RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Lingkungan
Sosialku/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru, sebagai perwujudanmoral Pancasila.
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila.”
3.1.1
Mengidentifikasi pengamalan sila kelima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila
Pancasila.
4.1.1
Melakukan pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila
kelima Pancasila.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan
teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, serta permasalahan social di
daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
teks surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial
4.3 Mengolah dan
menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menulis tegak
bersambung surat tanggapan pribadi tentang peristiwa di lingkungan sosial.
c) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.1 Menentukan
perbandingan data menggunakan table grafik batang, dan grafik lingkaran.
3.1.4 Mengidentifikasi
data yang terdapat pada grafik batang.
4.11 Mengumpulkan,
mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan table dan grafik batang.
4.11.1 Membandingkan
data yang terdapat pada grafik batang.
4.14. Mengumpulkan
dan menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan
dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal dengan label terurut
sesuai dengan grafik batang horizontal.
4.14.1 Membuat
tabel berdasarkan data yang terdapat pada grafik batang.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Simbol-simbol sila
Pancasila dalam
lambang
negara “Garuda
Pancasila.
2. Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial
3.
Mencatat, menata,
dan menyajikan data menggunakan table dan grafik batang.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk berbagi pengalaman
belajarnya pada hari sebelumnya.
o
Guru bercerita
mengenai pengalamannya saat berada di jalan raya. Kemudian, guru memancing
siswa dengan pertanyaan siapa yang biasanya membantu kita menertibkan lalu
lintas yang padat? Siapa yang membantu kita saat ada masalah dengan keamanan
di lingkungan tempat tinggal?
o
Guru meminta
siswa yang pernah dibantu polisi atau mengetahui tentang polisi untuk berbagi
pengalaman tentangnya. (Mengomunikasikan)
o
Siswa mengamati
gambar polisi dengan berbagai kegiatan. (Mengamati)
o
Siswa diminta
menyampaikan pendapat dan informasi apa saja yang mereka ketahui berkaitan dengan
gambar. Siswa dapat menuliskannya pada buku siswa. (Menalar, menyajikan)
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang kantor polisi sebagai salah satu sarana
yang terdapat di lingkungan sosial. (Mengamati)
o
Siswa membaca
teks tentang polisi yang ada pada buku. (Mengumpulkan informasi)
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru lebih lanjut tentang kegiatan apa saja yang bisa
dilakukan di kantor polisi dan peran apa saja yang biasa polisi lakukan di
masyarakat.
o
Setelah kegiatan
membaca teks, siswa menyebutkan beberapa tugas polisi. (Mengomunikasikan)
o
Setelah memahami
tugas-tugas polisi, siswa melengkapi bagan tentang tugas polisi yang ada pada
buku siswa. (Menalar)
o
Siswa membaca
teks surat berkaitan dengan tertib di tempat umum secara mandiri. (Menalar)
o
Siswa menyebutkan
kembali bagian-bagian dari surat. (Mengomunikasikan)
o
Siswa mengamati
kembali teks surat yang ditujukan untuk polisi. (Mengamati)
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan surat. (Menalar)
o
Siswa mengamati
kembali surat yang ditujukan nuntuk polisi. (Mengamati)
o
Siswa menyalin
isi surat dengan menulis tegak bersambung. (Mencoba)
o
Siswa
melakukannya dengan teliti dan bersih dari kesalahan. (Menyajikan)
o
Menulis
bersambung merupakan latihan kesabaran, ketekunan, ketelitian, kerapian, dan
kebersihan
o
Siswa membaca
teks bacaan tentang pengamalan sila kelima Pancasila secara berpasangan.
(Mengamati)
o
Siswa menuliskan
hasil diskusinya berupa tanggapan tentang beberapa masalah yang dijumpai saat
berada di jalan raya. (Menalar)
o
Tanggapan dapat
berkembang jika ada siswa yang bercita-cita ingin menjadi polisi. Mereka
dapat menuliskannya di selembar kertas alasan mereka memilih cita-cita itu,
apa yang bisa mereka lakukan untuk mencapainya, dan apa yang ingin mereka lakukan
saat menjadi polisi nanti. Tulisan siswa tersebut dapat dipajang pada majalah
dinding sekolah. (Menyajikan)
o
Siswa melanjutkan
diskusinya tentang perbuatanperbuatan baik yang mencerminkan pengamalan sila
kelima di lingkungan sekitar. (Menalar)
o
Salah satu tugas
polisi adalah mengatur lalu lintas agar berjalan lancar. Kemacetan antara
lain disebabkan oleh jumlah kendaraan yang melebihi kemampuan jalan raya
menampungnya.
o
Siswa mengamati
grafik yang menunjukkan banyaknya kendaraan melintas di depan kantor polisi
dalam waktu seminggu yang diperoleh dari kantor polisi. (Mengamati)
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan berkaitan data pada grafik batang di buku siswa.
(Menalar).
o
Siswa berlatih
membuat tabel berdasarkan data pada grafik.
o
Kegiatan diakhiri
dengan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama dan
saling tolong-menolong karena manusia tidak bisa hidup sendiri.
o
Manusia hendaknya
selalu berbuat baik kepada sesama manusia.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
1.
Menyebutkan
tugas-tugas polisi (latihan pada buku siswa).
2.
Mengidentifikasi
surat (latihan pada buku siswa).
3.
Mengidentifikasi
data pada grafik batang (latihan pada buku siswa).
3. Penilaian
Ketrampilan
Penilaian ranah
keterampilan dilakukan pada keterampilan menulis tegak bersambung,
dan membuat tabel.
Berikut ini rubrik penilaiannya
Menulis Tegak
Bersambung
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Tulisan
seperti contoh,
bersih, tipis
tebal tepat, tulisan mudah
dibaca.
|
Memenuhi 4
kriteria
|
Memenuhi
3
kriteria.
|
Memenuhi
2
kriteria.
|
Siswa belum
mau menulis
|
Rubrik Membuat
Tabel
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Data
tertulis lengkap, data berdasarkan pada
sumber
data yang
tersedia,
data tertulis dengan benar, data
ditulis
dengan urutan sesuai
sumber data
|
Memenuhi
4
kriteria.
|
Memenuhi
3 kriteria.
|
Memenuhi
2
kriteria.
|
Tidak membuat
tabel
|
H. Sumber dan Media
1. Gambar
polisi
2. Gambar
kantor keamanan di lingkungan tempat tinggal
3. Gambar
kantor polisi
2. Gambar
grafik batang
1. 5. Buku teks pelajaran/buku siswa..
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Berilah tanggapan untuk cerita di bawah ini.
1. Siti menyeberang jalan bersama Nenek. Mereka
menyeberang melalui tempat penyeberangan. Apakah sikap Siti benar?
...................................................................................
Sebagai teman, apa yang akan kamu
sampaikan pada Siti?
...................................................................................
2.
Pak Polisi telah membantumu menyeberang jalan.
Bagaimana menurutmu sikap pak polisi tersebut?
...................................................................................
Apa yang akan kamu sampaikan kepada pak polisi?
...................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment