RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 3 :
Perubahan di Alam
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Perubahan Musim/
2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1. Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.8
Mengetahui konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga
kesehatan.
4.8
Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang
untuk menjaga kesehatan.Indikator:
3.8.1
Menjelaskan konsep kebutuhan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8.3
Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan waktu luang untuk menjaga kesehatan
b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik,
psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
3.1 Memahami
simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol silasila Pancasila.
3.1.2 Menjelaskan
makna simbol sila pertama Pancasila.
4.1.2 Melakukan pengamatan
tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila.
c) Bahasa Indonesia
1 1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap
makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informative
hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi,
energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta
alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative
hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi,
energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta
alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.9 Mengidentifikasii
teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau
tulis dengan tepat.
4.1.11 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara
lisan atau tulis dengan tepat.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Konsep
kebutuhan istirahat,
tidur, dan pengisian
waktu luang
untuk menjaga kesehatan.
2. Simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3. Isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “perubahan di alam”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengkondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
perbedaan antara dua ilustrasi gambar.
o
Siswa diberikan
kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
o
Siswa membaca
teks laporan mengenai musim kemarau dan musim penghujan
Musim
Kemarau
Musim
kemarau terjadi pada bulan April sampai
Oktober.
Saat musim kemarau, hujan turun sangat
jarang.
Akibatnya cuaca terasa panas. Di beberapa
daerah,
musim kemarau yang panjang dapat berakibat
kekeringan.
Jika terjadi kekeringan maka hasil pertanian
dapat
berkurang. Hal ini disebabkan karena tanaman
sulit
mendapatkan air. Namun ada juga tanaman
yang
dapat beradaptasi di musim kemarau. Sehingga
walaupun
sulit mendapat air dan jarang hujan, tanaman
ini mampu
tetap hidup. Tanaman–tanaman itu adalah jagung, ubi jalar, jagung dan sorgum.
Musim
Hujan
Musim
hujan terjadi pada bulan Oktober sampai April.
Ciri
musim hujan adalah hujan sering terjadi. Saat musim
hujan,
cuaca terasa sejuk. Hujan yang sering terjadi dapat
menambah
air di tanah. Tanaman yang cocok ditanam
saat
musim hujan adalah padi. Padi ditanam saat hujan
sering
terjadi. Jika hujan tidak terlalu sering lagi, petani
dapat
menanam tanaman sayuran. Agar saat musim
kemarau
sayuran dapat di panen. Musim hujan yang
berkepanjangan
dapat menye bab kan terjadinya banjir.
o
Guru mengamati kegiatan
membaca siswa dan membimbing siswa untuk memahami isi teks laporan.
o
Siswa
mengidentifikasi perbedaan pada kedua teks laporan dengan mengisi tabel
perbedaan.
o
Siswa menuliskan
perbedaan tersebut dalam peta konsep.
o
Guru membimbing
siswa untuk menceritakan secara lisan mengenai perbedaan kedua isi teks
laporan
o
Guru memberikan
penjelasan bahwa perubahan musim yang terjadi adalah sebuah nikmat dari Tuhan
Yang Maha Esa yang patut disyukuri. Mensyukuri nikmat Tuhan termasuk
pengamalan sila pertama Pancasila.
o
Siswa mengamati
gambar lambang sila pertama Pancasila.
o
Siswa
mendeskripsikan secara tertulis lambang sila pertama Pancasila.
o
Siswa berdiskusi
dengan temannya mengenai kegiatan ibadah yang dilakukan di rumah
o
Siswa membuat
tabel kegiatan ibadah harian di rumah
o
Siswa membuat
tabel kegiatan harian di sekolah
o
Setelah membuat
tabel kegiatan harian, siswa mengidentifikasi waktu luang di sekolah yang dimilikinya
o
Siswa mengamati
beberapa gambar mengenai kegiatan mengisi waktu luang.
o
Siswa menentukan
kegiatan yang tepat dilakukan untuk mengisi waktu luang.
o
Guru membimbing
siswa merencanakan kegiatan menyehatkan untuk mengisi waktu luang.
o
Di akhir
pembelajaran guru menjelaskan siswa untuk selalu disiplin dalam menjalankan
kegiatan sehari-hari. Waktu luang yang dimiliki siswa dapat digunakan untuk
berbagai kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan.
Remedial
1.
Guru membimbing
siswa membaca isi teks laporan sehingga memahami isi teks bagi siswa yang
belum memahami.
2.
Guru membahas
kembali makna lambang sila pertama Pancasila bagi siswa yang belum memahami.
3.
Guru membimbing
siswa menyusun daftar kegiatan harian bagi siswa yang belum memahami.
Kegiatan
Alternatif (Pengayaan)
1.
Guru memberikan
permainan teka teki silang mengenai pengamalan sila pertama Pancasila.
2.
Guru menugaskan
siswa untuk membuat daftar kegiatan harian di rumah.
3.
Guru menugaskan
siswa untuk mendeskripsikan beberapa tanaman dan kondisi lingkungan yang
mendukung pertumbuhannya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
D.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Memahami isi teks
laporan dan peta konsep
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100
Skor = x 100
3. Penilaian
Ketrampilan
a. Menyusun daftar
kegiatan harian
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Variasi
jenis
kegiatan.
|
Variasi kegiatan
sampai 10 kegaitan
|
Variasi kegiatan
8-9 kegiatan.
|
Variasi
kegiatan
6-8 kegiatan
|
Variasi
kegiatan
kurang dari 5.
|
2
|
Pemilihan waktu
|
Semua kegiatan
disusun pada waktu yang tepat
|
Lebih
dari
setengah
kegiatan
disusun
pada
waktu
yang
tepat
|
Kurang dari
setengah
kegiatan disusun
pada waktu yang tepat
|
Tidak
mencantumkan
waktu pada
daftar
kegiatan
harian
|
H. Sumber dan Media
1. Teks laporan mengenai musim kemarau dan musim hujan.
2. Gambar lambang sila pertama Pancasila.
3. Tabel kegiatan harian siswa..
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Lengkapilah
tabel berikut berdasarkan isi teks laporan.
Jenis nmusim
|
Waktu terjadi
|
Tanaman yang cocok
ditanam
|
Bencana
yang dapat
ditimbulkan
|
……………………
……………………
……………………
|
Oktober
Sampai
April
|
……………………
……………………
……………………
|
……………………
……………………
……………………
|
……………………
……………………
……………………
|
April
Sampai
Oktober
|
……………………
……………………
……………………
|
……………………
……………………
……………………
|
Dari teks tentang Musim
Kemarau dan Musim Hujan, buatlah ringkasanmu di bawah ini:
Media
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment