Home » » TEMA 3 KELAS 6 SUB 3 PB 1

TEMA 3 KELAS 6 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 26 October 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 3                                        : Tokoh dan Penemuan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Ayo, Menjadi Penemu / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Menjelaskan isi teks eksplanasi ilmiah tentang perubahan energi listrik.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menyajikan teks eksplanasi ilmiah tentang perubahan energi listrik.

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.1 Menjelaskan perubahan (konversi) energi gerak menjadi energi listrik pada listrik statis.
4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
4.3.1 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang konversi energi pada listrik statis.

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.7 Memilahkan poligon oleh garis simetri dan dengan simetri rotasi.
3.7.1 Menjelaskan cara menghitung luas polygon pada kertas berpetak(satuan non baku) dengan strategi yang tepat.
4.3 Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya.
4.3.1 Menghitung luas polygon pada kertas berpetak (satuan non baku). dengan strategi yang tepat.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Membaca dan menemukan informasi isi bacaan.
2.      Menulis teks eksplanasi ilmiah berdasarkan hasil percobaan tentang listrik statis.
3.      Menemukan luas polygon menggunakan satuan non baku pada kertas berpetak.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “tokoh dan penemuan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks singkat tentang Thomas Alva Edison.
o   Siswa berdiskusi bersama seorang teman, tentang:
§  Nilai-nilai keteladanan Thomas Alva Edison.
§  Contoh sikap dari setiap nilai dalam kehidupan sehari- hari.
§  Manfaat setiap nilai tersebut bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.
o   Siswa menuliskannya dalam bagan yang tersedia
o   Motivasi siswa bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang penemu dengan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam sikap keseharian mereka.
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil untuk melakukan percobaan guru menemukan listrik statis di sekitar mereka.
o   Siswa mengikuti instruksi yang diberikan di dalam buku.
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan hasil percobaan
o   Siswa menuliskan hasil percobaan dalam bentuk teks eksplanasi. (Penilaian 1 dan 2)
o   Siswa membaca senyap teks eksplanasi tentang listrik statis.
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks. (Penilaian 2)
o   Siswa menuliskan persamaan dan perbedaan antara listrik statis dan listrik dinamis dalam bentuk Diagram Venn. (Penilaian 1)
o   Minta siswa melakukan refleksi apakah telah mempraktikkan sikap ingin tahu yang tinggi, tekun, dan pantang menyerah saat melakukan percobaan.
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil
o   Siswa dalam kelompok mengamati satu poligon yang terdapat di buku.
o   Siswa berdiskusi untuk menentukan luas poligon tersebut, kemudian mendiskusikan hasilnya dengan kelompok lain. Jika terdapat perbedaan jawaban, siswa akan mencari tahu strategi yang mereka gunakan
o   Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
o   Siswa bersama guru bersama-sama membahas dua strategi untuk mencari luas poligon tersebut.
o   Siswa mengerjakan latihan mencari luas poligon yang terdapat di buku.
o   Siswa membandingkan cara yang mereka gunakan dengan teman yang lain.
o   Siswa melakukan refleksi harian, apakah mereka telah menerapkan rasa ingin tahu dan tekun.

Pengayaan
o   Siswa diberikan latihan tambahan soal problem solving mencari luas bangun datar segi banyak (poligon) pada kertas berpetak

Remidial
o   Siswa yang belum memahami materi mencari luas poligon, mengerjakan kembali dengan pendampingan guru.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian
1.      Penilaian tugas Bahasa Indonesia: membuat dan membaca pidato persuasif
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
Pengumpulan
data
• Siswa melakukan percobaan
dengan tertib.
• Siswa mencatat setiap proses
perubahan energi gerak air
menjadi energi gerak pada kincir
dengan rinci.
• Siswa menganalisa bacaan dan
menjawab pertanyaan bacaan
dengan benar.
• Siswa menemukan dan
menuliskan persamaan dan
perbedaan listrik statis dan
dinamis dengan benar
Memenuhi
3 dari 4
kriteria di
kolom 1.
Memenuhi
2 dari 4
kriteria di
kolom 1.
Memenuhi
1 dari 4
kriteria di
kolom 1
Penyajian
data: tulisan
eksplanasi
Lengkap mencantumkan:
• Arti listrik statis.
• Poses perubahan energi gerak air
menjadi energi listrik.
• Contoh manfaat listrik statis
• Berurutan dan mudah dipaha
Memenuhi
3 dari 4
kriteria di
kolom 1.
Memenuhi
2 dari 4
kriteria di
kolom 1 .
Memenuhi
1 dari 4
kriteria di
kolom 1
Penarikan
kesimpulan
Kesimpulan dan opini pada
paragraf interpretasi tentang
listrik statis tepat dan sesuai
dengan informasi pada paragraf
sebelumnya
Kesimpulan
dan opini
cukup tepat
dan sesuai
Kesimpulan
dan opini
kurang tepat
Kesimpulan
dan opini
tidak tepat.
Sikap
Siswa menunjukkan sikap:
• Rasa ingin tahu.
• Mandiri bertanggung jawab
selama kegiatan berlangsung.
Memenuhi
2 dari 3
kriteria di
kolom 1.
Memenuhi
1 dari 3
kriteria di
kolom 1.
Tidak
memenuhi
kriteria di
kolom 1.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap.
   (Contoh terlampir di halaman 186 Buku Guru).

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
  1. Penggaris plastik, balon, serpihan kertas.
  2. Beragam benda terbuat dari bahan dasar yang  bervariasi: kain, kaca, kayu, logam, dan lainlain.


Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                             JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                   NIP. 19780714 200801 2 001





                                                                                        


MEDIA
TEMA 3 KELAS 6 SUB 3 PB 1

TEMA 3 KELAS 6 SUB 3 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors