Home » » TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB3

TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 22 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 3                                        : Perubahan di Alam
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Perubahan iklim dan cuaca/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan table grafik batang, dan grafik lingkaran.
3.14.1 Mengidentifikasi informasi dalam table tiga kolom.
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
4.11.1 Membuat table sederhana berdasarkan data yang disediakan.

b) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.3 Memahami gerak kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan
3.3.2 Mengidentifikasi gerak lemah dalam sebuah tari tradisional.
4.9 Mengembangkan gerak berdasarkan hasil pengamatan alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema
4.9.1 Memperagakan gerak tarian berdasarkan pengamatan alam sekitar.

c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.9 Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca dengan tepat
 4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
.4.1.12 Menguraikan gagasan pokok dari teks laporan informative secara lisan atau tulis dengan tepat.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      perbandingan data menggunakan table grafik batang, dan grafik lingkaran.
2.      gerak berdasarkan hasil pengamatan alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema
3.      teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan diawali dengan salam dan berdoa.
o   Siswa mengidentifikasi perbedaan dua lingkungan alam dalam gambar yang terdapat di buku paket.
o   Dalam kegiatan ini guru dapat menayangkan video atau foto lingkungan hutan tropis dan hutan bersalju (iklim dingin).
o   Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang memancing pengetahuan awal siswa seperti:
o   Apa perbedaan kedua gambar tersebut?
o   Dari kedua gambar tersebut, manakah yang ada di Indonesia?
o   Mengapa di wilayah Indonesia tidak pernah turun salju?
o   Siswa menjawab pertanyaan awal yang diajukan guru.
o   Siswa membaca teks informatif yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru bahwa seluruh negara di dunia dibagi ke dalam empat wilayah iklim. Guru menunjukan pada bola dunia, daerah yang termasuk dalam iklim tropis, iklim sub tropis, iklim sedang dan iklim dingin.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang disajikan dalam buku.
o   Siswa dan guru mendiskusikan jawaban yang tepat dari latihan soal di buku teks.
o   Setelah mengetahui mengenai iklim, siswa berdiskusi untuk mengetahui perbedaan iklim dan cuaca.
o   Guru mengkonfirmasi pengetahuan siswa dengan mengajukan tanya jawab singkat.
o   Guru dan siswa membuat kesimpulan mengenai iklim dan cuaca. Serta menyimpulkan iklim yang disajikan dalam gambar.
o   Guru mengulang kembali pelajaran sebelumnya mengenai cara membaca data dalam bentuk tabel.
o   Guru menampilkan jenis tabel lain yang merupakan pengembangan tabel sederhana dan mengajak siswa berlatih membaca tabel yang ditampilkan.
o   Siswa mengerjakan soal mengenai cara membaca tabel tiga kolom.
o   Siswa mendiskusikan jawaban yang benar mengenai cara membaca tabel tiga kolom secara bersamasama dibawah bimbingan guru.
o   Siswa berlatih membuat tabel sederhana berdasarkan data yang disediakan.
o   Siswa mendiskusikan jawaban yang benar mengenai cara membuat tabel secara bersama-sama dibawah bimbingan guru.
o   Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan cara membaca tabel tiga kolom.
o   Siswa menyanyikan kembali lagu Berdayung bersama-sama
o   Guru menjelaskan dalam seni tari terdapat tari
o   Dayung Sampan yang menggambarkan kegiatan para nelayan dalam mendayung perahunya untuk mencari ikan. Gerakan dalam tarian Dayung Sampan merupakan jenis gerakan lemah.
o   Siswa mempelajari berbagai gerakan tari Dayung
o   Sampan di bawah bimbingan guru.
o   Siswa putra dapat mengiringi gerakan tari Dayung
o   Sampan dengan tepuk birama enam yang telah dipelajari sebelumnya.
o   Siswa menampilkan hasil latihannya di depan kelas secara berkelompok
Pada kegiatan Penutup
o   Siswa diminta melakukan observasi sederhana bersama orang tua mengenai jenis tumbuhan yang ada di sekitar tempat tinggal mereka dan menyimpulkan jenis iklim yang dimiliki negara Indonesia
o   Siswa diminta membawa bola plastik untuk hari berikutnya. Proses pembelajaran akan lebih maksimal dengan ukuran bola plastik yang sama.
o   Bila memungkinkan, sekolah dapat menyediakannya.

Pengayaan
·         Siswa dapat memperhatikan bola dunia atau peta dunia dan memperhatikan jenis-jenis iklim negara di dunia jika telah mengetahui perbedaan setiap jenis iklim di dunia.
o   Siswa dapat mencontohkan gerakan tari Dayung sampan kepada teman-teman lainnya jika telah menguasai gerakan tari Dayung Sampan dengan baik dan benar.
o   Siswa dapat mempelajari berbagai jenis data yang disajikan dalam bentuk lainnya.

Remedial
·         Guru dapat menjelaskan kembali mengenai iklim di dunia bagi siswa yang belum memahami konsep dan jenis iklim di dunia.
·         Guru dapat mencontohkan kembali Tari Dayung Sampan bagi siswa yang belum memahami cara menarikan tari Dayung Sampan. Guru juga dapat meminta bantuan pada siswa yang dapat menari dengan baik untuk mencontohkan gerak tari Dayung Sampan.
·         Guru dapat menjelaskan kembali cara membaca grafik batang dan grafik lingkaran serta cara membuat tabel bagi siswa yang belum memahami cara membaca grafik batang dan grafik lingkaran.
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
􀂇􀀃 Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks informatif yang
        disajikan
􀂇􀀃 Skor maksimal 100
􀂇􀀃 Satu soal bernilai 25 poin

3. Keterampilan
o    Penilaian Keterampilan membawakan Tari Dayung Sampan dalam iringan Lagu
o    Berdayung
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Tempo lagu
Seluruh lagu
dinyanyikan
dengan tempo
yang tepat dan
stabil
Seluruh lagu
dinyanyikan
dengan tempo
yang stabil
Sebagian besar lagu dinyanyikan
dengan tempo
yang stabil
Lagu dinyanyikan
dengan tempo
yang kurang stabil
2
Artikulasi,
ekspresi dan
suara
Suara lantang,
Ekspresif dalam
menyanyikan lagu, artikulasi jelas
Satu dari tiga
kriteria baik sekali
tidak ada
Dua dari tiga
kriteria sangat
baik tidak ada
Seluruh kriteria
tidak terlihat
3
Urutan gerakan tari
Seluruh urutan
gerakan benar
Sebagian besar
urutan gerakan
benar
Sebagian kecil
Urutan gerakan
benar
Sebagian besar
urutan gerakan
tari kurang benar
4
Teknik tarian
Gerakan dibawakan
dengan jelas,
semangat dan
percaya diri
Satu dari tiga
kriteria baik sekali
tidak ada
Dua dari tiga
kriteria sangat
baik tidak ada
Seluruh kriteria
tidak terlihat

b. Pengetahuan pada kegiatan menjawab pertanyaan mengenai data dalam tabel
􀂇􀀃 Latihan 1 dan 2
       Score = Jumlah jawaban benar x 20

H. Sumber dan Media
1.      Gambar atau liputan hutan pinus bersalju dan hutan tropis Indonesia.
2.      Globe (bola dunia).
3.      Contoh tabel dua kolom dan tabel lain yang merupakan pengembangan tabel sederhana. Contoh tabel ini dapat diambil dari koran, majalah atau dibuat oleh guru sebelum pembelajaran dimulai


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Perhatikanlah tabel yang menunjukkan hasil panen
beberapa tanaman pangan di musim hujan dan musim kemarau
Tanaman
Pangan
Hasil panen
dimusim hujan
Hasil Panen
dimusim kemarau
Kedelai
200 kg
300 kg
Pisang
300 kg
150 kg
Padi
400 kg
100 kg
Jagung
150 kg
350 kg
Kacang Tanah
100 kg
250 kg

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari cara membaca tabel. Perhatikan kolom dan baris di atas, dan jawablah pertanyaan
di bawah ini:
 1.   Hasil panen pisang di musim hujan adalah ........ kg, sedangkan pada musim kemarau adalah ........ kg.
2.   Hasil panen jagung di musim hujan adalah ......... kg, sedangkan pada musim kemarau adalah ........ kg.
3.   Hasil panen kacang tanah di musim hujan adalah ........ kg, sedangkan pada musim kemarau adalah ........ kg.
4.   Hasil panen ....................... di musim hujan adalah 200 kg.
5.   Hasil panen ....................... di musim kemarau adalah 250 kg.

Diskusikan bersama guru dan temanmu, jenis tanaman apa yang tumbuh lebih baik di musim kemarau dan di musim hujan?

MEDIA

TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB3


TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB3

TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB1
TEMA 3 KELAS 3 SUB 2 PB2
TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB1
TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB2

TEMA 3 KELAS 3 SUB 1 PB3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors