RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Alam Sekitar Kita/ 1
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama,
suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.3 Menjelaskan
tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.5 Mengemukakan
pendapat tentang akibat berprilaku tidak sesuai dengan tata tertib di rumah
4.2 Melaksanakan
tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
4.2.1 Melaksanakan
tata tertib di lingkungan keluarga.
b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa
percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks
laporan tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba
menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta
jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.3 Mencatat
hasil pengamatan tentang alam sekitar.
4.1.1 Menulis
laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin
tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
3.10 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana.
3.10.4 Mengurutkan
hasil pengukuran berat bendabenda dari hasil terkecil ke terbesar.
4.11 Membuat tabel
sedrhana hasil pengukuran panjang atau berat.
4.11.2 Membuat
tabel hasil pengukuran berat.
d) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan
dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni.
3.1.1 Menetukan
bahan dan alat dalam membuat karya seni.
4.1 Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar.
4.1.4 Menggambar
ekspresi dengan mengolah bentuk dan teksturya relief dari bahan lingkungan
sekitar yang dipilih
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Menjelaskan tata
tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.
Mengemukakan
pendapat tentang akibat berprilaku tidak sesuai dengan tata tertib di rumah.
3.
Melaksanakan tata
tertib di lingkungan keluarga.
4.
Mencatat hasil
pengamatan tentang alamsekitar.
5.
Menulis laporan
sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.
6.
Mengurutkan hasil
pengukuran berat bendabenda dari hasil terkecil ke terbesar.
7.
Membuat tabel hasil
pengukuran berat.
8.
Menggambar
ekspresi.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
gambar Edo dan kakaknya yang sedang bermain di halaman rumahnya. (mengamati)
o
Siswa mendata
hewan-hewan yang terdapat di dalam gambar (mencoba).
o
Siswa menuliskan
hewan-hewan yang diamatinya pada tabel yang tersedia di buku siswa (mencoba).
o
Siswa dibagi
dalam kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 sampai 5 orang.
o
Siswa menyebutkan
pengertian tata tertib (menalar).
o
Siswa mengamati
gambar di buku siswa tentang tata tertib tidak boleh menginjak rumput di taman
dan mematikan air bila tidak digunakan (mengamati).
o
Siswa menjelaskan
tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mencoba).
o
Siswa menjelaskan
di dalam kelompok maksud dari gambar tersebut. Apabila siswa sudah dapat
mengerti bahwa maksud gambar itu mengenai tata tertib, siswa menjelaskan
mengapa tata tertib itu dibuat (menalar).
o
Siswa menuliskan
hasil diskusinya pada lembar kertas tersendiri.
o
Siswa mengamati
tata tertib yang berlaku di rumah masing-masing (mengamati).
o
Siswa menjelaskan
tujuan tata tertib itu dibuat di rumahnya (menalar).
o
Siswa dapat
mengemukakan pendapat tentang akibat berperilaku tidak sesuai dengan tata
tertib di rumah (menalar).
o
Siswa menuliskan
hasil diskusi itu pada kolom yang tersedia di buku siswa (mencoba).
o
Siswa
melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga dengan bimbingan guru (mencoba).
o
Siswa dalam
kelompok beraktivitas di luar kelas, mengamati alam sekitar sekolahnya. (mengamati)
o
Siswa mencatat
hasil pengamatan tentang alam sekitar berupa benda-benda yang dilihat.
Benda-benda itu terdiri atas benda hidup dan benda mati (mencoba).
o
Siswa
mengelompokkan benda yang merupakan benda mati, tumbuhan, dan hewan, berikut
jumlahnya, kemudian menuliskannya pada tabel yang tersedia pada buku siswa (menalar).
o
Siswa membuat
laporan tertulis tentang hasil kegiatan mengumpulkan informasi mengenai
benda-benda yang terdapat di alam sekitar sekolah (mencoba).
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan sebagai panduan diskusi kelompok mengenai kegiatan alam
sekitar di sekolah (mencoba).
o
Siswa mengamati
gambar benda yang pernah dilihatnya pada saat pengamatan benda (mengamati).
o
Siswa
membandingkan dua benda dengan cara memperkirakan berat benda tersebut (menalar).
o
Siswa menuliskan
hasil perbandingan berat benda itu pada buku siswa. (mengomunikasikan).
o
Siswa dibagi
dalam kelompok yang terdiri atas 3 siswa.
o
Siswa mengamati
benda-benda yang sudah disediakan sebelumnya untuk dibandingkan beratnya (mengamati).
o
Secara acak,
siswa mengambil dua benda, kemudian
o
dibandingkan
beratnya (mencoba).
o
Siswa menuliskan
pasangan benda yang diambilnya dan menuliskan benda yang lebih berat (mencoba).
o
Siswa mengurutkan
benda yang sudah dibandingkan beratnya dari benda yang paling ringan sampai
benda yang paling berat (menalar).
o
Siswa menuliskan
hasil kegiatannya pada kolom yang tersedia pada buku siswa.
o
Siswa membuat
tabel hasil pengukuran berat (mencoba).
o
Siswa menggambar
ekspresi berdasarkan objek foto yang sudah disediakan (mengamati).
o
Siswa menentukan
bahan dan alat yang digunakan dalam menggambar (menalar).
o
Siswa menggambar
berdasarkan objek foto yang dipilih (mencoba).
Kegiatan
Pengayaan
o
Guru kembali
menugaskan siswa untuk mengurutkan hasil pengukuran berat benda-benda dari
hasil terkecil ke terbesar dengan bentuk yang lebih bervariasi kepada siswa.
o
Guru mengarahkan
siswa menjelaskan tata tertib di rumah lebih bervariasi
o
Guru kembali
menugaskan siswa membuat gambar ekspresi berbentuk relief dengan bahan alam
yang bervarisi.
Kegiatan Remedial
o
Guru kembali
mengulang pembelajaran mengurutkan hasil pengukuran berat bendabenda dari
hasil terkecil ke terbesar bagi siswa yang belum mengerti.
o
Guru kembali
mengarahkan siswa menjelaskan tata tertib di rumah bagi siswa yang belum
paham.
o
Guru kembali
menugaskan siswa membuat gambar ekspresi berbentuk relief dengan bahan alam
bagi siswa yang belum mampu membuatnya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
Daftar Periksa
Penilaian
Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Mampu mengajukan
pertanyaan
|
|
|
2.
|
Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar
|
|
|
3.
Penilaian Keterampilan
a. Penilaian :
Unjuk Kerja
Mengemukakan
pendapat tentang akibat berprilaku tidak sesuai dengan tata tertib
di rumah.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Mengemukakan
pendapat
|
Siswa
mengemukakan
pendapat dengan
lancar
|
Sebagian
besar
pendapat
dikemukakan
dengan lanca
|
Sebagian
kecil pendapat
dikemukakan
dengan lancar
|
Belum
mampu
mengemukakan
pendapat
|
|
Volume
Suara
|
Terdengar
sampai
seluruh
ruang
kelas
|
Terdengar
Sampai setengah
ruang
kelas
|
Terdengar
hanya
bagian
depan
ruang kelas
|
Suara
sangat
pelan
atau tidak
terdengar
|
b. Penilaian :
Lembar Pengamatan/Observasi
Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga
No
|
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Siswa
mampu melaksanakan segala tugastugasnya
di
lingkungan keluarga
|
|
|
2.
|
Siswa
mampu menyatakan pendapat tentang melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga
|
|
|
3.
|
Siswa
mampu melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga
|
|
|
c. Penilaian :
Unjuk Kerja
Menulis laporan
sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian
isi dengan judul atau tema
|
Seluruh
isi
karangan
sesuai
judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi
karangan
sesuai
judul atau tema
|
Kurang
dari
setengah
isi
karangan
sesuai judul atau tema
|
Seluruh
isi
karangan
belum
sesuai
|
|
Keruntutan
cerita
|
Seluruh
kegiatan
tersusun
dengan runtut
|
Setengah
atau
lebih
isi
karangan
tersusun runtut
|
Kurang
dari
setengah
isi
karangan tersusun
runtut
|
Seluruh
isi
karagan
belum
runtut
|
|
Ketepatan
ejaan
|
Seluruh
tulisan
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Setengah
atau
lebih
tulisan
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Kurang
dari
setengah
tulisan menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Seluruh
tulisan
belum
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
d. Penilaian :
Unjuk Kerja
Membuat tabel hasil pengukuran berat
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membuat
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
Siswa
mampu
mendeskripsikan
keseluruhan
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
Siswa
mampu
mendeskripsikan
sebagian
besar
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
Siswa
mampu
mendeskripsikan
sebagian
kecil
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
Siswa
belum
mampu
mendeskripsikan
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
2
|
Ketepatan
Membuat
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
Siswa
membuat
keseluruhan
membuat
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
Siswa
membuat
sebagian
besar
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
Siswa
membuat
sebagian
kecil
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
Siswa belum
mampu
membuat
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
e. Penilaian: Unjuk
Kerja
Menggambar Berdasarkan Objek Foto
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
Komposisi
warna dan
bentuk
|
Ada
keharmonisan
komposisi
warna
dan bentuk
|
Terdapat sebagian
besar
keharmonisan
komposisi
warna dan bentuk
|
Terdapat
sedikit
keharmonisan
komposisi
warna dan bentuk
|
Tidak ada
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang
dirancang
|
|
Keindahan
karya
yang
dihasilkan
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan
rasa
sangat kagum
|
Karya
yang dihasilkan
menimbulkan
kesan
rasa kagum
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan
kurang
enak dilihat
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan
tidak enak dilihat
|
|
Kebersihan
|
Karya
terlihat
sangat
bersih
|
Karya
terlihat
bersih
|
Karya
terlihat
kurang bersih
|
Karya
terlihat
tidak
bersih
|
F. Sumber
dan Media
·
Gambar pemandangan alam.
·
Gambar Edo dan kakak sedang bermain di halaman dengan tumbuhan, hewan,
dan benda lain disekitarnya.
·
Gambar rerumputan di halaman dengan papan peringatan.
·
Gambar tempat cuci baju dengan papan peringatan.
·
Gambar pot bunga besar dengan tanaman yang subur.
·
Gambar ember penyiram tanaman dan sapu lidi.
·
Alat dan bahan untuk mengurutkan berat benda.
·
Gambar foto pemandangan dan vas bunga.
·
Alat dan bahan membuat gambar ekspresi dari suatu objek.
Mengetahui, Tijue,
23 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19690929
199311 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Amatilah
lingkungan sekolahmu dengan rasa ingin tahu!
Catatlah
tumbuhan, hewan, dan benda-benda lain yang
kamu
jumpai!
Tuliskan
hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
Hitunglah tumbuhan, hewan, dan benda-benda lain, kemudian
tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini!
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment