RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Alam Sekitar Kita/ 4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa
percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks
buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.2 Menjelaskan
isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
4.3 Mengungkapkan
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3.2 Menulis teks
buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
b) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni.
3.5 Memahami budaya
dan bahasa daerah di tempat tinggalnya.
4.17 Menceritakan
karya seni budaya tak benda dan bahasa daerah setempat.
3.5.1
Mengidentifikasi budaya (tarian, nyanyian, dolanan).
4.17.1 Menceritakan
karya seni tak benda daerah setempat (tarian, nyanyian, dolanan).
c) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan
perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama,
suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah
3.2 Memahami tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Melaksanakan
tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
3.2.1
Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.5 Mengemukakan pendapat
tentang akibat berperilaku tidak sesuai dengan tata tertib di rumah
4.2.1 Melaksanakan
tata tertib di lingkungan keluarga
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Menjelaskan isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
- Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
- Mengidentifikasi budaya (tarian, nyanyian, dolanan).
- Menceritakan karya seni tak benda daerah setempat (tarian, nyanyian, dolanan).
- Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
- Mengemukakan pendapat tentang akibat berprilaku yang tidak sesuai dengan tata tertib di rumah.
- Melaksanakan tata tertib di lingkungankeluarga.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa diarahkan
oleh guru untuk mengamati teks buku harian Edo (mengamati).
o
Siswa mebaca teks
buku harian Edo (mencoba).
o
Siswa memahami
isi teks buku harian Edo. Pada teks buku harian tertulis waktu kejadian,
tempat kejadian, dan kejadian menarik yang dialami (mencoba).
o
Siswa menjelaskan
isi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga (mencoba).
o
Siswa ditugaskan
guru menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat
(mencoba).
o
Siswa membuat
pertanyaan berdasarkan teks buku harian Edo (menanya).
o
Siswa saling
bertukar pertanyaan dengan teman di sebelahnya.
o
Siswa menjawab
pertanyaan temannya dan saling memeriksa jawaban temannya (menalar).
o
Pada kegiatan ini
guru memperkenalkan permainan
o
Cublak-Cublak
Suweng dari Jawa Tengah. Permainan ini dibahas agar sesuai dengan konteks Edo
yang sedang berlibur ke Yogyakarta. Siswa dapat mengusulkan permainan yang
lain sesuai daerah masing-masing. Yang perlu diperhatikan pada kegiatan ini
adalah mengetahui budaya daerah, kesenian dan budaya daerah, termasuk permainan
daerah.
o
Siswa
mengidentifikasi budaya (tarian, nyanyian, dolanan) (menalar).
o
Siswa
mendengarkan salah satu lagu daerah yang dapat digunakan untuk permainan
tradisional. Contoh lagu dari
o
Jawa Tengah
adalah Cublak-Cublak Suweng.
o
Siswa menyanyikan
lagu daerah yang sudah didegarnya dari guru. Kemudian siswa melakukan
permainan tradisional dengan menyanyikan lagu tersebut.
o
Contoh: permainan
cublak-cublak suweng.
o
Tata cara
permainan Cublak-Cublak Suweng
o
Pemain berjumlah
5 -6 orang melakukan hom pim pa. Yang kalah adalah pemain yang menjadi penebak.
Pemain yang lain menyanyikan lagu sambil mengedarkan benda kecil yang akan
ditebak siapapembawanya.
o
Satu orang
penebak tengkurup, pemain yang lain mengelilingi penebak dan menyanyikan lagu
Cublak-
o
Cublak Suweng
sambil telapak tangan terbuka.
o
Mereka menyanyi
sambil mengedarkan benda kecil, misalnya batu kerikil.
o
Apabila lagu
berhenti, ada seorang anak yang menggenggam benda kecil tersebut sambil terus
bernyanyi. Penebak bangun dan mencoba menebak salah satu pemain. Apabila
tertebak, maka pemain yang tertebak tersebut menjadi penebak menggantikan
penebak yang lama.
o
Demikian
seterusnya permainan Cublak-Cublak
o
Suweng
dilanjutkan.
o
Siswa secara
bergilir menyanyikan lagu daerah di depan kelas (mencoba)
o
Siswa memilih
sendiri lagunya dan menyebutkan asal daerah lagu yang dinyanyikan.
o
Siswa
menceritakan secara tertulis makna dari lagu daerah yang dinyanyikannya (mengomunikasikan).
o
Kegiatan ini
dapat dikembangkan dengan siswa saling bertukar cerita yang telah dibuatnya
o
Siswa mengamati
gambar pantai dan gambar perbukitan (mengamati).
o
Siswa mengamati
aturan yang terdapat di tempat wisata, misalnya aturan tidak boleh melanggar
garis bahaya ketika bermain di laut (mengamati).
o
Siswa
menceritakan maksud dari gambar yang mengandung makna aturan yang berlaku di
tempat itu.
o
Cerita dapat
dituliskan di buku atau diceritakan secara lisan (mengomunikasikan).
o
Kegiatan dapat
dikembangkan dengan mengamati aturan yang berlaku di daerah wisata tempat
siswa tinggal.
o
Siswa
mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah (menalar).
o
Siswa
mengemukakan pendapat tentang akibat berprilaku yang tidak sesuai dengan tata
tertib di rumah (mengomunikasikan).
o
Siswa melaksanakan
tata tertib di lingkungan keluarga (mencoba).
Kegiatan
Pengayaan
o
Guru memberikan
contoh karya seni takbenda yang lebih bervariasi.
o
Guru mengarahkan
siswa membaca teks buku harian yang lebih bervariasi.
o
Guru memberikan
pengarahan tentang cara melaksanakan aturan di rumah yang lebih bervariasi.
Kegiatan Remedial
o
Guru memberikan
pengulangan contoh karya seni takbenda bagi siswa yang belum paham.
o
Guru mengulang
kegiatan siswa membaca teks buku harian bagi siswa yang bisa membaca.
o
Guru memberikan
pengulangan kegiatan tentang cara melaksanakan aturan di rumah bagi siswa
yang belum mengerti.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
Daftar Periksa
e. Penilaian
Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Mampu mengajukan
pertanyaan
|
|
|
2.
|
Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar
|
|
|
3.
Penilaian Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Penilaian Menulis Teks Buku Harian dengan EYD yang tepat.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian
isi dengan judul atau tema
|
Seluruh
isi
karangan
sesuai
judul
atau tema
|
Setengan
atau
lebih isi
karangan
sesuai
judul atau tema
|
Kurang
dari
setengah
isi
karangan
sesuai judul atau tema
|
Seluruh
isi
karangan
belum
sesuai
|
2
|
Keruntutan
cerita
|
Seluruh
kegiatan
tersusun
dengan
runtut
|
Setengah
atau
lebih
isi
karangan
tersusun runtut
|
Kurang
dari
setengah
isi
karangan
tersusun runtut
|
Seluruh
isi
karagan
belum
runtut
|
3
|
Ketepatan
ejaan
|
Seluruh
tulisan
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Setengah
atau
lebih
tulisan
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Kurang
dari
setengah
tulisan
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Seluruh
tulisan
belum
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
b. Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menceritakan Karya Seni Takbenda dengan tulisan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian
isi
cerita
dengan
judul
atau tema
|
Seluruh
isi cerita
sesuai
judul atau
tema
|
Setengan
atau
lebih isi
cerita
sesuai
judul atau
tema
|
Kurang
dari
setengah
isi
cerita
sesuai
judul atau tema
|
Seluruh
isi cerita
belum sesuai
|
2
|
Pengembangan
dan
Keruntutan
cerita
|
Siswa
mampu
mengembangkan
cerita
dan cerita
tersusun
dengan
runtut
|
Siswa
mampu
mengembangkan
Setengah
atau
lebih isi
cerita
dan
cerita
tersusun runtut
|
Siswa
mampu
mengembangkan
kurang
dari
setengah
isi
cerita
dan cerita
tersusun
kurang
runtut
|
Seluruh
isi cerita
belum
runtut
dan belum
bisa
dikembangkan
|
3
|
Ketepatan
ejaan
|
Seluruh
tulisan
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Setengah
atau
lebih
tulisan
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Kurang
dari
setengah
tulisan
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
Seluruh
tulisan
belum
menggunakan
ejaan
yang tepat
|
c. Lembar
pengamatan Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
Penilaian : Lembar pengamatan/observasi
No
|
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Melakukan
kegiatan dengan hati-hati dan jujur.
|
|
|
2.
|
Melakukan
kegiatan sesuai aturan dan instruksi orang tua.
|
|
|
3.
|
Kesesuaian
pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
|
|
F. Sumber
dan Media
•
Gambar pemandangan alam.
•
Teks buku harian Edo.
•
Gambar istana pasir
•
Gambar anak-anak bermain Cublak-Cublak Suweng.
•
Teks lagu Cublak-Cublak Suweng.
•
Gambar pantai tampak batas bahaya
•
Gambar perbukitan dengan kebun teh..
Mengetahui, Tijue,
26 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19690929
199311 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Amatilah
gambar tempat wisata di atas dengan
rasa
ingin tahu!
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
Aturan
atau tata tertib apakah yang tampak pada
gam
bar?
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
Sebutkan
aturan dalam keluargamu ketika hendak pergi
berwisata!
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment