Home » » TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB2

TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 22 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 3                                        : Perubahan di Alam
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Perubahan iklim dan cuaca/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.8 Mengetahui konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
3.8.1 Menjelaskan konsep kebutuhan istirahat untuk menjaga kesehatan.
4.8 Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8.1 Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan istirahat, untuk menjaga kesehatan.

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Memberikan contoh mengenai perilaku yang tepat ketika menghadapi bencana alam.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
4.1.1 Membuat tabel tentang sikap yang dilakukan ketika menghadapi bencana...
c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.9 Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca dengan tepat.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.11 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat..

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan
2.      Simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.      Isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya.
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan diawali dengan mengucapkan salam dan membaca doa.
o   Siswa mengukur detak jantung dengan arahan guru dan mencatat hasilnya. Dalam kegiatan ini guru menghitung waktu dengan jam tangan.
o   Guru dapat memberi aba-aba untuk memulai dan menghentikannya setelah satu menit.
o   Siswa memerhatikan penjelasan guru me ngenai jumlah detak jantung normal sebelum seseorang beraktivitas.
o   Siswa memperhatikan contoh gerakan cerah, berawan, mendung dan hujan yang diperagakan guru.
o   Siswa berlatih gerakan sesuai instruksi guru.
o   4-5 orang siswa maju untuk beradu cepat mendengar instruksi guru dan melakukan gerakan yang telah dilatih
o   Guru menyebutkan instruksi.
o   Misal: Cerah (siswa memperagakan gerakan cerah) – mendung (siswa menunjukkan gerakan mendung)- hujan (siswa menunjukkan gerakan hujan).
o   Setelah selesai melakukan gerakan olahraga, siswa mengukur kembali detak jantung.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa detak jantung akan meningkat setelah berktivitas.
o   Guru menjelaskan konsep istirahat.
o   Siswa mengerjakan soal di buku siswa mengenai aktifitas yang tepat untuk istirahat.
o   Siswa dan guru mendiskusikan cara yang baik dalam mengisi waktu beristirahat.
o   Guru menumbuhkan ketertarikan siswa dengan menanyakan lambang sila yang tertera pada buku dan menanyakan bunyi silanya.
o   Guru menunjukkan gambar pemandangan alam yang indah dan alam yang rusak, serta mengaitkannya pada kebesaran Tuhan.
o   Siswa mengidentifikasi apa yang akan terjadi apabila cuaca berjalan tidak seimbang, seperti panas sepanjang tahun atau sebaliknya hujan sepanjang Tahun.
o   Guru menjelaskan bahwa Tuhan menciptakan cuaca dengan jumlah hujan dan sinar matahari yangsesuai kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya. Perubahan cuaca dan iklim dapat merugikan manusia dan menimbulkan bencana apabila lingkungan sekitar manusia telah mulai tercemar.
o   Manusia harus dapat mensyukuri ciptaan Tuhan dan ikhlas menerima apa yang ditentukan Tuhan terkait cuaca dan iklim.
o   Siswa menyebutkan cara yang benar dalam menyikapi bencana alam sebagai akibat lingkungan yang rusak dan perubahan iklim dan cuaca.
o   Siswa mengerjakan latihan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa dan guru menyimpulkan bahwa manusia harus memiliki sikap ikhlas dalam rangka menghadapi ketentuan Tuhan seperti bencana alam
o   Guru menumbuhkan ketertarikan siswa dengan menanyakan hal-hal yang mereka ketahui mengenai negara Tiongkok.
o   Dua orang siswa membaca teks percakapan antara
o   Lani dan pamannya.
o   Siswa mengidentifikasi isi teks informatif yang disajikan.
o   Siswa menceritakan kembali informasi yang terdapat dalam bacaan tersebut secara tertulis.
o   Guru berkeliling mengarahkan siswa untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dalam penulisan.
o   Beberapa perwakilan siswa diminta menceritakan informasi yang dituliskannya di depan kelas.

Pengayaan
·         Siswa dapat memilih berbagai kegiatan istirahat yang baik yang dapat dilakukan sehari-hari dan pengaruhnya bagi kesehatan tubuh jika sudah memahami konsep pemenuhan kebutuhan istirahat dengan baik.
·         Siswa dapat menulis surat bagi teman-teman yang menghadapi bencana alam agar tetap mengamalkan nilai-nilai dari sila ke-1 jika telah memahami pengamalan sila ke-1 dengan baik.
o   Siswa dapat membaca informasi mengenai negara dengan jenis iklim lainnya yang ada di dunia jika telah memahami ciri negara Tiongkok sebagai negara sub tropis.

Remedial
·         Guru dapat menjelaskan kembali manfaat beristirahat bagi kesehatan tubuh kepada siswa yang belum memahami konsep pemenuhan kebutuhan istirahat.
·         Guru dapat menjelaskan kembali bunyi sila ke-1 dan contoh pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa yang belum memahami konsep pengamalan sila ke-1.
·         Guru dapat meminta siswa untuk membaca kembali teks mengenai cirri negara Tiongkok yang terdapat dalam buku teks bagi siswa yang belum dapat menceritakan kembali isi teks yang dibacanya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Mengidentifikasi sikap yang tepat dalam mengisi waktu beristirahat setelah beraktifitas.
Bobot setiap jawaban tepat : 20
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 20
Nilai maksimal : 5 x 20 = 100

3.    Keterampilan
a. Mengidentifikasi sikap yang sesuai dengan pengamalan sila pertama dalam menghadapi      bencana alam.
Bobot setiap jawaban tepat : 20
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 20
Nilai maksimal : 5 x 20 = 100

b. Keterampilan menceritakan kembali secara tulisan/ lisan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Informasi
dalam cerita
Informasi
disampaikan secara
lengkap
Menyampaikan
lebih dari 50%
informasi
Menyampaikan
kurang dari 50%
informasi.
Tidak
menyampaikan
informasi secara
tepat
2
Kesesuaian
bahasa
Sesuai dengan
kaidah Bahasa
Indonesia
Sedikit
menggunakan
bahasa sehari-hari
Lebih banyak
menggunakan
bahasa sehari-hari
Menggunakan
bahasa seharihari
seluruhnya

b. Pengetahuan pada kegiatan menjawab pertanyaan mengenai data dalam tabel
􀂇􀀃 Latihan 1 dan 2
       Score = Jumlah jawaban benar x 20


H. Sumber dan Media
􀂇􀀃 Gambar atau liputan lingkungan alam yang terjaga, liputan atau gambar mengenai
        banjir atau kekeringan, stopwatch atau jam tangan




Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

1.     Lambang apakah gambar di samping?

…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….


2. Bagaimana bunyi silanya? 

…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….


3. Tuhan Yang Maha Esa menciptakan cuaca sesuai kebutuhan makhluk hidup.
    Apa yang akan terjadi bila sepanjang tahun hujan tidak terjadi ?

…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
 
4. Bagaimana bila sepanjang tahun tidak ada cuaca cerah ?

…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….



MEDIA

TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB2


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors