Home » » TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB2

TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 17 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 3                                        : Perubahan di Alam
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perubahan Wujud Benda / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam  semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1    Mengidentifikasi informasi dari teks tentang langkah percoban perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,  perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Mendemonstrasikan percobaan berdasarkan instruksi tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.



b) PPKn
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerahTuhan Yang Maha Esa dilingkungan rumah dansekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.3    Memberikan contoh hak dalam mengamalkan sila ke-1 sesuai konteks/tema.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan  mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
4.1.3    Menceritakan hasil pengamatan tentang hak dalam pengamalan sila pertama sesuai konteks.

c) PJOK
1.1.   Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7    Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.3    Mengidentifikasi gerak dasar lokomotor berbagai bentuk permainan sederhana.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membaca instruksi percobaan melalui teks informatif
2.      Melakukan percobaan sifat benda berdasarkan wujudnya.
3.      Membaca wacana tentang ragam agama di Indonesia
4.      Latihan dasar lempar dan tangkap bola
5.      Mempraktikkan permainan bola tangan

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengingatkan kembali tentang wujud benda yang telah dipelajari sebelumnya. Guru membawa contoh wujud benda masing-masing satu ke dalam kelas, contohnya: batu, air dan udara di dalam plastik/Balon. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa menyebutkan wujud benda yang ditunjukkan oleh guru. (Mengekplorasi)
o   Siswa memberikan contoh benda lainnya yang ia ketahui.
o   Siswa mengamati penjelasan guru tentang kegiatan hari ini, yaitu akan melakukan percobaan melalui pengamatan tentang sifat benda berdasarkan wujudnya. (Mengamati)
o   Siswa diingatkan kembali tentang sifat benda yang sudah dipelajari sebelumnya. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa membentuk kelompok untuk percobaan. Terlebih dahulu siswa berdiskusi dalam kelompok untuk memberikan prediksi tentang sifat benda sebelum melakukan percobaan, guru bisa menjelaskan sifat benda yang dimaksud adalah sesuatu yang khas yang membedakan masing-masing wujud, terima semua jawaban siswa, guru mengarahkan siswa agar tidak keluar dari yang dimaksudkan (jawaban bisa bervariasi, misalkan benda padat keras, benda cair tidak bisa digenggam, dsb). (Mengekplorasi)
o   Siswa menuliskan prediksi sifat wujud benda di buku siswa.
o   Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan percobaan bersama kelompok.
o   Siswa melakukan percobaan dengan alat dan bahan yang telah ditentukan sebelumnya oleh guru.
o   Siswa akan melakukan percobaan untuk masing-masing wujud benda.
o   Siswa mengambil sampel/contoh benda dari lingkungan sekitar, upayakan setiap wujud mempunyai sampel benda untuk diamati.
o   Masukkan benda tersebut di dalam wadah yang telah ditentukan, yaitu ember, gelas dan kantong plastik.
o   Siswa mencatat hasil pengamatannya, dengan cara memberikan checklist (ü) di dalam kotak yang tersedia.
o   Siswa diminta untuk membuat kesimpulan dari sifat benda yang teramati. (Mengasosiasi)
o   Percobaan untuk wujud gas, siswa mengisi terlebih dahulu balon dengan meniupkan udara. (sampaikan bahwa mereka sedang mengisi balon dengan udara). Lalu lakukan percobaan seperti yang tertera di buku siswa. (Mengekplorasi)
o   Kegiatan diakhiri dengan siswa memeriksa kembali, apakah prediksi yang dibuat sebelumnya sesuai/tidak sesuai dengan hasil percobaan yang dilakukan.
o   Siswa diarahkan untuk mensyukuri aneka wujud benda di alam yang saling melengkapi. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa memberikan pendapat mereka, apa yang terjadi jika hanya ada benda padat saja di bumi.
o   Siswa diperlihatkan gambar bangunan tempat peribadatan agama yang diakui di Indonesia.
o   Guru menjelaskan untuk membangun bangunan tempat peribadatan perlu campuran antara air, pasir dan semen, atau perpaduan antara benda berwujud padat dan cair.
o   Siswa mengamati gambar yang ditunjukkan oleh guru (Mengamati)
o   Siswa berdiskusi tentang fungsi gambar bangunan yang diperlihatkan oleh guru. (Mengekplorasi)
o   Siswa mengerjakan latihan mengisi kolom rumah peribadatan dengan agama yang sesuai.
o   Kegiatan dilanjutkan dengan siswa membaca contoh kasus tentang Beni dan teman-temanya yang sedang bermain galasin di halaman. (Mengamati)
o   Siswa bertukar pendapat dengan siswa lainnya tentang sikap apa yang akan ambil jika mereka berada dalam situasi sebagai Edo.
o   Siswa menuliskan pendapatnya di tempat yang telah disediakan. (Mengasosiasi)
o   Siswa dapat menyatakan pendapatnya secara lisan. (Mengkomunikasikan)
o   Setelah itu siswa diarahkan untuk keluar ruangan. (Mengekplorasi)
o   Siswa berbaris untuk melakukan pemanasan di bawah bimbingan guru.
o   Guru menyampaikan tujuan kegiatan hari ini yaitu bermain dengan benda padat yang di dalamnya terisi gas. Siswa diminta untuk menebak benda apakah itu? (Mengkomunikasikan)
o   Siswa memperhatikan cara melempar dan menangkap bola dengan benar. (Mengamati)
o   Siswa berbaris berhadap–hadapan mempraktikkan lempar dan tangkap bola.
o   Siswa mendengarkan pengarahan tentang permainan lempar dan tangkap bola. (Mengkomunikasikan)
a. Siswa akan dibagi ke dalam dua kelompok besar.
b. Perwakilan kelompok melakukan suit, yang menang boleh mendapat giliran memegang bola pertama kali
c. Siswa dalam satu kelompok harus bekerja sama untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan.
d.   Bola dioperkan dengan melemparkan bola ke teman dalam satu tim.
e. Siapa yang berhasil memasukkan bola ke dalam gawang akan mendapatkan 1 poin. Kelompok yang paling banyak mendapatkan poin itu yangmenjadi juaranya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2.    Penilaian Pengetahuan
a. Membuat kesimpulan dari percobaan.
b. Tes Tulis operasi hitung campuran di buku siswa.
c. Menghubungkan agama dengan tempat peribadatan yang tepat.

3.    Penilaian Keterampilan :
a. Pengamatan Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda
Penilaian : Rubrik
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
Melakukan percobaan dengan hati-hati dan jujur.


Melakukan percobaan sesuai aturan dan instruksi guru.


Saling bekerjasama dan menunjukkan kekompakan dalam melakukan percobaan



b. Menyatakan pendapat siswa tentang sikap toleransi.
Penilaian : Rubrik
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema sikap toleransi
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan tema.
Setengah atau lebih isi teks sesuai dengan tema.
Kurang dari setengah isi teks sesuai dengan tema.
Seluruh isi teks belum sesuai tema.
Penulisan
Penulisan kata sudah tepat.
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisannya
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta
Menggunakan tanda titik (.) di akhir kalimat
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik (.).
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik (.).
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik (.).



c. Melempar dan menangkap Bola
Penilaian : observasi ( pengamatan)
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
Siswa mampu mengikuti instruksi


Siswa mampu menirukan gerakan menangkap bola.


Siswa mampu menirukan gerakan melempar bola


Siswa mampu bermain dengan sportif.



F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru dan buku siswa
2.      Berbagai jenis benda berwujud padat, gas dan cair.
3.      Kartu /Poster rumah peribadatan.
4.      Bola.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Amatilah kembali benda-benda di sekitarmu.


TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB2

TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB2



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors