RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 3 : Tokoh dan Penemuan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Ayo, Menjadi Penemu / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas,
energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan.
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
3.2.1 Menjelaskan
isi teks eksplanasi ilmiah tentang perubahan energi listrik.
4.2 Menyajikan teks
penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
4.2.1 Menyajikan
teks eksplanasi ilmiah tentang perubahan energi listrik.
b) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri
ilmiah dan berdiskusi
3.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi
energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan
sehari-hari.
3.1.1 Menjelaskan
perubahan (konversi) energi gerak menjadi energi listrik pada listrik statis.
4.3 Membuat laporan
hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
4.3.1 Menyajikan
laporan hasil percobaan tentang konversi energi pada listrik statis.
c) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.7 Memilahkan
poligon oleh garis simetri dan dengan simetri rotasi.
3.7.1 Menjelaskan
cara menghitung luas polygon pada kertas berpetak(satuan non baku) dengan
strategi yang tepat.
4.3
Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya.
4.3.1 Menghitung
luas polygon pada kertas berpetak (satuan non baku). dengan strategi yang
tepat.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1.
Membaca dan
menemukan informasi isi bacaan.
2.
Menulis teks
eksplanasi ilmiah berdasarkan hasil percobaan tentang listrik statis.
3.
Menemukan luas polygon
menggunakan satuan non baku pada kertas berpetak.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “tokoh dan penemuan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
teks singkat tentang Thomas Alva Edison.
o
Siswa berdiskusi
bersama seorang teman, tentang:
§ Nilai-nilai
keteladanan Thomas Alva Edison.
§ Contoh sikap dari
setiap nilai dalam kehidupan sehari- hari.
§ Manfaat setiap
nilai tersebut bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.
o
Siswa
menuliskannya dalam bagan yang tersedia
o
Motivasi siswa
bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang penemu dengan
menerapkan nilai-nilai tersebut dalam sikap keseharian mereka.
o
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok kecil untuk melakukan percobaan guru menemukan
listrik statis di sekitar mereka.
o
Siswa mengikuti
instruksi yang diberikan di dalam buku.
o Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan hasil
percobaan
o
Siswa menuliskan
hasil percobaan dalam bentuk teks eksplanasi. (Penilaian 1 dan 2)
o
Siswa membaca
senyap teks eksplanasi tentang listrik statis.
o Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks. (Penilaian
2)
o
Siswa menuliskan
persamaan dan perbedaan antara listrik statis dan listrik dinamis dalam
bentuk Diagram Venn. (Penilaian 1)
o
Minta siswa
melakukan refleksi apakah telah mempraktikkan sikap ingin tahu yang tinggi,
tekun, dan pantang menyerah saat melakukan percobaan.
o Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil
o
Siswa dalam
kelompok mengamati satu poligon yang terdapat di buku.
o
Siswa berdiskusi
untuk menentukan luas poligon tersebut, kemudian mendiskusikan hasilnya
dengan kelompok lain. Jika terdapat perbedaan jawaban, siswa akan mencari
tahu strategi yang mereka gunakan
o
Setiap kelompok
mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
o
Siswa bersama
guru bersama-sama membahas dua strategi untuk mencari luas poligon tersebut.
o
Siswa mengerjakan
latihan mencari luas poligon yang terdapat di buku.
o
Siswa membandingkan
cara yang mereka gunakan dengan teman yang lain.
o
Siswa melakukan
refleksi harian, apakah mereka telah menerapkan rasa ingin tahu dan tekun.
Pengayaan
o
Siswa diberikan
latihan tambahan soal problem solving mencari luas bangun datar segi
banyak (poligon) pada kertas berpetak
Remidial
o
Siswa yang belum
memahami materi mencari luas poligon, mengerjakan kembali dengan pendampingan
guru.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai;
a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1. Penilaian tugas Bahasa Indonesia: membuat dan membaca pidato persuasif
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengumpulan
data
|
• Siswa
melakukan percobaan
dengan
tertib.
• Siswa
mencatat setiap proses
perubahan
energi gerak air
menjadi
energi gerak pada kincir
dengan
rinci.
• Siswa
menganalisa bacaan dan
menjawab
pertanyaan bacaan
dengan
benar.
• Siswa
menemukan dan
menuliskan
persamaan dan
perbedaan
listrik statis dan
dinamis
dengan benar
|
Memenuhi
3 dari 4
kriteria
di
kolom 1.
|
Memenuhi
2 dari 4
kriteria
di
kolom 1.
|
Memenuhi
1 dari 4
kriteria
di
kolom 1
|
Penyajian
data:
tulisan
eksplanasi
|
Lengkap
mencantumkan:
• Arti
listrik statis.
• Poses
perubahan energi gerak air
menjadi
energi listrik.
• Contoh
manfaat listrik statis
• Berurutan dan mudah dipaha
|
Memenuhi
3 dari 4
kriteria
di
kolom 1.
|
Memenuhi
2 dari 4
kriteria
di
kolom 1 .
|
Memenuhi
1 dari 4
kriteria
di
kolom 1
|
Penarikan
kesimpulan
|
Kesimpulan
dan opini pada
paragraf
interpretasi tentang
listrik
statis tepat dan sesuai
dengan
informasi pada paragraf
sebelumnya
|
Kesimpulan
dan opini
cukup
tepat
dan sesuai
|
Kesimpulan
dan
opini
kurang
tepat
|
Kesimpulan
dan opini
tidak tepat.
|
Sikap
|
Siswa
menunjukkan sikap:
• Rasa
ingin tahu.
• Mandiri
bertanggung jawab
selama
kegiatan berlangsung.
|
Memenuhi
2 dari 3
kriteria
di
kolom 1.
|
Memenuhi
1 dari 3
kriteria
di
kolom 1.
|
Tidak
memenuhi
kriteria
di
kolom 1.
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
3. Catatan Anekdot
untuk mencatat sikap.
(Contoh
terlampir di halaman 186 Buku Guru).
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
- Penggaris plastik, balon, serpihan kertas.
- Beragam benda terbuat dari bahan dasar yang bervariasi: kain, kaca, kayu, logam, dan lainlain.
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru
Kelas VI B,
CHAIRUNNISA, S.Pd
JULIA, S.Pd.I
NIP.
19700312
199402 2 002 NIP.
19780714
200801 2 001
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment