Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 1

TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 24 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Alam Sekitar Kita/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.3 Menjelaskan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.5 Mengemukakan pendapat tentang akibat berprilaku tidak sesuai dengan tata tertib di rumah
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.

b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.3 Mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar.
4.1.1 Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
3.10.4 Mengurutkan hasil pengukuran berat bendabenda dari hasil terkecil ke terbesar.
4.11 Membuat tabel sedrhana hasil pengukuran panjang atau berat.
4.11.2 Membuat tabel hasil pengukuran berat.

d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni.
3.1.1 Menetukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.4 Menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan teksturya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menjelaskan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.      Mengemukakan pendapat tentang akibat berprilaku tidak sesuai dengan tata tertib di rumah.
3.      Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
4.      Mencatat hasil pengamatan tentang alamsekitar.
5.      Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar.
6.      Mengurutkan hasil pengukuran berat bendabenda dari hasil terkecil ke terbesar.
7.      Membuat tabel hasil pengukuran berat.
8.      Menggambar ekspresi.

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar Edo dan kakaknya yang sedang bermain di halaman rumahnya. (mengamati)
o   Siswa mendata hewan-hewan yang terdapat di dalam gambar (mencoba).
o   Siswa menuliskan hewan-hewan yang diamatinya pada tabel yang tersedia di buku siswa (mencoba).
o   Siswa dibagi dalam kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 sampai 5 orang.
o   Siswa menyebutkan pengertian tata tertib (menalar).
o   Siswa mengamati gambar di buku siswa tentang tata tertib tidak boleh menginjak rumput di taman dan mematikan air bila tidak digunakan (mengamati).
o   Siswa menjelaskan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mencoba).
o   Siswa menjelaskan di dalam kelompok maksud dari gambar tersebut. Apabila siswa sudah dapat mengerti bahwa maksud gambar itu mengenai tata tertib, siswa menjelaskan mengapa tata tertib itu dibuat (menalar).
o   Siswa menuliskan hasil diskusinya pada lembar kertas tersendiri.
o   Siswa mengamati tata tertib yang berlaku di rumah masing-masing (mengamati).
o   Siswa menjelaskan tujuan tata tertib itu dibuat di rumahnya (menalar).
o   Siswa dapat mengemukakan pendapat tentang akibat berperilaku tidak sesuai dengan tata tertib di rumah (menalar).
o   Siswa menuliskan hasil diskusi itu pada kolom yang tersedia di buku siswa (mencoba).
o   Siswa melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga dengan bimbingan guru (mencoba).
o   Siswa dalam kelompok beraktivitas di luar kelas, mengamati alam sekitar sekolahnya. (mengamati)
o   Siswa mencatat hasil pengamatan tentang alam sekitar berupa benda-benda yang dilihat. Benda-benda itu terdiri atas benda hidup dan benda mati (mencoba).
o   Siswa mengelompokkan benda yang merupakan benda mati, tumbuhan, dan hewan, berikut jumlahnya, kemudian menuliskannya pada tabel yang tersedia pada buku siswa (menalar).
o   Siswa membuat laporan tertulis tentang hasil kegiatan mengumpulkan informasi mengenai benda-benda yang terdapat di alam sekitar sekolah (mencoba).
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai panduan diskusi kelompok mengenai kegiatan alam sekitar di sekolah (mencoba).
o   Siswa mengamati gambar benda yang pernah dilihatnya pada saat pengamatan benda (mengamati).
o   Siswa membandingkan dua benda dengan cara memperkirakan berat benda tersebut (menalar).
o   Siswa menuliskan hasil perbandingan berat benda itu pada buku siswa. (mengomunikasikan).
o   Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri atas 3 siswa.
o   Siswa mengamati benda-benda yang sudah disediakan sebelumnya untuk dibandingkan beratnya (mengamati).
o   Secara acak, siswa mengambil dua benda, kemudian
o   dibandingkan beratnya (mencoba).
o   Siswa menuliskan pasangan benda yang diambilnya dan menuliskan benda yang lebih berat (mencoba).
o   Siswa mengurutkan benda yang sudah dibandingkan beratnya dari benda yang paling ringan sampai benda yang paling berat (menalar).
o   Siswa menuliskan hasil kegiatannya pada kolom yang tersedia pada buku siswa.
o   Siswa membuat tabel hasil pengukuran berat (mencoba).
o   Siswa menggambar ekspresi berdasarkan objek foto yang sudah disediakan (mengamati).
o   Siswa menentukan bahan dan alat yang digunakan dalam menggambar (menalar).
o   Siswa menggambar berdasarkan objek foto yang dipilih (mencoba).

Kegiatan Pengayaan
o   Guru kembali menugaskan siswa untuk mengurutkan hasil pengukuran berat benda-benda dari hasil terkecil ke terbesar dengan bentuk yang lebih bervariasi kepada siswa.
o   Guru mengarahkan siswa menjelaskan tata tertib di rumah lebih bervariasi
o   Guru kembali menugaskan siswa membuat gambar ekspresi berbentuk relief dengan bahan alam yang bervarisi.

Kegiatan Remedial
o   Guru kembali mengulang pembelajaran mengurutkan hasil pengukuran berat bendabenda dari hasil terkecil ke terbesar bagi siswa yang belum mengerti.
o   Guru kembali mengarahkan siswa menjelaskan tata tertib di rumah bagi siswa yang belum paham.
o   Guru kembali menugaskan siswa membuat gambar ekspresi berbentuk relief dengan bahan alam bagi siswa yang belum mampu membuatnya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Daftar Periksa
Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Mampu mengajukan pertanyaan


2.
Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar



3. Penilaian Keterampilan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Mengemukakan pendapat tentang akibat berprilaku tidak sesuai dengan tata tertib
di rumah.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Mengemukakan
pendapat
Siswa
mengemukakan
pendapat dengan lancar
Sebagian besar
pendapat
dikemukakan
dengan lanca
Sebagian kecil pendapat
dikemukakan
dengan lancar
Belum mampu
mengemukakan
pendapat

Volume Suara
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
Terdengar
Sampai setengah ruang
kelas
Terdengar hanya
bagian depan
ruang kelas
Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar

b. Penilaian : Lembar Pengamatan/Observasi
Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Siswa mampu melaksanakan segala tugastugasnya
di lingkungan keluarga


2.
Siswa mampu menyatakan pendapat tentang melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga


3.
Siswa mampu melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga



c. Penilaian : Unjuk Kerja
Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
Seluruh isi
karangan sesuai
judul atau tema
Setengah atau lebih isi
karangan sesuai
judul atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai

Keruntutan
cerita
Seluruh kegiatan
tersusun dengan runtut
Setengah
atau lebih
isi karangan
tersusun runtut
Kurang dari
setengah isi
karangan tersusun runtut
Seluruh isi
karagan belum
runtut

Ketepatan ejaan
Seluruh tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Setengah atau
lebih tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Kurang dari
setengah tulisan menggunakan
ejaan yang tepat
Seluruh
tulisan belum
menggunakan
ejaan yang tepat

d. Penilaian : Unjuk Kerja
Membuat tabel hasil pengukuran berat
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membuat
tabel hasil
pengukuran
berat
Siswa mampu
mendeskripsikan
keseluruhan
tabel hasil
pengukuran
berat
Siswa mampu
mendeskripsikan
sebagian besar
tabel hasil
pengukuran
berat
Siswa mampu
mendeskripsikan
sebagian kecil
tabel hasil
pengukuran
berat
Siswa belum
mampu
mendeskripsikan
tabel hasil
pengukuran
berat
2
Ketepatan
Membuat
tabel hasil
pengukuran
berat
Siswa membuat
keseluruhan
membuat tabel
hasil pengukuran
berat
Siswa membuat
sebagian besar
tabel hasil
pengukuran
berat
Siswa membuat
sebagian kecil
tabel hasil
pengukuran
berat
Siswa belum
mampu
membuat tabel
hasil pengukuran
berat

e. Penilaian: Unjuk Kerja
Menggambar Berdasarkan Objek Foto
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1

Komposisi
warna dan
bentuk
Ada
keharmonisan
komposisi warna
dan bentuk
Terdapat sebagian besar
keharmonisan
komposisi warna dan bentuk
Terdapat sedikit
keharmonisan
komposisi warna dan bentuk
Tidak ada
keharmonisan
komposisi
kerajinan yang
dirancang

Keindahan
karya yang
dihasilkan
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
sangat kagum
Karya yang dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan kurang
enak dilihat
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan tidak enak dilihat

Kebersihan
Karya terlihat
sangat bersih
Karya terlihat
bersih
Karya terlihat
kurang bersih
Karya terlihat
tidak bersih

F. Sumber dan Media
·         Gambar pemandangan alam.
·         Gambar Edo dan kakak sedang bermain di halaman dengan tumbuhan, hewan, dan benda lain disekitarnya.
·         Gambar rerumputan di halaman dengan papan peringatan.
·         Gambar tempat cuci baju dengan papan peringatan.
·         Gambar pot bunga besar dengan tanaman yang subur.
·         Gambar ember penyiram tanaman dan sapu lidi.
·         Alat dan bahan untuk mengurutkan berat benda.
·         Gambar foto pemandangan dan vas bunga.
·         Alat dan bahan membuat gambar ekspresi dari suatu objek.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 23 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                          NIP. 19690929 199311 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat
























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Amatilah lingkungan sekolahmu dengan rasa ingin tahu!
Catatlah tumbuhan, hewan, dan benda-benda lain yang
kamu jumpai!
Tuliskan hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!



Hitunglah tumbuhan, hewan, dan benda-benda lain, kemudian tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini!




MEDIA
TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 1


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors