RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 3 :
Perubahan di Alam
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Perubahan
iklim dan cuaca/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
3.14 Menentukan perbandingan
data menggunakan table grafik batang, dan grafik lingkaran.
3.14.1
Mengidentifikasi informasi dalam table tiga kolom.
4.11 Mengumpulkan, mencatat,
menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
4.11.1 Membuat table
sederhana berdasarkan data yang
disediakan.
b) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.3 Memahami gerak
kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan
3.3.2
Mengidentifikasi gerak lemah dalam sebuah tari tradisional.
4.9 Mengembangkan
gerak berdasarkan hasil pengamatan alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema
4.9.1 Memperagakan
gerak tarian berdasarkan pengamatan alam sekitar.
c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca,
rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.9
Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca dengan
tepat
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative
hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi,
energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta
alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
.4.1.12 Menguraikan
gagasan pokok dari teks laporan informative secara lisan atau tulis dengan
tepat.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
perbandingan data
menggunakan table grafik batang, dan grafik lingkaran.
2.
gerak berdasarkan
hasil pengamatan alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema
3.
teks laporan
informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi,
perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan
perubahannya
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “perubahan di alam”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan diawali
dengan salam dan berdoa.
o
Siswa
mengidentifikasi perbedaan dua lingkungan alam dalam gambar yang terdapat di
buku paket.
o
Dalam kegiatan
ini guru dapat menayangkan video atau foto lingkungan hutan tropis dan hutan
bersalju (iklim dingin).
o
Guru mengajukan
beberapa pertanyaan yang memancing pengetahuan awal siswa seperti:
o
Apa perbedaan
kedua gambar tersebut?
o
Dari kedua gambar
tersebut, manakah yang ada di Indonesia?
o
Mengapa di
wilayah Indonesia tidak pernah turun salju?
o
Siswa menjawab
pertanyaan awal yang diajukan guru.
o
Siswa membaca
teks informatif yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru bahwa
seluruh negara di dunia dibagi ke dalam empat wilayah iklim. Guru menunjukan
pada bola dunia, daerah yang termasuk dalam iklim tropis, iklim sub tropis,
iklim sedang dan iklim dingin.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang disajikan dalam buku.
o
Siswa dan guru
mendiskusikan jawaban yang tepat dari latihan soal di buku teks.
o
Setelah
mengetahui mengenai iklim, siswa berdiskusi untuk mengetahui perbedaan iklim
dan cuaca.
o
Guru
mengkonfirmasi pengetahuan siswa dengan mengajukan tanya jawab singkat.
o
Guru dan siswa
membuat kesimpulan mengenai iklim dan cuaca. Serta menyimpulkan iklim yang disajikan
dalam gambar.
o
Guru mengulang
kembali pelajaran sebelumnya mengenai cara membaca data dalam bentuk tabel.
o
Guru menampilkan
jenis tabel lain yang merupakan pengembangan tabel sederhana dan mengajak siswa
berlatih membaca tabel yang ditampilkan.
o
Siswa mengerjakan
soal mengenai cara membaca tabel tiga kolom.
o
Siswa
mendiskusikan jawaban yang benar mengenai cara membaca tabel tiga kolom
secara bersamasama dibawah bimbingan guru.
o
Siswa berlatih
membuat tabel sederhana berdasarkan data yang disediakan.
o
Siswa
mendiskusikan jawaban yang benar mengenai cara membuat tabel secara
bersama-sama dibawah bimbingan guru.
o
Dengan bimbingan
guru, siswa menyimpulkan cara membaca tabel tiga kolom.
o
Siswa menyanyikan
kembali lagu Berdayung bersama-sama
o
Guru menjelaskan
dalam seni tari terdapat tari
o
Dayung Sampan
yang menggambarkan kegiatan para nelayan dalam mendayung perahunya untuk mencari
ikan. Gerakan dalam tarian Dayung Sampan merupakan jenis gerakan lemah.
o
Siswa mempelajari
berbagai gerakan tari Dayung
o
Sampan di bawah
bimbingan guru.
o
Siswa putra dapat
mengiringi gerakan tari Dayung
o
Sampan dengan
tepuk birama enam yang telah dipelajari sebelumnya.
o
Siswa menampilkan
hasil latihannya di depan kelas secara berkelompok
Pada kegiatan Penutup
o
Siswa diminta
melakukan observasi sederhana bersama orang tua mengenai jenis tumbuhan yang
ada di sekitar tempat tinggal mereka dan menyimpulkan jenis iklim yang
dimiliki negara Indonesia
o
Siswa diminta
membawa bola plastik untuk hari berikutnya. Proses pembelajaran akan lebih
maksimal dengan ukuran bola plastik yang sama.
o
Bila
memungkinkan, sekolah dapat menyediakannya.
Pengayaan
·
Siswa dapat
memperhatikan bola dunia atau peta dunia dan memperhatikan jenis-jenis iklim
negara di dunia jika telah mengetahui perbedaan setiap jenis iklim di dunia.
o
Siswa dapat
mencontohkan gerakan tari Dayung sampan kepada teman-teman lainnya jika telah
menguasai gerakan tari Dayung Sampan dengan baik dan benar.
o
Siswa dapat
mempelajari berbagai jenis data yang disajikan dalam bentuk lainnya.
Remedial
·
Guru dapat
menjelaskan kembali mengenai iklim di dunia bagi siswa yang belum memahami
konsep dan jenis iklim di dunia.
·
Guru dapat
mencontohkan kembali Tari Dayung Sampan bagi siswa yang belum memahami cara
menarikan tari Dayung Sampan. Guru juga dapat meminta bantuan pada siswa yang
dapat menari dengan baik untuk mencontohkan gerak tari Dayung Sampan.
·
Guru dapat
menjelaskan kembali cara membaca grafik batang dan grafik lingkaran serta
cara membuat tabel bagi siswa yang belum memahami cara membaca grafik batang
dan grafik lingkaran.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
􀂇􀀃 Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks informatif yang
disajikan
􀂇􀀃 Skor maksimal 100
􀂇􀀃 Satu soal
bernilai 25 poin
3. Keterampilan
o Penilaian Keterampilan membawakan Tari Dayung Sampan dalam iringan Lagu
o Berdayung
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Tempo lagu
|
Seluruh
lagu
dinyanyikan
dengan
tempo
yang
tepat dan
stabil
|
Seluruh
lagu
dinyanyikan
dengan
tempo
yang stabil
|
Sebagian
besar lagu dinyanyikan
dengan
tempo
yang stabil
|
Lagu
dinyanyikan
dengan
tempo
yang kurang stabil
|
2
|
Artikulasi,
ekspresi
dan
suara
|
Suara
lantang,
Ekspresif
dalam
menyanyikan
lagu, artikulasi jelas
|
Satu dari
tiga
kriteria
baik sekali
tidak ada
|
Dua dari
tiga
kriteria
sangat
baik tidak ada
|
Seluruh kriteria
tidak terlihat
|
3
|
Urutan
gerakan tari
|
Seluruh
urutan
gerakan
benar
|
Sebagian
besar
urutan
gerakan
benar
|
Sebagian
kecil
Urutan gerakan
benar
|
Sebagian
besar
urutan
gerakan
tari
kurang benar
|
4
|
Teknik
tarian
|
Gerakan dibawakan
dengan
jelas,
semangat dan
percaya
diri
|
Satu dari
tiga
kriteria
baik sekali
tidak ada
|
Dua dari
tiga
kriteria
sangat
baik
tidak ada
|
Seluruh
kriteria
tidak
terlihat
|
b. Pengetahuan pada
kegiatan menjawab pertanyaan mengenai data dalam tabel
􀂇􀀃 Latihan 1 dan 2
Score = Jumlah
jawaban benar x 20
H. Sumber dan Media
1.
Gambar atau liputan
hutan pinus bersalju dan hutan tropis Indonesia.
2.
Globe (bola dunia).
3.
Contoh tabel dua
kolom dan tabel lain yang merupakan pengembangan tabel sederhana. Contoh tabel
ini dapat diambil dari koran, majalah atau dibuat oleh guru sebelum
pembelajaran dimulai
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Perhatikanlah tabel yang menunjukkan hasil panen
beberapa tanaman pangan di musim hujan dan musim kemarau
Tanaman
Pangan
|
Hasil panen
dimusim hujan
|
Hasil Panen
dimusim kemarau
|
Kedelai
|
200 kg
|
300 kg
|
Pisang
|
300 kg
|
150 kg
|
Padi
|
400 kg
|
100 kg
|
Jagung
|
150 kg
|
350 kg
|
Kacang Tanah
|
100 kg
|
250 kg
|
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari cara membaca tabel.
Perhatikan kolom dan baris di atas, dan jawablah pertanyaan
di bawah
ini:
1.
Hasil panen
pisang di musim hujan adalah ........ kg, sedangkan pada musim kemarau adalah
........ kg.
2.
Hasil panen
jagung di musim hujan adalah ......... kg, sedangkan pada musim kemarau adalah
........ kg.
3.
Hasil panen
kacang tanah di musim hujan adalah ........ kg, sedangkan pada musim kemarau
adalah ........ kg.
4.
Hasil panen
....................... di musim hujan adalah 200 kg.
5.
Hasil panen
....................... di musim kemarau adalah 250 kg.
Diskusikan
bersama guru dan temanmu, jenis tanaman apa yang tumbuh lebih baik di musim
kemarau dan di musim hujan?
MEDIA
TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB1
TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB2
TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB1
TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB2
TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment