RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Permasalahan di
Lingkungan Sosial/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Menyebutkan
bagianbagian yang terdapat pada teks surat tanggapan pribadi.
4.3 Mengolah dan
menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta ermasalahan dan lingkungan sosial di daerah
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membuat teks
surat tanggapan pribadi terhadap permasalahan di lingkungan sosial..
b) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.3 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide
dalam berkarya seni.
3.5 Memahami makna
karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
3.5.1 Menghafal
syair lagu dengan benar.
4.5 Menyanyi lagu
wajib dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu.
4.5.1 Menyanyikan
lagu wajib dengan syair yang benar.
.
c) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah,sekolah dan masyarakat sekitar.
3.3. Memahami makna
keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.3.1 Mengidentifikasi
keberagaman di lingkungan rumah.
4.3 Berinteraksi
dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
4.3.1 Memberi
tanggapan terhadap beberapa keberagaman di lingkungan rumah.
d) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.14 Menentukan perbandingan
data menggunakan table grafik batang, dan grafik lingkaran.
3.14.1 Mengidentifikasi data yang dikumpulkan
melalui survei.
3.14.2 Membandingkan
data yang terdapat pada grafik batang vertikal.
4.14. Mengumpulkan
dan menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan
dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal dengan label terurut
sesuai dengan grafik batang horizontal.
4.14.1 Menampilkan
data dalam bentuk tabel kategorikal.
4.14.2 Membuat
grafik batang vertikal berdasarkan data kategorikal pada tabel.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial
2.
Makna karya seni
budaya dengan bahasa daerah setempat.
3. Keberagaman di lingkungan rum
4. Grafik batang vertikal berdasarkan data kategorikal pada tabel
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang
telah mereka pelajari sebelumnya.
o
Guru menyampaikan
bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya menghargai perbedaan.
o
Siswa mendapat
kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang perbedaan yang ada di
sekitar rumahnya. (Mengomunikasikan)
o
Siswa membaca
teks “Menghargai Perbedaan.” (Mengamati)
o
Siswa menyebutkan
perbedaan apa saja yang ada pada teks. (Mengonfirmasi)
o
Siswa
menyampaikan pendapatnya tentang perbedaan. (Menalar)
o
Siswa mengingat
kembali bagian-bagian surat pribadi. (Menalar)
o
Siswa mengingat
kembali tentang jenis-jenis perbedaan yang ada di sekitar tempat tinggal. (Menalar)
o
Siswa
menyampaikan pendapatnya tentang perbedaan dalam bentuk surat. (Mencoba)
o
Lima surat
terbaik akan dipajang di papan pajangan untuk dibaca banyak orang.
(Menyajikan)
o
Siswa mengamati
gambar pada buku siswa. (Mengamati)
o
Siswa menentukan
sikapnya tentang gambar yang diamatinya. (Menalar)
o
Siswa secara
berpasangan berbagi pendapat mengenai sikap masing-masing terhadap gambar.
o
(Mengomunikasikan)
o
Masing-masing
siswa menuliskan pendapat pasangan diskusinya mengenai gambar tersebut pada
tempat yang sudah disediakan. (Menyajikan)
o
Beberapa siswa
mendapat kesempatan mempresentasikan tulisannya di depan kelas. (Menyajikan).
o
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang pentingnya saling menghargai dalam perbedaan.
o
Siswa mengamati
gambar peta Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau besar, dan pulau tempat mereka
berada. (Mengamati, mencari tahu)
o
Siswa membaca
teks (Mengamati).
o
Siswa berlatih
mengisi teka-teki sesuai teks yang dibacanya (Menalar).
o
Siswa mengamati
syair lagu “Dari Sabang Sampai
o
Merauke.”
(Mengamati)
o
Siswa menyebutkan
maksud dari syair lagu tersebut.
o
(Menginformasikan)
o
Siswa
memerhatikan contoh yang ditunjukkan guru dalam menyanyikan lagu “Dari Sabang
Sampai
o
Merauke.”
(Mengamati)
o
Siswa berlatih
menyanyikan lagu “Dari Sabang
o
Sampai Merauke.”
(Mencoba)
o
Siswa secara
bergiliran menyanyikan lagu “Dari
o
Sabang Sampai
Merauke.” (Menyajikan)
o
Guru menyampaikan
keberagaman suku bangsa, bahasa dan agama yang dimiliki Indonesia.
o
Siswa kembali
mengamati peta Indonesia. (Mengamati)
o
Siswa menyebutkan
pulau-pulau yang sudah diketahui pada peta. (Mengomunikasikan)
o
Siswa melakukan
wawancara kepada teman-teman di kelasnya tentang pulau apa yang ingin mereka pelajari
lebih dalam lagi. (Menggali informasi)
o
Siswa menuliskan
hasil wawancara dalam tabel.
o
(Menyajikan)
o
Siswa menyajikan
hasil wawancara dalam table kategorikal. (Menyajikan)
o
Siswa berlatih
membuat grafik batang berdasarkan data dalamtabel. (Mencoba)
o
Siswa
memperhatikan data yang dituangkan dalam sebuah grafik batang yang terdapat
pada buku siswa. (Mengamati)
o
Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan data pada grafik batang. (Menalar)
o
Kegiatan diakhiri
dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi, dan ditutup
dengan bersyukur kepada Tuhan, serta menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan
manusia berbeda-beda untuk saling menghargai dan saling menolong
Remedial
o
Remedial
diberikan kepada siswa yang belum mengalami perubahan, baik dari aspek sikap,
pengetahuan, dan keterampilan. Remedial yang dilakukan guru, antara lain sebagai
berikut.
o
Berlatih membuat
surat pribadi balasan.
o
Berlatih
mengenali masalah yang dapat diselesaikan dengan mengurangi sejumlah uang.
o
Berlatih
memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang melalui strategi pengurangan.
o
Berlatih membuat
karya dekoratif dari bahan lunak.
o
Berlatih membaca
teks dengan benar.
o
Mengulang
penjelasan tentang nilai uang menggunakan benda konkrit.
Kegiatan
Alternatif (Pengayaan)
o
Bagi siswa yang
sudah memenuhi kriteria tertentu, dapat diberikan pengayaan berupa kegiatan
berikut.
o
Membuat karya
seni dekoratif dengan menggunakan tanah liat melalui proses pembakaran.
o
Mengumpulkan
gambar yang menunjukkan perbandingan kondisi ideal dengan kondisi nyata dalam
kehidupan sehari-hari, misalnya sungai bersih dan sungai kotor, anak
bersekolah dengan anak bekerja di bangunan.
o
Membuat mading
tentang lingkungan ideal dengan tema menjaga lingkungan sekitar agar tetap
indah dan nyaman.
o
Membuat surat
tentang keprihatinan terhadap masalah sosial ditujukan kepada lembaga
pemerintahan setempat.
o
Berlatih
mengenali berbagai masalah berkaitan dengan uang yang dapat diselesaikan
melalui pengurangan dengan tingkat kesulitan yang beragam.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
pengetahuan dilakukan secara tertulis yang berupa latihan pada buku siswa
meliputi menjawab
pertanyaan tentang:
1. Mengidentifikasi
bagian-bagian surat
2. Mengidentifikasi
teks yang dibaca
3. Mengisi
teka-teki
4. Membandingkan
data pada grafik
3. Penilaian
Ketrampilan
Penilaian
keterampilan dilakukan guru dengan melihat keterampilan siswa pada
saat melakukan
wawancara, dan menyanyikan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”.
Melakukan Wawancara
No
|
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Santun,
menggunakan
bahasa formil,
percaya diri, ada kata pembuka
dan penutup
|
Memenuhi
empat kriteria
|
Memenuhi tiga
kriteria.
|
Memenuhi
dua kriteria
|
Memenuhi
satu
kriteria
|
Rubrik Menyanyikan
Lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”
No
|
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penguasaan
lagu
|
Siswa
hafal
seluruh
syair
lagu
|
Siswa melakukan
sedikit
kekeliruan
|
Tidak semua
syair dihafal
dengan baik
|
Siswa
tidak
hafal
lagu
|
|
Vokal
|
Artikulasi yang
diucapkan
sangat jelas
|
Terdapat
sedikit
kesalahan
dalam
artikulasi
|
Artikulasi
yang
diucapkan
sebagian
jelas
|
Artikulasi
yang
diucapkan
tidak
jelas
|
|
Ekspresi
|
Ekspresi
wajah
sesuai
dengan
isi lagu,
konsisten
dan
bersemangat
|
Memenuhi
dua
kriteria.
|
Memenuhi
satu
kriteria
|
Tidak
memenuhi
kriteria.
|
F. Sumber dan Media
1. Peta Indonesia
2. Gambar pakaian adat, rumah adat, dan makanan khas daerah
3. Syair lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”
4. Contoh grafik batang dan lingkaran
5. Buku teks pelajaran/buku siswa
Mengetahui, Tijue,
7 November
2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
1. b) Jambu
Ada jeruk, jambu,
pisang, dan nanas
Beni: nanas
Siti : pisang
(tidak jambu, jeruk dan nanas)
Dayu: jeruk (tidak
jambu, pisang dan nanas)
Edo?
2. a. Persamaan:
sama-sama perempuan, menyeberang, berjalan.
b. Perbedaan:
anak-anak><tua; berseragam><tidak berseragam; tidak
bertongkat><bertongkat;
tidak berkacamata><berkacamata
c. Mereka
menyeberang sesuai aturan. Karena mereka menyeberang di zebra
cross dan saat
lampu merah tanda kendaraan harus berhenti sedang menyala
3. d. Berapa
derigen air yang dibeli
4. Mencari
alternatif permainan lain yang tidak membutuhkan lapangan bola, mencari
lapangan
bola di tempat lain, membaca buku, bersepeda, dan lain-lain.
5. Hari ke 3 :
Rp8.000,00 – Rp2.000,00 = Rp6.000,00
Hari
k2 4 : Rp6.000,00 – Rp2.000,00 = Rp4.000,00
6. Tuliskan jumlah
uang tabungan masing-masing individu pada kotak yang tersedia!
a.
Rp10.000,-
Rp2.000,00
+Rp2.000,00 +Rp2.000,00 + Rp1.000,00 + Rp1.000,00 + Rp500,00
+Rp500,00
+ Rp500,00 + Rp500,00
b. Rp7.000,00
Rp2.000,00
+Rp2.000,00 +Rp1.000,00 + Rp1.000,00 +Rp500,00 + Rp500,00
c. Rp5.500,00
Rp5.000,00 + Rp500,00
d. Rp6.000,00
Rp2.000,00
+Rp2.000,00 + Rp1.000,00 + Rp1.000,00
e.
Rp9.000,00
Rp5.000,00
+ Rp2.000,00 + Rp2.000,00
f.
Rp7.500,00
Rp2.000,00
+Rp2.000,00 +Rp2.000,00 + Rp1.000,00 + Rp500,00
7. Buatlah grafik batang berdasarkan jumlah
tabungan yang dimiliki!
8. a. Udin
b. Edo
c. Rp9.000,00 – Rp5.500,00 = Rp3.500,00
d. Rp10.000,00 – Rp7.000,00 = Rp3.000,00
Rp6.000,00 – Rp5.500,00 = Rp500,00
Rp3.000,00 + Rp 500,00 = Rp3.500,00
9. Udin :
Rp10.000,00
Lani : Rp9.000,00
Dayu : Rp7.500,00
Beni : Rp7.000,00
Siti : Rp6.000,00
Edo :
Rp5.500,00
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Gambar
|
Bagaimana sikapmu?
|
Berbeda suku
|
1. ………………………….
2. ………………………….
3. ………………………….
4. ………………………….
5. ………………………….
|
Berbeda agama
|
6. ………………………….
7. ………………………….
8. ………………………….
9. ………………………….
10.
………………………….
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment