(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 3 :
Perubahan di Alam
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Perubahan
iklim dan cuaca/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1. Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.8 Mengetahui
konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga
kesehatan.
3.8.1 Menjelaskan
konsep kebutuhan istirahat untuk menjaga kesehatan.
4.8 Mempraktikkan pemenuhan
kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8.1 Mempraktikkan
pemenuhan kebutuhan istirahat, untuk menjaga
kesehatan.
b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik,
psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
3.1 Memahami
simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Memberikan
contoh mengenai perilaku yang tepat ketika menghadapi bencana alam.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol silasila Pancasila.
4.1.1 Membuat tabel
tentang sikap yang dilakukan ketika menghadapi bencana...
c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.9
Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca dengan
tepat.
4.1 Mengamati dan mengolah
isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda,
sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa
Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
4.1.11 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara
lisan atau tulis dengan tepat..
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk
menjaga kesehatan
2. Simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3. Isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan diawali
dengan mengucapkan salam dan membaca doa.
o
Siswa mengukur
detak jantung dengan arahan guru dan mencatat hasilnya. Dalam kegiatan ini
guru menghitung waktu dengan jam tangan.
o
Guru dapat
memberi aba-aba untuk memulai dan menghentikannya setelah satu menit.
o
Siswa
memerhatikan penjelasan guru me ngenai jumlah detak jantung normal sebelum
seseorang beraktivitas.
o
Siswa
memperhatikan contoh gerakan cerah, berawan, mendung dan hujan yang
diperagakan guru.
o
Siswa berlatih
gerakan sesuai instruksi guru.
o
4-5 orang siswa
maju untuk beradu cepat mendengar instruksi guru dan melakukan gerakan yang
telah dilatih
o
Guru menyebutkan
instruksi.
o
Misal: Cerah (siswa
memperagakan gerakan cerah) – mendung (siswa menunjukkan gerakan mendung)- hujan
(siswa menunjukkan gerakan hujan).
o
Setelah selesai
melakukan gerakan olahraga, siswa mengukur kembali detak jantung.
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru bahwa detak jantung akan meningkat setelah
berktivitas.
o
Guru menjelaskan
konsep istirahat.
o
Siswa mengerjakan
soal di buku siswa mengenai aktifitas yang tepat untuk istirahat.
o
Siswa dan guru
mendiskusikan cara yang baik dalam mengisi waktu beristirahat.
o
Guru menumbuhkan
ketertarikan siswa dengan menanyakan lambang sila yang tertera pada buku dan
menanyakan bunyi silanya.
o
Guru menunjukkan
gambar pemandangan alam yang indah dan alam yang rusak, serta mengaitkannya pada
kebesaran Tuhan.
o
Siswa
mengidentifikasi apa yang akan terjadi apabila cuaca berjalan tidak seimbang,
seperti panas sepanjang tahun atau sebaliknya hujan sepanjang Tahun.
o
Guru menjelaskan
bahwa Tuhan menciptakan cuaca dengan jumlah hujan dan sinar matahari
yangsesuai kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya. Perubahan cuaca dan
iklim dapat merugikan manusia dan menimbulkan bencana apabila lingkungan
sekitar manusia telah mulai tercemar.
o
Manusia harus
dapat mensyukuri ciptaan Tuhan dan ikhlas menerima apa yang ditentukan Tuhan
terkait cuaca dan iklim.
o
Siswa menyebutkan
cara yang benar dalam menyikapi bencana alam sebagai akibat lingkungan yang
rusak dan perubahan iklim dan cuaca.
o
Siswa mengerjakan
latihan yang terdapat dalam buku siswa.
o
Siswa dan guru
menyimpulkan bahwa manusia harus memiliki sikap ikhlas dalam rangka
menghadapi ketentuan Tuhan seperti bencana alam
o
Guru menumbuhkan
ketertarikan siswa dengan menanyakan hal-hal yang mereka ketahui mengenai negara
Tiongkok.
o
Dua orang siswa
membaca teks percakapan antara
o
Lani dan
pamannya.
o
Siswa mengidentifikasi
isi teks informatif yang disajikan.
o
Siswa
menceritakan kembali informasi yang terdapat dalam bacaan tersebut secara
tertulis.
o
Guru berkeliling
mengarahkan siswa untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dalam penulisan.
o
Beberapa perwakilan
siswa diminta menceritakan informasi yang dituliskannya di depan kelas.
Pengayaan
·
Siswa dapat
memilih berbagai kegiatan istirahat yang baik yang dapat dilakukan
sehari-hari dan pengaruhnya bagi kesehatan tubuh jika sudah memahami konsep
pemenuhan kebutuhan istirahat dengan baik.
·
Siswa dapat
menulis surat bagi teman-teman yang menghadapi bencana alam agar tetap
mengamalkan nilai-nilai dari sila ke-1 jika telah memahami pengamalan sila
ke-1 dengan baik.
o
Siswa dapat
membaca informasi mengenai negara dengan jenis iklim lainnya yang ada di
dunia jika telah memahami ciri negara Tiongkok sebagai negara sub tropis.
Remedial
·
Guru dapat
menjelaskan kembali manfaat beristirahat bagi kesehatan tubuh kepada siswa
yang belum memahami konsep pemenuhan kebutuhan istirahat.
·
Guru dapat
menjelaskan kembali bunyi sila ke-1 dan contoh pengamalannya dalam kehidupan
sehari-hari bagi siswa yang belum memahami konsep pengamalan sila ke-1.
·
Guru dapat
meminta siswa untuk membaca kembali teks mengenai cirri negara Tiongkok yang
terdapat dalam buku teks bagi siswa yang belum dapat menceritakan kembali isi
teks yang dibacanya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Mengidentifikasi
sikap yang tepat dalam mengisi waktu beristirahat setelah beraktifitas.
Bobot setiap jawaban tepat : 20
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 20
Nilai maksimal :
5 x 20 = 100
3. Keterampilan
a. Mengidentifikasi
sikap yang sesuai dengan pengamalan sila pertama dalam menghadapi bencana
alam.
Bobot setiap jawaban tepat : 20
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 20
Nilai maksimal : 5 x 20 = 100
b. Keterampilan
menceritakan kembali secara tulisan/ lisan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Informasi
dalam cerita
|
Informasi
disampaikan
secara
lengkap
|
Menyampaikan
lebih
dari 50%
informasi
|
Menyampaikan
kurang
dari 50%
informasi.
|
Tidak
menyampaikan
informasi
secara
tepat
|
2
|
Kesesuaian
bahasa
|
Sesuai
dengan
kaidah
Bahasa
Indonesia
|
Sedikit
menggunakan
bahasa sehari-hari
|
Lebih
banyak
menggunakan
bahasa sehari-hari
|
Menggunakan
bahasa
seharihari
seluruhnya
|
b. Pengetahuan pada
kegiatan menjawab pertanyaan mengenai data dalam tabel
􀂇􀀃 Latihan 1 dan 2
Score = Jumlah
jawaban benar x 20
H. Sumber dan Media
􀂇􀀃 Gambar atau liputan lingkungan alam yang terjaga, liputan atau gambar
mengenai
banjir atau kekeringan,
stopwatch atau jam tangan
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
1.
Lambang
apakah gambar di samping?
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Bagaimana bunyi silanya?
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3. Tuhan Yang
Maha Esa menciptakan cuaca sesuai kebutuhan makhluk hidup.
Apa yang akan terjadi bila sepanjang tahun hujan
tidak terjadi ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
4. Bagaimana bila sepanjang tahun tidak ada cuaca
cerah ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment