Home » » TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB3

TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 18 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 3                                        : Perubahan di Alam
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perubahan Wujud Benda / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam  semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.2    Mengidentifikasi informasi dari teks tentang langkah percoban perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,  perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.2    Menuliskan hasil pengamatan dari percobaan perubahan wujud.
4.1.3    Menyimpulkan hasil percobaan berupa teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara tertulis.


b) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.5    Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/pengurangan bilangan sampai dua angka.
3.5.1. Mengidentifikasi kesamaan dua ekspresi menggunakan operasi penjumlahan.
4.2.   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.8. Menuliskan kalimat matematika untuk kesamaan dua ekspresi yang berkaitan dengan penjumlahan.

c) SBdP
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.2    Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
3.2.1    Mengidentifikasi pola irama rata lagu bertanda birama enam.
4.5    Menyanyi lagu wajib dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu.
4.5.1    Menyanyikan lagu wajib birama enam dengan ketukan yang benar

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membaca instruksi langkah percobaan
2.      Melakukan percobaan berdasarkan instruksi dalam teks
3.      Melengkapi diagram perubahan wujud
4.      Melengkapi persamaan dua ekspresi
5.      Mendengarkan ketukan pada alat musik ritmis.
6.      Lagu wajib berjudul “ Tanah Airku

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa diperlihatkan contoh es lilin atau es batu. (Mengamati)
o   Guru mengajukan pertanyaan, terbuat dari apakah es batu atau es lilin ini? Bagaimana proses membuat es batu atau es lilin. (Menanya)
o   Perwakilan siswa memberikan pendapatnya, bagaimana proses dari air menjadi es. (Mengasosiasi)
o   Siswa berdiskusi tentang proses mencair yang terjadi pada es tersebut, beberapa arahan pertanyaan : (Mengekplorasi)
a. Apa wujud awal dari Es tersebut? (cair)
b. Apa yang terjadi setelah Es tersebut dibekukan di dalam lemari Es? (air menjadi benda padat, atau membeku)
c. Apa yang terjadi setelah es tersebut dibiarkan beberapa di udara terbuka? (kembali menjadi air, atau mencair)
o   Siswa mencatat kosa kata baru yang baru diperkenalkan yaitu MEMBEKU dan MENCAIR beserta definisinya di buku catatan. (Mengekplorasi)
o   Siswa menuliskan perubahan yang terjadi pada gambar di tabel yang telah diberikan (prediksi)
o   Siswa diminta untuk membaca penjelasan tentang perubahan wujud di buku siswa. (Mengamati)
o   Siswa mengajukan pertanyaan terkait wacana tersebut. (Menanya)
o   Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan percobaan untuk mengetahui proses perubahan wujud. (Mengekplorasi)
o   Guru menyiapkan perlengkapan, jika memungkinkansetiap kelompok dapat menyiapkan perlengkapan masing-masing.
o   Langkah percobaan adalah sebagai berikut:
   Masing-masing kelompok diberikan bahan percobaan.
   Letakkanlah es batu di dalam wadah selama lebih kurang 5 menit, perhatikan perubahan apa yang terjadi?
   Setelah itu masukkan air ke dalam panci, panaskan air, hati-hati dalam menyalakan kompornya (guru dapat membantu dalam menyalakan kompornya)
   Ambillah wadah yang berisi es batu, letakkan di atas uap air panas yang telah mendidih, perhatikan apa yang akan terjadi?
o   Siswa menuliskan hasil pengamatannya di tabel yang telah dipersiapkan.
o   Siswa diarahkan untuk menuliskan laporan dalam bentuk teks laporan.
o   Setelah membuat laporan hasil pengamatan, siswa melengkapi nama proses percobaan yang telah dilakukan. (Mengekplorasi)
o   Siswa melengkapi bagan perubahan wujud yang ada di buku siswa.
o   Kegiatan dilanjutkan dengan siswa mendengar penjelasan guru tentang kotak susu Lani.
o   Siswa memperhatikan gambar kotak susu Lani, siswa diminta melengkapi jumlah kotak susu yang dimiliki oleh Lani. (Mengamati)
o   Siswa berdiskusi dalam kelompok tentang untuk menyelesaikan pertanyaan yang ada di buku. (Mengekplorasi)
o   Siswa memilih siapa yang mempunyai jumlah kotak susu sama dengan kotak susu milik Lani.
o   Siswa menuliskan kalimat matematika, misalkan: 12 + 8 = ......+ ......
o   Bersama guru mendiskusikan jawaban yang tepat. (Mengasosiasi)
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru untuk meyelesaikan latihan soal di buku siswa. (Mengamati)
o   Siswa diberi kesempatan untuk bertanya, jika ada instruksi yang belum jelas. (Menanya)
o   Siswa mengerjakan soal latihan di buku siswa, bagian pertama adalah memasangkan satu ekspresi di kotak kiri ke ekspresi yang di kotak kanan.
o   Siswa menuliskan kalimat matematikanya di bagian buku siswa.
o   Kegiatan dilanjutkan dengan siswa diingatkan kembali tentang bermain alat musik ritmis pada pelajaran sebelumnya.
o   Siswa mengikuti bimbingan guru, melakukan tepuk birama 6.
o   Siswa memperhatikan teks lagu yang ada di buku siswa. (Mengamati)
o   Berlatih menyanyikan lagu tersebut bersama-sama. (Mengasosiasi)
o   Siswa menyanyikan lagu “Tanah Airku“ mengikuti arahan guru.
o   Siswa memainkan alat musik ritmis mengiringi lagu “Tanah Airku” dengan alat musik ritmis.
o   Siswa maju ke depan kelas untuk menyanyikan lagu “Tanah Airku”. Lagu dapat diiringi oleh ketukan birama 6. (Mengkomunikasikan)

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2.    Penilaian Pengetahuan
a. Menghubungkan diagram perubahan wujud
b. Melengkapi persamaan dua ekspresi

3.    Penilaian Keterampilan :
a. Rubrik membuat laporan percobaan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesesuaian langkah
kerja dengan instruksi
Mengikuti
semua instruksi
dengan benar
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam
memahami
instruksi
Terdapat lebih
dari 2 kesalahan
dalam
memahami
instruksi
Tidak satupun
instruksi yang
dilakukan
dengan benar
Penggunaan kalimat
yang efektif dalam
membuat kesimpulan
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif
Partisipasi dalam
kelompok
Siswa aktif
dalam kelompok
secara mandiri
Siswa hanya
setengah atau
lebih mengikuti
kegiatan
kelompok secara
mandiri
Kurang dari
setengah
aktivitas diikuti
siswa secara
mandiri
Tidak ada
aktifitas yang
diikuti oleh
siswa secara
mandiri

b. Menyanyikan lagu Tanah Airku
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penguasaan lagu
Konsisten
menyanyi
dengan nada
yang tepat tanpa
bimbingan guru
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi
dengan nada
yang tepat tanpa
bimbingan guru
Terkadang
kurang konsisten
menyanyi
dengan nada
yang tepat
walalupun telah
dibimbing guru
Menyanyi
dengan nada
yang tidak tepat
walaupun telah
dibimbing guru
Kemampuan
memainkan alat
musik ritmis
Mampu
mengembangkan
ritmik dari pola
yang disajikan
Hanya mampu
memainkan
ritmik dari pola
yang disajikan,
tapi tidak
mampu untuk
mengembangkan
Mengalami
kesulitan dalam
meniru ritmik
yang disajikan
Tidak mampu
sama sekali
meniru ritmik
yang disajikan



H. Sumber dan Media
Buku guru dan buku siswa
o   Es lilin /es batu
o   Es Batu
o   Baskom
o   Air
o   Panci
o   kompor
o   Pewarna makanan
o   Gelas bening



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Berdasarkan percobaan di atas, lengkapilah
keterangan perubahan wujud di bawah ini:

TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB3

Perhatikan gambar di bawah ini. Siapa yang
memiliki kotak susu sama banyak dengan Lani?

TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB3

MEDIA



Benda dapat berubah wujudnya.

Apakah penyebab perubahan wujud benda? Coba amati dan pikirkan gambar berikut!


TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB3


Tuliskan persamaan matematikanya!

TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB3

TEMA 6 KELAS 3 SUB 1
TEMA 6 KELAS 3 SUB 2
TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB1
TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors