Home » » TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB1

TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 22 October 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 3                                        : Perubahan di Alam
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Perubahan Musim/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.3  Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.5  Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/ pengurangan bilangan sampai dua angka.
3.5.1. Mengidentifikasi operasi hitung perkalian dan pembagian
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
 4.2.8. Melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian.

b) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.2 Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
3.2.2. Mengidentifikasi pola irama bervariasi lagu bertanda birama enam.
4.7 Menyanyikan lagu anakanak bertanda birama enam sesuai dengan isi lagu.
4.7.2 Menyanyikan lagu anak-anak bertanda birama enam dengan mandiri

c) Bahasa Indonesia
1 1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1  Menggali informasi dari teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.9 Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1  Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.11 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat..

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      operasi hitung perkalian dan pembagian
2.      pola irama bervariasi lagu bertanda birama enam
3.      isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya

  Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyapa siswa dan mengkondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o   Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
o   Guru menjelaskan siswa kegiatan dan tujuan pembelajaran hari ini.
o   Pada awal pembelajaran siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan guru yaitu:
        Apakah setiap hari kondisi cuaca sama?
        Apakah setiap bulan kondisi cuaca sama?
        Mengapa kondisi cuaca berbeda-beda?
o   Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan Pendapatnya
o   Guru membimbing siswa melakukan percoban.
o   Percobaan memerlukan bahan bahan sebagai berikut:
        1 buah jeruk.
        1 batang spidol.
        1 batang lilin atau senter.
        1 batang tusuk sate.
        1 batang korek api.
o   Cara melakukan percobaan:
        Nyalakan lilin atau senter.
        Tusukkan tusuk sate pada buah jeruk.
        Buatlah garis vertikal yang membagi jeruk menjadi dua bagian.
        Berilah tanda huruf A pada satu bagian dan huruf B pada bagian yang lain.
        Peganglah buah jeruk pada bagian tusuk sate.
        Hadapkan bagai A buah jeruk ke lilin atau senter, sehingga bagian tersebut terkena sinar.
        Putarlah buah jeruk dengan tusuk sate sebagai porosnya.
        Selain berputar pada porosnya, buatlah gerakan buah jeruk mengelilingi lilin atau senter.
        Catatlah bagian jeruk yang terkena sinar.
        Guru mengondisikan siswa ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa.
        Setiap kelompok melakukan percobaan.
o   Siswa mengamati bagian buah jeruk yang terkena sinar.
o   Siswa menggambar hasil pengamatan.
o   Siswa berdiskusi dengan teman sekelompoknya mengenai perubahan bagian pada buah jeruk yang terkena sinar.
o   Siswa membaca teks laporan mengenai perubahan musim di Indonesia.

Perubahan Musim di Indonesia
o   Indonesia termasuk negara tropis yaitu negara yang memiliki
dua musim. Musim–musim itu adalah musim hujan dan
musim kemarau. Musim hujan terjadi di bulan Oktober sampai
April. Sementara musim kemarau terjadi pada bulan April
sampai Oktober. Perubahan musim disebabkan karena posisi
kemiringan bumi dan revolusi bumi. Revolusi Bumi adalah
gerakan bumi mengelilingi matahari. Saat bumi mengelilingi
matahari, bumi membentuk sudut kemiringan. Revolusi
bumi tidak dapat kita rasakan. Namun revolusi bumi dan
kemiringan bumi menyebabkan banyaknya sinar matahari
yang diterima bumi berbeda beda. Inilah yang menyebabkan
terjadi pergantian musim di bumi. Kedua musim yang terjadi
di Indonesia menyebabkan Indonesia kaya akan berbagai jenis
tumbuhan dan hewan. Indonesia memiliki hutan musim dan
hutan hujan tropis.
o   Guru mengamati kegiatan membaca siswa dan membimbing siswa untuk memahami isi teks laporan.
o   Siswa menjawab petanyaan berkaitan dengan teks laporan yang dibaca.
o   Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan.
o   Siswa mengamati gambar hutan hujan tropis
o   Guru membimbing siswa untuk menceritakan secara lisan mengenai gambar yang diamati dan mengarahkan siswa untuk bercerita dengan menjawab pertanyaan berikut:
        Sebutkan nama-nama hewan pada gambar?
        Ada berapakah hewan berkaki empat pada gambar?
        Hitunglah jumlah kaki hewan pada gambar!
o   Siswa lain menyimak cerita temannya dan menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
o   Siswa mengamati gambar kelompok hewan.
o   Siswa menggunakan operasi hitung perkalian untuk menjawab pertanyaan pada gambar.
o   Guru membimbing siswa menggunakan operasi hitung perkalian.
o   Setelah menyelesaikan soal mengenai operasi hitung perkalian, siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai keanekaragaman satwa di hutan hujan tropis.
o   Guru memberikan penjelasan bahwa dengan keaneka ragaman flora di Indonesia menyebabkan
o   Indonesia memiliki banyak satwa seperti aneka burung.
o   Guru memainkan irama lagu birama enam dengan alat musik ritmis.
o   Guru membimbing siswa menyanyikan lagu Burung Tantina.
o   Siswa menyanyikan lagu Burung Tantina diiringi alat musik ritmis.


 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

D.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tulis (isian)
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100

Skor =  x 100

3. Penilaian Ketrampilan
a. Membuat cerita dari gambar yang diamati
    Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan kegiatan bercerita
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuain cerita dengan gambar.
Seluruh gambar
diceritakan sesuai
dengan isi cerita

Setengah atau
lebih gambar
diceritakan
namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
Kurang dari
setengah
gambar yang
diceritakan
namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru

Kurang dari
setengah gambar
yang diceritakan
namun dilakukan
dengan
bimbingan guru
2
Kemampuan
bercerita.
Mampu bercerita
dengan lancar
Sebagian
besar cerita
disampaokan
dengan lancar
Sebagian
kecil cerita
disampaikan
dengan lancar

Belum mampu
bercerita dengan
lancar.

Volume suara
Terdengar sampai
seluruh ruang
kelas.
Terdengar
Sampai setengah ruang
kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas

Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar

b. Menggunakan operasi perkalian sebagai penyelesaian pada soal cerita.
Pedoman penskoran
Instrumen penilaian: tes tulis (isian)
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100

Skor =  x 100




c. Menyanyikan lagu Burung Tantina

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Tempo lagu
Seluruh lagu
dinyanyikan
dengan tempo yang tepat
Tempo tepat
dinyanyikan
lebih dari
setengah lagu
Tempo tepat
dinyanyikan
kurang dari
setengah lagu

Tempo tidak tepat
sama sekali
2
Artikulasi, eksprsi
dan suara
Suara lantang,
ekspresif dalam
menyanyikan lagu, artikulasi jelas
Satu dari tiga
kriteria tidak
ada
Dua dari tiga
kriteria tidak ada
Seluruh kriteria
tidak terlihat


H. Sumber dan Media
1.      Gambar percobaan simulasi revolusi bumi.
2.      Alat-alat untuk percobaan seperti: lampu atau lilin, buah jeruk, tusuk sate dan korek api.
2.      Berbagai jenis alat musik ritmis seperti gendang dan tamborin.
3.      Teks laporan mengenai perubahan musim di Indonesia.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                             NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)



Lengkapilah isi bacaan di bawah sesuai teks laporan.

Negara …………… adalah negara yang memiliki dua musim. Musim …………… dan musim …………… adalah dua musim yang terjadi di Indonesia. Bulan Oktober sampai …………… biasanya sering terjadi ……………. Bulan …………… sampai Oktober jarang terjadi hujan karena saat itu adalah musim ……………
Perubahan musim disebabkan oleh posisi kemiringan …………… dan ……………bumi. Bumi berputar mengelilingi …………… Peristiwa ini disebut …………….


MEDIA

TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB1
TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors