Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 3

TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 25 January 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Alam Sekitar Kita/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks laporan tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1.1 Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang tepat.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun tidak baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.6.4 Mengukur berat beberapa benda dengan menggunakan satuan baku ons dan kg.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
3.10.2 Mengurutkan hasil pengukuran berat bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya
4.5.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
4.11 Membuat tabel sedrhana hasil pengukuran panjang atau berat.
4.11.2 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat.

c) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni.
3.1.1 Menetukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
3.1.2 Menentukan teknik dalam membuat karya seni.
4.4 Membentuk karya relief dari bahan alam di lingkungan sekitar.
4.4.1 Membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Mengidentifikasi budaya (tarian, nyanyian, dolanan).
  2. Menceritakan karya seni tak benda daerah setempat (tarian, nyanyian, dolanan).
  3. Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
  4. Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan alam sekitar dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  5. Mengukur berat beberapa benda dengan menggunakan satuan baku ons dan kg
  6. Mengurutkan hasil pengukuran berat bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
  7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
  8. Membuat tabel sederhana hasil pengukuran berat.
  9. Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
  10. Menentukan teknik dalam membuat karya seni.
  11. Membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada pembelajaran 3 akan diceritakan mengenai alam
o   Indonesia dengan berbagai pemandangan yang indah.
o   Siswa mengamati lingkungan alam sekitar (mengamati).
o   Pembelajaran diawali dengan menyanyikan lagu berjudul Pemandangan.
o   Siswa mendengarkan guru menyanyikan lagu berjudul
o   Pemandangan. (mengamati)
o   Siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu
o   Pemandangan dengan percaya diri. (mencoba). Lagu boleh dinyanyikan berulang-ulang agar dipahami isinya.
o   Siswa mengidentifikasi budaya (tarian, nyanyian, dolanan) dengan bimbingan guru (menalar)
o   Siswa menjawab pertanyaan seputar isi lagu yang baru dinyanyikan.Lagu menggambarkan pemandangan yang indah, yang meliputi sungai berliku, sawah yang terbentang hijau dan luas. Pemandangan itu tampak seperti permadani yang terhampar di kaki bukit, gununggunung yang menjulang seperti menyentuh awan.
o   Pemandangan itu sangat indah.
o   Siswa menceritakan karya seni tak benda daerah setempat (tarian, nyanyian, dolanan) (mengomunikasikan)
o   Siswa mengamati gambar tentang tiga buah pemandangan yang ada di buku siswa (mengamati).
o   Siswa mencocokkan gambar yang sesuai dengan penggambaran lagu berjudul Pemandangan (mencoba).
o   Siswa menuliskan isi lagu berjudul Pemandangan dalam bentuk teks laporan (mencoba).
o   Contoh teks laporan:
o   Lagu berjudul pemandangan menggambarkan alam yang indah.
o   Keindahan alam tersebut terlihat pada sawah hijau
o   yang terbentang seperti permadani.
o   Lagu tersebut menggambarkan sungai, sawah, dan gunung membentuk pemandangan yang indah.
o   Siswa mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar (menalar).
o   Siswa mengamati gambar karung padi yang sedang ditimbang.
o   Siswa menentukan berat padi tersebut sesuai gambar dan menuliskan pada buku siswa
o   Siswa mengamati berbagai gambar alat timbangan (mengamati)
o   Siswa menjelaskan alat timbang tersebut sesuai dengan bendanya.
o   Kegiatan ini melatih siswa menimbang benda dengan alat ukur satuan baku. Bahan dan alat yang dibutuhkan adalah timbangan kue dan tepung terigu.Alat timbangan dapat diganti dengan timbangan pasar, barang yang ditimbang dapat juga diganti dengan beras atau barang lain yang sesuai untuk latihan menimbang.
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 5 siswa.
o   Siswa mengukur berat beberapa benda dengan menggunakan satuan baku ons dan kg (mencoba)
o   Setiap kelompok menimbang terigu dengan berbagai berat, misalnya 300 gram, 500 gram, dan 100 gram. (mencoba)
o   Setiap tepung terigu dimasukkan ke dalam plastik yang berbeda.
o   Siswa membandingkan plastik yang berisi tepung terigu tersebut (menalar).
o   Siswa mengurutkan plastik berisi tepung terigu dari yang paling ringan sampai yang paling berat (mencoba).
o   Siswa mengurutkan hasil pengukuran berat benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar (mencoba)
o   Setelah praktik menimbang, siswa akan berlatih mengerjakan soal tentang berat benda berdasarkan gambar.
o   Pada gambar ditentukan beban yang menunjukkan berat tertentu. Dengan gambar beban tersebut, siswa menentukan berat benda yang ditimbang.
o   Siswa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda (menalar).
o   Siswa mengamati gambar beban dengan berat tertentu.
o   Siswa mengamati benda-benda yang ditimbang dengan hasil berat seperti ditunjukkan oleh beban (mengamati)
o   Siswa menuliskan hasil timbangan berdasarkan gambar yang diamati. (mencoba)
o   Siswa menuliskan hasil pengamatannya pada tabel yang tersedia.
o   Siswa membuat karya seni relief dengan plastisin (mencoba).
o   Siswa bertanya jawab menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni (menanya).
o   Siswa bertanya jawab menentukan teknik dalam membuat karya seni (menanya).
o   Siswa membuat perencanaan bahan dan cara kerjanya sesuai dengan yang akan dibuat (mencoba).
o   Siswa menuliskan perencanaan tersebut pada buku catatan (mengomunikasikan).
o   Siswa mempraktikkan cara membuat karya seni sesuai dengan perencanaan (mencoba).

Kegiatan Pengayaan
o   Guru memberikan soal membandingkan hasil pengukuran berat dua benda yang lebih bervariasi kepada siswa.
o   Guru mengarahkan siswa membaca teks laporan yang lebih bervariasi.
o   Guru memberikan latihan lanjutan membuat karya relief lingkungan sekitar yang lebih
o   bervariasi bagi siswa yang telah mampu dengan baik membuat karya relief.

Kegiatan Remedial
o   Guru mengulang kembali soal membandingkan hasil pengukuran berat dua benda bagi siswa yang belum paham.
o   Guru mengulang pembelajaran membaca teks laporan bagi siswa yang belum mampu membaca
o   Guru memberikan kesempatan untuk memperbaiki karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang telah dibuat bagi siswa yang belum mampu dengan baik membentuk karya relief.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
a. Menjelaskan alat timbang tersebut sesuai dengan bendanya.
1.      Gambar timbangan badan untuk menimbang berat badan
2.      Gambar timbangan pasar untuk menimbang barang-barang
3.      Gambar timbangan beras untuk menimbang beras
4.      Gambar timbangan kue untuk menimbang bahan kue
5.      Gambar timbangan emas untuk menimbang emas
6.      Satuan berat: gram, kilogram, dan ons

b. Menetukan berat padi pada timbangan
  1. Berat padi 200 kg
  2. Berat padi 150 kg
c. Menentukan berat benda
  1. Berat mangga 2 kg
  2. Berat jeruk 2 kg 2 ons
  3. Berat tomat 2 kg 3 ons
  4. Berat melon 3 kg
  5. Berat rambutan 1 kg 4 ons
3. Penilaian Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Isi Lagu dalam Bentuk Teks Laporan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
menulis
teks laporan
sederhana
Siswa mampu
menuliskan
isi lagu yang
menggambarkan
tentang
pemandangan
yang indah
dengan detil

Siswa cukup
mampu
menuliskan
isi lagu yang
menggambarkan
tentang
pemandangan
yang indah
dengan cukup
detil.
Siswa kurang
mampu
menuliskan
isi lagu yang
menggambarkan
tentang
pemandangan
yang indah
namun kurang
detil.
Siswa tidak
mampu
menuliskan
isi lagu yang
menggambarkan
tentang
pemandangan
yang indah dan
tidak detil.
2
Kerapian teks laporan yang ditulis
Siswa menuliskan
isi lagu dalam
bentuk teks
laporan yang
rapi dan mudah
dipahami.
Siswa menuliskan
isi lagu dalam
bentuk teks
laporan yang
cukup rapi dan
cukup mudah
dipahami

                    
Siswa menuliskan
isi lagu dalam
bentuk teks
laporan yang
kurang rapi
dan sedikit sulit
dipahami.
Siswa menuliskan
isi lagu dalam
bentuk teks
laporan yangtidak
rapi dan sulit
dipahami.

Ketepatan ejaan
Seluruh tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Setengah atau
lebih tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat

Kurang dari
setengah tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat

Seluruh
tulisan belum
menggunakan
ejaan yang tepat


b. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Aktivitas Kelompok Menimbang Benda dan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan berat benda
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
menimbang
benda
Anggota
kelompok
mampu melakukan
pengukuran
tepung dengan
sangat tepat
dengan
menggunakan
alat ukur satuan baku.  
Anggota
kelompok
cukup mampu
melakukan
pengukuran
tepung dengan
cukup tepat
dengan
menggunakan
alat ukur satuan
baku.
Anggota
kelompok
kurang mampu
melakukan
pengukuran
tepung dengan
kurang tepat
dengan
menggunakan
alat ukur satuan
baku.
Anggota
kelompok
tidak mampu
melakukan
pengukuran
tepung dengan
tepat dengan
menggunakan
alat ukur satuan
baku.
2
Kemampuan
mengurutkan
benda
Siswa mampu
mengurutkan
plastik berisi
tepung terigu
dari yang paling
ringan sampai
yang paling
berat.
Siswa cukup
mampu
mengurutkan
plastik berisi
tepung terigu
dari yang paling
ringan sampai
yang paling
berat.


Siswa kurang
mampu
mengurutkan
plastik berisi
tepung terigu
dari yang paling
ringan sampai
yang paling
berat.
Siswa tidak
mampu
mengurutkan
plastik berisi
tepung terigu
dari yang paling
ringan sampai
yang paling
berat.
3
Kemampuan
menjawab soal yang berkaitan
dengan berat
benda
Siswa mampu
menyelesaikan
seluruh soal
yang berkaitan
dengan berat
benda
Siswa mampu
menyelesaiakan
sebahagian
besar soal
yang berkaitan
dengan berat
benda.


                      
Siswa mampu
menyelesaiakan
sebahagian
kecil soal
yang berkaitan
dengan berat
benda
Siswa belum
mampu
menyelesaikan
soal yang
berkaitan
dengan berat
benda

c. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Tabel Sederhana Hasil Pengukuran Berat.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian
tabel
dengan hasil
pengukuran
            Tabel yang
dibuat
sangat sesuai
dengan hasil
pengukuran
Tabel yang
dibuat
cukup sesuai
dengan hasil
pengukuran

Tabel yang
dibuat
kurang sesuai
dengan hasil
pengukuran
Tabel yang
dibuat
tidak sesuai
dengan hasil
pengukuran

Kerapian dan
kebersihan
tabel yang
dibuat
Tabel yang
dibuat sangat
bersih dan
sangat rapi

Tabel yang
dibuat cukup
bersih dan
cukup rapi.
Tabel yang
dibuat kurang
bersih dan
kurang rapi.
Tabel yang
dibuat tidak
bersih dan tidak
rapi

d. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Karya Seni Tak Benda
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Bercerita
Siswa bercerita
dengan lancar
Setengah
bagian cerita
disampaikan
dengan lancar
Kurang dari
setengah
bagian cerita
disampaikan
dengan lancar
Belum mampu
bercerita
2
Volume Suara
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
Terdengar
Sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan
ruang kelas

Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar

e. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Karya Seni Relief
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
siswa dalam
membuat
perencanaan
kerja
Siswa mampu
membuat
perencanaan
bahan dan cara
kerja sesuai
dengan yang
akan dibuat
Siswa cukup
mampu
membuat
perencanaan
bahan dan cara
kerja sesuai
dengan yang
akan dibuat.
Siswa kurang
mampu
membuat
perencanaan
bahan dan cara
kerja sesuai
dengan yang
akan dibuat.
Siswa tidak
mampu
membuat
perencanaan
bahan dan cara
kerja sesuai
dengan yang
akan dibuat.
2
Kesesuaian
hasil karya dan perencanaan
Hasil karya
seni siswa
sesuai dengan
perencanaan
dan sangat
menarik
Hasil karya seni
siswa cukup
sesuai dengan
perencanaan
dan cukup
menarik.
Hasil karya seni siswa kurang sesuai dengan
perencanaan
dan kurang
menarik.

Hasil karya seni
siswa tidak
sesuai dengan
perencanaan
dan tidak
menarik.

Kerapian dan
kebersihan hasil karya
Hasil karya
sangat bersih
dan sangat rapi

Hasil karya
cukup bersih
dan cukup rapi

Hasil karya
kurang bersih
dan kurang rapi
Hasil karya tidak
bersih dan tidak
rapi

F. Sumber dan Media
         Teks lagu Pemandangan.
         Gambar berbagai pemandangan.
         Gambar karung padi yang ditimbang.
         Gambar berbgaai timbangan dengan berbagai benda di atasnya..


Mengetahui,                                                                        Tijue, 25 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,



PARIANTI, S.Pd                                                             ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                          NIP. 19690929 199311 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat
























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)




MEDIA
TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 3



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors