RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Permasalahan di
Lingkungan Sosial/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
isi teks tanggapan pribadi tentang permasalahan sosial.
4.3 Mengolah dan
menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membuat surat
tanggapan pribadi tentang peristiwa di lingkungan
sosial.
b) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerja
sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7 Menerima kekalahan dan
kemenangan dalam permainan.
3.4 Mengetahui cara memilih dan
mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak
secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4.1 Mengidentifikasi cara melatih
kekuatan otot kaki
4.4 Mempraktikkan cara
memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan,
serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1 Mempraktikkan cara melatih
kekuatan otot kaki melalui permainan sederhana.
.
c) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.3 Memahami makna keberagaman
karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.3.1 Mengidentifikasi
keberagaman kebiasaan individu berkaitan dengan lingkungan sekitar.
4.3 Berinteraksi
dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
4.3.1 Memberi
tanggapan terhadap keragaman perilaku sehari-hari berkaitan dengan lingkungan
sekitar.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
isi teks tanggapan
pribadi tentang permasalahan sosial
2.
cara melatih kekuatan otot kaki
3.
keberagaman
kebiasaan individu berkaitan dengan lingkungan sekitar.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk berbagi pengalaman
belajarnya pada hari sebelumnya.
o
Guru menyampaikan
bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya menjaga taman milik
bersama.
o
Siswa mendapat
kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang bermain di taman.
(Mengomunikasikan)
o
Siswa mengamati
gambar, berdiskusi dan memberikan tanggapan atau pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar. (Mengamati, dan menalar)
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang berbagai sarana umum yang ada di sekitar
tempat tinggal, salah satunya adalah taman bermain. Kebersihan dan kerapian
taman menjadi tanggung jawab semua warga.
o
Siswa membaca teks tentang salah satu
sarana umum, yaitu taman. (Mengamati)
o
Setelah membaca teks tentang taman,
siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang dibacanya. (Menalar)
o
Siswa dapat menanyakan hal-hal yang
ingin diketahuinya lebih dalam tentang permasalahan yang ada pada teks.
o
Siswa bertanya jawab tentang taman
bermain yang diinginkan. (Menalar)
o
Siswa bertanya jawab tentang
permasalahan yang biasa ditemui di taman bermain, seperti dinding yang kotor,
sampah yang bertebaran, dan alat-alat bermain yang rusak. (Menalar)
o
Siswa secara berkelompok mengamati
potongan gambar yang menunjukkan sikap saat bermain di taman. (Mengamati)
o
Siswa berdiskusi menjawab
pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamatinya. (Menalar)
o
Siswa menuliskan jawaban
pertanyaan-pertanyaan pada bukunya masing-masing berdasarkan hasil diskusi
kelompok. (Menyajikan)
o
Perwakilan kelompok membacakan jawaban
kelompoknya atas pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa. (Mengonfirmasi)
o
Kelompok lain menyimak saat temannya
membacakan jawaban kelompoknya. (Mengamati)
o
Siswa membaca teks “Lingkungan Tempat
Tinggal” secara bergantian. (Mencoba)
o
Siswa menggarisbawahi bagian-bagian pada
teks yang dianggap penting. (Mengeksplorasi)
o
Siswa bertanya jawab tentang kata-kata
yang baru diketahuinya. (Mencari tahu)
o
Siswa membaca
kembali teks “Lingkungan Tempat
o
Tinggal.”
(Mengamati)
o
Siswa melengkapi pertanyaan-pertanyaan
berkaitan dengan isi teks. (Menalar)
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang dibuatnya sendiri. (Mengonfirmasi)
o
Siswa membuat surat pribadi tentang
lingkungan tempat tinggalnya pada buku siswa. (Mencoba)
o
Surat bisa ditujukan kepada siapa saja
yang ada di sekitar sekolah. (Menyajikan)
o
Siswa mengamati
gambar tentang kegiatan Didi, anak Pak Amir yang bertugas membeli air bersih.
(Mengamati)
o
Siswa menyebutkan
bagian anggota tubuh mana saja yang banyak digunakan Didi untuk membawa air
bersih. (Menalar)
o
Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa untuk berjalan sambil membawa beban, Didi membutuhkan kaki
yang kuat.
o
Siswa mengamati
gambar tentang gerakan yang melibatkan kaki pada buku siswa. (Mengamati)
o
Siswa mengamati
contoh yang diberikan guru tentang cara melakukan gerakan yang tertera pada gambar.
(Mengamati)
o
Siswa membentuk
barisan untuk berlatih gerakan yang dapat menguatkan otot kaki secara
berulang. (Mencoba)
o
Siswa melakukan
latihan hingga terlihat kompak melakukan gerakan. (Mencoba)
o
Sebelum
mengakhiri kegiatan dan berganti pakaian, siswa melakukan pendinginan.
(Mencoba)
o
Kegiatan diakhiri
dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup
dengan bersyukur kepada Tuhan, serta menyimpulkan bahwa
o
Tuhan menciptakan
manusia untuk bertanggung jawab atas segala karunia yang telah diberikan
Tuhan, bekerja sama dan saling menolong untuk memelihara semua karunia-Nya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Penilaian ranah
pengetahuan pada pembelajaran 2 dilakukan secara tes tertulis yang
terdapat pada buku
siswa, yaitu dengan:
1.
Mengidentifikasi
teks (latihan pada buku siswa)
2.
Mengenali
permasalahan kebersihan fasilitas umum (latihan pada buku siswa).
3. Penilaian
Ketrampilan
Penilaian ranah keterampilan dilakukan guru pada keterampilan siswa
membuat surat pribadi, dan melakukan kegiatan melatih otot kaki. Berikut ini
lembar pengamatan untuk ranah keterampilan.
Lembar Pengamatan
Membuat Surat Pribadi
No
|
Bagian Surat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
1.
|
Tempat menulis surat
|
|
|
2.
|
Tanggal
pembuatan surat
|
|
|
3.
|
Nama yang dituju
|
|
|
4.
|
Salam pembuka
|
|
|
5.
|
Isi surat
|
|
|
6.
|
Salam penutup
|
|
|
7.
|
Nama pengirim
|
|
|
Lembar
Pengamatan Kegiatan Melatih Otot Kaki
No
|
Nama Siswa
|
Kegiatan 1
|
Kegiatan
2
|
Kegiatan
3
|
Kegiatan
4
|
||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Kegiatan 1 : berjalan biasa
Kegiatan 2 : berjalan mengangkat paha tinggi-tinggi
Kegiatan 3 : berjalan dengan tumit menyentuh paha
belakang
Kegiatan 4 : berjalan dengan melayangkan kaki ke depan
H. Sumber dan Media
1. Potongan kartu berisi gambar hal-hal yang boleh dilakukan saat bermain
di taman. Misalnya:
2. Belajar bersama
3. Membuang sampah pada tempatnya
4. Membersihkan taman
5. Berbagi dengan orang lain
6. Buku teks pelajaran/buku siswa
Mengetahui, Tijue,
3 November
2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
.
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Buatlah pertanyaan dari teks yang baru saja kamu
baca!
Gunakan kata tanya berikut!
1. Apa
....
2. Siapa ....
3. Kapan ....
4. Dimana ....
5. Mengapa ....
Media
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment