Home » » TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB2

TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 22 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 3                                        : Perubahan di Alam
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Perubahan Musim/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.8 Mengetahui konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8 Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.Indikator:
3.8.1 Menjelaskan konsep kebutuhan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
4.8.3 Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan waktu luang untuk menjaga kesehatan

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
3.1.2 Menjelaskan makna simbol sila pertama Pancasila.
4.1.2 Melakukan pengamatan tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila.

c) Bahasa Indonesia
1 1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1  Menggali informasi dari teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1  Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.9 Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1.11 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
2.      Simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.      Isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya

  Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit

B.Kegiatan Inti

o   Pada awal pembelajaran, guru mengkondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan perbedaan antara dua ilustrasi gambar.
o   Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
o   Siswa membaca teks laporan mengenai musim kemarau dan musim penghujan

Musim Kemarau
Musim kemarau terjadi pada bulan April sampai
Oktober. Saat musim kemarau, hujan turun sangat
jarang. Akibatnya cuaca terasa panas. Di beberapa
daerah, musim kemarau yang panjang dapat berakibat
kekeringan. Jika terjadi kekeringan maka hasil pertanian
dapat berkurang. Hal ini disebabkan karena tanaman
sulit mendapatkan air. Namun ada juga tanaman
yang dapat beradaptasi di musim kemarau. Sehingga
walaupun sulit mendapat air dan jarang hujan, tanaman
ini mampu tetap hidup. Tanaman–tanaman itu adalah jagung, ubi jalar, jagung dan sorgum.

Musim Hujan
Musim hujan terjadi pada bulan Oktober sampai April.
Ciri musim hujan adalah hujan sering terjadi. Saat musim
hujan, cuaca terasa sejuk. Hujan yang sering terjadi dapat
menambah air di tanah. Tanaman yang cocok ditanam
saat musim hujan adalah padi. Padi ditanam saat hujan
sering terjadi. Jika hujan tidak terlalu sering lagi, petani
dapat menanam tanaman sayuran. Agar saat musim
kemarau sayuran dapat di panen. Musim hujan yang
berkepanjangan dapat menye bab kan terjadinya banjir.

o   Guru mengamati kegiatan membaca siswa dan membimbing siswa untuk memahami isi teks laporan.
o   Siswa mengidentifikasi perbedaan pada kedua teks laporan dengan mengisi tabel perbedaan.
o   Siswa menuliskan perbedaan tersebut dalam peta konsep.
o   Guru membimbing siswa untuk menceritakan secara lisan mengenai perbedaan kedua isi teks laporan
o   Guru memberikan penjelasan bahwa perubahan musim yang terjadi adalah sebuah nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa yang patut disyukuri. Mensyukuri nikmat Tuhan termasuk pengamalan sila pertama Pancasila.
o   Siswa mengamati gambar lambang sila pertama Pancasila.
o   Siswa mendeskripsikan secara tertulis lambang sila pertama Pancasila.
o   Siswa berdiskusi dengan temannya mengenai kegiatan ibadah yang dilakukan di rumah
o   Siswa membuat tabel kegiatan ibadah harian di rumah
o   Siswa membuat tabel kegiatan harian di sekolah
o   Setelah membuat tabel kegiatan harian, siswa mengidentifikasi waktu luang di sekolah yang dimilikinya
o   Siswa mengamati beberapa gambar mengenai kegiatan mengisi waktu luang.
o   Siswa menentukan kegiatan yang tepat dilakukan untuk mengisi waktu luang.
o   Guru membimbing siswa merencanakan kegiatan menyehatkan untuk mengisi waktu luang.
o   Di akhir pembelajaran guru menjelaskan siswa untuk selalu disiplin dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Waktu luang yang dimiliki siswa dapat digunakan untuk berbagai kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan.

Remedial
1.      Guru membimbing siswa membaca isi teks laporan sehingga memahami isi teks bagi siswa yang belum memahami.
2.      Guru membahas kembali makna lambang sila pertama Pancasila bagi siswa yang belum memahami.
3.      Guru membimbing siswa menyusun daftar kegiatan harian bagi siswa yang belum memahami.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
1.      Guru memberikan permainan teka teki silang mengenai pengamalan sila pertama Pancasila.
2.      Guru menugaskan siswa untuk membuat daftar kegiatan harian di rumah.
3.      Guru menugaskan siswa untuk mendeskripsikan beberapa tanaman dan kondisi lingkungan yang mendukung pertumbuhannya.


150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

D.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Memahami isi teks laporan dan peta konsep
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100
Skor =  x 100

3. Penilaian Ketrampilan
a. Menyusun daftar kegiatan harian
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Variasi jenis
kegiatan.
Variasi kegiatan
sampai 10 kegaitan
Variasi kegiatan
8-9 kegiatan.
Variasi kegiatan
6-8 kegiatan
Variasi kegiatan
kurang dari 5.
2
Pemilihan waktu
Semua kegiatan
disusun pada waktu yang tepat
Lebih dari
setengah
kegiatan
disusun pada
waktu yang
tepat
Kurang dari
setengah
kegiatan disusun
pada waktu yang tepat
Tidak
mencantumkan
waktu pada
daftar kegiatan
harian

H. Sumber dan Media
1.      Teks laporan mengenai musim kemarau dan musim hujan.
2.      Gambar lambang sila pertama Pancasila.
3.      Tabel kegiatan harian siswa..



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                             NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

 Lengkapilah tabel berikut berdasarkan isi teks laporan.

Jenis nmusim
Waktu terjadi
Tanaman yang cocok ditanam
Bencana
yang dapat ditimbulkan

……………………
……………………
……………………

Oktober
Sampai
April

……………………
……………………
……………………

……………………
……………………
……………………

……………………
……………………
……………………
April
Sampai
Oktober

……………………
……………………
……………………


……………………
……………………
……………………

Dari teks tentang Musim Kemarau dan Musim Hujan, buatlah ringkasanmu di bawah ini:


Media
TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB2
TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB2

TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB2


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors