Home » » TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB4

TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 19 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 3                                        : Perubahan di Alam
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Perubahan Musim/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.4  Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7  Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.8  Mengetahui konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untukmenjaga kesehatan.
3.8.2 Menjelaskan konsep kebutuhan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8  Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8.4 Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan waktu luang untuk menjaga kesehatan.

b) PPKn
1.1  Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral  Pancasila.
3.1  Memahami symbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.2 Menjelaskan makna simbol sila pertama Pancasila.
4.1  Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
4.1.2 Melakukan pengamatan tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila.

c) Bahasa Indonesia
1 1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1  Menggali informasi dari teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.9 Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1  Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
.4.1.11 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untukmenjaga kesehatan
2.      Symbol-simbol sila pancasila dalam lambang negara “garuda pancasila”.
3.      Isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengajak siswa untuk berdiskusi. Siswa berdiskusi mengenai berbgai kegiatan yang biasa dilakukan siswa untuk mengisi waktu luangnya. Guru menunjukkan berbagai gambar mengenai kegiatan mengisi waktu luang seperti menonton televisi, main sepeda, main video game atau membaca buku
o   Setiap siswa menuliskan cerita singkat mengenai kegiatan mengisi waktu luang
o   Saat jam istirahat siswa melakukan pengamatan terhadap kegiatan mengisi waktu luang yang dilakukan teman-temannya. Setelah melakukan pengamatan, siswa memberikan pendapatnya terhadap kegiatan yang dilakukan siswa lain
o   Siswa membaca teks laporan mengenai kegiatan di musim kemarau dan musim hujan.
o   Setelah membaca teks laporan mengenai kegiatan di musim kemarau dan musim penghujan, siswa menentukan gagasan pokok pada teks laporan tersebut. Siswa menuliskan gagasan pokok pada setiap paragaraf dan menuliskan gagasan pokok di kertas karton.
o   Siswa diminta untuk saling menukarkan daftar kegiatan harian di sekolah dan di rumah yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya. Setelah saling menukar daftar kegiatan, siswa melakukan pengamatan terhadap daftar kegiatan temannya.
o   Siswa mengidentifikasi kegiatan yang termasuk mengamalkan sila pertama.
o   Siswa memberikan pendapat mengenai hasil pengamatannya terhadap kegiatan pengamalan sila pertama Pancasila yang telah dilakukan temannya.
o   Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan penjelasan bahwa guru dan siswa harus selalu bersyukur atas nikmat kesehatan yang telah
o   Diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan baik.
o   Guru pun menjelaskan bahwa guru dan siswa harus dapat memilih kegiatan yang tepat sebagai pengisi waktu luang agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Remedial
·         Guru membimbing siswa menentukan kegiatan pengisi waktu luang yang tepat bagi siswa yang belum memahami.
·         Guru membahas cara menentukan gagasan pokok pada paragraf teks laporan bagi siswa yang belum memahami.
·         Guru membimbing siswa melakukan pengamatan terhadap pengamalan sila pertama Pancasila bagi siswa yang belum memahami.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
·         Guru menugaskan siswa untuk menggambar kegiatan pengisi waktu luang yang baik bagi kesehatan.
·         Guru menugaskan siswa untuk menentukan gagasan pokok pada paragraf dari artikel koran.
·         Guru menugaskan siswa untuk melakukan wawancara kepada temannya mengenai kegiatan ibadah yang dilakukan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Menentukan kegiatan pengisi waktu luang yang tepat dan menentukan gagasan
pokok pada teks laporan
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100

Skor =  x 100

3. Penilaian Ketrampilan
Lembar pengamatan pengamalan sila pertama
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1
Melaksanakan ibadah di sekolah.



2
Melaksanakan ibadah di rumah.




H. Sumber dan Media
1.      Kumpulan gambar mengenai kegiatan mengisi waktu luang seperti gambar bermain sepeda, menonton televisi, bermain video game dan membaca buku.
2.      Teks laporan tentang kegiatan di musim kemarau dan musim hujan.
3.      Karton, spidol dan penggaris..

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


 
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Apa kegiatan yang paling kamu sukai saat jam istirahat di sekolah?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Apakah ada temanmu yang senang bermain bola saat jam istirahat di sekolah?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


Berikanlah pendapat tentang kegiatan temanmu


 

 
MEDIA

TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB4

TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB4 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors