RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 3 :
Perubahan di Alam
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Perubahan Wujud Benda / 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2
Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah.
3.1
Menggali
informasi dari teks
laporan informatif hasil
observasi tentang perubahan
wujud benda,
sumber energi, perubahan
energi, energi
alternatif, perubahan
iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya,
serta alam
semesta
dengan bantuan
guru dan teman
dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa
daerah untuk
membantu pemahaman.
3.1.2
Mengidentifikasi informasi dari teks tentang langkah percoban perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1
Mengamati
dan mengolah
isi teks laporan
informatif hasil
observasi tentang perubahan
wujud benda,
sumber energi, perubahan
energi, energi
alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.2
Menuliskan
hasil pengamatan
dari percobaan
perubahan wujud.
4.1.3
Menyimpulkan
hasil percobaan
berupa teks laporan
informatif tentang
perubahan wujud
benda secara tertulis.
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti,
jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah
menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.3
Memiliki sikap terbuka, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun
aktivitas sehari-hari.
3.5
Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/pengurangan
bilangan sampai
dua angka.
3.5.1.
Mengidentifikasi kesamaan
dua ekspresi
menggunakan operasi
penjumlahan.
4.2.
Merumuskan
dengan kalimat
sendiri, membuat
model matematika,
dan memilih
strategi yang
efektif dalam memecahkan
masalah nyata
sehari-hari yang
berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.8.
Menuliskan kalimat matematika
untuk kesamaan
dua ekspresi
yang berkaitan
dengan penjumlahan.
c) SBdP
1.1
Memuji keunikan kemampuan manusia dalam
berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1
Menunjukkan sikap berani
mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.2
Membedakan pola irama rata dan bervariasi
lagu bertanda birama enam.
3.2.1
Mengidentifikasi pola irama rata lagu bertanda birama enam.
4.5
Menyanyi
lagu wajib dan
lagu permainan dari
daerah sesuai dengan
isi lagu.
4.5.1
Menyanyikan
lagu wajib
birama enam dengan
ketukan yang benar
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membaca instruksi
langkah percobaan
2.
Melakukan percobaan
berdasarkan instruksi
dalam teks
3.
Melengkapi diagram
perubahan wujud
4.
Melengkapi persamaan
dua ekspresi
5.
Mendengarkan ketukan
pada alat musik
ritmis.
6. Lagu wajib berjudul “ Tanah Airku
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “perubahan di alam”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa diperlihatkan contoh es lilin atau es batu. (Mengamati)
o Guru mengajukan pertanyaan, terbuat dari apakah es
batu atau es lilin ini? Bagaimana proses membuat es batu atau es lilin. (Menanya)
o Perwakilan siswa memberikan pendapatnya, bagaimana
proses dari air menjadi es. (Mengasosiasi)
o Siswa berdiskusi tentang proses mencair yang terjadi
pada es tersebut, beberapa arahan pertanyaan : (Mengekplorasi)
a. Apa wujud awal dari Es tersebut? (cair)
b. Apa yang terjadi setelah Es tersebut dibekukan di
dalam lemari Es? (air menjadi benda padat, atau membeku)
c. Apa yang terjadi setelah es tersebut dibiarkan
beberapa di udara terbuka? (kembali menjadi air, atau mencair)
o Siswa mencatat kosa kata baru yang baru
diperkenalkan yaitu MEMBEKU dan MENCAIR beserta definisinya di buku catatan. (Mengekplorasi)
o Siswa menuliskan perubahan yang terjadi pada gambar
di tabel yang telah diberikan (prediksi)
o Siswa diminta untuk membaca penjelasan tentang
perubahan wujud di buku siswa.
(Mengamati)
o Siswa mengajukan pertanyaan terkait wacana tersebut. (Menanya)
o Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan percobaan
untuk mengetahui proses perubahan wujud. (Mengekplorasi)
o Guru menyiapkan perlengkapan, jika
memungkinkansetiap kelompok dapat menyiapkan perlengkapan masing-masing.
o Langkah percobaan adalah sebagai berikut:
–
Masing-masing
kelompok diberikan bahan percobaan.
– Letakkanlah es batu di dalam wadah selama lebih
kurang 5 menit, perhatikan perubahan apa yang terjadi?
– Setelah itu masukkan air ke dalam panci, panaskan
air, hati-hati dalam menyalakan kompornya (guru dapat membantu dalam
menyalakan kompornya)
– Ambillah wadah yang berisi es batu, letakkan di atas
uap air panas yang telah mendidih, perhatikan apa yang akan terjadi?
o Siswa menuliskan hasil pengamatannya di tabel yang
telah dipersiapkan.
o Siswa diarahkan untuk menuliskan laporan dalam
bentuk teks laporan.
o Setelah membuat laporan hasil pengamatan, siswa
melengkapi nama proses percobaan yang telah dilakukan. (Mengekplorasi)
o Siswa melengkapi bagan perubahan wujud yang ada di
buku siswa.
o Kegiatan dilanjutkan dengan siswa mendengar
penjelasan guru tentang kotak susu Lani.
o Siswa memperhatikan gambar kotak susu Lani, siswa
diminta melengkapi jumlah kotak susu yang dimiliki oleh Lani. (Mengamati)
o Siswa berdiskusi dalam kelompok tentang untuk
menyelesaikan pertanyaan yang ada di buku. (Mengekplorasi)
o Siswa memilih siapa yang mempunyai jumlah kotak susu
sama dengan kotak susu milik Lani.
o Siswa menuliskan kalimat matematika, misalkan: 12 +
8 = ......+ ......
o Bersama guru mendiskusikan jawaban yang tepat. (Mengasosiasi)
o Siswa mendengarkan penjelasan guru untuk
meyelesaikan latihan soal di buku siswa. (Mengamati)
o Siswa diberi kesempatan untuk bertanya, jika ada
instruksi yang belum jelas.
(Menanya)
o Siswa mengerjakan soal latihan di buku siswa, bagian
pertama adalah memasangkan satu ekspresi di kotak kiri ke ekspresi yang di
kotak kanan.
o Siswa menuliskan kalimat matematikanya di bagian
buku siswa.
o Kegiatan dilanjutkan dengan siswa diingatkan kembali
tentang bermain alat musik ritmis pada pelajaran sebelumnya.
o Siswa mengikuti bimbingan guru, melakukan tepuk
birama 6.
o Siswa memperhatikan teks lagu yang ada di buku
siswa.
(Mengamati)
o Berlatih menyanyikan lagu tersebut bersama-sama. (Mengasosiasi)
o Siswa menyanyikan lagu “Tanah Airku“ mengikuti
arahan guru.
o Siswa memainkan alat musik ritmis mengiringi lagu
“Tanah Airku” dengan alat musik ritmis.
o Siswa maju ke depan kelas untuk menyanyikan lagu
“Tanah Airku”. Lagu dapat diiringi oleh ketukan birama 6. (Mengkomunikasikan)
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
a. Menghubungkan
diagram perubahan wujud
b. Melengkapi
persamaan dua ekspresi
3. Penilaian Keterampilan :
a. Rubrik
membuat laporan percobaan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kesesuaian langkah
kerja dengan instruksi
|
Mengikuti
semua instruksi
dengan benar
|
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam
memahami
instruksi
|
Terdapat lebih
dari 2 kesalahan
dalam
memahami
instruksi
|
Tidak satupun
instruksi yang
dilakukan
dengan benar
|
Penggunaan kalimat
yang efektif dalam
membuat kesimpulan
|
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif
|
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
|
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
|
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif
|
Partisipasi dalam
kelompok
|
Siswa aktif
dalam kelompok
secara mandiri
|
Siswa hanya
setengah atau
lebih mengikuti
kegiatan
kelompok secara
mandiri
|
Kurang dari
setengah
aktivitas diikuti
siswa secara
mandiri
|
Tidak ada
aktifitas yang
diikuti oleh
siswa secara
mandiri
|
b. Menyanyikan
lagu Tanah Airku
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Penguasaan lagu
|
Konsisten
menyanyi
dengan nada
yang tepat tanpa
bimbingan guru
|
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi
dengan nada
yang tepat tanpa
bimbingan guru
|
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi
dengan nada
yang tepat
walalupun telah
dibimbing guru
|
Menyanyi
dengan nada
yang tidak tepat
walaupun telah
dibimbing guru
|
Kemampuan
memainkan alat
musik ritmis
|
Mampu
mengembangkan
ritmik dari pola
yang disajikan
|
Hanya mampu
memainkan
ritmik dari pola
yang disajikan,
tapi tidak
mampu untuk
mengembangkan
|
Mengalami
kesulitan dalam
meniru ritmik
yang disajikan
|
Tidak mampu
sama sekali
meniru ritmik
yang disajikan
|
H. Sumber dan Media
Buku guru dan buku
siswa
o Es lilin /es batu
o Es Batu
o Baskom
o Air
o Panci
o kompor
o Pewarna makanan
o Gelas bening
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Berdasarkan percobaan di atas,
lengkapilah
keterangan perubahan wujud di bawah ini:
Perhatikan gambar di
bawah ini. Siapa yang
memiliki kotak susu
sama banyak dengan Lani?
MEDIA
Benda dapat berubah
wujudnya.
Apakah penyebab perubahan
wujud benda? Coba amati dan pikirkan gambar berikut!
Tuliskan persamaan matematikanya!
TEMA 6 KELAS 3 SUB 1
TEMA 6 KELAS 3 SUB 2
TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB1
TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment