RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Lingkungan
Sosialku/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru, sebagai perwuju dan moral Pancasila.
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila.”
3.1.1 Mengidentifikasi
pengamalan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1.2 Mengidentifikasi
sarana sosial yang ada di sekitar tempat tinggal.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila
Pancasila.
.4.1.1 Melakukan
pengamatan terhadap perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila kedua
Pancasila.
4.1.2 Mengelompokkan
bendabenda berdasarkan kelompok sarana sosial.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan
teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, serta permasalahan social di
daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Mengidentifikasi
bagianbagian surat pada teks surat.
4.3.2 Melengkapi
isi teks surat tanggapan pribadi.
c) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.14 Menentukan
perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran.
3.14.1 Mengidentifikasi
data pada tabel.
3.14.2 Membandingkan
data pada tabel.
4.11 Mengumpulkan,
mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan table dan grafik batang.
4.11.1 Mengumpulkan
data.
4.14. Mengumpulkan
dan menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan
dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal dengan label terurut
sesuai dengan grafik batang horizontal.
4.14 Menyajikan
data dalam bentuk tabel..
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.”
2. Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
3.
Perbandingan data
menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran.
4. Bagianbagian surat pada teks surat
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru membuka pelajaran dengan mengajak siswa
mengingat kembali kegiatan yang telah dilakukan pada hari sebelumnya.
o Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman
sila kedua Pancasila yang pernah dibahas pada pertemuan-pertemuan sebelumnya.
o Siswa memberi contoh pengalaman mereka terkait
pengamalan sila kedua Pancasila. (Menalar)
o Setelah
suasana belajar sudah hangat, siswa mengamati gambar pada buku
siswa. (Mengamati)
o Siswa
mengamati kegiatan apa yang terdapat pada gambar, siapa saja
yang terlibat, di mana, kapan kira-kira dan bagaimana kesan mereka
ketika melihat
gambar tersebut. (Menalar)
o Siswa
menuliskan hasil pengamatannya pada buku siswa. (Menyajikan)
o Siswa bertanya jawab seputar gambar, apakah kegiatan
pada gambar memperlihatkan bentuk pengamalan sila kedua Pancasila? (Menalar)
o Siswa menyebutkan beberapa kegiatan pada gambar yang
mencerminkan pengamalan sila kedua
o Pancasila. (Mengomunikasikan)
o Kemudian siswa berbagi pengetahuan tentang contoh-contoh
pengamalan sila kedua yang dijumpainya di lingkungan tempat tinggalnya.
(Menalar)
o Setelah kegiatan bertanya jawab dan siswa memahami bentuk-bentuk
pengamalan sila kedua
o Pancasila, siswa menuliskan kegiatan apa saja pada gambar
yang mencerminkan pengamalan sila kedua di buku siswa. (Menyajikan)
o Siswa dapat melengkapi tulisannya dengan contoh pengamalan
sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (Menalar)
o Siswa menyebutkan kembali bagian-bagian surat pribadi
yang pernah dipelajarinya. (Mengomunikasikan)
o Siswa mengamati teks surat pribadi dan menyebutkan bagian-bagian
yang belum terpenuhi pada teks surat pribadi. (Mengamati)
o Siswa melengkapi teks surat pribadi sesuai dengan keinginannya
masing-masing. (Menyajikan)
o Siswa mengamati gambar pada buku siswa. (Mengamati)
o Siswa menggunting gambar-gambar dan menempelkannya berdasarkan
kelompok sarana sosial yang tertera. (Menalar, menyajikan)
o Setelah mempelajari berbagai kegiatan di beberapa sarana
sosial, siswa menuliskan contoh-contoh kegiatan yang mencerminkan pengamalan
sila kedua Pancasila di beberapa lingkungan sosial. (Menyajikan)
o Siswa membaca teks tentang sarana sosial.
o Siswa mengamati tabel pada buku siswa. (Mengamati)
o Siswa berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan
dengan tabel. (Menalar)
o Siswa melakukan kegiatan memperkirakan jumlah sarana
sosial yang ada di sekitar sekolah. (Mencoba)
o Siswa menyelesaikan tabel perkiraan pada buku siswa.
(menalar)
o Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang
sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan mensyukuri karunia Tuhan.
Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama dan saling menolong karena
manusia tidak bisa hidup sendiri.
o Manusia selalu menjalin hubungan dengan manusia lain
dan saling melengkapi.
Remedial
o Remedial dilakukan dengan cara-cara berikut.
o Berlatih memberi contoh pengamalan sila kedua
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
o Berlatih memberi contoh pengamalan sila keempat
Pancasila di lingkungan sekolah.
o Berlatih kembali menyebutkan sarana-sarana sosial
yang ada di lingungan sekitar.
o Berlatih mengidentifikasi bagian-bagian surat
pribadi.
o Berlatih kembali membuat surat pribadi tentang
lingkungan sosial sesuai dengan kelengkapan surat.
o Berlatih menulis huruf tegak bersambung.
o Berlatih menggunakan operasi hitung penjumlahan
berkaitan dengan uang.
o Berlatih menyelesaikan masalah uang dengan strategi
menambah.
o Berlatih mengidentifikasi data yang terdapat pada
grafik batang.
o Berlatih membuat tabel berdasarkan data yang ada.
o Berlatih kembali menyanyikan lagu “Desaku yang
Kucinta.”
o Berlatih melakukan berbagai gerakan untuk melatih
kekuatan otot tangan.
Kegiatan
Alternatif (Pengayaan)
o Kegiatan pengayaan dapat diberikan kepada siswa yang
sudah menguasai materi pembelajaran. Kegiatan pengayaan tersebut, antara lain
sebagai berikut.
o Menyanyikan lagu Desaku yang Kucinta dengan berbagai
jenis suara.
o Mengajak siswa berkunjung ke kantor pos/kantor
polisi/kantor kelurahan (balai desa)/panti asuhan/puskesmas/klinik.
o Mengajak siswa mengumpulkan prangko.
o Berlatih melakukan push up untuk melatih
kekuatan otot tangan.
o Melakukan lomba kegiatan berkaitan dengan melatih
kekuatan otot tangan.
o Berlomba memecahkan masalah sehari-hari berkaitan
dengan uang dengan strategi menambah.
o Berlomba dalam membuat hasil karya dekoratif dari
bahan lunak.
o Melakukan kunjungan ke pasar tradisional dan modern.
o Mewawancarai dokter di Puskesmas atau klinik.
o Membuat poster afirmasi berkaitan dengan lingkungan
sosial dengan menulis halus.
o Berlatih mengumpulkan data, menyajikan data dalam
tabel, mengubah table menjadi grafik batang, mengubah grafik batang menjadi
tabel.
o Menggambar berbagai simbol sarana sosial.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
ranah pengetahuan dilakukan guru pada saat siswa melakukan hal-hal
berikut.
1. Menyebutkan
bagian-bagian surat pribadi (latihan pada buku siswa).
2. Membuat
lima pertanyaan berkaitan dengan teks (latihan pada buku siswa).
3. Mengelompokkan
benda berdasarkan lingkungan sosial yang sesuai (latihan pada buku siswa).
4. Menyebutkan
contoh pengamalan sila kedua (latihan pada buku siswa).
5. Mengidentifikasi
tabel tentang lingkungan sosial (latihan pada buku siswa).
6. Menempatkan
data pada tabel (latihan pada buku siswa).
3. Penilaian
Ketrampilan
Daftar Periksa
Melengkapi Isi Teks Surat Pribadi.
No
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Tempat menulis
surat
|
|
|
2
|
Tanggal menulis surat
|
|
|
3
|
Nama yang dituju
|
|
|
4
|
Kalimat pembuka
|
|
|
5
|
Nama pengirim
|
|
|
Daftar Periksa
Mengelompokkan Peralatan
No
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Semua benda
habis terkelompokkan
|
|
|
2
|
Benda-benda terkelompokkan dengan benar
|
|
|
3
|
Guntingan
tidak merusak gambar
|
|
|
4
|
Gambar tertata
rapi
|
|
|
H. Sumber dan Media
Alat dan
media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran ini, antara lain sebagai
berikut.
1. Gambar-gambar sarana sosial seperti toko, kantor polisi, bank, kantor
lurah, panti asuhan, masjid, gereja, klenteng, taman kota, dan lain-lain.
2. Gambar-gambar yang berkaitan dengan kantor pos, kantor polisi,
puskesmas, toko/ warung.
3. Buku teks pelajaran/buku siswa...
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Kunci Jawaban
Lembar Penilaian
1. Harga prangko,
harga kartu pos, harga amplop.
2. Jumlah prangko,
kartu pos dan amplop yang dibeli.
a. Tunjukkan banyaknya amplop yang
berhasil dijual dalam tabel berikut
Hari
|
Banyaknya Amplop Terjual
|
Senin
|
2
|
Selasa
|
4
|
Rabu
|
6
|
Kamis
|
8
|
Jumat
|
10
|
Sabtu
|
12
|
Minggu
|
14
|
b. Tunjukkan hasil penjualan amplop dalam
bentuk grafik batang.
c. Membuat amplop sendiri, beli di toko
lain, pinjam amplop teman, dan lain-lain.
3. Putih.
Ada amplop besar
dan kecil dengan warna berbeda, putih dan coklat. Lani
memasukkan tiga
buah surat masing-masing ke dalam sebuah amplop kecil
berwarna coklat.
Ketiga surat ia masukkan ke dalam amplop besar. Karena amplop
kecilnya berwarna
coklat, maka amplop besarnya berwarna putih.
4. Apa nama tempat
yang dapat kamu kunjungi saat sakit?
5.
Persamaan: gambar anak; anak yang bersedih; anak yang perlu bantuan
Perbedaan
: jumlah anak (empat anak dan satu anak); kondisi anak (anak diejek
dan
anak jatuh); ada rumah dan ada sepeda
6. Grafik
pengunjung kantor pos selama satu minggu.
a.
Senin
b.
Kamis
c.
50 - 45 = 5
d.
95 + 45 = 140
e. Kantor pos tutup
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai tabel di atas.
1.
Apa saja sarana sosial yang dilihat Dayu
saat pergi ke sekolah?
...................................................................................
2.
Siapa yang paling banyak menjumpai rumah saat
pergi ke sekolah?
...................................................................................
3.
Apa saja sarana sosial yang dilihat Lani?
...................................................................................
4.
Siapa saja yang melihat taman kota?
...................................................................................
5.
Berapa banyak toko yang dilihat Edo?
...................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment