RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/II
Tema 6 :
Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Alam Sekitar Kita/ 6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan
2.3 Memiliki rasa
percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks
buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluargavdengan
bantuan guruvatau teman dalamvbahasa Indonesia lisanvdan tulis yang dapat diisivdengan
kosakata bahasavdaerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1
Mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
3.3.3 Mengelompokkan
berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.
4.3 Mengungkapkan
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3.1 Menceritakan
berbagai kegiatan anggota keluarga.
b) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku
toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama,
suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1
Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
4.2.1 Melaksanakan
tata tertib di lingkungan keluarga.
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
3.6 Mengetahui
satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun
tidak baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekitar.
3.6.4 Mengukur
berat beberapa benda menggunakan satuan baku ons dan kg.
4.5 Memecahkan
masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa
kebenaran jawabannya
4.5.4 Memeriksa
kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat
d) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal bahan
dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni.
3.1.1 Menentukan
bahan dan alat dalam membuat karya seni.
3.1.2 Menentukan
teknik dalam membuat karya seni.
4.4 Membentuk karya
relief dari bahan alam di lingkungan sekitar.
4.4.1 Membentuk
karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Mengidentifikasi budaya (tarian, nyanyian, dolanan).
- Mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga.
- Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.
- Menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga.
- Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
- Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
- Mengukur berat beberapa benda menggunakan satuan baku ons dan kg.
- Memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
- Menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni.
- Menentukan teknik dalam membuat karya seni.
- Membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, siswa diarahkan mengamati teks lagu tentang alam sekitar yang
ada pada buku siswa.
o
Siswa mengamati
teks lagu tentang alam sekitar (mengamati).
o
Siswa diminta
membuat pertanyaan berdasarkan teks lagu tentang alam sekitar yang diamati (menanya).
o
Siswa saling
menukarkan pertanyaan yang dibuat kepada temannya (menanya).
o
Siswa saling menukarkan
pertanyaan yang telah dibuat dengan siswa yang ada di sebelahnya.
o
Siswa menjawab
pertanyaan temannya dengan bahasa sendiri (menalar).
o
Siswa saling
menanggapi pertanyaan teman yang lain yang dijawab dengan bahasanya sendiri (menalar
dan mengomunikasikan).
o
Siswa
mendengarkan guru menyanyikan lagu tentang alam sekitar (mengamati).
o
Siswa menyanyikan
lagu seperti yang didengarnya (mencoba).
o
Siswa menjelaskan
isi lagu dan menuliskan isi lagu yang dinyanyikannya dalam buku catatannya (mengomunikasikan).
o
Siswa dengan
bimbingan guru mengomentari penjelasan yang disimak tentang isi lagu yang
dinyanyikan (mengomunikasikan).
o
Siswa
menceritakan isi lagu tentang alam sekitar dengan bahasa lisan dan mengaitkan
dengan pemandangan alam di daerahnya (mencoba).
o
Siswa lain
menyimak cerita yang diceritakan (mengamati).
o
Siswa
mengomentari cerita tentang isi lagu (mencoba).
o
Siswa membaca
cerita Hikayat Pulau Laut (mengamati).
o
Siswa bertanya
jawab dengan teman lain mengenai cerita Hikayat Pulau Laut (menanya).
o
Siswa mencari
tahu letak Pulau Laut (menalar).
o
Inti dari teks
bacaan yang disediakan di buku siswa adalah peran setiap anggota keluarga
ketika akan berwisata ke pantai. Guru membimbing siswa dalam menjelaskan
peran anggota keluarga dari teks bacaan
o
Siswa membaca teks
dengan yang ada di buku siswa (mengamati).
o
Siswa menyebutkan
isi teks bacaan (mencoba).
o
Guru membimbing
siswa untuk menuliskan peran setiap manggota keluarga
o
Siswa mendata
peran setiap anggota keluarga sesuai teks bacaan.
o
Siswa menuliskan
peran setiap anggota keluarga ke dalam tabel yang terdapat di buku siswa (mencoba).
o
Siswa menulis
peran anggota keluarga di rumahnya masing-masing ke dalam tabel (mencoba).
o
Siswa membacakan
tulisannya di depan kelas (mengomunikasikan).
o
Siswa memeriksa
kebenaran jawaban tugas yang diberikan dengan berdiskusi atas bimbingan guru (mengomunikasikan).
o
Edo membawa bekal
makanan ringan yang akan dibawa sebagai bekal berwisata. Bekal makanan ringan
itu adalah kacang, keripik kentang, dan biskuit. Pada bungkus makanan ringan
tertera berat isinya.
o
Siswa menyiapkan
makanan yang akan diperiksa kebenaran beratnya sesuai dengan yang tertera
pada kemasan.
o
Siswa dibagi
dalam kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 orang (mengomunikasikan).
o
Siswa mengamati
data kemasan makanan, terutama berat bersih makanan itu (mengamati).
o
Siswa membuka
kemasan makanan ringan, kemudian isinya ditimbang dengan menggunakan
timbangan kue (mencoba).
o
Siswa menimbang
makanan ringan itu dan mencatat hasilnya (mencoba).
o
Siswa
membandingkan berat isi yang tertera di kemasan dengan berat sesungguhnya (menalar).
o
Siswa membuat
kesimpulan hasil kegiatannya itu (mencoba).
o
Kreasi yang
dibuat adalah karya seni dari benda-benda di sekitarnya. Contoh karya seni
yang ditampilkan dalam buku adalah kreasi dari kerang.
o
Siswa mengamati
gambar lukisan dari kerang (mengamati).
o
Siswa bertanya
jawab berkaitan dengan gambar yang diamati (menanya).
o
Siswa membuat
perencanaan pembuatan lukisan dari benda di sekitar (menalar).
o
Dalam kegiatan
ini bila bahan kerang sulit di dapat alternatif bahan alat dapat berupa : tempurung
kelapa yang dipotong kecil, daun-daunan, dan sebagainya.
o
Siswa
mengidentifikasi bahan dan alat dalam membuat kreasi seni dari bahan di
sekitar (menalar).
o
Siswa bertanya
jawab mengenai langkah kerja membuat karya seni (mengomunikasikan).
o
Siswa membuat
karya kerajinan (mencoba).
o
Siswa
memperlihatkan hasil rancangannya (mengomunikasikan).
Kegiatan
Pengayaan
o
Guru memberikan
soal mengukur berat beberapa benda menggunakan satuan tidak baku yang lebih
bervariasi.
o
Guru memberikan
contoh kepada siswa aturan di rumah yang lebih bervariasi.
o
Guru memberikan
contoh kepada siswa budaya daerah setempat yang lebih bervariasi.
Kegiatan Remedial
o
Guru mengulang
pembelajaran tentang mengukur berat beberapa benda menggunakan satuan tidak
baku bagi siswa yang belum mengerti
o
Guru mengulang
pembelajaran kepada siswa tentang contoh aturan di rumah yang belum mengerti.
o
Guru mengulang
pembelajaran kepada siswa contoh budaya daerah setempat bagi siswa yang belum
mengerti.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Rubrik Membuat
Pertanyaan.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan
kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian
pertanyaan dengan gambar yang
diamati
|
|
|
4.
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
3.
Penilaian Keterampilan
a. Menceritakan
berbagai kegiatan anggota keluarga
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menceritakan Berbagai Kegiatan.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan
Bercerita
|
Siswa
bercerita
dengan
lancar
|
Sebagian
besar
cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Sebagian
kecil
cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Belum
mampu
bercerita
|
2.
|
Volume
Suara
|
Terdengar
sampai
seluruh
ruang
kelas
|
Terdengar
Sampai setengah
ruang kelas
|
Terdengar
hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara
sangat
pelan
atau tidak
terdengar
|
b. Memeriksa
kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan berat
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan
memeriksa
kebenaran
pemecahan
masalah
yang berkaitan
dengan
berat
|
Siswa
mampu
memeriksa
kebenaran
pemecahan
masalah
yang
berkaitan
dengan
berat
|
Siswa
mampu
sebagian
besar
memeriksa
kebenaran
pemecahan
masalah
yang
berkaitan
dengan berat
|
Siswa
mampu
sebagian
kecil
memeriksa
kebenaran
pemecahan
masalah
yang
berkaitan
dengan berat
|
Siswa
belum
mampu
memeriksa
kebenaran
pemecahan
masalah
yang
berkaitan
dengan berat
|
2.
|
Ketepatan
Memecahkan
masalah
yang berkaitan
dengan
berat
|
Siswa
memecahkan
keseluruhan
masalah
yang
berkaitan
dengan
berat
|
Siswa
memecahkan
sebagian
besar
masalah
yang
berkaitan
dengan berat
|
Siswa
memecahkan
sebagian
kecil
masalah
yang
berkaitan
dengan berat
|
Siswa
belum
tepat
memecahkan
masalah
yang
berkaitan
dengan berat
|
c. Melaksanakan
tata tertib di lingkungan keluarga
Penilaian:
Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Melaksanakan Tata Tertib di Lingkungan Sekolah
No
|
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Siswa
mampu melaksanakan tata tertib
sebelum
pergi berwisata
|
|
|
2.
|
Siswa
mampu melaksanakan tata tertib
mempersiapkan
peralatan yang akan dibawa
ke tempat wisata
|
|
|
3.
|
Siswa mengungkapkan
perasaan dan
pendapatnya
setelah menunjukkan perilaku
mematuhi tata tertib saat berwisata
|
|
|
d. Membentuk karya
relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Membentuk
karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Komposisi
karya kerajinan
|
Ada
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang
dirancang
|
Terdapat
sebagian
besar
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang
dirancang
|
Terdapat
sebagian besar
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang
dirancang
|
Tidak ada
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang
dirancang
|
2
|
Keindahan
karya
yang
dihasilkan
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan
rasa
sangat
kagum
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan
rasa
kagum
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan
kurang
enak dilihat
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan
tidak enak
dilihat
|
3
|
Kebersihan
|
Karya
kerajinan
terlihat
sangat
bersih
|
Karya
kerajinan
terlihat
bersih
|
Karya
kerajinan
terlihat
kurang
bersih
|
Karya
kerajinan
terlihat
tidak
bersih
|
F. Sumber
dan Media
•
Teks lagu alam sekitar.
•
Teks dongeng Tangkuban Perahu.
Mengetahui, Tijue,
29 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd ANITA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19690929
199311 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Bacalah
cuplikan dongeng di bawah ini!
Hikayat Pulau Laut, kemudian
jawablah pertanyaan berikut bersama temanmu di kelas
1. Mengapa Datu Mabrur menamai pulau hadiah tersebut dengan Pulau Lout?
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
2. Tahukah kamu apa soja yang dimaksud Raja lkan Todak dengan 11Seluruh isi lout"?
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
3. Carilah informasi, di manakah letak Pulau Lout tersebut?
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment