Home » » TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB3

TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 22 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 3                                        : Perubahan di Alam
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Perubahan Musim/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.5 Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/ pengurangan bilangan sampai dua angka.
3.5.2 Mengidentifikasi operasi bilangan yang terlebih dahulu digunakan dalam penyelesaian masalah.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.8. Menentukan operasi bilangan yang digunakan dalam pemecahan masalah berkaitan dengan perkalian dan pembagian bilangan perkalian dan pembagian.

b) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif.
4.2 Membuat karya seni montase dari berbagai media.
4.2.2 Membuat karya montase hasil rancangan sendiri.
 
c) Bahasa Indonesia
1 1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1  Menggali informasi dari teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.9 Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1  Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.11 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengantepat.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/ pengurangan bilangan sampai dua angka
2.      Karya seni gaya dekoratif
3.      Isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perubahan di alam”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa untuk duduk melingkar.
o   Guru membacakan bacaan mengenai kondisi negara yang memiliki empat musim.
o   Negara sub tropis mempunyai empat musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin.
o   Jarak waktu antara musim yang satu ke musim yang lain yaitu tiga bulan.
o   Musim semi terjadi pada bulan Maret-Juni.
o   Setelah musim semi datang musim panas.
o   Musim panas terjadi pada bulan Juni-September.
o   Di musim panas biasanya dipakai untuk berlibur.
o   Setelah musim panas datang musim gugur.
o   Pada saat musim gugur daun dari pepohonan berguguran.
o   Setelah musim gugur datanglah musim dingin.
o   Pada saat musim dingin udara dingin hingga bias mencapai minus 4 ° Celcius.
o   Di banyak tempat, pada musim dingin terjadi turun salju.
o   Terjadinya salju karena awan-awan yang terkumpul berada di suhu sangat dingin sehingga menjadi butiran es.
o   Pada musim salju banyak anak-anak yang bergembira bermain dengan salju.
o   Siswa diminta mengemukakan pendapatnya jika berada di daerah 4 musim.
o   Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai apa yang akan mereka lakukan jika turun salju.
o   Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai perasaannya jika mengalami musim gugur.
o   Guru mengelompokkan siswa ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3-4 siswa.
o   Setiap kelompok siswa menerima kumpulan kata yang terdiri dari 10 kata yang berbeda seperti daun berguguran, dingin, panas, salju, tanaman berbunga, cerah,sejuk dan lain lain
o   Guru menempelkan kata yang berkaitan dengan musim yaitu: musim dingin, musim gugur, musim semi dan musim panas di dinding kelas atau papan tulis. Guru menjelaskan setiap kelompok akan berlomba menentukan kelompok kata. Secara bergiliran setiap siswa di dalam kelompok mendapat giliran untuk menempelkan kata di kelompok kata musim yang tepat.
o   Siswa diberikan kesempatan berdiskusi dengan teman kelompoknya.
o   Siswa berdiskusi mengenai negara-negara yang memiliki 4 musim.
o   Siswa berdiskusi mengenai peristiwa alam yang menyebabkan pergiliran 4 musim.
o   Siswa berdiskusi mengenai perbedaan suasan antara musim panas dan musim semi.
o   Siswa membaca teks laporan tentang suasana negara yang memiliki 4 musim.
o   Guru membimbing siswa untuk memahami isi teks laporan.
o   Setelah membaca teks bacaan, siswa melengkapi percakapan mengenai suasana negara 4 musim.
o   Siswa dapat berdiskusi dengan temannya untuk melengkapi isi percakapan.
o   Guru memberikan penjelasan bahwa Tuhan Yang
o   Maha Esa Menciptakan 4 musim di beberapa negara.
o   Negara yang memiliki 4 musim disebut negara subtropis.
o   Keempat musim itu adalah musim salju, musim semi, musim panas dan musim gugur.
o   Siswa secara berkelompok membuat peta konsep tentang isi teks laporan
o   Siswa menceritakan kembali isi teks laporan secara tertulis berdasarkan peta konsep
o   Siswa membaca soal cerita dengan operasi hitung perkalian
o   Siswa diberikan kesempatan berdiskusi dengan teman kelompoknya untuk menyelesaikan soal cerita menggunakan operasi hitung perkalian
o   Guru membimbing siswa untuk menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan operasi hitung perkalian
o   Setelah menyelesaikan soal cerita perkalian, guru memberikan kumpulan gambar kepada setiap kelompok. Kumpulan gambar tersebut berkaitan dengan empat musim seperti: gambar daun berguguran, boneka salju, suasana pantai dan lain lain.Kumpulan gambar tersebut dapat diperoleh dari
o   Koran, majalah dan kalender bekas. Guru pun dapat memberikan Koran, majalah dan kalender bekas kepada siswa
o   Siswa merancang karya montase dengan tema negara 4 musim. Siswa mencari gambar yang diinginkan pada koran, majalah dan kalender
o   Siswa menggunting gambar yang diinginkannya.
o   Siswa menyusun potongan gambar pada kertas gambar sehingga menghasilkan gambar baru sesuai dengan tema
o   Siswa menempel potongan gambar
o   Siswa dapat melanjutkan membuat karya montasenya di rumah bersama orang tua
o   Guru mengakhiri pelajaran dengan menjelaskan kepada siswa bahawa tuhan Yang Maha Esa sangat sempurna. Bumi diciptakan dengan berbeda musim agar banyak mahluk hidup dapat hidup dengan nyaman sesuai lingkungannya.

Remedial
o   Guru membimbing siswa menceritakan kembali isi teks secara tertulis bagi siswa yang belum memahami.
o   Guru membahas penggunaan operasi perkalian dalam soal cerita bagi siswa yang belum memahami.
o   Guru membimbing siswa merancang dan membuat karya montase bagi siswa yang belum memahami.
Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
o   Guru memberikan teks laporan mengenai kegiatan masyarakat di negara empat musim dan meminta siswa menceritakan kembali secara lisan dan tertulis.
o   Guru menugaskan siswa untuk membuat soal cerita yang menggunakan operasi hitung perkalian sebagai cara penyelesaiannya.
o   Guru menugaskan siswa untuk membuat karya montase dengan teknik tiga dimensi.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Memahami isi teks laporan dan operasi perkalian dalam soal cerita.
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100

Skor =  x 100

3. Penilaian Ketrampilan
Membuat karya montase
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ukuran dan bentuk
Bentuk dan ukuran
sesuai prosedur.
Bentuk sesuai
prosedur ukuran
sebagian besar
sesuai
Bentuk tidak
sesuai prosedur
ukuran sesuai
prosedur.
Bentuk tidak
sesuai prosedur
ukuran tidak
sesuai
2
Kerapian.
Seluruh pekerjaan
rapi
Sebagian besar
pekerjaan rapi
Sebagian kecil
pekerjaan rapi.
Pekerjaan tidak
rapi.


H. Sumber dan Media
1.      Kumpulan kata mengenai empat musim seperti salju, daun gugur, panas, tanaman berbunga, musim gugur, musim salju, musim semi dan musim panas.
2.      Teks laporan tentang negara empat musim.
3.      Potongan gambar dari majalah, koran dan kalender..



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue Percontohan                               Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Ayo diskusi!

Negara mana saja yang mengalami empat musim?
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
  
Bagaimanakah pergantian empat musim dapat
terjadi?
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................

Apakah perbedaan suasana saat musim panas dan
musim semi?
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................

Media
TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB3

TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB3


 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors