(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 3 :
Perubahan di Alam
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Perubahan Musim/
1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib
dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan
tugas.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat
dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.5 Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan
menggunakan penambahan/ pengurangan bilangan sampai dua angka.
3.5.1.
Mengidentifikasi operasi hitung perkalian dan pembagian
4.2. Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat
benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.8. Melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian.
b) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.2 Membedakan pola
irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
3.2.2.
Mengidentifikasi pola irama bervariasi lagu bertanda birama enam.
4.7 Menyanyikan
lagu anakanak bertanda birama enam sesuai dengan isi lagu.
4.7.2 Menyanyikan
lagu anak-anak bertanda birama enam dengan mandiri
c) Bahasa Indonesia
1 1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap
makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informative
hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi,
energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta
alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.9
Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca
secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative
hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi,
energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta
alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.11 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara
lisan atau tulis dengan tepat..
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. operasi hitung perkalian dan pembagian
2. pola irama bervariasi lagu bertanda birama enam
3. isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “perubahan di alam”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menyapa
siswa dan mengkondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o
Salah satu siswa
diminta untuk memimpin doa.
o
Guru menjelaskan
siswa kegiatan dan tujuan pembelajaran hari ini.
o
Pada awal
pembelajaran siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan guru yaitu:
–
Apakah setiap hari kondisi cuaca sama?
–
Apakah setiap bulan kondisi cuaca sama?
–
Mengapa kondisi cuaca berbeda-beda?
o
Siswa diberikan
kesempatan untuk mengemukakan Pendapatnya
o
Guru membimbing
siswa melakukan percoban.
o
Percobaan
memerlukan bahan bahan sebagai berikut:
–
1 buah jeruk.
–
1 batang spidol.
–
1 batang lilin atau senter.
–
1 batang tusuk sate.
–
1 batang korek api.
o
Cara melakukan
percobaan:
–
Nyalakan lilin atau senter.
–
Tusukkan tusuk sate pada buah jeruk.
–
Buatlah garis vertikal yang membagi jeruk menjadi
dua bagian.
–
Berilah tanda huruf A pada satu bagian dan huruf B
pada bagian yang lain.
–
Peganglah buah jeruk pada bagian tusuk sate.
–
Hadapkan bagai A buah jeruk ke lilin atau senter, sehingga
bagian tersebut terkena sinar.
–
Putarlah buah jeruk dengan tusuk sate sebagai porosnya.
–
Selain berputar pada porosnya, buatlah gerakan buah
jeruk mengelilingi lilin atau senter.
–
Catatlah bagian jeruk yang terkena sinar.
–
Guru mengondisikan siswa ke dalam beberapa kelompok.
Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa.
–
Setiap kelompok melakukan percobaan.
o
Siswa mengamati
bagian buah jeruk yang terkena sinar.
o
Siswa menggambar
hasil pengamatan.
o
Siswa berdiskusi
dengan teman sekelompoknya mengenai perubahan bagian pada buah jeruk yang terkena
sinar.
o
Siswa membaca
teks laporan mengenai perubahan musim di Indonesia.
Perubahan Musim di Indonesia
o
Indonesia termasuk negara tropis yaitu negara yang
memiliki
dua musim. Musim–musim itu adalah musim hujan dan
musim kemarau. Musim hujan terjadi di bulan Oktober
sampai
April. Sementara musim kemarau terjadi pada bulan
April
sampai Oktober. Perubahan musim disebabkan karena
posisi
kemiringan bumi dan revolusi bumi. Revolusi Bumi
adalah
gerakan bumi mengelilingi matahari. Saat bumi
mengelilingi
matahari, bumi membentuk sudut kemiringan. Revolusi
bumi tidak dapat kita rasakan. Namun revolusi bumi
dan
kemiringan bumi menyebabkan banyaknya sinar matahari
yang diterima bumi berbeda beda. Inilah yang
menyebabkan
terjadi pergantian musim di bumi. Kedua musim yang
terjadi
di Indonesia menyebabkan Indonesia kaya akan
berbagai jenis
tumbuhan dan hewan. Indonesia memiliki hutan musim
dan
hutan hujan tropis.
o
Guru mengamati
kegiatan membaca siswa dan membimbing siswa untuk memahami isi teks laporan.
o
Siswa menjawab
petanyaan berkaitan dengan teks laporan yang dibaca.
o
Siswa
mendiskusikan jawaban yang diberikan.
o
Siswa mengamati
gambar hutan hujan tropis
o
Guru membimbing
siswa untuk menceritakan secara lisan mengenai gambar yang diamati dan
mengarahkan siswa untuk bercerita dengan menjawab pertanyaan berikut:
–
Sebutkan nama-nama hewan pada gambar?
–
Ada berapakah hewan berkaki empat pada gambar?
–
Hitunglah jumlah kaki hewan pada gambar!
o
Siswa lain
menyimak cerita temannya dan menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
o
Siswa mengamati
gambar kelompok hewan.
o
Siswa menggunakan
operasi hitung perkalian untuk menjawab pertanyaan pada gambar.
o
Guru membimbing
siswa menggunakan operasi hitung perkalian.
o
Setelah
menyelesaikan soal mengenai operasi hitung perkalian, siswa mendengarkan
penjelasan guru mengenai keanekaragaman satwa di hutan hujan tropis.
o
Guru memberikan
penjelasan bahwa dengan keaneka ragaman flora di Indonesia menyebabkan
o
Indonesia
memiliki banyak satwa seperti aneka burung.
o
Guru memainkan
irama lagu birama enam dengan alat musik ritmis.
o
Guru membimbing
siswa menyanyikan lagu Burung Tantina.
o
Siswa menyanyikan
lagu Burung Tantina diiringi alat musik ritmis.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
D.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tulis (isian)
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100
Skor = x 100
3. Penilaian
Ketrampilan
a. Membuat cerita
dari gambar yang diamati
Penilaian:
Observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan
kegiatan bercerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuain
cerita dengan
gambar.
|
Seluruh gambar
diceritakan sesuai
dengan isi cerita
|
Setengah atau
lebih gambar
diceritakan
namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Kurang dari
setengah
gambar yang
diceritakan
namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Kurang
dari
setengah
gambar
yang
diceritakan
namun
dilakukan
dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kemampuan
bercerita.
|
Mampu bercerita
dengan lancar
|
Sebagian
besar
cerita
disampaokan
dengan lancar
|
Sebagian
kecil
cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Belum
mampu
bercerita
dengan
lancar.
|
Volume
suara
|
Terdengar
sampai
seluruh
ruang
kelas.
|
Terdengar
Sampai setengah
ruang
kelas
|
Terdengar
hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara
sangat
pelan
atau tidak
terdengar
|
b. Menggunakan
operasi perkalian sebagai penyelesaian pada soal cerita.
Pedoman penskoran
Instrumen
penilaian: tes tulis (isian)
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100
Skor = x 100
c. Menyanyikan lagu Burung Tantina
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Tempo lagu
|
Seluruh lagu
dinyanyikan
dengan tempo yang tepat
|
Tempo
tepat
dinyanyikan
lebih
dari
setengah lagu
|
Tempo
tepat
dinyanyikan
kurang
dari
setengah lagu
|
Tempo
tidak tepat
sama sekali
|
2
|
Artikulasi,
eksprsi
dan suara
|
Suara lantang,
ekspresif dalam
menyanyikan lagu, artikulasi jelas
|
Satu dari tiga
kriteria tidak
ada
|
Dua dari tiga
kriteria tidak ada
|
Seluruh kriteria
tidak terlihat
|
H. Sumber dan Media
1. Gambar percobaan simulasi revolusi bumi.
2. Alat-alat untuk percobaan seperti: lampu atau lilin, buah jeruk, tusuk
sate dan korek api.
2. Berbagai jenis alat musik ritmis seperti gendang dan tamborin.
3. Teks laporan mengenai perubahan musim di Indonesia.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Lengkapilah isi bacaan di bawah sesuai teks laporan.
Negara …………… adalah negara yang memiliki dua musim.
Musim …………… dan musim …………… adalah dua musim yang terjadi di Indonesia. Bulan
Oktober sampai …………… biasanya sering terjadi ……………. Bulan …………… sampai Oktober
jarang terjadi hujan karena saat itu adalah musim ……………
Perubahan musim disebabkan oleh posisi kemiringan
…………… dan ……………bumi. Bumi berputar mengelilingi …………… Peristiwa ini disebut
…………….
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment