RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Alam Sekitar Kita/ 3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa
percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks
laporan tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1
Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1 Mengamati dan mencoba
menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta
jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1.1 Menulis
laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
3.6 Mengetahui satuan
panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun tidak baku)
dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.6.4 Mengukur
berat beberapa benda dengan menggunakan satuan baku ons dan kg.
3.10 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana.
3.10.2 Mengurutkan
hasil pengukuran berat bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.5 Memecahkan
masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa
kebenaran jawabannya
4.5.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan berat benda.
4.11 Membuat tabel
sedrhana hasil pengukuran panjang atau berat.
4.11.2 Membuat
tabel sederhana hasil pengukuran berat.
c) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan
dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni.
3.1.1 Menetukan
bahan dan alat dalam membuat karya seni.
3.1.2 Menentukan
teknik dalam membuat karya seni.
4.4 Membentuk karya
relief dari bahan alam di lingkungan sekitar.
4.4.1 Membentuk
karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Mengidentifikasi budaya (tarian, nyanyian, dolanan).
- Menceritakan karya seni tak benda daerah setempat (tarian, nyanyian, dolanan).
- Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
- Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Mengukur berat beberapa benda dengan menggunakan satuan baku ons dan kg
- Mengurutkan hasil pengukuran berat bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
- Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat.
- Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
- Menentukan teknik dalam membuat karya seni.
- Membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada pembelajaran
3 akan diceritakan mengenai alam
o
Indonesia dengan
berbagai pemandangan yang indah.
o
Siswa mengamati
lingkungan alam sekitar (mengamati).
o
Pembelajaran
diawali dengan menyanyikan lagu berjudul Pemandangan.
o
Siswa
mendengarkan guru menyanyikan lagu berjudul
o
Pemandangan.
(mengamati)
o
Siswa secara
bersama-sama menyanyikan lagu
o
Pemandangan
dengan percaya diri. (mencoba). Lagu boleh dinyanyikan berulang-ulang agar
dipahami isinya.
o
Siswa
mengidentifikasi budaya (tarian, nyanyian, dolanan) dengan bimbingan guru
(menalar)
o
Siswa menjawab
pertanyaan seputar isi lagu yang baru dinyanyikan.Lagu menggambarkan pemandangan
yang indah, yang meliputi sungai berliku, sawah yang terbentang hijau dan
luas. Pemandangan itu tampak seperti permadani yang terhampar di kaki bukit,
gununggunung yang menjulang seperti menyentuh awan.
o
Pemandangan itu
sangat indah.
o
Siswa menceritakan
karya seni tak benda daerah setempat (tarian, nyanyian, dolanan)
(mengomunikasikan)
o
Siswa mengamati
gambar tentang tiga buah pemandangan yang ada di buku siswa (mengamati).
o
Siswa mencocokkan
gambar yang sesuai dengan penggambaran lagu berjudul Pemandangan (mencoba).
o
Siswa menuliskan
isi lagu berjudul Pemandangan dalam bentuk teks laporan (mencoba).
o
Contoh teks
laporan:
o
Lagu berjudul
pemandangan menggambarkan alam yang indah.
o
Keindahan alam
tersebut terlihat pada sawah hijau
o
yang terbentang
seperti permadani.
o
Lagu tersebut
menggambarkan sungai, sawah, dan gunung membentuk pemandangan yang indah.
o
Siswa
mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar (menalar).
o
Siswa mengamati
gambar karung padi yang sedang ditimbang.
o
Siswa menentukan
berat padi tersebut sesuai gambar dan menuliskan pada buku siswa
o
Siswa mengamati
berbagai gambar alat timbangan (mengamati)
o
Siswa menjelaskan
alat timbang tersebut sesuai dengan bendanya.
o
Kegiatan ini
melatih siswa menimbang benda dengan alat ukur satuan baku. Bahan dan alat
yang dibutuhkan adalah timbangan kue dan tepung terigu.Alat timbangan dapat
diganti dengan timbangan pasar, barang yang ditimbang dapat juga diganti
dengan beras atau barang lain yang sesuai untuk latihan menimbang.
o
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 5 siswa.
o
Siswa mengukur
berat beberapa benda dengan menggunakan satuan baku ons dan kg (mencoba)
o
Setiap kelompok
menimbang terigu dengan berbagai berat, misalnya 300 gram, 500 gram, dan 100
gram. (mencoba)
o
Setiap tepung
terigu dimasukkan ke dalam plastik yang berbeda.
o
Siswa
membandingkan plastik yang berisi tepung terigu tersebut (menalar).
o
Siswa mengurutkan
plastik berisi tepung terigu dari yang paling ringan sampai yang paling berat
(mencoba).
o
Siswa mengurutkan
hasil pengukuran berat benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar (mencoba)
o
Setelah praktik
menimbang, siswa akan berlatih mengerjakan soal tentang berat benda
berdasarkan gambar.
o
Pada gambar
ditentukan beban yang menunjukkan berat tertentu. Dengan gambar beban
tersebut, siswa menentukan berat benda yang ditimbang.
o
Siswa
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda (menalar).
o
Siswa mengamati
gambar beban dengan berat tertentu.
o
Siswa mengamati
benda-benda yang ditimbang dengan hasil berat seperti ditunjukkan oleh beban
(mengamati)
o
Siswa menuliskan
hasil timbangan berdasarkan gambar yang diamati. (mencoba)
o
Siswa menuliskan
hasil pengamatannya pada tabel yang tersedia.
o
Siswa membuat
karya seni relief dengan plastisin (mencoba).
o
Siswa bertanya
jawab menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni (menanya).
o
Siswa bertanya
jawab menentukan teknik dalam membuat karya seni (menanya).
o
Siswa membuat
perencanaan bahan dan cara kerjanya sesuai dengan yang akan dibuat (mencoba).
o
Siswa menuliskan
perencanaan tersebut pada buku catatan (mengomunikasikan).
o
Siswa
mempraktikkan cara membuat karya seni sesuai dengan perencanaan (mencoba).
Kegiatan
Pengayaan
o
Guru memberikan
soal membandingkan hasil pengukuran berat dua benda yang lebih bervariasi
kepada siswa.
o
Guru mengarahkan
siswa membaca teks laporan yang lebih bervariasi.
o
Guru memberikan
latihan lanjutan membuat karya relief lingkungan sekitar yang lebih
o
bervariasi bagi
siswa yang telah mampu dengan baik membuat karya relief.
Kegiatan Remedial
o
Guru mengulang
kembali soal membandingkan hasil pengukuran berat dua benda bagi siswa yang
belum paham.
o
Guru mengulang
pembelajaran membaca teks laporan bagi siswa yang belum mampu membaca
o
Guru memberikan
kesempatan untuk memperbaiki karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang
telah dibuat bagi siswa yang belum mampu dengan baik membentuk karya relief.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
a. Menjelaskan alat
timbang tersebut sesuai dengan bendanya.
1. Gambar
timbangan badan untuk menimbang berat badan
2. Gambar timbangan
pasar untuk menimbang barang-barang
3. Gambar
timbangan beras untuk menimbang beras
4. Gambar
timbangan kue untuk menimbang bahan kue
5. Gambar
timbangan emas untuk menimbang emas
6. Satuan
berat: gram, kilogram, dan ons
b. Menetukan berat
padi pada timbangan
- Berat padi 200 kg
- Berat padi 150 kg
c. Menentukan berat
benda
- Berat mangga 2 kg
- Berat jeruk 2 kg 2 ons
- Berat tomat 2 kg 3 ons
- Berat melon 3 kg
- Berat rambutan 1 kg 4 ons
3.
Penilaian Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menulis Isi Lagu dalam Bentuk Teks Laporan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
menulis
teks
laporan
sederhana
|
Siswa
mampu
menuliskan
isi lagu
yang
menggambarkan
tentang
pemandangan
yang
indah
dengan
detil
|
Siswa
cukup
mampu
menuliskan
isi lagu
yang
menggambarkan
tentang
pemandangan
yang
indah
dengan
cukup
detil.
|
Siswa
kurang
mampu
menuliskan
isi lagu
yang
menggambarkan
tentang
pemandangan
yang
indah
namun
kurang
detil.
|
Siswa
tidak
mampu
menuliskan
isi lagu
yang
menggambarkan
tentang
pemandangan
yang
indah dan
tidak detil.
|
2
|
Kerapian
teks laporan yang ditulis
|
Siswa
menuliskan
isi lagu
dalam
bentuk
teks
laporan
yang
rapi dan
mudah
dipahami.
|
Siswa
menuliskan
isi lagu
dalam
bentuk
teks
laporan
yang
cukup
rapi dan
cukup
mudah
dipahami
|
Siswa
menuliskan
isi lagu
dalam
bentuk
teks
laporan
yang
kurang
rapi
dan
sedikit sulit
dipahami.
|
Siswa
menuliskan
isi lagu
dalam
bentuk
teks
laporan
yangtidak
rapi dan
sulit
dipahami.
|
|
Ketepatan
ejaan
|
Seluruh
tulisan
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Setengah atau
lebih
tulisan
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Kurang
dari
setengah
tulisan
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Seluruh
tulisan
belum
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
b. Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Aktivitas
Kelompok Menimbang Benda dan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan berat benda
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
menimbang
benda
|
Anggota
kelompok
mampu melakukan
pengukuran
tepung
dengan
sangat
tepat
dengan
menggunakan
alat ukur
satuan baku.
|
Anggota
kelompok
cukup
mampu
melakukan
pengukuran
tepung
dengan
cukup
tepat
dengan
menggunakan
alat ukur
satuan
baku.
|
Anggota
kelompok
kurang
mampu
melakukan
pengukuran
tepung
dengan
kurang
tepat
dengan
menggunakan
alat ukur
satuan
baku.
|
Anggota
kelompok
tidak mampu
melakukan
pengukuran
tepung
dengan
tepat
dengan
menggunakan
alat ukur
satuan
baku.
|
2
|
Kemampuan
mengurutkan
benda
|
Siswa
mampu
mengurutkan
plastik
berisi
tepung
terigu
dari yang
paling
ringan
sampai
yang
paling
berat.
|
Siswa
cukup
mampu
mengurutkan
plastik
berisi
tepung
terigu
dari yang
paling
ringan
sampai
yang
paling
berat.
|
Siswa
kurang
mampu
mengurutkan
plastik
berisi
tepung
terigu
dari yang
paling
ringan
sampai
yang
paling
berat.
|
Siswa
tidak
mampu
mengurutkan
plastik
berisi
tepung
terigu
dari yang
paling
ringan
sampai
yang
paling
berat.
|
3
|
Kemampuan
menjawab
soal yang berkaitan
dengan
berat
benda
|
Siswa
mampu
menyelesaikan
seluruh
soal
yang
berkaitan
dengan
berat
benda
|
Siswa
mampu
menyelesaiakan
sebahagian
besar
soal
yang
berkaitan
dengan
berat
benda.
|
Siswa
mampu
menyelesaiakan
sebahagian
kecil
soal
yang
berkaitan
dengan
berat
benda
|
Siswa
belum
mampu
menyelesaikan
soal yang
berkaitan
dengan
berat
benda
|
c. Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Membuat Tabel Sederhana Hasil Pengukuran Berat.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian
tabel
dengan
hasil
pengukuran
|
Tabel yang
dibuat
sangat
sesuai
dengan
hasil
pengukuran
|
Tabel
yang
dibuat
cukup
sesuai
dengan
hasil
pengukuran
|
Tabel
yang
dibuat
kurang
sesuai
dengan hasil
pengukuran
|
Tabel
yang
dibuat
tidak
sesuai
dengan
hasil
pengukuran
|
|
Kerapian
dan
kebersihan
tabel
yang
dibuat
|
Tabel
yang
dibuat
sangat
bersih
dan
sangat
rapi
|
Tabel
yang
dibuat
cukup
bersih
dan
cukup rapi.
|
Tabel
yang
dibuat
kurang
bersih
dan
kurang rapi.
|
Tabel
yang
dibuat
tidak
bersih
dan tidak
rapi
|
d. Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menceritakan Karya Seni Tak Benda
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Bercerita
|
Siswa
bercerita
dengan lancar
|
Setengah
bagian cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Kurang
dari
setengah
bagian
cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Belum
mampu
bercerita
|
2
|
Volume Suara
|
Terdengar
sampai
seluruh
ruang
kelas
|
Terdengar
Sampai setengah
ruang kelas
|
Terdengar
hanya bagian depan
ruang kelas
|
Suara sangat
pelan
atau tidak
terdengar
|
e. Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Membuat
Karya Seni Relief
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
siswa
dalam
membuat
perencanaan
kerja
|
Siswa
mampu
membuat
perencanaan
bahan dan
cara
kerja
sesuai
dengan
yang
akan dibuat
|
Siswa
cukup
mampu
membuat
perencanaan
bahan dan
cara
kerja
sesuai
dengan
yang
akan dibuat.
|
Siswa
kurang
mampu
membuat
perencanaan
bahan dan
cara
kerja
sesuai
dengan
yang
akan dibuat.
|
Siswa
tidak
mampu
membuat
perencanaan
bahan dan
cara
kerja
sesuai
dengan
yang
akan dibuat.
|
2
|
Kesesuaian
hasil
karya dan perencanaan
|
Hasil
karya
seni
siswa
sesuai
dengan
perencanaan
dan
sangat
menarik
|
Hasil
karya seni
siswa
cukup
sesuai
dengan
perencanaan
dan cukup
menarik.
|
Hasil karya
seni siswa kurang sesuai dengan
perencanaan
dan
kurang
menarik.
|
Hasil
karya seni
siswa
tidak
sesuai
dengan
perencanaan
dan tidak
menarik.
|
|
Kerapian
dan
kebersihan
hasil karya
|
Hasil
karya
sangat
bersih
dan
sangat rapi
|
Hasil
karya
cukup
bersih
dan cukup
rapi
|
Hasil
karya
kurang
bersih
dan
kurang rapi
|
Hasil
karya tidak
bersih
dan tidak
rapi
|
F. Sumber
dan Media
•
Teks lagu Pemandangan.
•
Gambar berbagai pemandangan.
•
Gambar karung padi yang ditimbang.
•
Gambar berbgaai timbangan dengan berbagai benda di atasnya..
Mengetahui, Tijue,
25 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19690929
199311 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment