(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Permasalahan di
Lingkungan Sosial/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
isi teks surat tanggapan pribadi tentang permasalahan sosial.
3.3.2 Mengidentifikasi
teks tanggapan terhadap teks surat pribadi
4.3 Mengolah dan
menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Mengidentifikasi
teks tanggapan terhadap surat pribadi tentang masalah sosial
4.3.2 Menyajikan
hasil identifikasi terhadap teks.
b) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
. 3.4 Mengetahui
cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan,
serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4.1 Mengidentifikasi
cara melatih kekuatan otot kaki
4.4 Mempraktikkan
cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan,
serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1 Mempraktikkan
cara melatih kekuatan otot melalui permainan sederhana.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusiadalam berkarya seni dan
berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan
ide dalam berkarya seni.
3.3 Memahami makna keberagaman
karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.3.1 Mengidentifikasi
keberagaman perilaku individu di lingkungan sekitar.
4.3 Berinteraksi
dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
4.3.1 Menyajikan
hasil pengamatan tentang keberagaman perilaku individu di lingkungan sekitar.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Isi teks surat
tanggapan pribadi tentang permasalahan sosial
2.
Memilih dan
mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta
bergerak secara kuat, tepat, koordinatif
3.
Keberagaman
perilaku individu di lingkungan sekitar
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang
telah mereka pelajari sebelumnya.
o
Guru menyampaikan
bahwa hari ini mereka akan belajar tentang hambatan yang dapat ditemui di
jalan.
o
Siswa mendapat
kesempatan berbagi pengalaman tentang hambatan yang pernah dijumpai di jalan.
(Mengomunikasikan)
o
Siswa membaca
teks “Perilaku di Jalan Raya.” (Mengamati)
o
Siswa menyebutkan
perilaku apa saja yang dilihat di jalan raya. (Menalar)
o
Siswa menjelaskan
bagaimana seharusnya kita bersikap di jalan raya. (Menalar).
o
Siswa kemudian
mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa. (Mengamati).
o
Siswa menuliskan
hasil pengamatannya di tempat yang sudah disediakan. (Menyajikan).
o
Siswa membaca
surat pribadi yang terdapat pada buku siswa. (Mengamati).
o
Siswa mengamati
pertanyaan-pertanyaan tentang teks. (Mengamati).
o
Siswa membentuk
kelompok secara berpasangan, mendiskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan dengan
pasangan diskusinya (menalar).
o
Siswa menuliskan
jawaban berdasarkan hasil diskusinya (menyajikan).
o
Siswa membaca
teks “Jalan Macet” secara estafet.
o
Seorang siswa
mengawali membaca satu paragraf, lalu dilanjutkan oleh siswa lain dan
seterusnya sampai tiga kali putaran. (Mengamati).
o
Siswa mengamati
kembali teks “Jalan Macet.” (Mengamati).
o
Siswa
menyimpulkan isi teks pada tempat yang telah disediakan. (Menalar).
o
Siswa mengamati
kesimpulan yang dibuatnya tentang jalan macet. (Mengamati)
o
Siswa membaca
kesimpulan yang dibuatnya berulang kali. (Mencoba)
o
Siswa
menceritakan kesimpulannya tentang teks “Jalan Macet” di depan kelas. Siswa
menggunakan kalimatnya sendiri dan dapat menggunakan bahasa daerah setempat.
(Menyajikan)
o
Siswa berlatih
saling menghargai dan mematuhi aturan dengan bermain bakiak.
o
Siswa membaca
teks tentang bermain bakiak. (Mengamati)
o
Siswa menyebutkan
apa saja yang dilatih dalam permainan bakiak. (Menalar)
o
Siswa membaca
prosedur bermain bakiak dan mempelajarinya. (Mengamati)
o
Siswa membuat
kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 3 (tiga) orang.
(Mengorganisir)
o
Siswa menyiapkan
bakiak dan garis lintas. (Mengorganisir)
o
Siswa melakukan
pemanasan. (Mencoba)
o
Setiap kelompok
mendapat giliran secara bergantian untuk bermain bakiak. (Mencoba)
o
Setelah semua
mendapat giliran mencoba, setiap kelompok bersiap-siap berlomba.
o
Perlombaan
dilakukan secara berjenjang. Semua kelompok yang menang pada tahap pertama
akan bertanding untuk meraih posisi sebagai juara.
o
Kelompok yang
menang tidak tinggi hati dan kelompok yang kalah tidak merasa rendah diri.
o
Kegiatan diakhiri
dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup
dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan
manusia untuk saling menghargai dan bertanggung jawab atas kepentingan orang
lain.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada
ranah pengetahuan dilakukan guru dengan melihat hasil latihan pada
buku siswa yang
berupa:
1. Mengidentifikasi
hasil pengamatan.
2. Mengidentifikasi
surat pribadi.
3. Mengenal aturan
di jalan raya.
3. Penilaian
Ketrampilan
Penilaian
keterampilan dilihat dari keterampilan siswa pada kegiatan bercerita, dan
bermain bakiak.
Kriteria penilaian dilakukan pada rubrik berikut.
Rubrik Kegiatan Bercerita
No
|
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Jumlah kalimat
|
Jumlah
kalimat
lebih
dari 10
kalimat.
|
Jumlah
kalimat
7-10kalimat.
|
Jumlah kalimat
4-6 kalimat.
|
Kurang
dari 3
kalimat
|
2
|
Volume suara
|
Suara terdengar
oleh semua
anggota kelas
|
Suara
terdengar
hanya oleh
sebagian
anggota kelas
|
Suara hanya
terdengar oleh
guru.
|
Suara tak terdengar
|
Isi cerita
|
Cerita runut,
berbicara
tentang jalan macet, mencakup empat poinsesuai
permintaan
|
Hanya
memenuhi
dua kriteria
|
Hanya
memenuhi
satu
kriteria.
|
Belum mau
bercerita
|
Lembar Pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kreatif
|
Rapi
|
Antusias
|
|||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||
10
|
Fawniya
|
||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||
33
|
Alfin
|
H. Sumber dan Media
1.
Gambar rambu-rambu
lalu lintas
2.
Bakiak 3 set
3. Buku teks pelajaran/buku siswa
Mengetahui, Tijue,
5 November
2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan
berikut dengan teman sebangkumu!
1. Siapa
yang berkirim surat?
___________________________________________
2. Kapan
dan di mana surat itu dibuat?
___________________________________________
3. Apa
yang dibicarakan di dalam surat?
___________________________________________
4.
Pernahkah kamu mendapat hambatan pada
saat
ke sekolah? Jelaskan!
___________________________________________
5.
Pernahkah kamu terlambat tiba di sekolah? Jika
pernah, bagaimana perasaanmu saat
terlambat
datang? CeritakanTEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB1
TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB2
TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment