RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Permasalahan di
Lingkungan Sosial/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
isi teks tanggapan terhadap surat tanggapan pribadi tentang permasalahan
sosial.
4.3 Mengolah dan
menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menemukan
kata-kata baru pada teks tanggapan.
4.3.2 Membuat surat
tanggapan pribadi tentang peristiwa di lingkungan sosial.
b) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.6 Menentukan
strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah
uang.
3.6.1 Mengenali
masalah yang berkaitan dengan uang dengan menggunakan strategi pengurangan
4.2. Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari ang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang,
berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
.4.2.1 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan uang melalui strategi pengurangan.
4.2.2 Menyajikan
permasalahan yang berkaitan dengan uang yang dapat diselesaikan dengan strategi
pengurangan.
.
c) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.3. Memahami makna
keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.3.1 Mengidentifikasi
keberagaman perilaku individu di lingkungan sekitar.
4.3 Berinteraksi
dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
4.3.1 Memberi
tanggapan terhadap hasil pengamatan tentang keberagaman perilaku individu di lingkungan
sekitar.
.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
2. Masalah yang berkaitan dengan uang dengan menggunakan strategi
pengurangan
3. Keberagaman perilaku individu di lingkungan sekitar
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang
telah mereka pelajari sebelumnya.
o
Guru menyampaikan
bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya menghargai orang lain
dan menjaga sarana umum bersama-sama.
o
Siswa mendapat
kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang menghargai orang lain
di tempat umum dan menjaga sarana umum. (Mengomunikasikan).
o
Siswa berbagi
informasi tentang transportasi yang biasa digunakan saat pergi ke sekolah.
(Mengeksplorasi)
o
Siswa berdiskusi
tentang jenis-jenis transportasi umum yang biasa ditemui di lingkungan tempat
tinggal.(Menalar, mengeksplorasi)
o
Bagi siswa yang
di lingkungannya tidak terdapat angkutan umum dapat bercerita tentang
bagaimana cara bepergian dari satu daerah ke daerah lain yang jaraknya cukup
jauh. (Mengomunikasikan).
o
Siswa membaca
teks pada buku tanpa bersuara. (Mengamati)
o
Siswa mengamati
isi teks. (Mengamati)
o
Siswa menemukan
aturan menggunakan transportasi umum. (Mengeksplorasi)
o
Siswa menyebutkan
beberapa aturan menggunakan transportasi umum. (Mengonfirmasi).
o
Siswa mengamati
pertanyaan-pertanyaan yang harus dilengkapi. (Mengamati)
o
Siswa mengamati
kembali isi teks untuk melengkapi pertanyaan-pertanyaan. (Mengeksplorasi)
o
Siswa melengkapi
kalimat tanya yang terdapat pada buku siswa. (Mencoba)
o
Siswa mengamati
kembali teks “Peraturan Berkendaraan Umum”. (Mengamati)
o
Siswa mencari
kata-kata baru pada teks. (Mengeksplorasi)
o
Siswa menuliskan
kata-kata baru pada buku siswa. (Menyajikan).
o
Siswa berdiskusi
tentang kata-kata baru bersama teman-temannya dibantu guru. (Menalar)
o
Siswa mengamati
gambar tentang perilaku saat menggunakan transportasi umum. (Mengamati)
o
Siswa
mendiskusikan gambar yang diamatinya dengan teman di sebelahnya. (Menalar).
o
Siswa menjelaskan
perilaku apa saja yang mencerminkan sikap menghargai orang lain. (Menalar).
o
Siswa mengingat
kembali tentang gambar yang diamatinya. (Mengamati)
o
Siswa
menyampaikan pendapatnya tentang gambargambar yang diamatinya.
(Mengomunikasikan).
o
Siswa menuliskan
pendapatnya tentang gambargambar dalam bentuk surat. (Mencoba)
o
Siswa mengamati
contoh permasalahan berkaitan dengan uang. (Mengamati)
o
Siswa mengenal
permasalahan berkaitan dengan uang yang dapat diselesaikan dengan strategi pengurangan.
(Menalar)
o
Siswa berlatih
menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan uang. (Menalar)
o
Setelah
mengerjakan beberapa latihan, siswa dapat membuat soal sendiri berdasarkan
keinginannya dan menjawabnya dengan benar. (Menalar)
o
Kegiatan diakhiri
dengan mengulas kembali apa yang sudah dilakukan sejak pagi dan ditutup
dengan bersyukur kepada Tuhan dengan menyimpulkan bahwa manusia hendaknya
bekerja sama, saling menghargai dan bertanggung jawab atas sarana milik
bersama yang ada di lingkungan sekitar
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan tes tertulis dalam bentuk latihan pada buku
siswa berupa:
1.
Mengidentifikasi teks.
2.
Mengenal perilaku baik.
3.
Mengenal
permasalahan yang berkaitan dengan uang
3. Penilaian
Ketrampilan
Penilaian
keterampilan dilihat dari keterampilan siswa dalam kegiatan membuat
surat pribadi.
Berikut ini rubrik kriteria yang dinilai.
Rubrik Kegiatan
Membuat Surat Pribadi
No
|
Kriteria yang
dinilai
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kelengkapan
surat
|
Menulis
tempat
Pembuatan
surat, tanggal pembuatan surat, nama yang dituju,
kalimat pembuka,
isi surat, kalimat
penutup,
nama pengirim.
|
Memenuhi
lima
kriteria.
|
Memenuhi
tiga kriteria
|
Belum
Memenuhi kriteria
|
2
|
Isi surat
|
Lebih
dari 15 kalimat.
|
Memuat
10-15 kalimat
|
Memuat
6-10 kalimat.
|
Di bawah 6 kalimat
|
F. Sumber
dan Media
1.
Gambar aneka alat
transportasi umum
2.
Gambar perilaku
yang baik di kendaraan umum
3. Buku tekspelajaran/buku siswa
Mengetahui, Tijue,
6 November
2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Berlatihlah dengan mengerjakan soal-soal berikut
ini!
No
|
Soal
|
Jawaban
|
contoh
|
Siti pergi ke sekolah dengan
becak. Ongkos becak sebesar
Rp3.000,00. Siti membayarnya
dengan pecahan Rp5.000,00.
Berapa uang kembali yang Siti
peroleh?
|
Rp5.000,00 – Rp3.000,00
= Rp2.000,00
|
1
|
Udin pergi ke rumah Beni
dengan menggunakan
ojek. Ongkos ojek sebesar
Rp5.000,00. Udin membayar
dengan pecahan Rp10.000,00.
Berapa uang kembali yang Udin
dapat?
|
|
2
|
Lani pergi ke perpustakaan
umum dengan angkutan
kota. Biayanya Rp2.500,00.
Lani membayar dengan dua
pecahan dua ribuan. Berapa
uang kembali yang Lani dapat?
|
|
3
|
Buatlah soalmu sendiri!
...
|
|
4
|
Jika uang yang kamu miliki
kurang dari ongkos yang
seharusnya kamu keluarkan,
tindakan apa yang harus
dilakukan? Jelaskan!
|
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment