Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 3 :
Perubahan di Alam
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Perubahan
iklim dan cuaca/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap
makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan
informatifhasil observasi tentangperubahan wujud benda, sumber energi, perubahan
energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya,
serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mengolah
isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber
energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa
bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
3.1.9
Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks berjudul Cuaca dan Kegiatan Manusia.
3.1.10 Menjawab pertanyaanpertanyaan
berdasarkan teks Cuaca dan Kegiatan Manusia.
4.1.11 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara
lisan atau tulis dengan tepat..
b) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.2 Membedakan pola
irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
4.7 Menyanyikan
lagu anakanak bertanda birama enam sesuai dengan isi lagu.
3.2.3 Menirukan
pola irama rata dari sebuah lagu bertanda birama enam.
4.7.1 Memperagakan
tepuk birama enam.
4.7.2 Menyanyikan
lagu anak-anak bertanda birama enam dengan mandiri..
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
3.14 Menentukan perbandingan
data menggunakan tabel grafik batang, dan grafik lingkaran.
4.11 Mengumpulkan, mencatat,
menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
3.14.1
Mengidentifikasi data yang terdapat dalam tabel sederhana.
4.11.1 Melengkapi tabel
sederhana berdasarkan data yang sudah diperoleh.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1
Teks laporan
informatifhasil observasi tentangperubahan wujud benda, sumber energi,
perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan
perubahannya
2
Pola irama rata dan
bervariasi lagu bertanda birama enam
3
Perbandingan data
menggunakan tabel grafik batang, dan grafik lingkaran.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Gambar simbol
cuaca, contoh grafik batang padasurat kabar dan teks lagu “Berdayung”.
o
Kegiatan diawali
dengan mengucapkan salam dan membaca doa.
o
Guru membacakan
prakiraan cuaca beberapa daerah di Indonesia dan menanyakan beberapa jenis
cuaca yang terdapat dalam prakiraan tersebut.
o
Siswa membaca
teks dalam buku siswa mengenai faktor-faktor yang menentukan kondisi cuaca.
o
Siswa berdiskusi
mengerjakan soal dalam buku teks mengenai simbol kondisi cuaca.
o
Siswa
mengemukakan jawaban yang telah dituliskan.
o
Guru menjelaskan
arti berbagai simbol cuaca dan menunjukkan gambar simbol cuaca.
o
Siswa menyebutkan
kegiatan yang biasa dilakukannya dalam setiap kondisi cuaca.
o
Siswa membaca
teks mengenai cuaca dan kegiatan manusia.
o
Siswa melengkapi
tabel dalam buku teks mengenai cuaca dan kegiatan manusia sesuai dengan teks informatif
yang dibaca sebelumnya.
o
Salah satu siswa
dapat menyebutkan jawabannya, siswa lain dapat menanggapi jawaban yang disampaikan.
o
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab mengenai hakikat cuaca dan kegiatan yang dapat
dilakukan dalam setiap kondisi cuaca.
o
Siswa
mengemukakan berbagai kegiatan di sekitar lingkungannya yang dapat dilakukan
sesuai cuaca.
o
Guru memberi
apresiasi kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan baik
o
Siswa mengingat
kembali tepuk birama enam dan memperagakannya.
o
Guru
memperkenalkan salah satu lagu berbirama enam, berjudul “Berdayung” dan
mencontohkan cara menyanyikannya.
o
Siswa berlatih
menyanyikan lagu Berdayung secara bersama-sama.
o
Siswa dibagi
dalam 4 kelompok. Setiap kelompok berlatih menyanyikan lagu berdayung
diiringi tepuk birama enam menggunakan tepukan tangan dan pukulan meja.
o
Setiap kelompok
mempresentasikan lagu berdayung diiringi tepuk birama enam dari benda-benda
di sekitar mereka.
o
Guru memberikan
apresiasi kepada kelompok yang memiliki penampilan terbaik.
o
Guru menjelaskan
salah satu pekerjaan yang bergantung pada kondisi cuaca adalah bertani.
o
Guru
memperlihatkan contoh grafik batang sederhana dari surat kabar atau majalah
yang menunjukan data hasil pertanian dan mengajukan pertanyaan pembuka pada
siswa. Guru dapat
membuat grafik
batang yang menggambarkan hasil
pertanian sebelum
pembelajaran, apabila tidak
mendapatkan
contoh grafik batang yang dimaksud.
o
Siswa mengamati
contoh grafik yang disajikan dan menjawab pertanyaan pembuka guru, seperti:
–
menjelaskan
tentang apakah grafik batang tersebut?
–
apa arti data
yang ditunjuk oleh guru?
Pengetahuan untuk Guru:
–
Tabel merupakan daftar yang berisi sejumlah
–
informasi dan disajikan dalam bentuk baris dan
–
kolom. Umumnya tabel berisi kata dan bilangan
o
Siswa membaca
grafik batang yang terdapat dalam buku teks dan mengisi tabel yang tersedia.
o
Siswa dan guru
membahas jawaban yang tepat bersama-sama.
o
Siswa mengisi
data hasil panen setiap hari berdasarkan grafik batang pada tempat yang tersedia.
o
Siswa mengerjakan
soal mengenai grafik lingkaran dan menuliskan data yang tertera dalam bentuk tabel
pada tempat yang telah disediakan.
o
Guru berkeliling
untuk memastikan konsep yang dikuasai siswa dan mengklarifikasi konsep yang belum
tepat.
o
Siswa dan guru
membahas bersama-sama jawaban dari latihan soal yang dikerjakan siswa.
o
Siswa dan guru
membuat kesimpulan bersamasama mengenai tabel sederhana
Pengayaan
–
Siswa dapat
membaca teks informatif dengan jumlah kata lebih banyak jika sudah mampu menemukan
informasi dari teks Cuaca dan Kegiatan Manusia.
–
Siswa dapat
memainkan tepuk birama enam dengan berbagai variasi benda jika siswa sudah
dapat bernyanyi dan mengiringi lagu Berdayung dengan tepuk birama enam.
–
Siswa dapat
membaca grafik batang berganda jika telah mampu membaca grafik batang dengan
tepat.
Remedial
o
Guru dapat
meminta siswa yang belum dapat menentukan informasi dari teks yang dibaca
dengan menggarisbawahi informasi penting dalam setiap paragraf.
o
Guru mencontohkan
kembali cara bernyanyi lagu Berdayung dan tepuk birama enam bagi siswa yang
belum mampu menyanyikan lagu Berdayung dengan iringan tepuk birama enam. Guru
dapat pula meminta bantuan kepada siswa yang sudah dapat melakukannya dengan
baik untuk mencontohkan cara bernyanyi lagu berdayung diiringi tepuk birama
enam.
o
Guru dapat
mengulang kembali cara membaca grafik batang bagi siswa yang belum mampu
membaca grafik batang dengan tepat.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Menjawab pertanyaan mengenai cuaca dan kegiatan manusia
Bobot setiap jawaban tepat : 10
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 10
Nilai maksimal :
10 x 10 = 100
3. Keterampilan
a. Unjuk kerja
(keterampilan) pada kegiatan menyanyikan lagu Berdayung dan
mempraktikkan tepuk birama enam
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ketepatan
gerakan
memukul
meja dan
bertepuk tangan
|
Konsisten
dalam
pergantian
|
Cukup
konsisten,
lebih
banyak
gerakan
yang benar
|
Cukup
konsisten,
lebih
banyak
kegiatan
tertukar
|
Tidak
konsisten
dalam
pergantian
|
2
|
Kestabilan
tempo birama
enam
|
Tempo
konsisten
dan
stabil
(tempo
tetap/
tidak
berubah
sepanjang lagu)
|
Tempo stabil
(tempo
tetap/
tidak
berubah
sepanjang lagu)
|
Tempo
kurang
stabil
(tempo
agak
berubah
di
sepanjang
bagian lagu)
|
Tempo
tidak
stabil
(tempo
berubah-ubah
sepanjang lagu)
|
Menyanyikan
lagu
Berdayung
|
Seluruh
lirik
dan irama
dinyanyikan
dengan
tepat
|
Lebih dari
50%
lirik dan
irama
dinyanyikan
dengan
tepat
|
Kurang
dari
50% lirik
dan irama
dinyanyikan
dengan
tepat
|
Tidak ada
lirik
dan irama
yang
dinyanyikan
dengan
tepat
|
b. Pengetahuan pada
kegiatan menjawab pertanyaan mengenai data dalam
tabel
Latihan 1 dan 2
Score = Jumlah jawaban benar x 20
H. Sumber dan Media
1. Gambar simbol
cuaca, contoh grafik batang pada surat kabar dan teks lagu “Berdayung”.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
(LKS)
Lengkapilah
tabel berikut berdasarkan teks informasi di atas.
Jenis cuaca
|
Simbol
|
Keadaan
lingkungan
|
Aktifitas yang
dilakukan
|
……………..
……………..
……………..
……………..
|
Rintik air mulai
turun
|
……………..
……………..
……………..
……………..
|
|
Cuaca
mendung
|
……………..
……………..
……………..
……………..
|
……………..
……………..
……………..
……………..
|
|
Cuaca
cerah
|
……………..
……………..
……………..
……………..
|
Petani garam
menjemur air
laut.
Ibu menjemur
pakaian yang
basah.
|
|
……………..
……………..
……………..
……………..
|
……………..
……………..
……………..
……………..
|
……………..
……………..
……………..
……………..
|
MEDIA
TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB1TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB2
TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment