Home » » TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 6

TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 25 January 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 6                                   : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 4/ Pembelajaran    : Alam Sekitar Kita/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluargavdengan bantuan guruvatau teman dalamvbahasa Indonesia lisanvdan tulis yang dapat diisivdengan kosakata bahasavdaerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
3.3.3 Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3.1 Menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga.

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun tidak baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
3.6.4 Mengukur berat beberapa benda menggunakan satuan baku ons dan kg.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya
4.5.4 Memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat

d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni.
3.1.1 Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
3.1.2 Menentukan teknik dalam membuat karya seni.
4.4 Membentuk karya relief dari bahan alam di lingkungan sekitar.
4.4.1 Membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Mengidentifikasi budaya (tarian, nyanyian, dolanan).
  2. Mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
  3. Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.
  4. Menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga.
  5. Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
  6. Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
  7. Mengukur berat beberapa benda menggunakan satuan baku ons dan kg.
  8. Memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
  9. Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
  10. Menentukan teknik dalam membuat karya seni.
  11. Membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan mengamati teks lagu tentang alam sekitar yang ada pada buku siswa.
o   Siswa mengamati teks lagu tentang alam sekitar (mengamati).
o   Siswa diminta membuat pertanyaan berdasarkan teks lagu tentang alam sekitar yang diamati (menanya).
o   Siswa saling menukarkan pertanyaan yang dibuat kepada temannya (menanya).
o   Siswa saling menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan siswa yang ada di sebelahnya.
o   Siswa menjawab pertanyaan temannya dengan bahasa sendiri (menalar).
o   Siswa saling menanggapi pertanyaan teman yang lain yang dijawab dengan bahasanya sendiri (menalar dan mengomunikasikan).
o   Siswa mendengarkan guru menyanyikan lagu tentang alam sekitar (mengamati).
o   Siswa menyanyikan lagu seperti yang didengarnya (mencoba).
o   Siswa menjelaskan isi lagu dan menuliskan isi lagu yang dinyanyikannya dalam buku catatannya (mengomunikasikan).
o   Siswa dengan bimbingan guru mengomentari penjelasan yang disimak tentang isi lagu yang dinyanyikan (mengomunikasikan).
o   Siswa menceritakan isi lagu tentang alam sekitar dengan bahasa lisan dan mengaitkan dengan pemandangan alam di daerahnya (mencoba).
o   Siswa lain menyimak cerita yang diceritakan (mengamati).
o   Siswa mengomentari cerita tentang isi lagu (mencoba).
o   Siswa membaca cerita Hikayat Pulau Laut (mengamati).
o   Siswa bertanya jawab dengan teman lain mengenai cerita Hikayat Pulau Laut (menanya).
o   Siswa mencari tahu letak Pulau Laut (menalar).
o   Inti dari teks bacaan yang disediakan di buku siswa adalah peran setiap anggota keluarga ketika akan berwisata ke pantai. Guru membimbing siswa dalam menjelaskan peran anggota keluarga dari teks bacaan
o   Siswa membaca teks dengan yang ada di buku siswa (mengamati).
o   Siswa menyebutkan isi teks bacaan (mencoba).
o   Guru membimbing siswa untuk menuliskan peran setiap manggota keluarga
o   Siswa mendata peran setiap anggota keluarga sesuai teks bacaan.
o   Siswa menuliskan peran setiap anggota keluarga ke dalam tabel yang terdapat di buku siswa (mencoba).
o   Siswa menulis peran anggota keluarga di rumahnya masing-masing ke dalam tabel (mencoba).
o   Siswa membacakan tulisannya di depan kelas (mengomunikasikan).
o   Siswa memeriksa kebenaran jawaban tugas yang diberikan dengan berdiskusi atas bimbingan guru (mengomunikasikan).
o   Edo membawa bekal makanan ringan yang akan dibawa sebagai bekal berwisata. Bekal makanan ringan itu adalah kacang, keripik kentang, dan biskuit. Pada bungkus makanan ringan tertera berat isinya.
o   Siswa menyiapkan makanan yang akan diperiksa kebenaran beratnya sesuai dengan yang tertera pada kemasan.
o   Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 orang (mengomunikasikan).
o   Siswa mengamati data kemasan makanan, terutama berat bersih makanan itu (mengamati).
o   Siswa membuka kemasan makanan ringan, kemudian isinya ditimbang dengan menggunakan timbangan kue (mencoba).
o   Siswa menimbang makanan ringan itu dan mencatat hasilnya (mencoba).
o   Siswa membandingkan berat isi yang tertera di kemasan dengan berat sesungguhnya (menalar).
o   Siswa membuat kesimpulan hasil kegiatannya itu (mencoba).
o   Kreasi yang dibuat adalah karya seni dari benda-benda di sekitarnya. Contoh karya seni yang ditampilkan dalam buku adalah kreasi dari kerang.
o   Siswa mengamati gambar lukisan dari kerang (mengamati).
o   Siswa bertanya jawab berkaitan dengan gambar yang diamati (menanya).
o   Siswa membuat perencanaan pembuatan lukisan dari benda di sekitar (menalar).
o   Dalam kegiatan ini bila bahan kerang sulit di dapat alternatif bahan alat dapat berupa : tempurung kelapa yang dipotong kecil, daun-daunan, dan sebagainya.
o   Siswa mengidentifikasi bahan dan alat dalam membuat kreasi seni dari bahan di sekitar (menalar).
o   Siswa bertanya jawab mengenai langkah kerja membuat karya seni (mengomunikasikan).
o   Siswa membuat karya kerajinan (mencoba).
o   Siswa memperlihatkan hasil rancangannya (mengomunikasikan).

Kegiatan Pengayaan
o   Guru memberikan soal mengukur berat beberapa benda menggunakan satuan tidak baku yang lebih bervariasi.
o   Guru memberikan contoh kepada siswa aturan di rumah yang lebih bervariasi.
o   Guru memberikan contoh kepada siswa budaya daerah setempat yang lebih bervariasi.

Kegiatan Remedial
o   Guru mengulang pembelajaran tentang mengukur berat beberapa benda menggunakan satuan tidak baku bagi siswa yang belum mengerti
o   Guru mengulang pembelajaran kepada siswa tentang contoh aturan di rumah yang belum mengerti.
o   Guru mengulang pembelajaran kepada siswa contoh budaya daerah setempat bagi siswa yang belum mengerti.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaiana.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Rubrik Membuat Pertanyaan.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang
diamati


4.
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



3. Penilaian Keterampilan
a. Menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Berbagai Kegiatan.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kemampuan
Bercerita
Siswa bercerita
dengan lancar
Sebagian
besar cerita
disampaikan
dengan lancar
Sebagian
kecil cerita
disampaikan
dengan lancar

Belum mampu
bercerita
2.
Volume Suara
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
Terdengar
Sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas

Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar

b. Memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kemampuan
memeriksa
kebenaran
pemecahan
masalah yang berkaitan
dengan berat
Siswa mampu
memeriksa
kebenaran
pemecahan
masalah yang
berkaitan
dengan berat

Siswa mampu
sebagian besar
memeriksa
kebenaran
pemecahan
masalah yang
berkaitan
dengan berat
                    
Siswa mampu
sebagian kecil
memeriksa
kebenaran
pemecahan
masalah yang
berkaitan
dengan berat
Siswa belum
mampu
memeriksa
kebenaran
pemecahan
masalah yang
berkaitan
dengan berat


2.
Ketepatan
Memecahkan
masalah yang berkaitan
dengan berat
Siswa
memecahkan
keseluruhan
masalah yang
berkaitan
dengan berat

Siswa
memecahkan
sebagian besar
masalah yang
berkaitan
dengan berat

Siswa
memecahkan
sebagian kecil
masalah yang
berkaitan
dengan berat
Siswa
belum tepat
memecahkan
masalah yang
berkaitan
dengan berat




c. Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga
Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Melaksanakan Tata Tertib di Lingkungan Sekolah
No

Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Siswa mampu melaksanakan tata tertib
sebelum pergi berwisata



2.
Siswa mampu melaksanakan tata tertib
mempersiapkan peralatan yang akan dibawa
ke tempat wisata



3.
Siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya setelah menunjukkan perilaku
mematuhi tata tertib saat berwisata



d. Membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Komposisi karya kerajinan
Ada
keharmonisan
komposisi
kerajinan yang
dirancang
Terdapat
sebagian besar
keharmonisan
komposisi
kerajinan yang
dirancang


Terdapat
sebagian besar
keharmonisan
komposisi
kerajinan yang
dirancang


Tidak ada
keharmonisan
komposisi
kerajinan yang
dirancang
2
Keindahan
karya yang
dihasilkan
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
sangat kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa
kagum


Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan kurang
enak dilihat


Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan tidak enak
dilihat
3
Kebersihan
Karya kerajinan
terlihat sangat
bersih
Karya kerajinan
terlihat bersih
Karya kerajinan
terlihat kurang
bersih
Karya kerajinan
terlihat tidak
bersih

F. Sumber dan Media
         Teks lagu alam sekitar.
         Teks dongeng Tangkuban Perahu.



Mengetahui,                                                                        Tijue, 29 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19690929 199311 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat






















































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Bacalah cuplikan dongeng di bawah ini!
Hikayat Pulau Laut, kemudian jawablah pertanyaan berikut bersama temanmu di kelas
1.   Mengapa Datu Mabrur menamai pulau hadiah tersebut dengan Pulau Lout?
 ............................................................................................
 ............................................................................................
 ............................................................................................
 ............................................................................................
 ............................................................................................

2.   Tahukah kamu apa soja yang dimaksud Raja lkan Todak dengan 11Seluruh isi lout"?
 ............................................................................................
 ............................................................................................
 ............................................................................................
 ............................................................................................

 3.   Carilah informasi, di manakah letak Pulau Lout tersebut?
 ............................................................................................
 ............................................................................................
 ............................................................................................
 ............................................................................................



MEDIA
TEMA 6 KELAS 2 SUB 4 PB 6

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors