Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 4

TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 25 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                  : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Alam Sekitar Kita/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.2 Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3.2 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.

b) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.5 Memahami budaya dan bahasa daerah di tempat tinggalnya.
4.17 Menceritakan karya seni budaya tak benda dan bahasa daerah setempat.
3.5.1 Mengidentifikasi budaya (tarian, nyanyian, dolanan).
4.17.1 Menceritakan karya seni tak benda daerah setempat (tarian, nyanyian, dolanan).

c) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
3.2.1 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.5 Mengemukakan pendapat tentang akibat berperilaku tidak sesuai dengan tata tertib di rumah
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
  2. Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
  3. Mengidentifikasi budaya (tarian, nyanyian, dolanan).
  4. Menceritakan karya seni tak benda daerah setempat (tarian, nyanyian, dolanan).
  5. Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
  6. Mengemukakan pendapat tentang akibat berprilaku yang tidak sesuai dengan tata tertib di rumah.
  7. Melaksanakan tata tertib di lingkungankeluarga.

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa diarahkan oleh guru untuk mengamati teks buku harian Edo (mengamati).
o   Siswa mebaca teks buku harian Edo (mencoba).
o   Siswa memahami isi teks buku harian Edo. Pada teks buku harian tertulis waktu kejadian, tempat kejadian, dan kejadian menarik yang dialami (mencoba).
o   Siswa menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga (mencoba).
o   Siswa ditugaskan guru menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat (mencoba).
o   Siswa membuat pertanyaan berdasarkan teks buku harian Edo (menanya).
o   Siswa saling bertukar pertanyaan dengan teman di sebelahnya.
o   Siswa menjawab pertanyaan temannya dan saling memeriksa jawaban temannya (menalar).
o   Pada kegiatan ini guru memperkenalkan permainan
o   Cublak-Cublak Suweng dari Jawa Tengah. Permainan ini dibahas agar sesuai dengan konteks Edo yang sedang berlibur ke Yogyakarta. Siswa dapat mengusulkan permainan yang lain sesuai daerah masing-masing. Yang perlu diperhatikan pada kegiatan ini adalah mengetahui budaya daerah, kesenian dan budaya daerah, termasuk permainan daerah.
o   Siswa mengidentifikasi budaya (tarian, nyanyian, dolanan) (menalar).
o   Siswa mendengarkan salah satu lagu daerah yang dapat digunakan untuk permainan tradisional. Contoh lagu dari
o   Jawa Tengah adalah Cublak-Cublak Suweng.
o   Siswa menyanyikan lagu daerah yang sudah didegarnya dari guru. Kemudian siswa melakukan permainan tradisional dengan menyanyikan lagu tersebut.
o   Contoh: permainan cublak-cublak suweng.
o   Tata cara permainan Cublak-Cublak Suweng
o   Pemain berjumlah 5 -6 orang melakukan hom pim pa. Yang kalah adalah pemain yang menjadi penebak. Pemain yang lain menyanyikan lagu sambil mengedarkan benda kecil yang akan ditebak siapapembawanya.
o   Satu orang penebak tengkurup, pemain yang lain mengelilingi penebak dan menyanyikan lagu Cublak-
o   Cublak Suweng sambil telapak tangan terbuka.
o   Mereka menyanyi sambil mengedarkan benda kecil, misalnya batu kerikil.
o   Apabila lagu berhenti, ada seorang anak yang menggenggam benda kecil tersebut sambil terus bernyanyi. Penebak bangun dan mencoba menebak salah satu pemain. Apabila tertebak, maka pemain yang tertebak tersebut menjadi penebak menggantikan penebak yang lama.
o   Demikian seterusnya permainan Cublak-Cublak
o   Suweng dilanjutkan.
o   Siswa secara bergilir menyanyikan lagu daerah di depan kelas (mencoba)
o   Siswa memilih sendiri lagunya dan menyebutkan asal daerah lagu yang dinyanyikan.
o   Siswa menceritakan secara tertulis makna dari lagu daerah yang dinyanyikannya (mengomunikasikan).
o   Kegiatan ini dapat dikembangkan dengan siswa saling bertukar cerita yang telah dibuatnya
o   Siswa mengamati gambar pantai dan gambar perbukitan (mengamati).
o   Siswa mengamati aturan yang terdapat di tempat wisata, misalnya aturan tidak boleh melanggar garis bahaya ketika bermain di laut (mengamati).
o   Siswa menceritakan maksud dari gambar yang mengandung makna aturan yang berlaku di tempat itu.
o   Cerita dapat dituliskan di buku atau diceritakan secara lisan (mengomunikasikan).
o   Kegiatan dapat dikembangkan dengan mengamati aturan yang berlaku di daerah wisata tempat siswa tinggal.
o   Siswa mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (menalar).
o   Siswa mengemukakan pendapat tentang akibat berprilaku yang tidak sesuai dengan tata tertib di rumah (mengomunikasikan).
o   Siswa melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga (mencoba).

Kegiatan Pengayaan
o   Guru memberikan contoh karya seni takbenda yang lebih bervariasi.
o   Guru mengarahkan siswa membaca teks buku harian yang lebih bervariasi.
o   Guru memberikan pengarahan tentang cara melaksanakan aturan di rumah yang lebih bervariasi.

Kegiatan Remedial
o   Guru memberikan pengulangan contoh karya seni takbenda bagi siswa yang belum paham.
o   Guru mengulang kegiatan siswa membaca teks buku harian bagi siswa yang bisa membaca.
o   Guru memberikan pengulangan kegiatan tentang cara melaksanakan aturan di rumah bagi siswa yang belum mengerti.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.


2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Daftar Periksa
e. Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Mampu mengajukan pertanyaan


2.
Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar



3. Penilaian Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menulis Teks Buku Harian dengan EYD yang tepat.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
Seluruh isi
karangan sesuai
judul atau tema
Setengan
atau lebih isi
karangan sesuai
judul atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
2
Keruntutan
cerita
Seluruh kegiatan
tersusun dengan
runtut
Setengah
atau lebih
isi karangan
tersusun runtut
Kurang dari
setengah isi
karangan
tersusun runtut

Seluruh isi
karagan belum
runtut
3
Ketepatan ejaan
Seluruh tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Setengah atau
lebih tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Kurang dari
setengah tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Seluruh
tulisan belum
menggunakan
ejaan yang tepat

b. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Karya Seni Takbenda dengan tulisan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian isi
cerita dengan
judul atau tema
Seluruh isi cerita
sesuai judul atau
tema
Setengan atau
lebih isi cerita
sesuai judul atau
tema

Kurang dari
setengah isi
cerita sesuai
judul atau tema


Seluruh isi cerita
belum sesuai
2
Pengembangan
dan Keruntutan
cerita
Siswa mampu
mengembangkan
cerita dan cerita
tersusun dengan
runtut
Siswa mampu
mengembangkan
Setengah atau
lebih isi cerita
dan cerita
tersusun runtut

Siswa mampu
mengembangkan
kurang dari
setengah isi
cerita dan cerita
tersusun kurang
runtut
Seluruh isi cerita
belum runtut
dan belum bisa
dikembangkan
3
Ketepatan ejaan
Seluruh tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Setengah atau
lebih tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Kurang dari
setengah tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat

Seluruh
tulisan belum
menggunakan
ejaan yang tepat
c. Lembar pengamatan Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
Penilaian : Lembar pengamatan/observasi
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Melakukan kegiatan dengan hati-hati dan jujur.


2.
Melakukan kegiatan sesuai aturan dan instruksi orang tua.


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati



F. Sumber dan Media
         Gambar pemandangan alam.
         Teks buku harian Edo.
         Gambar istana pasir
         Gambar anak-anak bermain Cublak-Cublak Suweng.
         Teks lagu Cublak-Cublak Suweng.
         Gambar pantai tampak batas bahaya
         Gambar perbukitan dengan kebun teh..



Mengetahui,                                                                        Tijue, 26 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,
 


PARIANTI, S.Pd                                                             ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                          NIP. 19690929 199311 2 001


Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat
























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Amatilah gambar tempat wisata di atas dengan
rasa ingin tahu!
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................

Aturan atau tata tertib apakah yang tampak pada
gam bar?
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
 

Sebutkan aturan dalam keluargamu ketika hendak pergi
berwisata!
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
................................................................................................... 

MEDIA

TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 4

TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 4



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors