RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Alam Sekitar Kita/ 5
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2
Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan
hewan dan tumbuhan
2.3
Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.1
Mengenal teks laporan tentang alam sekitar, hewan dan tumbuhan serta jumlahnya
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1
Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan,
dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisiengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1
Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
4.1.3
Menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan alam sekitar.
b) PPKn
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3
Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam
kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
4.2
Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
3.2.6
Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.2
Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.
c) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.8
Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan
kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8
Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan
lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.8.2
Mengidentifikasi berbagai cara membersihkan lingkungan sekolah.
3.8.3
Menyebutkan alas an menjaga kebersihan.
4.8.3.
Mempraktikkan cara membersihkan lingkungan sekolah.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar.
- Menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan alam sekitar.
- Mengidentifkasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
- Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
- Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
- Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
- Melaksanakan piket kelas
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
gambar sungai yang ada di buku siswa (mengamati).
o
Siswa
mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar yaitu tentang
sungai.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
o
Siswa membuat
pertanyaan tentang gambar yang diamatinya.
o
Siswa menukarkan
pertanyaan dengan teman di kelasnya.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang dibuat temannya.
o
Siswa
menceritakan tentang sungai yang diketahuinya.
o
Bila tidak ada
sungai di daerahnya, siswa menceritakan tentang sungai berdasarkan gambar
yang diamatinya.
o
Siswa dibentuk
dalam beberapa kelompok.
o
Siswa mengamati
gambar yang menjelaskan tentang manfaat sungai (mengamati).
o
Manfaat sungai
berdasarkan gambar tersebut adalah untuk transportasi, menghasilkan ikan,
pengairan sawah, dan memandikan hewan ternak.
o
Siswa menyebutkan
manfaat sungai yang diketahuinya.
o
Jawaban siswa
dikumpulkan dalam hasil diskusi.
o
Hasil diskusi
mengenai manfaat sungai dituliskan pada kolom yang tersedia di buku siswa (mengomunikasikan).
o
Siswa
menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan alam sekitar yatu
tentang gambar berbagai manfaat sungai.
o
Siswa membacakan
hasil diskusinya dalam berkelompok.
o
Kelompok yang
lain menanggapi (menanya).
o
Siswa menanggapi
kesimpulan hasil diskusi kelompok lain.
o
Siswa bertanya
jawab tentang aturan-aturan yang harus ditaati dalam berdiskusi.
o
Siswa
mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
sekolah.
o
Siswa menulis
aturan yang berlaku dalam berdiskusi di kelas.
o
Siswa menuliskan
masalah yang ia hadapi ketika berdiskusi di kelas.
o
Siswa menuliskan
alternatif penyelesaiannya.
o
Siswa
melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
o
Siswa mengamati
gambar tentang daftar piket kelas.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang ada di buku siswa mengenai piket kelas. Jawaban siswa sesuai
dengan kondisi siswa.
o
Siswa
mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas
fisik (menalar).
o
Siswa
menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik (mengomunikasikan).
Kegiatan
Pengayaan
o
Guru mengarahkan
siswa mencari kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik
yang lebih bervariasi.
o
Guru mengarahkan
siswa menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan alam sekitar
yang lebih bervariasi.
o
Guru mengarahkan
siswa mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di sekolah yang lebih bervariasi.
Kegiatan Remedial
o
Guru mengulang
kegiatan siswa mencari kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan
aktivitas fisik bagi siswa yang belum mampu.
o
Guru mengulang
pembelajaran siswa menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan
alam sekitar bagi siswa belum mampu.
o
Guru mengulang
pembelajaran mengidentifkasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah bagi siswa yang belum mengerti.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis:
Daftar Periksa
a. Penilaian
Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa.
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
ya
|
tidak
|
||
1.
|
Mampu
mengajukan pertanyaan
|
|
|
2.
|
Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar
|
|
|
3. Penilaian
Keterampilan
a. Melaksanakan
aturan di lingkungan sekolah.
Penilaian:
Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Melaksanakan Aturan di Lingkungan Sekolah
. No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Siswa
mampu melaksanakan aturan berbahasa sopan saat diskusi.
|
|
|
2.
|
Siswa
mampu melaksanakan aturan ikutberperan dalam diskusi
|
|
|
3.
|
Siswa
mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah menunjukkan perilaku mematuhi
aturan saat diskusi
|
|
|
b. Menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan alam sekitar.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Menyimpulkan
|
Siswa
menyimpulkan
dengan
lancar
|
Setengah
bagian
cerita
disimpulkan
dengan
lancar
|
Kurang
dari
setengah
bagian
cerita
disimpulkan
dengan
lancar
|
Belum
mampu
menyimpulkan
|
2
|
Kebersihan
dan kerapian tulisan
|
Tulisan
sangat
bersih
dan rapi
|
Sebagian
besar
tulisan
bersih
dan rapi
|
Sebagian
kecil tulisan bersih dan rapi
|
Tulisan
tidak
bersih
dan rapi
|
c. Mempraktikkan
Kegiatan Kebersihan Kelas
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian
rencana
tugas
dengan
pelksanaan
|
Pelaksanaan
tugas semua
sama
dengan
rencana
|
Pelaksanaan
tugas
sebagian
besar
sama
dengan
rencana
|
Pelaksanaan
tugas
sedikit
sesuai
dengan
rencana
|
Pelaksanaan
tugas
tidak
sesuai
dengan
rencana
|
2
|
Sikap
tanggung
jawab
|
Melaksanakan
tugas
dengan sangat baik
|
Melaksanakan
tugas dengan
baik
|
Tidak
semua
tugas
dilaksanakan
|
Tidak
melaksanakan
tugas
|
F. Sumber dan Media
·
Gambar sungai yang
jernih.
·
Gambar transportasi
di sungai.
·
Gambar orang
memancing di sungai.
·
Gambar perairan
sawah menggunakan air sungai.
·
Gambar petani
memandikan kerbau di sungai.
·
Gambar papan daftar piket kelas.
Mengetahui, Tijue,
27 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19690929
199311 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Amatilah
gambar di bawah ini!
Tuliskan kalimat sesuai gambar!
Kesimpulan
apa yang dapat kamu tulis mengenai
gambar-gambar tersebut?
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment