yang digunakan di buku
siswa, yaitu simbol:
þ = Ketukan kuat/Tepuk meja
ý = Ketukan lemah/Tepuk tangan
Guru menyampaikan bahwa pukulan bisa divariasikan, misalkan menggunakan
hentakanan kaki dan tepuk tangan, menggunakan stik pemukul dan tepuk tangan,
mengetuk di meja dan kursi.
o Keterangan untuk birama 6 adalah sebagai berikut:
• Artinya dalam tiap – tiap batas garis (yang
dinamakan 1 birama ) ada 6 ketukan dengan hitungan 1, 2, 3, 4, 5 dan 6
• Pola Ketukan Birama 6 adalah sebagai berikut
:
Ket : K = kuat, L= lemah
Ketukan dapat dibuat lebih bervariasi:
Ket : K = kuat, L= lemah, M=agak kuat
• Beberapa
contoh lagu birama 6 selain yang ada dibuku Siswa adalah:
Desaku yang Kucinta , Siapa Penciptamu? Naik-Naik ke
Puncak Gunung,
Berdayung, Bungaku, Ibu Guru Kami, dsb.
o Siswa membentuk kelompok, dengan menggunakan alat
musik yang berasal dari benda-benda yang ditugaskan untuk dibawa sebelumnya
(Kaleng bekas, galon minuman dsb). Siswa berlatih tepuk birama 6 mengiringi
lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung. (Mengekplorasi)
o Setelah berlatih secara berkelompok siswa
memperlihatkan kemampuan mengiringi lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung dengan
alat musik ritmis.
o Kelompok siswa yang menyaksikan kelompok siswa
lainnya tampil diarahkan untuk memberikan masukan kepada temannya (apakah
cukup kompak, tepukannya sesuai dengan hitungan dsb). (Mengasosiasi)
o Kegiatan dilanjutkan dengan guru memperlihatkan
beberapa buah kelereng. (dapat diganti kancing jika tidak ada). (Mengkomunikasikan)
o Siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan yang
diajukan oleh guru, awali dengan pertanyaan sederhana (ketika membacakan
pertanyaan, minta perwakilan siswa untuk mengambil kelereng dengan jumlah
yang disebutkan dalam soal): (Mengekplorasi)
– Jika Dayu mempunyai 15 kelereng, kemudian Udin
memberi Dayu 5 kelereng lagi. Berapa jumlah semua kelereng Dayu sekarang?
– Beni mengkoleksi 13 kelereng, berapa kelereng yang harus ditambahkan Beni agar
jumlahnya sama dengan yang dimiliki oleh Dayu?
o Siswa memberikan pendapatnya bagaimana menyelesaikan
soal yang dibacakan oleh guru, perhitungan dapat dilakukan di papan tulis
oleh perwakilan siswa. (Mengasosiasi)
o Siswa diberikan penjelasan oleh guru terkait teknik
menghitung kesamaan dua ekspresi.
(Mengkomunikasikan)
Beberapa
langkah penyelesaian:
13 + ... = 15
+ 5 tahap 1:
Tambahkan
terlebih dahulu 15+5
13 + ... = 20 tahap 2:
20 – 13 = 7, maka 13 + 7 = 20
o Siswa berlatih untuk menyelesaikan kesamaan dua
ekspresi yang ada di buku siswa. (Mengekplorasi)
o Siswa menggambarkan dulu berapa benda yang harus
ditambahkan di sisi kanan sehingga sisi kanan dan kiri sama banyak.
o Siswa menuliskan kalimat matematikanya di bawah soal
tersebut.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
a. Lembar kerja
menggolongkan benda di sekitar berdasarkan wujudnya
b. Menyelesaikan
persamaan dua ekspresi
3. Penilaian Keterampilan :
a. Rubrik
mendeskripsikan wujud dan sifat benda
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kemampuan menuliskan deskripsi
|
Mampu mendeskripsikan sampai 4 kalimat atau lebih.
|
Mendeskripsikan hanya sampai 3 kalimat
|
Mendeskripsikan hanya dengan 2 kalimat
|
Mendeskripsikan hanya dengan satu kalimat
|
Ketepatan dalam mendeskripsikan benda
|
Semua deskripsi tepat menggambarkan benda
|
Hanya 3/4 - ½ deskripsi tepat menggambarkan benda.
|
Hanya 1/4 - 1/2 deskripsi tepat
menggambarkan benda
|
Kurang dari ¼ deskripsi tepat.
|
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan
tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik(.).
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda
titik(.).
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik(.).
|
b. Rubrik
Penilaian memainkan alat musik Ritmis
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Ketepatan gerakan memukul meja dan bertepuk tangan
|
Konsisten dalam pergantian.
|
Cukup konsisten, lebih banyak gerakan yang benar.
|
Cukup konsisten, lebih banyak kegiatan tertukar.
|
Tidak konsisten dalam pergantian.
|
Kestabilan tempo birama enam
|
Tempo konsisten dan stabil (tempo tetap tidak berubah sepanjang lagu).
|
Tempo stabil (tempo tetap/ tidak berubah sepanjang waktu).
|
Tempo kurang stabil (tempo agak berubah dibeberapa bagian lagu).
|
Tempo tidak stabil (tempo berubah-ubah sepanjang lagu
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Guru dan buku
siswa
2.
Benda–benda
yang mewakili setiap wujud.
3.
Alat
musik ritmis.
4.
Benda-benda
di sekitar yang dapat dibuat menjadi alat musik ritmis seperti galon air
mineral, kaleng, sendok, botol bekas, dan sebagainya
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Dari hasil pengamatanmu pada gambar di atas,
kelompokkan benda–benda yang ada di dalam
gambar berdasarkan wujudnya dan tuliskanlah
dalam tabel di bawah ini!
.
Benda Padat
|
Benda cair
|
Benda gas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment