(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Lingkungan
Sosialku/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwuju dan moral Pancasila
3.1 Memahami
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Mengidentifikasi
pengamalan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya
terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Menyebutkan
contohcontoh pengalaman sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.2 Melakukan
pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan
sila kedua.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi, serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
teks surat tanggapan pribadi tentang peristiwa di lingkungan sosial.
4.3 Mengolah dan
menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membuat surat
balasan tentang peristiwa di lingkungan sosial.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.3 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan
ide dalam berkarya seni.
3.4 Mengetahui cara
memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan,
serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4.1 Mengidentifikasi
cara melatih kekuatan otot tangan.
4.4 Mempraktikkan cara
memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan,
serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1 Mempraktikkan cara melatih kekuatan otot tangan
melalui permainan sederhana..
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
2. Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
3. Cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan
dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka
pengembangan kebugaran jasmani
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk berbagi pengalaman
belajarnya pada hari sebelumnya.
o
Guru mengulas
mengenai berita di televisi atau media lain mengenai berbagai penyakit yang
sedang hangat diberitakan.
o
Guru menyampaikan
siswa tentang tempat manusia berobat ketika sakit.
o
Siswa berbagi
pengalaman ketika sakit. (Mengomunikasikan)
o
Setelah berbagi pengalaman,
guru bertanya apakah ada siswa yang sudah tahu mengenai Puskesmas
o
Siswa yang sudah
tahu Puskesmas berbagi pengetahuannya kepada teman-temannya.
(Mengomunikasikan)
o
Siswa
mendengarkan penjelasan tentang Puskesmas dari guru. Jika memungkinkan, guru bias
mengundang salah seorang dokter dari Puskesmas untuk menjelaskan Puskesmas
kepada mereka. Hal
o
lain yang mungkin
dilakukan adalah berkunjung ke Puskesmas.
o
Siswa berdiskusi
dan berbagi cerita tentang pengalamannya pergi ke Puskesmas. (Mencoba)
o
Setelah
berdiskusi tentang Puskesmas, siswa membaca teks tentang Puskesmas yang
terdapat pada buku siswa. (Mengamati)
o
Setelah membaca
teks tentang Puskesmas, siswa menuliskan contoh-contoh pengamalan sila kedua
o
Pancasila yang
terdapat di lingkungan Puskesmas. (Menalar)
o
Siswa membaca
surat pribadi yang tertera di buku siswa. (Mengamati)
o
Siswa dapat
membaca surat pribadi tersebut secara estafet, misalnya setiap siswa membaca
empat kalimat dan dilanjutkan empat kalimat berikutnya oleh siswa yang
lain.(Mencoba)
o
Setelah membaca
surat pribadi, siswa membuat pertanyaan berkaitan dengan teks yang terdapat pada
buku siswa. (Menalar)
o
Setelah selesai
menjawab pertanyaan, siswa berlatih membuat surat balasan yang sesuai.
o
Siswa menulis
surat pada tempat yang telah disediakan. (Mencoba)
o
Usai menulis
surat balasan, siswa kembali berdiskusi tentang apa yang akan dilakukan jika sakit.
(Menalar)
o
Siswa berdiskusi
dengan teman di sebelahnya tentang pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada teks.
o
Beberapa siswa
diperkenankan mempresentasikan hasil diskusinya.
o
Siswa menyebutkan
perbuatan apa saja yang ia temukan di dalam masyarakat yang berkaitan dengan
pengamalan sila kedua Pancasila.
o
Siswa menyebutkan
perbuatan apa yang sudah dan akan ia lakukan sebagai pengamalan sila kedua Pancasila.
o
Siswa membaca
teks singkat dan mengamati gambar di sampingnya. (Mengamati)
o
Siswa
menghubungkan cerita dengan gambar yang sesuai dengan cerita. (Menalar)
o
Guru menyampaikan
bahwa bekerja sama dan saling menghargai merupakan pengamalan sila kedua
Pancasila.
o
Mereka akan
mencoba mempraktikkannya dalam sebuah permainan.
o
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok berpasangan.
o
Secara bergiliran
siswa mencoba mempraktikkan permainan gerobak jalan.
o
Setiap kelompok
pasangan berbagi cerita bagaimana caranya agar berhasil sampai pada tempat
yang dituju dengan cepat.
Penutup
·
Kegiatan diakhiri
dengan menyampaikan bahwa bekerja sama untuk memenangkan pertandingan itu
penting dengan tetap menjaga keselamatan anggota tim maupun tim kelompok
lainnya.
·
Kegiatan diakhiri
dengan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk saling bekerja sama
dan saling menghargai. Manusia selalu menjalin hubungan dengan manusia lain
dan saling melengkapi
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dilihat dari hasil test tertulis dari
buku siswa,
sebagai berikut.
1.
Mengenal pengamalan
sila kedua Pancasila di Puskesmas (latihan pada buku siswa).
2.
Mengidentifikasi
teks (latihan pada buku siswa).
3.
Mengidentifikasi
kesesuaian teks dengan gambar (latihan pada buku siswa).
3. Penilaian
Ketrampilan
Penilaian
keterampilan dilakukan guru dengan melihat keterampilan siswa pada saat membuat
surat balasan dan praktik bermain gerobak jalan.
Lembar Pengamatan
Membuat Surat
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
Kriteria 1:
tempat dan tanggal pembuatan surat
Kriteria 2:
salam pembuka
Kriteria 3:
isi surat
Kriteria 4:
salam penutup
Rubrik Bermain
Gerobak Jalan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
Kriteria 1:
tempat dan tanggal pembuatan surat
Kriteria 2:
salam pembuka
Kriteria 3:
isi surat
Kriteria 4: salam penutup
H. Sumber dan Media
1.
Gambar dokter,
perawat
2.
Gambar
Puskesmas/klinik
3.
Surat Keterangan
Sakit dari dokter
4. Buku teks pelajaran/buku siswa.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment