Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 6

TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 23 January 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan          :  SD NEGERI 3 BEREUNUEN
Kelas / Semester              :  III (Tiga) / 2
Tema 7                             :  Energi dan Perubahannya
Sub Tema 2                      :  Perubahan Energi
Pembelajaran                  :  6
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1    Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2    Menjelaskan gagasan pokok tiap alinea di dalam teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan dan tulisan
4.1.2    Menyusun gagasan berupa teks laporan informatif tentang pnghematan energi secara lisan atau tulis dengan tepat

PPKn
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2    Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1    Mengidentifikasi sikap menghargai karya orang lain sebagai contoh kewajiban sebagai warga negara di rumah dan di sekolah
3.2.2 Menunjukkan hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan sila kelima Pancasila 4.2      Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1    Berperilaku sesuai dengan sila kelima Pancasila (sesuai konteks)

Matematika
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Memahami keliling segitiga dan persegi panjang menggunakan benda konkrit (benang, tali, batang korek api, lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu satuan luas)
3.10.1 Mengidentifikasi keliling segitiga menggunakan satuan baku
4.7.   Memperkirakan dan mengukur panjang, keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu menggunakan satuan baku dan tidak baku
4.7.1    Memperkirakan keliling menggunakan satuan baku

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mengukur keliling persegi panjang dan segitiga dengan satuan baku
¡  Menulis laporan tentang perubahan energi

D.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Energi”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Guru meminta siswa mengingat kembali tentang bagaimana menghitung keliling bangun persegi panjang atau segitiga dengan satuan tidak baku. (Mengasosiasi)
¡  Lalu guru menyampaikan bahwa siswa akan mempelajari tentang bagaimana menghitung keliling bangun persegi panjang dan segitiga dengan satuan baku. Sebelumnya guru mengajukan pertanyaan terlebih dahulu tentang satuan baku untuk mengetahui adakah diantara siswa yang sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan alat ukur baku dengan memberikan contohnya. (Mengkomunikasikan)
¡  Setelah memastikan bahwa siswa sudah mendapat informasi yang jelas tentang alat ukur baku, guru mengambil sebuah bangun persegi panjang (sudah dipersiapkan sebelumnya). Lalu guru mengukur sisi-sisinya dengan penggaris. Kemudian guru menggambarkan persegi panjang tersebut di papan tulis dilengkapi dengan ukuran sisinya. Setelah gambar sempurna guru menanyakan adakah di antara siswa yang bisa menentukan berapa keliling bangun tersebut (atau guru dapat meminta salah satu siswa untuk menjawabnya). Guru bisa memberi contoh bangun segitiga juga.
¡  Siswa dibagi kedalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 3-4 orang. (Mengasosiasi)
¡  Setiap kelompok diberi 6 potongan bangun segitiga yang warna dan ukurannya berbeda-beda.
¡  Tiap kelompok juga diberi batang korek api/lidi sebanyak 2 batang.
¡  Guru meminta masing-masing kelompok mengukur keliling segitiga yang sudah diberikan dengan menggunakan batang korek api. Mereka mencatat hasil pengukurannya ke dalam sebuah tabel. (Mengekplorasi)
¡  Setelah waktu yang berikan habis masing-masing perwakilan kelompok menyampaikan hasil pengukurannya. Mereka saling membandingkan dengan hasil pengukuran kelompok lain.
¡  Setelah semua kelompok menyampaikan hasil pengukurannya, guru mengonfirmasi kembali konsep pengukuran keliling dengan alat ukur baku dan tidak baku. Meluruskan jika ada pemahaman konsep yang keliru di kalangan siswa. (Mengkomunikasikan)
¡  Untuk menguji pemahaman siswa, guru meminta siswa mengerjakan lembar latihan soal latihan secara mandiri dengan menggunakan alat ukur baku, misalnya penggaris. (Mengekplorasi)
¡  Setelah semua siswa mengumpulkan hasil kerjanya, guru mengingatkan kembali tentang energi dan perubahannya. (Mengasosiasi)
¡  Guru juga menyampaikan bahwa perubahan energi terjadi setiap saat.
¡  Kemudian siswa diminta membuat sebuah cerita yang berisi laporan tentang perubahan energi yang mereka lihat mulai dari dari bangun tidur sampai mereka sampai di sekolah. Waktu yang diberikan untuk membuat cerita kira-kira 45 menit. Siswa juga diminta membuat ilustrasi dari laporan yang dibuatnya. (Mengekplorasi)
¡  Guru meminta beberapa siswa berbagi cerita kepada temannya. (Mengasosiasi)
¡  Setelah bercerita, guru melakukan diskusi tentang sikap menghargai orang lain sebagai contoh pengamalan Pancasila sila kelima. Diskusi diawali dengan pertanyaan guru tentang bagaimana perasaan mereka jika sedang berbicara tidak ada yang mau mendengarkan. Selanjutnya guru memberi kesempatan siswa untuk menyampaikan pendapatnya masing-masing. Diskusi berkisar terkait topik sikap menghargai orang lain dan dihubungkan dengan pengamalan Pancasila. (Mengkomunikasikan) dan (Mengekplorasi)
¡  Setelah diskusi, siswa diminta menyampaikan pendapatnya tentang beberapa daftar perilaku menghargai orang lain yang disajikan dalam bentuk tabel. (Mengkomunikasikan)
¡  Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu. (Mengasosiasi)
35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

F.      SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 7 : ”Sumber Energi” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Potongan bangun segitiga dari kertas sejumlah kebutuhan (satu kelompok diberi 6 potongan segitiga)
¡  Batang korek api/lidi yang panjangnya sama dengan batang korek api

G.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Tang. Jawab
Percaya Diri
Kerjasama
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Sultan Haykal












2
Aisy Anindya












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis

3.    Penilaian Keterampilan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Menyusun teks laporan informatif
Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyam-paiannya runut , kalimatnya lengkap
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu
Menghitung keliling segitiga dengan alat ukur tidak baku
Semua hasil pengukuran tepat
Terdapat 1-2 kesalahan
Terdapat 3-4 kesalahan
Terdapat lebih dari 4 kesalahan

Format Penilaian Keterampilan:
1.    Menyusun teks laporan informatif
No
Nama
Sesuai deng-  an topik
Struktur kalimatnya benar
Alur cerita   runut
Tanda baca  dan ejaan sesuai EYD
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal
ü
ü
ü
ü
4
Sangat baik
2
Aisy Anindya
ü
ü
ü
-
3
Baik
3
……………..






dst
……………..







2.    Menyampaikan gagasan dalam diskusi
No
Nama
Semua hasil pengukuran tepat
2-terdapat 1 kesalahan
4-terdapat kesalahan
Terdapat lebih   dari 4 kesalahan
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal
ü
ü
ü
ü
4
Sangat baik
2
Aisy Anindya
ü
ü
ü
-
3
Baik
3
……………..






dst
……………..








Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................

LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Hitunglah keliling bangun-bangun berikut ini!
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 6




MEDIA

TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 6

TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 2
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 3
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 4
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors