Home » » TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB1

TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 22 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 3                                        : Perubahan di Alam
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Perubahan iklim dan cuaca/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab  terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari  teks laporan informatifhasil observasi tentangperubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.9 Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks berjudul Cuaca dan Kegiatan Manusia.
3.1.10 Menjawab pertanyaanpertanyaan berdasarkan teks Cuaca dan Kegiatan Manusia.
4.1.11 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat..

b) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.2 Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
4.7 Menyanyikan lagu anakanak bertanda birama enam sesuai dengan isi lagu.
3.2.3 Menirukan pola irama rata dari sebuah lagu bertanda birama enam.
4.7.1 Memperagakan tepuk birama enam.
4.7.2 Menyanyikan lagu anak-anak bertanda birama enam dengan mandiri..

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel grafik batang, dan grafik lingkaran.
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
3.14.1 Mengidentifikasi data yang terdapat dalam tabel sederhana.
4.11.1 Melengkapi tabel sederhana berdasarkan data yang sudah diperoleh.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1        Teks laporan informatifhasil observasi tentangperubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya
2        Pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam
3        Perbandingan data menggunakan tabel grafik batang, dan grafik lingkaran.
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Gambar simbol cuaca, contoh grafik batang padasurat kabar dan teks lagu “Berdayung”.
o   Kegiatan diawali dengan mengucapkan salam dan membaca doa.
o   Guru membacakan prakiraan cuaca beberapa daerah di Indonesia dan menanyakan beberapa jenis cuaca yang terdapat dalam prakiraan tersebut.
o   Siswa membaca teks dalam buku siswa mengenai faktor-faktor yang menentukan kondisi cuaca.
o   Siswa berdiskusi mengerjakan soal dalam buku teks mengenai simbol kondisi cuaca.
o   Siswa mengemukakan jawaban yang telah dituliskan.
o   Guru menjelaskan arti berbagai simbol cuaca dan menunjukkan gambar simbol cuaca.
o   Siswa menyebutkan kegiatan yang biasa dilakukannya dalam setiap kondisi cuaca.
o   Siswa membaca teks mengenai cuaca dan kegiatan manusia.
o   Siswa melengkapi tabel dalam buku teks mengenai cuaca dan kegiatan manusia sesuai dengan teks informatif yang dibaca sebelumnya.
o   Salah satu siswa dapat menyebutkan jawabannya, siswa lain dapat menanggapi jawaban yang disampaikan.
o   Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai hakikat cuaca dan kegiatan yang dapat dilakukan dalam setiap kondisi cuaca.
o   Siswa mengemukakan berbagai kegiatan di sekitar lingkungannya yang dapat dilakukan sesuai cuaca.
o   Guru memberi apresiasi kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan baik
o   Siswa mengingat kembali tepuk birama enam dan memperagakannya.
o   Guru memperkenalkan salah satu lagu berbirama enam, berjudul “Berdayung” dan mencontohkan cara menyanyikannya.
o   Siswa berlatih menyanyikan lagu Berdayung secara bersama-sama.
o   Siswa dibagi dalam 4 kelompok. Setiap kelompok berlatih menyanyikan lagu berdayung diiringi tepuk birama enam menggunakan tepukan tangan dan pukulan meja.
o   Setiap kelompok mempresentasikan lagu berdayung diiringi tepuk birama enam dari benda-benda di sekitar mereka.
o   Guru memberikan apresiasi kepada kelompok yang memiliki penampilan terbaik.
o   Guru menjelaskan salah satu pekerjaan yang bergantung pada kondisi cuaca adalah bertani.
o   Guru memperlihatkan contoh grafik batang sederhana dari surat kabar atau majalah yang menunjukan data hasil pertanian dan mengajukan pertanyaan pembuka pada siswa. Guru dapat
membuat grafik batang yang menggambarkan hasil
pertanian sebelum pembelajaran, apabila tidak
mendapatkan contoh grafik batang yang dimaksud.
o   Siswa mengamati contoh grafik yang disajikan dan menjawab pertanyaan pembuka guru, seperti:
        menjelaskan tentang apakah grafik batang tersebut?
        apa arti data yang ditunjuk oleh guru?
Pengetahuan untuk Guru:
        Tabel merupakan daftar yang berisi sejumlah
        informasi dan disajikan dalam bentuk baris dan
        kolom. Umumnya tabel berisi kata dan bilangan
o   Siswa membaca grafik batang yang terdapat dalam buku teks dan mengisi tabel yang tersedia.
o   Siswa dan guru membahas jawaban yang tepat bersama-sama.
o   Siswa mengisi data hasil panen setiap hari berdasarkan grafik batang pada tempat yang tersedia.
o   Siswa mengerjakan soal mengenai grafik lingkaran dan menuliskan data yang tertera dalam bentuk tabel pada tempat yang telah disediakan.
o   Guru berkeliling untuk memastikan konsep yang dikuasai siswa dan mengklarifikasi konsep yang belum tepat.
o   Siswa dan guru membahas bersama-sama jawaban dari latihan soal yang dikerjakan siswa.
o   Siswa dan guru membuat kesimpulan bersamasama mengenai tabel sederhana

Pengayaan
        Siswa dapat membaca teks informatif dengan jumlah kata lebih banyak jika sudah mampu menemukan informasi dari teks Cuaca dan Kegiatan Manusia.
        Siswa dapat memainkan tepuk birama enam dengan berbagai variasi benda jika siswa sudah dapat bernyanyi dan mengiringi lagu Berdayung dengan tepuk birama enam.
        Siswa dapat membaca grafik batang berganda jika telah mampu membaca grafik batang dengan tepat.

Remedial
o   Guru dapat meminta siswa yang belum dapat menentukan informasi dari teks yang dibaca dengan menggarisbawahi informasi penting dalam setiap paragraf.
o   Guru mencontohkan kembali cara bernyanyi lagu Berdayung dan tepuk birama enam bagi siswa yang belum mampu menyanyikan lagu Berdayung dengan iringan tepuk birama enam. Guru dapat pula meminta bantuan kepada siswa yang sudah dapat melakukannya dengan baik untuk mencontohkan cara bernyanyi lagu berdayung diiringi tepuk birama enam.
o   Guru dapat mengulang kembali cara membaca grafik batang bagi siswa yang belum mampu membaca grafik batang dengan tepat.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Menjawab pertanyaan mengenai cuaca dan kegiatan manusia
Bobot setiap jawaban tepat : 10
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 10
Nilai maksimal : 10 x 10 = 100

3. Keterampilan
a. Unjuk kerja (keterampilan) pada kegiatan menyanyikan lagu Berdayung dan     mempraktikkan tepuk birama enam
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ketepatan gerakan
memukul meja dan
bertepuk tangan
Konsisten
dalam
pergantian
Cukup
konsisten, lebih
banyak gerakan
yang benar
Cukup
konsisten, lebih
banyak kegiatan
tertukar
Tidak konsisten
dalam
pergantian
2
Kestabilan tempo birama
enam
Tempo
konsisten
dan stabil
(tempo tetap/
tidak berubah
sepanjang lagu)
Tempo stabil
(tempo tetap/
tidak berubah
sepanjang lagu)
Tempo kurang
stabil (tempo
agak berubah
di sepanjang
bagian lagu)
Tempo tidak
stabil (tempo
berubah-ubah
sepanjang lagu)

Menyanyikan lagu
Berdayung
Seluruh lirik
dan irama
dinyanyikan
dengan tepat
Lebih dari 50%
lirik dan irama
dinyanyikan
dengan tepat
Kurang dari
50% lirik
dan irama
dinyanyikan
dengan tepat
Tidak ada lirik
dan irama yang
dinyanyikan
dengan tepat

b. Pengetahuan pada kegiatan menjawab pertanyaan mengenai data dalam
     tabel
Latihan 1 dan 2
Score = Jumlah jawaban benar x 20


H. Sumber dan Media
1. Gambar simbol cuaca, contoh grafik batang pada surat kabar dan teks lagu    “Berdayung”.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


(LKS)


Lengkapilah tabel berikut berdasarkan teks informasi di atas.
Jenis cuaca
Simbol
Keadaan
lingkungan
Aktifitas yang
dilakukan
……………..
……………..
……………..
……………..


Rintik air mulai
turun
……………..
……………..
……………..
……………..

Cuaca
mendung




……………..
……………..
……………..
……………..

……………..
……………..
……………..
……………..

Cuaca
cerah


……………..
……………..
……………..
……………..

Petani garam
menjemur air
laut.

Ibu menjemur
pakaian yang
basah.
……………..
……………..
……………..
……………..






……………..
……………..
……………..
……………..

……………..
……………..
……………..
……………..



MEDIA
TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB1

TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB1

TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB1
TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB2
TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors