RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 3 :
Perubahan di Alam
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Perubahan Musim/
3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.5
Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/ pengurangan
bilangan sampai dua angka.
3.5.2
Mengidentifikasi operasi bilangan yang terlebih dahulu digunakan dalam
penyelesaian masalah.
4.2.
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih
strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan
dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.8.
Menentukan operasi bilangan yang digunakan dalam pemecahan masalah berkaitan
dengan perkalian dan pembagian bilangan perkalian dan pembagian.
b) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap
berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal karya
seni gaya dekoratif.
4.2 Membuat karya
seni montase dari berbagai media.
4.2.2 Membuat karya
montase hasil rancangan sendiri.
c) Bahasa Indonesia
1 1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap
makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informative
hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi,
energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta
alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.9
Mengidentifikasii teks laporan informative tentang perubahan iklim dan cuaca
secara lisan atau tulis dengan tepat.
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informative
hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi,
energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta
alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.11 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan iklim dan cuaca secara
lisan atau tulis dengantepat.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Kesamaan
dua ekspresi
dengan
menggunakan penambahan/ pengurangan
bilangan sampai
dua angka
2. Karya seni gaya dekoratif
3. Isi teks laporan informative hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “perubahan di alam”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa untuk duduk melingkar.
o
Guru membacakan
bacaan mengenai kondisi negara yang memiliki empat musim.
o
Negara sub tropis
mempunyai empat musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim
dingin.
o
Jarak waktu
antara musim yang satu ke musim yang lain yaitu tiga bulan.
o
Musim semi
terjadi pada bulan Maret-Juni.
o
Setelah musim
semi datang musim panas.
o
Musim panas
terjadi pada bulan Juni-September.
o
Di musim panas
biasanya dipakai untuk berlibur.
o
Setelah musim
panas datang musim gugur.
o
Pada saat musim
gugur daun dari pepohonan berguguran.
o
Setelah musim
gugur datanglah musim dingin.
o
Pada saat musim
dingin udara dingin hingga bias mencapai minus 4 ° Celcius.
o
Di banyak tempat,
pada musim dingin terjadi turun salju.
o
Terjadinya salju
karena awan-awan yang terkumpul berada di suhu sangat dingin sehingga menjadi
butiran es.
o
Pada musim salju
banyak anak-anak yang bergembira bermain dengan salju.
o
Siswa diminta
mengemukakan pendapatnya jika berada di daerah 4 musim.
o
Siswa
mengemukakan pendapatnya mengenai apa yang akan mereka lakukan jika turun
salju.
o
Siswa
mengemukakan pendapatnya mengenai perasaannya jika mengalami musim gugur.
o
Guru
mengelompokkan siswa ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3-4
siswa.
o
Setiap kelompok
siswa menerima kumpulan kata yang terdiri dari 10 kata yang berbeda seperti
daun berguguran, dingin, panas, salju, tanaman berbunga, cerah,sejuk dan lain
lain
o
Guru menempelkan
kata yang berkaitan dengan musim yaitu: musim dingin, musim gugur, musim semi
dan musim panas di dinding kelas atau papan tulis. Guru menjelaskan setiap
kelompok akan berlomba menentukan kelompok kata. Secara bergiliran setiap
siswa di dalam kelompok mendapat giliran untuk menempelkan kata di kelompok
kata musim yang tepat.
o
Siswa diberikan
kesempatan berdiskusi dengan teman kelompoknya.
o
Siswa berdiskusi
mengenai negara-negara yang memiliki 4 musim.
o
Siswa berdiskusi
mengenai peristiwa alam yang menyebabkan pergiliran 4 musim.
o
Siswa berdiskusi
mengenai perbedaan suasan antara musim panas dan musim semi.
o
Siswa membaca
teks laporan tentang suasana negara yang memiliki 4 musim.
o
Guru membimbing
siswa untuk memahami isi teks laporan.
o
Setelah membaca
teks bacaan, siswa melengkapi percakapan mengenai suasana negara 4 musim.
o
Siswa dapat
berdiskusi dengan temannya untuk melengkapi isi percakapan.
o
Guru memberikan
penjelasan bahwa Tuhan Yang
o
Maha Esa
Menciptakan 4 musim di beberapa negara.
o
Negara yang
memiliki 4 musim disebut negara subtropis.
o
Keempat musim itu
adalah musim salju, musim semi, musim panas dan musim gugur.
o
Siswa secara
berkelompok membuat peta konsep tentang isi teks laporan
o
Siswa
menceritakan kembali isi teks laporan secara tertulis berdasarkan peta konsep
o
Siswa membaca
soal cerita dengan operasi hitung perkalian
o
Siswa diberikan
kesempatan berdiskusi dengan teman kelompoknya untuk menyelesaikan soal
cerita menggunakan operasi hitung perkalian
o
Guru membimbing
siswa untuk menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan operasi hitung perkalian
o
Setelah
menyelesaikan soal cerita perkalian, guru memberikan kumpulan gambar kepada
setiap kelompok. Kumpulan gambar tersebut berkaitan dengan empat musim
seperti: gambar daun berguguran, boneka salju, suasana pantai dan lain lain.Kumpulan
gambar tersebut dapat diperoleh dari
o
Koran, majalah
dan kalender bekas. Guru pun dapat memberikan Koran, majalah dan kalender
bekas kepada siswa
o
Siswa merancang
karya montase dengan tema negara 4 musim. Siswa mencari gambar yang
diinginkan pada koran, majalah dan kalender
o
Siswa menggunting
gambar yang diinginkannya.
o
Siswa menyusun
potongan gambar pada kertas gambar sehingga menghasilkan gambar baru sesuai dengan
tema
o
Siswa menempel
potongan gambar
o
Siswa dapat
melanjutkan membuat karya montasenya di rumah bersama orang tua
o
Guru mengakhiri
pelajaran dengan menjelaskan kepada siswa bahawa tuhan Yang Maha Esa sangat sempurna.
Bumi diciptakan dengan berbeda musim agar banyak mahluk hidup dapat hidup
dengan nyaman sesuai lingkungannya.
Remedial
o
Guru membimbing
siswa menceritakan kembali isi teks secara tertulis bagi siswa yang belum memahami.
o
Guru membahas
penggunaan operasi perkalian dalam soal cerita bagi siswa yang belum
memahami.
o
Guru membimbing
siswa merancang dan membuat karya montase bagi siswa yang belum memahami.
Kegiatan
Alternatif (Pengayaan)
o
Guru memberikan
teks laporan mengenai kegiatan masyarakat di negara empat musim dan meminta
siswa menceritakan kembali secara lisan dan tertulis.
o
Guru menugaskan
siswa untuk membuat soal cerita yang menggunakan operasi hitung perkalian
sebagai cara penyelesaiannya.
o
Guru menugaskan
siswa untuk membuat karya montase dengan teknik tiga dimensi.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Memahami isi teks
laporan dan operasi perkalian dalam soal cerita.
Pedoman penskoran:
Skor maksimal = 100
Skor = x 100
3. Penilaian
Ketrampilan
Membuat karya
montase
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ukuran dan bentuk
|
Bentuk dan ukuran
sesuai prosedur.
|
Bentuk
sesuai
prosedur
ukuran
sebagian
besar
sesuai
|
Bentuk
tidak
sesuai
prosedur
ukuran
sesuai
prosedur.
|
Bentuk
tidak
sesuai
prosedur
ukuran tidak
sesuai
|
2
|
Kerapian.
|
Seluruh
pekerjaan
rapi
|
Sebagian
besar
pekerjaan rapi
|
Sebagian
kecil
pekerjaan rapi.
|
Pekerjaan
tidak
rapi.
|
H. Sumber dan Media
1. Kumpulan kata mengenai empat musim seperti salju, daun gugur, panas,
tanaman berbunga, musim gugur, musim salju, musim semi dan musim panas.
2. Teks laporan tentang negara empat musim.
3. Potongan gambar dari majalah, koran dan kalender..
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Percontohan Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Ayo diskusi!
Negara
mana saja yang mengalami empat musim?
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
Bagaimanakah
pergantian empat musim dapat
terjadi?
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
Apakah
perbedaan suasana saat musim panas dan
musim semi?
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
Media
TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB6
TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB5
TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB4
TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB2
TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB1
TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB5
TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB4
TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB2
TEMA 3 KELAS 3 SUB 3 PB1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment