RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 3
BEREUNUEN
Kelas / Semester :
III (Tiga) / 2
Tema 7 : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 2 :
Perubahan Energi
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru
dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasi
isi teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis
dengan tepat
3.1.2 Menjelaskan
gagasan pokok tiap alinea di dalam teks laporan informatif tentang perubahan
energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan dan
tulisan
4.1.2 Menyusun
gagasan berupa teks laporan informatif tentang pnghematan energi secara lisan
atau tulis dengan tepat
PPKn
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Mengetahui
hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi
sikap menghargai karya orang lain sebagai contoh kewajiban sebagai warga negara
di rumah dan di sekolah
3.2.2 Menunjukkan
hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan sila kelima Pancasila 4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1 Berperilaku
sesuai dengan sila kelima Pancasila (sesuai konteks)
Matematika
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam
diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Memahami keliling
segitiga dan persegi panjang menggunakan benda konkrit (benang, tali, batang
korek api, lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu satuan
luas)
3.10.1 Mengidentifikasi
keliling segitiga menggunakan satuan baku
4.7. Memperkirakan
dan mengukur panjang, keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu
menggunakan satuan baku dan tidak baku
4.7.1 Memperkirakan
keliling menggunakan satuan baku
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengukur
keliling persegi panjang dan segitiga dengan satuan baku
¡ Menulis
laporan tentang perubahan energi
D. METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan)
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam
dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema
yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan
Energi”.
¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Guru meminta siswa mengingat kembali tentang bagaimana
menghitung keliling bangun persegi panjang atau segitiga dengan satuan tidak
baku. (Mengasosiasi)
¡ Lalu guru menyampaikan bahwa siswa akan mempelajari tentang
bagaimana menghitung keliling bangun persegi panjang dan segitiga dengan
satuan baku. Sebelumnya guru mengajukan pertanyaan terlebih dahulu tentang
satuan baku untuk mengetahui adakah diantara siswa yang sudah mengetahui apa
yang dimaksud dengan alat ukur baku dengan memberikan contohnya.
(Mengkomunikasikan)
¡
Setelah memastikan bahwa siswa sudah mendapat
informasi yang jelas tentang alat ukur baku, guru mengambil sebuah bangun
persegi panjang (sudah dipersiapkan sebelumnya). Lalu guru mengukur
sisi-sisinya dengan penggaris. Kemudian guru menggambarkan persegi panjang
tersebut di papan tulis dilengkapi dengan ukuran sisinya. Setelah gambar
sempurna guru menanyakan adakah di antara siswa yang bisa menentukan berapa
keliling bangun tersebut (atau guru dapat meminta salah satu siswa untuk
menjawabnya). Guru bisa memberi contoh bangun segitiga juga.
¡
Siswa dibagi kedalam kelompok-kelompok yang terdiri
dari 3-4 orang. (Mengasosiasi)
¡
Setiap kelompok diberi 6 potongan bangun segitiga yang
warna dan ukurannya berbeda-beda.
¡
Tiap kelompok juga diberi batang korek api/lidi
sebanyak 2 batang.
¡
Guru meminta masing-masing kelompok mengukur keliling
segitiga yang sudah diberikan dengan menggunakan batang korek api. Mereka
mencatat hasil pengukurannya ke dalam sebuah tabel. (Mengekplorasi)
¡
Setelah waktu yang berikan habis masing-masing
perwakilan kelompok menyampaikan hasil pengukurannya. Mereka saling
membandingkan dengan hasil pengukuran kelompok lain.
¡
Setelah semua kelompok menyampaikan hasil
pengukurannya, guru mengonfirmasi kembali konsep pengukuran keliling dengan
alat ukur baku dan tidak baku. Meluruskan jika ada pemahaman konsep yang
keliru di kalangan siswa.
(Mengkomunikasikan)
¡
Untuk menguji pemahaman siswa, guru meminta siswa
mengerjakan lembar latihan soal latihan secara mandiri dengan menggunakan
alat ukur baku, misalnya penggaris. (Mengekplorasi)
¡
Setelah semua siswa mengumpulkan hasil kerjanya, guru
mengingatkan kembali tentang energi dan perubahannya. (Mengasosiasi)
¡
Guru juga menyampaikan bahwa perubahan energi terjadi
setiap saat.
¡
Kemudian siswa diminta membuat sebuah cerita yang
berisi laporan tentang perubahan energi yang mereka lihat mulai dari dari
bangun tidur sampai mereka sampai di sekolah. Waktu yang diberikan untuk
membuat cerita kira-kira 45 menit. Siswa juga diminta membuat ilustrasi dari
laporan yang dibuatnya. (Mengekplorasi)
¡
Guru meminta beberapa siswa berbagi cerita kepada
temannya. (Mengasosiasi)
¡
Setelah bercerita, guru melakukan diskusi tentang
sikap menghargai orang lain sebagai contoh pengamalan Pancasila sila kelima.
Diskusi diawali dengan pertanyaan guru tentang bagaimana perasaan mereka jika
sedang berbicara tidak ada yang mau mendengarkan. Selanjutnya guru memberi
kesempatan siswa untuk menyampaikan pendapatnya masing-masing. Diskusi
berkisar terkait topik sikap menghargai orang lain dan dihubungkan dengan
pengamalan Pancasila.
(Mengkomunikasikan) dan (Mengekplorasi)
¡
Setelah diskusi, siswa diminta menyampaikan
pendapatnya tentang beberapa daftar perilaku menghargai orang lain yang
disajikan dalam bentuk tabel. (Mengkomunikasikan)
¡
Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang
sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari
itu. (Mengasosiasi)
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru.
¡
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
¡
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
F. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema 7 : ”Sumber Energi” Kelas III (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Potongan bangun segitiga dari kertas
sejumlah kebutuhan (satu kelompok diberi 6 potongan segitiga)
¡ Batang korek api/lidi yang panjangnya
sama dengan batang korek api
G. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi
selama kegiatan
No
|
Nama
|
Perubanan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Tang. Jawab
|
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sultan Haykal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy Anindya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan
Tes
tertulis
3. Penilaian Keterampilan
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Menyusun teks laporan informatif
|
Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyam-paiannya runut
, kalimatnya lengkap
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Menghitung keliling segitiga dengan alat ukur tidak baku
|
Semua hasil pengukuran tepat
|
Terdapat 1-2 kesalahan
|
Terdapat 3-4 kesalahan
|
Terdapat lebih dari 4 kesalahan
|
Format Penilaian Keterampilan:
1. Menyusun teks laporan informatif
No
|
Nama
|
Sesuai deng- an topik
|
Struktur kalimatnya benar
|
Alur cerita runut
|
Tanda baca dan ejaan
sesuai EYD
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
4
|
Sangat baik
|
2
|
Aisy Anindya
|
ü
|
ü
|
ü
|
-
|
3
|
Baik
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
2. Menyampaikan
gagasan dalam diskusi
No
|
Nama
|
Semua hasil pengukuran tepat
|
2-terdapat 1 kesalahan
|
4-terdapat kesalahan
|
Terdapat lebih dari
4 kesalahan
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
4
|
Sangat baik
|
2
|
Aisy Anindya
|
ü
|
ü
|
ü
|
-
|
3
|
Baik
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
MEDIA
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 2
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 3
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 4
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment