RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 3 :
Perubahan di Alam
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Perubahan Wujud Benda / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2
Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah.
3.1
Menggali
informasi dari teks
laporan informatif hasil
observasi tentang perubahan
wujud benda,
sumber energi, perubahan
energi, energi
alternatif, perubahan
iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya,
serta alam
semesta
dengan bantuan
guru dan teman
dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa
daerah untuk
membantu pemahaman.
3.1.1
Mengidentifikasi informasi dari teks tentang langkah percoban perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1
Mengamati
dan mengolah
isi teks laporan
informatif hasil
observasi tentang perubahan
wujud benda,
sumber energi, perubahan
energi, energi
alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1
Mendemonstrasikan percobaan berdasarkan instruksi tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
b) PPKn
1.1
Menerima keberagaman karakteristik
individu dalam
kehidupan beragama,
suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerahTuhan Yang Maha
Esa dilingkungan rumah dansekolah.
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli,kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf
dan memberi maaf
di rumah dan sekolah dalam
berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1
Memahami
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.3
Memberikan contoh hak dalam mengamalkan sila ke-1 sesuai konteks/tema.
4.1
Mengamati
dan menceritakan
perilaku di
sekitar rumah dan sekolah
dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol
silasila Pancasila.
4.1.3
Menceritakan hasil pengamatan tentang hak dalam pengamalan sila pertama sesuai konteks.
c) PJOK
1.1.
Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7
Menerima kekalahan dan kemenangan dalam
permainan.
3.1
Mengetahui konsep gerak kombinasi pola
gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
3.1.3
Mengidentifikasi gerak dasar lokomotor berbagai bentuk permainan sederhana.
4.1
Mempraktikkan kombinasi pola gerak
dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Membaca
instruksi percobaan melalui
teks
informatif
2. Melakukan
percobaan sifat benda berdasarkan
wujudnya.
3. Membaca
wacana tentang ragam agama
di Indonesia
4. Latihan dasar lempar dan
tangkap bola
5. Mempraktikkan
permainan bola tangan
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “perubahan di alam”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru mengingatkan kembali tentang wujud benda yang
telah dipelajari sebelumnya. Guru membawa contoh wujud benda masing-masing
satu ke dalam kelas, contohnya: batu, air dan udara di dalam plastik/Balon. (Mengkomunikasikan)
o Siswa menyebutkan wujud benda yang ditunjukkan oleh
guru. (Mengekplorasi)
o Siswa memberikan contoh benda lainnya yang ia
ketahui.
o Siswa mengamati penjelasan guru tentang kegiatan
hari ini, yaitu akan melakukan percobaan melalui pengamatan tentang sifat
benda berdasarkan wujudnya.
(Mengamati)
o Siswa diingatkan kembali tentang sifat benda yang
sudah dipelajari sebelumnya.
(Mengkomunikasikan)
o Siswa membentuk kelompok untuk percobaan. Terlebih
dahulu siswa berdiskusi dalam kelompok untuk memberikan prediksi tentang
sifat benda sebelum melakukan percobaan, guru bisa menjelaskan sifat benda
yang dimaksud adalah sesuatu yang khas yang membedakan masing-masing wujud,
terima semua jawaban siswa, guru mengarahkan siswa agar tidak keluar dari
yang dimaksudkan (jawaban bisa bervariasi, misalkan benda padat keras, benda
cair tidak bisa digenggam, dsb). (Mengekplorasi)
o Siswa menuliskan prediksi sifat wujud benda di buku
siswa.
o Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan percobaan
bersama kelompok.
o Siswa melakukan percobaan dengan alat dan bahan yang
telah ditentukan sebelumnya oleh guru.
o Siswa akan melakukan percobaan untuk masing-masing
wujud benda.
o Siswa mengambil sampel/contoh benda dari lingkungan
sekitar, upayakan setiap wujud mempunyai sampel benda untuk diamati.
o Masukkan benda tersebut di dalam wadah yang telah
ditentukan, yaitu ember, gelas dan kantong plastik.
o Siswa mencatat hasil pengamatannya, dengan cara
memberikan checklist (ü) di dalam kotak yang tersedia.
o Siswa diminta untuk membuat kesimpulan dari sifat
benda yang teramati. (Mengasosiasi)
o Percobaan untuk wujud gas, siswa mengisi terlebih
dahulu balon dengan meniupkan udara. (sampaikan bahwa mereka sedang mengisi
balon dengan udara). Lalu lakukan percobaan seperti yang tertera di buku
siswa. (Mengekplorasi)
o Kegiatan diakhiri dengan siswa memeriksa kembali,
apakah prediksi yang dibuat sebelumnya sesuai/tidak sesuai dengan hasil
percobaan yang dilakukan.
o Siswa diarahkan untuk mensyukuri aneka wujud benda
di alam yang saling melengkapi.
(Mengkomunikasikan)
o Siswa memberikan pendapat mereka, apa yang terjadi
jika hanya ada benda padat saja di bumi.
o Siswa diperlihatkan gambar bangunan tempat
peribadatan agama yang diakui di Indonesia.
o Guru menjelaskan untuk membangun bangunan tempat
peribadatan perlu campuran antara air, pasir dan semen, atau perpaduan antara
benda berwujud padat dan cair.
o Siswa mengamati gambar yang ditunjukkan oleh guru (Mengamati)
o Siswa berdiskusi tentang fungsi gambar bangunan yang
diperlihatkan oleh guru. (Mengekplorasi)
o Siswa mengerjakan latihan mengisi kolom rumah
peribadatan dengan agama yang sesuai.
o Kegiatan dilanjutkan dengan siswa membaca contoh
kasus tentang Beni dan teman-temanya yang sedang bermain galasin di halaman. (Mengamati)
o Siswa bertukar pendapat dengan siswa lainnya tentang
sikap apa yang akan ambil jika mereka berada dalam situasi sebagai Edo.
o Siswa menuliskan pendapatnya di tempat yang telah
disediakan. (Mengasosiasi)
o Siswa dapat menyatakan pendapatnya secara lisan. (Mengkomunikasikan)
o Setelah itu siswa diarahkan untuk keluar ruangan. (Mengekplorasi)
o Siswa berbaris untuk melakukan pemanasan di bawah
bimbingan guru.
o Guru menyampaikan tujuan kegiatan hari ini yaitu
bermain dengan benda padat yang di dalamnya terisi gas. Siswa diminta untuk
menebak benda apakah itu?
(Mengkomunikasikan)
o Siswa memperhatikan cara melempar dan menangkap bola
dengan benar.
(Mengamati)
o Siswa berbaris berhadap–hadapan mempraktikkan lempar
dan tangkap bola.
o Siswa mendengarkan pengarahan tentang permainan
lempar dan tangkap bola.
(Mengkomunikasikan)
a. Siswa akan dibagi ke dalam
dua kelompok besar.
b. Perwakilan
kelompok melakukan suit, yang menang boleh mendapat giliran memegang bola
pertama kali
c. Siswa dalam
satu kelompok harus bekerja sama untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan.
d. Bola
dioperkan dengan melemparkan bola ke teman dalam satu tim.
e. Siapa yang
berhasil memasukkan bola ke dalam gawang akan mendapatkan 1 poin. Kelompok
yang paling banyak mendapatkan poin itu yangmenjadi juaranya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
a. Membuat
kesimpulan dari percobaan.
b. Tes Tulis
operasi hitung campuran di buku siswa.
c. Menghubungkan
agama dengan tempat peribadatan yang tepat.
3. Penilaian Keterampilan :
a. Pengamatan
Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda
Penilaian : Rubrik
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
Melakukan percobaan dengan hati-hati dan jujur.
|
|
|
Melakukan percobaan sesuai aturan dan instruksi guru.
|
|
|
Saling bekerjasama dan menunjukkan kekompakan dalam melakukan percobaan
|
|
|
b. Menyatakan
pendapat siswa tentang sikap toleransi.
Penilaian : Rubrik
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema sikap toleransi
|
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan tema.
|
Setengah atau lebih isi teks sesuai dengan tema.
|
Kurang dari setengah isi teks sesuai dengan tema.
|
Seluruh isi teks belum sesuai tema.
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat.
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisannya
|
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta
Menggunakan tanda titik (.) di akhir kalimat
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik (.).
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda
titik (.).
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik (.).
|
c. Melempar dan
menangkap Bola
Penilaian : observasi ( pengamatan)
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
Siswa mampu mengikuti instruksi
|
|
|
Siswa mampu menirukan gerakan menangkap bola.
|
|
|
Siswa mampu menirukan gerakan melempar bola
|
|
|
Siswa mampu bermain dengan sportif.
|
|
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Guru dan buku siswa
2. Berbagai jenis benda berwujud padat, gas dan cair.
3. Kartu /Poster rumah peribadatan.
4. Bola.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment