Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 5

TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 25 January 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                   : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 4/ Pembelajaran    : Alam Sekitar Kita/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisiengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1.3 Menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan alam sekitar.

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
3.2.6 Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.

c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.8.2 Mengidentifikasi berbagai cara membersihkan lingkungan sekolah.
3.8.3 Menyebutkan alas an menjaga kebersihan.
4.8.3. Mempraktikkan cara membersihkan lingkungan sekolah.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
  2. Menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan alam sekitar.
  3. Mengidentifkasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
  4. Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
  5. Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
  6. Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
  7. Melaksanakan piket kelas
D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar sungai yang ada di buku siswa (mengamati).
o   Siswa mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar yaitu tentang sungai.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
o   Siswa membuat pertanyaan tentang gambar yang diamatinya.
o   Siswa menukarkan pertanyaan dengan teman di kelasnya.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang dibuat temannya.
o   Siswa menceritakan tentang sungai yang diketahuinya.
o   Bila tidak ada sungai di daerahnya, siswa menceritakan tentang sungai berdasarkan gambar yang diamatinya.
o   Siswa dibentuk dalam beberapa kelompok.
o   Siswa mengamati gambar yang menjelaskan tentang manfaat sungai (mengamati).
o   Manfaat sungai berdasarkan gambar tersebut adalah untuk transportasi, menghasilkan ikan, pengairan sawah, dan memandikan hewan ternak.
o   Siswa menyebutkan manfaat sungai yang diketahuinya.
o   Jawaban siswa dikumpulkan dalam hasil diskusi.
o   Hasil diskusi mengenai manfaat sungai dituliskan pada kolom yang tersedia di buku siswa (mengomunikasikan).
o   Siswa menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan alam sekitar yatu tentang gambar berbagai manfaat sungai.
o   Siswa membacakan hasil diskusinya dalam berkelompok.
o   Kelompok yang lain menanggapi (menanya).
o   Siswa menanggapi kesimpulan hasil diskusi kelompok lain.
o   Siswa bertanya jawab tentang aturan-aturan yang harus ditaati dalam berdiskusi.
o   Siswa mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
o   Siswa menulis aturan yang berlaku dalam berdiskusi di kelas.
o   Siswa menuliskan masalah yang ia hadapi ketika berdiskusi di kelas.
o   Siswa menuliskan alternatif penyelesaiannya.
o   Siswa melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
o   Siswa mengamati gambar tentang daftar piket kelas.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa mengenai piket kelas. Jawaban siswa sesuai dengan kondisi siswa.
o   Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik (menalar).
o   Siswa menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik (mengomunikasikan).

Kegiatan Pengayaan
o   Guru mengarahkan siswa mencari kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik yang lebih bervariasi.
o   Guru mengarahkan siswa menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan alam sekitar yang lebih bervariasi.
o   Guru mengarahkan siswa mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah yang lebih bervariasi.
Kegiatan Remedial
o   Guru mengulang kegiatan siswa mencari kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik bagi siswa yang belum mampu.
o   Guru mengulang pembelajaran siswa menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan alam sekitar bagi siswa belum mampu.
o   Guru mengulang pembelajaran mengidentifkasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah bagi siswa yang belum mengerti.
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaiana.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Daftar Periksa
a. Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa.
No
Kriteria
Tercapai
ya
tidak
1.
Mampu mengajukan pertanyaan


2.
Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar



3. Penilaian Keterampilan
a. Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Melaksanakan Aturan di Lingkungan Sekolah
. No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Siswa mampu melaksanakan aturan berbahasa sopan saat diskusi.


2.
Siswa mampu melaksanakan aturan ikutberperan dalam  diskusi


3.
Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah menunjukkan perilaku mematuhi aturan saat diskusi



b. Menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan alam sekitar.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Menyimpulkan
Siswa
menyimpulkan
dengan lancar
Setengah
bagian cerita
disimpulkan
dengan lancar
Kurang dari
setengah
bagian cerita
disimpulkan
dengan lancar
Belum mampu
menyimpulkan
2
Kebersihan dan kerapian tulisan
Tulisan sangat
bersih dan rapi
Sebagian
besar tulisan
bersih dan rapi
Sebagian kecil tulisan bersih dan rapi
Tulisan tidak
bersih dan rapi

c. Mempraktikkan Kegiatan Kebersihan Kelas
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian
rencana
tugas dengan
pelksanaan
Pelaksanaan
tugas semua
sama dengan
rencana
Pelaksanaan
tugas
sebagian
besar sama
dengan
rencana

Pelaksanaan
tugas sedikit
sesuai dengan
rencana
Pelaksanaan
tugas tidak
sesuai dengan
rencana
2
Sikap tanggung
jawab
Melaksanakan
tugas dengan sangat baik
Melaksanakan
tugas dengan
baik
Tidak semua
tugas
dilaksanakan
Tidak
melaksanakan
tugas
F. Sumber dan Media
·         Gambar sungai yang jernih.
·         Gambar transportasi di sungai.
·         Gambar orang memancing di sungai.
·         Gambar perairan sawah menggunakan air sungai.
·         Gambar petani memandikan kerbau di sungai.
·         Gambar papan daftar piket kelas.



Mengetahui,                                                                        Tijue, 27 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19690929 199311 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)



Amatilah gambar di bawah ini!
Tuliskan kalimat sesuai gambar!
  


Kesimpulan apa yang dapat kamu tulis mengenai
gambar-gambar tersebut?
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................


MEDIA

TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors