RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Permasalahan di
Lingkungan Sosial/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3.1 Mengidentifikasi
isi teks tentang permasalahan sosial.
4.3 Mengolah dan
menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Memberi
tanggapan terhadap permasalahan lingkungan sosial yang ada pada
teks
b) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.6 Menentukan strategi
pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
3.6.1 Mengenali
masalah yang dapat diselesaikan dengan mengurangi sejumlah uang.
4.2. Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan
penjumlahan,pengurangan, perkalian, pembagian
bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa
kebenaran jawabannya.
4.2.1 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan uang dengan pengurangan
.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.3 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan
ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal karya
seni gaya dekoratif.
3.1.1 Mengidentifikasi
karya seni dekoratif.
3.1.2 Membuat karya
seni berupa gambar dekoratif
4.3 Menghias benda
gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar.
4.3.1 Mengidentifikasi
alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. isi teks tentang permasalahan sosial
2. strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan
sejumlah uang.
3. karya seni berupa gambar dekoratif
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang
telah mereka pelajari sebelumnya.
o
Guru menyampaikan
bahwa hari ini siswa akan belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan sekolah.
o
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengenai tema yang akan
dibahas bersama. (Mengomunikasikan)
o
Siswa membaca
teks “Ketika Pak Uun Sakit” dengan suara nyaring secara bergantian (Menyajikan).
o
Setiap siswa
mendapat kesempatan untuk membaca teks masing-masing satu paragraf.
(Mencoba).
o
Siswa mengamati
kembali isi teks “Ketika Pak Uun Sakit.” (Mengamati)
o
Siswa mengamati
pertanyaan-pertanyaan tentang teks tersebut. (Mengamati).
o
Siswa berdiskusi
secara berpasangan menjawab pertanyaan pada buku siswa. (Menalar).
o
Siswa menuliskan
jawaban pada buku siswa. (Mencoba).
o
Siswa mengamati
gambar peralatan kebersihan yang dilengkapi dengan harga. (Mengamati)
o
Siswa menyebutkan
alat kebersihan apa saja yang terdapat pada gambar dan berapa harganya. (Mengonfirmasi)
o
Siswa mengenali
permasalahan yang berkaitan dengan uang dengan mengamati contoh pada buku siswa.
(Menalar)
o
Siswa mengerjakan
soal latihan mengenal masalah yang berkaitan dengan uang dengan mengurangi. (Menalar)
o
Siswa
menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan permasalahan uang dengan
mengurangi. (Menalar)
o
Agar semua siswa
selalu ingat mengenai kewajiban menjaga kebersihan lingkungan sekolah, siswa berlatih
membuat poster tentang ajakan menjaga kebersihan sekolah (Mencoba).
o
Siswa menyebutkan
peralatan yang dibutuhkan untuk membuat poster. (Mengonfirmasi)
o
Poster dibuat
pada karton berukuran besar, diberi gambar, dan warna agar tampilannya lebih
menarik.
o
Kegiatan tersebut
dilakukan secara berkelompok
o
Sebelum membuat
poster, setiap anggota kelompok mengemukakan ide tentang konsep poster.
Konsep poster tersebut ditulis terlebih dahulu di kertas. (Menalar)
o
Poster yang sudah
selesai dipajang di tempat yang sudah disediakan. (Menyajikan)
o
Kegiatan diakhiri
dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup
dengan bersyukur kepada Tuhan atas kasih sayang-Nya. Siswa menyimpulkan bahwa
Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama dan saling menolong dalam
menjaga segala sesuatu yang sudah diberikan Tuhan. Rumah, sekolah, taman, dan
semua lingkungan di sekitar adalah pemberian Tuhan. Manusia bertanggung jawab
untuk merawat dan menjaganya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan secara tes tertulis dengan melihat hasil
latihan
pada buku siswa meliputi hal-hal berikut.
• Memahami permasalahan kebersihan di lingkungan sosial (latihan pada
buku siswa).
• Mengenali masalah yang berkaitan dengan uang (latihan pada buku siswa).
• Memahami masalah penjumlahan yang melibatkan uang (latihan pada buku
siswa).
3. Penilaian
Ketrampilan
Penilaian
keterampilan dilakukan guru dengan melihat keterampilan siswa pada saat
melakukan diskusi, dan membuat poster.Berikut ini rubrik kriteria penilaiannya
Rubrik Membuat
Poster Ajakan Menjaga Kebersihan Sekolah
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
menggambar
|
Gambar
memenuhi
kertas
gambar,
bentuk
dan
kualitas
garis
baik, ukuran benda yang digambar
proporsional
|
Hanya
memenuhi
dua kriteria.
|
Hanya
memenuhi
satu kriteria
|
Tidak
memenuhi
kriteria
|
2
|
Pewarnaan
|
Bervariasi,
harmonis,
rapi,
penuh
|
Memenuhi tiga
kriteria.
|
Memenuhi dua kriteria.
|
Memenuhi
satu kriteria
|
|
Sikap
tanggung
jawab
|
Berinisiatif,
komitmen
pada
tugas
sampai
selesai,
menjaga
kerapian,
ber
semangat.
|
Memenuhi tiga
kriteria
|
Memenuhi
dua kriteria
|
Memenuhi
satu
kriteria
|
Lembar Pengamatan
Kegiatan Berdiskusi
No
|
Nama Siswa
|
Kegiatan 1
|
Kegiatan 2
|
Kegiatan 3
|
|||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria 1 : Aktif
memberikan ide
Kriteria 2 :
Menghargai pendapat orang lain
Kriteria 3 : Tidak memotong saat ada orang lain yang sedang berbicara
H. Sumber dan Media
1.
Gambar toilet
bersih
2.
Gambar alat-alat
kebersihan
3.
Brosur harga
alat-alat kebersihan
4.
Beberapa poster
tentang kebersihan
5.
Buku teks pelajaran/buku
siswa
Mengetahui, Tijue,
4 November
2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Lanjutkan berlatih memecahkan masalah-masalah
berikut ini!
1.
Beni membeli kemoceng. Ia membayar dengan
pecahan uang Rp10.000,00. Berapa banyak uang kembali yang ia terima?
___________________________________________
2.
Dayu membeli sapu lantai dan sikat. Ia membayar
dengan pecahan uang Rp10.000,00. Berapa banyak uang kembali yang ia terima?
___________________________________________
3.
Siti membeli gayung dan sabun. Ia membayar
dengan pecahan uang Rp7.000,00. Berapa banyak uang kembali yang ia terima?
___________________________________________
4.
Edo membeli lap pel dan ember. Jika uang
Edo ada Rp9.000,00, berapa banyak uang kembali yang Edo terima?
___________________________________________
5.
Lani membeli lap kaca dan karbol. Jika
Lani mendapat uang kembali sebanyak Rp2.000,00, berapa uang yang Lani bayarkan?
___________________________________________
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment