Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 2

TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 24 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Alam Sekitar Kita/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1.2 Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafaL dan intonasi yang jelas..

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
3.2.6 Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.11 Membuat tabel sedrhana hasil pengukuran panjang atau berat.
3.10.3 Membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.
4.11.2 Membuat tabel hasil pengukuran berat

d) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).Indikator
3.8.2 Mengidentifikasi berbagai cara membersihkan lingkungan sekolah.
3.8.3 Menyebutkan alas an menjaga kebersihan.
4.8.3. Mempraktikkan cara membersihkan lingkungan sekolah.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
  2. Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafak dan intonasi yang jelas.
  3. Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
  4. Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.
  5. Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
  6. Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
  7. Membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.
  8. Membuat tabel hasil pengukuran berat.
  9. Membersihkan lingkungan sekolah

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar-gambar yang akan diurutkan sehingga membentuk sebuah cerita (mengamati).
o   Siswa mengurutkan gambar-gambar sehingga membentuk sebuah cerita tentang perawatan kolam ikan (mencoba).
o   Siswa menceritakan secara lisan hasil gambar-gambar yang sudah dirutkan tersebut. Guru menawarkan kepada siswa yang berani maju menceritakan hasil pengamatannya (mengomunikasikan).
o   Siswa membacakan laporan perawatan kolam ikan yang dibuat oleh Edo (mengamati).
o   Siswa mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar (menalar).
o   Siswa menunjukkan bagian-bagian apa saja yang terdapat pada laporan yang sudah dibacanya. Guru menawarkan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya (mencoba).
o   Siswa menunjukkan adanya aturan yang menyarankan kolam ikan dibersihkan 2 minggu sekali. Anggota keluarga yang bertugas, hendaknya mengikuti aturan tersebut. (mencoba)
o   Siswa membuat pertanyaan mengenai laporan perawatan kolam ikan (menanya).
o   Siswa bertanya jawab dengan teman di sebelahnya mengenai cara merawat kolam ikan (menanya).
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks laporan perawatan kolam ikan secara tertulis (mencoba).
o   Guru memeriksa jawaban siswa dengan cara mengumpulkan buku siswa. Jawaban siswa diberi umpan balik oleh guru (mencoba).
o   Jawaban siswa juga dapat diketahui melalui diskusi kelas
o   Siswa mengamati gambar-gambar tentang aturan yang berlaku di sekolah. (mengamati)
o   Siswa mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah (menalar).
o   Siswa menulis kalimat yang sesuai dengan gambar yang diamati (mencoba)
o   Siswa melaksanakan aturan di lingkungan keluarga (mencoba).
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok tugas: menyapu sekitar kelas, membuang sampah-sampah yang berserakan, mengatur peralatan di kelas, merapikan benda-benda di sekitar kelas.
o   Siswa melakukan tugas membersihkan lingkungan sekitar kelas dengan penuh tanggung jawab. (mencoba)
o   Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik (mencoba).
o   Siswa menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik (mengomunikasikan).
o   Siswa mempersiapkan diri untuk bercerita mengenai pengalamannya membersihkan kelas.
o   Siswa bercerita di depan kelas secara bergiliran (mengomunikasikan).
o   Siswa mengamati gambar-gambar perbandingan berat benda pada buku siswa (mengamati).
o   Siswa membandingkan berat benda-benda tersebut berdasarkan gambar pada buku siswa (mencoba).
o   Siswa menuliskan hasil pengematannya pada buku siswa (mencoba).
o   Siswa membuat tabel hasil pengukuran berat (mencoba)
o   Siswa membaca soal cerita untuk dipahami maknanya (mengamati)
o   Siswa menjawab soal cerita berdasarkan data yang dituliskan pada soal cerita tersebut (mencoba)

Kegiatan Pengayaan
o   Guru memberikan soal membandingkan hasil pengukuran berat dua benda yang lebih bervariasi kepada siswa.
o   Guru mengarahkan siswa membaca teks laporan yang lebih bervariasi.
o   Guru memberikan pengarahan tentang cara melaksanakan aturan di sekolah yang lebih bervariasi.
o   Guru memberikan pengarahan tentang kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.

Kegiatan Remedial
o   Guru mengulang kembali soal membandingkan hasil pengukuran berat dua benda bagi siswa yang belum paham.
o   Guru mengulang pembelajaran membaca teks laporan bagi siswa yang belum mampu membaca
o   Guru mengulang pembelajaran tentang cara melaksanakan aturan di sekolah bagi siswa yang belum paham.
o   Guru mengulang kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik bagi siswa yang belum mengerti.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Menjawab pertanyaan berhubungan dengan berat
1)      Yang paling ringan Siti.
2)      Udin lebih berat dari Edo.
3)      Siti lebih ringan dari Udin.
4)      Siti lebih berat dari Edo.
5)      Urutan berat dari yang paling ringan sampai paling berat..

3. Penilaian Keterampilan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan
intonasi yang jelas..
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membacakan
Teks
Siswa mampu
membacakan
keseluruhan teks
Siswa mampu
membacakan
sebagian besar
teks
Siswa mampu
membacakan
sebbagian kecil teks
Siswa belum
mampu
membacakan
teks

Pemahaman Isi teks
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan
Mampu
menjawab
sebagian besar
pertanyaan yang
diajukan
Mampu
menjawab
sebagian kecil
teks

Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan yang
diajukan

b. Penilaian : Pengamatan/Observasi
Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Siswa mampu melaksanakan segala tugastugasnya
di lingkungan keluarga


2.
Siswa mampu menyatakan pendapat tentang melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga


3.
Siswa mampu melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga



c. Penilaian : Unjuk Kerja
Membuat tabel hasil pengukuran berat
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kemampuan
Membuat
tabel hasil
pengukuran
berat
Siswa mampu
membuat
keseluruhan
tabel hasil
pengukuran
berat
Siswa mampu
mendeskripsi
kan sebagian
besar tabel hasil
pengukuran
berat

Siswa mampu
mendeskripsikan
sebagian kecil
tabel hasil
pengukuran
berat
Siswa belum
mampu
membuat
tabel hasil
pengukuran
berat
2.
Ketepatan
Membuat
tabel hasil
pengukuran
berat
Siswa membuat
keseluruhan
membuat tabel hasil pengukuran
berat

Siswa membuat
sebagian besar
tabel hasil pengukuran
berat
Siswa membuat
sebagian kecil
tabel hasil
pengukuran
berat

                     
Siswa belum
mampu
membuat
tabel hasil
pengukuran
berat

d. Penilaian : Unjuk Kerja
Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Bercerita
Siswa bercerita
dengan lancar
Setengah
bagian cerita
disampaikan
dengan lancar
Kurang dari
setengah
bagian cerita
disampaikan
dengan lancar

Belum mampu
bercerita
2
Volume Suara
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
Terdengar
sampai
setengah ruang
kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas

Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar

F. Sumber dan Media
o   Gambar berbagai kegiatan Edo di rumah.
o   Laporan perawatan kolam ikan.
o   Gambar bebagai kegiatan di sekolah.
o   Gambar timbangan dengan berbagai benda di atasnya.
o   Gambar Edo, Siti, Dayu, Beni, dan Udin berdiri berjajar.



Mengetahui,                                                                        Tijue, 24 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                                       NIP. 19690929 199311 2 001


Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Amatilah gambar di bawah ini dengan rasa ingin tahu!
Tuliskan kalimat pada gambar yang sesuai!
 




MEDIA

TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 2

TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors