RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Permasalahan di
Lingkungan Sosial/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
teks surat tanggapan pribadi tentang permasalahan di lingkungan sosial.
3.3.2 Membuat
tanggapan terhadap surat pribadi tentang permasalahan di lingkungan sosial.
4.3 Mengolah dan
menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Mengidentifikasi
teks tentang permasalahan sosial.
b) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.6 Menentukan
strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah
uang.
3.6.1 Mengenali
masalah yang dapat diselesaikan dengan mengurangi sejumlah uang.
4.2. Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang,
berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.2.1 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan uang dengan pengurangan
.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.3 Menunjukkan rasa
ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam
berkarya seni
3.4 Mengetahui cara
mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
3.4.1 Mengidentifikasi
bahan alam dan bahan buatan yang dapat digunakan untuk membuat prakarya.
4.4 Membentuk karya
dekoratif dari bahan lunak.
4.4.1 Membuat karya
dekoratif dari bahan lunak yang telah dipilih.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
2. Strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan
sejumlah uang.
3. Cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang
telah mereka pelajari sebelumnya.
o
Siswa mengamati
gambar dan teks yang terdapat pada halaman pembuka. Guru meminta siswa
memberikan pendapat mengenai gambar tersebut. (Mengamati, menalar)
o
Guru menyampaikan
bahwa dalam minggu ini mereka akan membahas beberapa permasalahan yang
terkait dengan kebiasaan manusia yang dapat mengganggu kenyamanan seperti
yang tertera pada gambar.
o
Guru meminta
seorang siswa membaca teks surat dengan nyaring dan siswa lainnya menyimak. (Mengamati)
o
Guru memberikan
kesempatan kepada tiga orang siswa membaca teks surat dan puisi yang ada di dalamnya
secara bergantian. (Mencoba)
o
Siswa lain
mengamati temannya membaca. (Mengamati)
o
Guru memberi
masukan tentang cara membaca teks surat dan puisi, dan memberi contoh cara
membaca puisi. (Mengamati)
o
Siswa kembali
mengamati isi surat. (Mengamati)
o
Siswa menjawab
pertanyaan berkaitan dengan isi surat. (Menalar)
o
Seorang siswa
memimpin tanya jawab tentang manfaat sungai. (Menalar)
o
Seorang siswa
lainnya menuliskan jawaban temantemannya di papan tulis. (Menyajikan)
o
Siswa mengamati
gambar dan membaca teks tentang manfaat sungai. (Mengamati)
o
Siswa menyebutkan
apa saja manfaat sungai yang tertera pada teks bacaan. (Mengonfirmasikan)
o
Siswa menyebutkan
akibat sungai tidak terawat. (Menalar)
o
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok diskusi dengan anggota maksimal lima siswa.
o
Siswa berdiskusi
tentang manfaat sungai bagi kehidupan manusia, perbedaan sungai yang bersih dan
kotor, tanda-tanda sungai bersih dan kotor, mengapa sungai ada yang bersih
dan ada yang kotor, apa akibat sungai kotor, dan apa yang dapat mereka
lakukan agar sungai tetap bersih sehingga bisa memberi manfaat. (Menalar)
o
Siswa menuliskan
hasil diskusi di tempat yang telah disediakan. (Menyajikan)
o
Salah seorang
siswa di dalam setiap kelompok menyalin hasil diskusi kelompoknya di kertas tersendiri,
dihias, dan dipajang di papan pajangan kelas. (Menyajikan)
o
Siswa mengamati
teks permasalahan yang berkaitan dengan uang yang dapat diselesaikan dengan mengurangi.
(Mengamati)
o
Siswa mengamati
contoh penyelesaian permasalahan yang berkaitan dengan uang pada buku siswa.
(Mengamati)
o
Siswa berlatih
menghitung dan memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan uang pada buku
siswa. (Mencoba)
o
Siswa membaca
teks pada buku siswa. (Mengamati)
o
Siswa diajak
berbagi pendapat tentang kegiatan yang biasa dilakukan anak-anak yang tinggal
di dekat sawah yang tak jauh dari sungai. (Menalar)
o
Siswa menemukan
salah satu kegiatan yang biasa dilakukan adalah bermain dengan tanah lempung dan
membuat berbagai bentuk mainan dari tanah lempung. Mereka suka membuat alat
dapur, mobil, telepon, radio, dan lain sebagainya seperti yang tertera pada buku
siswa. (Mengeksplorasi)
o
Siswa menyebutkan
bahan lain yang dapat digunakan selain tanah lempung. (Menalar)
o
Siswa membentuk
berbagai benda dari bahan lunak.
o
Misalnya, alat
rumah tangga, alat transportasi, dan alat komunikasi. Bahan yang dapat
digunakan, antara lain plastisin aneka warna, tanah liat atau adonan yang
dibuat dari tepung, lalu diberi pewarna. (Mencoba)
o
Setelah selesai
berkreasi, semua siswa memajang hasil karyanya di tempat yang telah
disediakan dan diberi nama. (Menyajikan)
o
Kegiatan diakhiri
dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi. Kemudian,
siswa menutup kegiatan pada hari ini dengan rasa syukur kepada
o
Tuhan, dan
menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, serta saling
menolong dalam menjaga semua pemberian Tuhan. Siswa memahami bahwa apa yang
diberikan Tuhan adalah milik bersama dan harus dijaga bersamasama pula.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan
Teliti
|
Bertanggung
jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
1. Menjawab
pertanyaan tentang isi surat (latihan pada buku siswa).
2. Menyelesaikan
masalah penjumlahan yang melibatkan uang (latihan pada buku
siswa).
Berikut ini skor
penilaian yang digunakan.
Skor penilaian: 100
Skor = x 100
Panduan Konversi
Nilai:
Rentang score
|
Rentang Angka
|
Huruf
|
96,25 - 100
|
3,85 - 4,00
|
A
|
87,75 - 96
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
79,5 – 87,5
|
3,18 - 3,50
|
B+
|
71,25 - 79,25
|
2,85 - 3,17
|
B
|
62,75 - 71
|
2,51 - 2,84
|
B-
|
54,5 – 62,5
|
2,18 - 2,50
|
C+
|
46,25 – 54,25
|
1,85 - 2,17
|
C
|
37,75 - 46
|
1,51 - 1,84
|
C-
|
29,5 – 37,5
|
1,18 - 1,50
|
D+
|
25 – 29,25
|
1,00 - 1,17
|
D
|
3. Penilaian
Ketrampilan
Rubrik Kegiatan
Membaca Teks
No
|
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Suara terdengar
jelas, nada tepat, jeda
tepat.
|
Memenuhi
semua kriteria
|
Memenuhi
dua
kriteria
|
Memenuhi satu kriteria.
|
Belum
Memenuhi
kriteria
|
2
|
Tampil
percaya
diri,
menatap
pendengar,
berdiri tegak
|
Memenuhi
semua kriteria
|
Memenuhi dua
kriteria.
|
Memenuhi satu kriteria
|
Belum
memenuhi
kriteria
|
Daftar Periksa
Membuat Benda Menggunakan Bahan Lunak
No
|
Nama Siswa
|
Kreatif
|
Rapi
|
Antusia
|
|||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
H. Sumber dan Media
1. Berbagai
pecahan uang kertas dan logam
2. Gambar-gambar
sungai dan pemanfaatannya
3. Gambar/poster
sungai yang bersih dan indah
4. Plastisin/tanah
liat/ adonan tepung
5. Contoh
bentuk peralatan rumah yang terbuat dari bahan lunak
6. Buku teks pelajaran/buku
siswa
Mengetahui, Tijue,
2
November 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Setelah membaca
surat Dayu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
Kepada siapa surat itu ditujukan?
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment