RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Alam Sekitar Kita/ 2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.2
Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan
hewan dan tumbuhan
2.3
Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.1
Mengenal teks laporan tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1
Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan,
dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1
Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1.2
Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafaL dan intonasi
yang jelas..
b) PPKn
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3
Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam
kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
4.2
Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
3.2.6
Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.2
Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.
c) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar
3.10
Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat
yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.11
Membuat tabel sedrhana hasil pengukuran panjang atau berat.
3.10.3
Membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.
4.11.2
Membuat tabel hasil pengukuran berat
d) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.8
Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan
kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8
Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan
lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).Indikator
3.8.2
Mengidentifikasi berbagai cara membersihkan lingkungan sekolah.
3.8.3
Menyebutkan alas an menjaga kebersihan.
4.8.3.
Mempraktikkan cara membersihkan lingkungan sekolah.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
- Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafak dan intonasi yang jelas.
- Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
- Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.
- Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
- Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
- Membandingkan hasil pengukuran berat dua benda.
- Membuat tabel hasil pengukuran berat.
- Membersihkan lingkungan sekolah
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
gambar-gambar yang akan diurutkan sehingga membentuk sebuah cerita (mengamati).
o
Siswa mengurutkan
gambar-gambar sehingga membentuk sebuah cerita tentang perawatan kolam ikan (mencoba).
o
Siswa
menceritakan secara lisan hasil gambar-gambar yang sudah dirutkan tersebut.
Guru menawarkan kepada siswa yang berani maju menceritakan hasil pengamatannya
(mengomunikasikan).
o
Siswa membacakan
laporan perawatan kolam ikan yang dibuat oleh Edo (mengamati).
o
Siswa
mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar (menalar).
o
Siswa menunjukkan
bagian-bagian apa saja yang terdapat pada laporan yang sudah dibacanya. Guru menawarkan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya (mencoba).
o
Siswa menunjukkan
adanya aturan yang menyarankan kolam ikan dibersihkan 2 minggu sekali.
Anggota keluarga yang bertugas, hendaknya mengikuti aturan tersebut. (mencoba)
o
Siswa membuat
pertanyaan mengenai laporan perawatan kolam ikan (menanya).
o
Siswa bertanya
jawab dengan teman di sebelahnya mengenai cara merawat kolam ikan (menanya).
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks laporan perawatan kolam ikan secara
tertulis (mencoba).
o
Guru memeriksa
jawaban siswa dengan cara mengumpulkan buku siswa. Jawaban siswa diberi umpan
balik oleh guru (mencoba).
o
Jawaban siswa
juga dapat diketahui melalui diskusi kelas
o
Siswa mengamati
gambar-gambar tentang aturan yang berlaku di sekolah. (mengamati)
o
Siswa
mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
sekolah (menalar).
o
Siswa menulis
kalimat yang sesuai dengan gambar yang diamati (mencoba)
o
Siswa
melaksanakan aturan di lingkungan keluarga (mencoba).
o
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok tugas: menyapu sekitar kelas, membuang sampah-sampah
yang berserakan, mengatur peralatan di kelas, merapikan benda-benda di
sekitar kelas.
o
Siswa melakukan
tugas membersihkan lingkungan sekitar kelas dengan penuh tanggung jawab. (mencoba)
o
Siswa
mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas
fisik (mencoba).
o
Siswa menceritakan
kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik (mengomunikasikan).
o
Siswa mempersiapkan diri untuk bercerita mengenai pengalamannya
membersihkan kelas.
o
Siswa bercerita di depan kelas secara bergiliran (mengomunikasikan).
o
Siswa mengamati
gambar-gambar perbandingan berat benda pada buku siswa (mengamati).
o
Siswa
membandingkan berat benda-benda tersebut berdasarkan gambar pada buku siswa (mencoba).
o
Siswa menuliskan
hasil pengematannya pada buku siswa (mencoba).
o
Siswa membuat
tabel hasil pengukuran berat (mencoba)
o
Siswa membaca
soal cerita untuk dipahami maknanya (mengamati)
o
Siswa menjawab
soal cerita berdasarkan data yang dituliskan pada soal cerita tersebut (mencoba)
Kegiatan
Pengayaan
o
Guru memberikan
soal membandingkan hasil pengukuran berat dua benda yang lebih bervariasi
kepada siswa.
o
Guru mengarahkan
siswa membaca teks laporan yang lebih bervariasi.
o
Guru memberikan
pengarahan tentang cara melaksanakan aturan di sekolah yang lebih bervariasi.
o
Guru memberikan
pengarahan tentang kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas
fisik.
Kegiatan Remedial
o
Guru mengulang
kembali soal membandingkan hasil pengukuran berat dua benda bagi siswa yang
belum paham.
o
Guru mengulang
pembelajaran membaca teks laporan bagi siswa yang belum mampu membaca
o
Guru mengulang
pembelajaran tentang cara melaksanakan aturan di sekolah bagi siswa yang
belum paham.
o
Guru mengulang
kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik bagi siswa
yang belum mengerti.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Menjawab pertanyaan
berhubungan dengan berat
1) Yang paling
ringan Siti.
2) Udin lebih
berat dari Edo.
3) Siti lebih
ringan dari Udin.
4) Siti lebih
berat dari Edo.
5) Urutan
berat dari yang paling ringan sampai paling berat..
3.
Penilaian Keterampilan
a. Penilaian :
Unjuk Kerja
Membacakan laporan
sederhana hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan
intonasi yang jelas..
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membacakan
Teks
|
Siswa
mampu
membacakan
keseluruhan
teks
|
Siswa
mampu
membacakan
sebagian
besar
teks
|
Siswa
mampu
membacakan
sebbagian
kecil teks
|
Siswa
belum
mampu
membacakan
teks
|
|
Pemahaman
Isi teks
|
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang
diajukan
|
Mampu
menjawab
sebagian
besar
pertanyaan
yang
diajukan
|
Mampu
menjawab
sebagian
kecil
teks
|
Belum
mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang
diajukan
|
b. Penilaian :
Pengamatan/Observasi
Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga
No
|
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Siswa
mampu melaksanakan segala tugastugasnya
di
lingkungan keluarga
|
|
|
2.
|
Siswa
mampu menyatakan pendapat tentang melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga
|
|
|
3.
|
Siswa
mampu melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga
|
|
|
c. Penilaian :
Unjuk Kerja
Membuat tabel hasil
pengukuran berat
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan
Membuat
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
Siswa
mampu
membuat
keseluruhan
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
Siswa
mampu
mendeskripsi
kan
sebagian
besar
tabel hasil
pengukuran
berat
|
Siswa
mampu
mendeskripsikan
sebagian
kecil
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
Siswa
belum
mampu
membuat
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
2.
|
Ketepatan
Membuat
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
Siswa
membuat
keseluruhan
membuat tabel
hasil pengukuran
berat
|
Siswa
membuat
sebagian besar
tabel
hasil pengukuran
berat
|
Siswa
membuat
sebagian
kecil
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
Siswa
belum
mampu
membuat
tabel
hasil
pengukuran
berat
|
d. Penilaian :
Unjuk Kerja
Menceritakan
kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Bercerita
|
Siswa
bercerita
dengan lancar
|
Setengah
bagian
cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Kurang
dari
setengah
bagian
cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Belum
mampu
bercerita
|
2
|
Volume Suara
|
Terdengar
sampai
seluruh
ruang kelas
|
Terdengar
sampai
setengah
ruang
kelas
|
Terdengar
hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara
sangat
pelan
atau tidak
terdengar
|
F. Sumber
dan Media
o
Gambar berbagai kegiatan Edo di rumah.
o
Laporan perawatan kolam ikan.
o
Gambar bebagai kegiatan di sekolah.
o
Gambar timbangan dengan berbagai benda di atasnya.
o
Gambar Edo, Siti, Dayu, Beni, dan Udin berdiri berjajar.
Mengetahui, Tijue,
24 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19690929
199311 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Amatilah
gambar di bawah ini dengan rasa ingin tahu!
Tuliskan
kalimat pada gambar yang sesuai!
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment