Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 5

TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 23 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan          :  SD NEGERI 3 BEREUNUEN
Kelas / Semester             :  III (Tiga) / 2
Tema 7                             :  Energi dan Perubahannya
Sub Tema 2                     :  Perubahan Energi
Pembelajaran                  :  5
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1    Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang perilaku hemat energi
3.1.2    Menjelaskan gagasan pokok teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan dan tulisan
4.1.2    Menyusun gagasan berupa teks laporan informatif tentang pnghematan energi secara lisan atau tulis dengan tepat

PPKn
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2    Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1    Mengidentifikasi sikap hemat energi sebagai contoh kewajiban sebagai warga negara di rumah dan di sekolah
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1    Menunjukkan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila

Matematika
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.2    Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1    Mengidentifikasi sikap hemat energi sebagai contoh kewajiban sebagai warga negara di rumah dan di sekolah
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1    Menunjukkan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Diskusi tentang perilaku hemat sebagai contoh pengamalan sila kelima dan mengidentifikasi macam-macam perilaku hemat
¡  Membuat laporan hasil pengamatan tentang tentang penhematan listrik di sekolah
¡  Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan operasi penjumlahan dan pengurangan
  
D.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Energi”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Guru memulai pelajaran dengan menjelaskan kembali tentang kebutuhan energi sehari-hari, misalnya di sekolah. (Mengkomunikasikan)
¡  Guru melakukan diskusi dan tanya jawab tentang perilaku hemat dalam menggunakan energi di sekolah. (Menanya)
¡  Setelah diskusi, siswa diminta mengidentifikasi perilaku yang menunjukkan sikap hemat dengan menyelesaikan soal-soal pada lembar kerja di buku teks. (Mengekplorasi)
¡  Setelah mengisi LK, siswa diminta membentuk kelompok.
¡  Siswa dibagi beberapa kelompok, masing-masing kelompok diminta untuk melakukan pengamatan tentang penggunaan energi terutama air dan lampu di sekitar sekolah.
¡  Setelah pengamatan masing-masing kelompok menuliskan laporan hasil pengamatan lalu menyampaikan hasil pengamatannya di depan kelas. Sebelumnya guru mengingatkan bagaimana sebaiknya membuat laporan. (Mengekplorasi)
¡  Setelah semua kelompok menyampaikan laporannya, guru melanjutkan kegiatan dengan menjelaskan bagaimana menyelesaikan soal cerita matematika. Setelah guru memberikan contoh, siswa diminta menyelesaikan soal-soal cerita yang ada di buku teks.
¡  Sebagai penutup guru mengulas kembali semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu. (Mengasosiasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

F.      SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 7 : ”Sumber Energi” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Gambar fasilitas-fasilitas di sekolah yang menggunakan energi listrik

G.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Tang. Jawab
Percaya Diri
Kerjasama
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Sultan Haykal












2
Aisy Anindya












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis

3.    Penilaian Keterampilan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Menyusun teks laporan informatif
Sesuai dengan topik, struktur kalimatnya benar, alur teks runut, penggunaan tanda baca dan ejaan sesuai EYD
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu
Menyampaikan gagasan dalam diskusi

Sesuai dengan topik, struktur kalimatnya benar, isi kalimat jelas, dan lancar dalam menyampaikan
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu

Format Penilaian Keterampilan:
1.    Menyusun teks laporan informatif
No
Nama
Sesuai dengan topik
Struktur kalimatnya benar
Alur cerita runut
Tanda baca dan ejaan sesuai EYD
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal
ü
ü
ü
ü
4
Sangat baik
2
Aisy Anindya
ü
ü
ü
-
3
Baik
3
……………..






dst
……………..







2.    Menyampaikan gagasan dalam diskusi
No
Nama
Sesuai denagn topik
Kalimat jelas
Lancar dalam penyampaian
Keaktifan dalam berdiskusi
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal
ü
ü
ü
ü
4
Sangat baik
2
Aisy Anindya
ü
ü
ü
-
3
Baik
3
……………..






dst
……………..







Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Selesaikan soal-soal berikut ini.
1.   Di rumah Siti ada 3 buah lampu berdaya 10 watt, ada 2 lampu berdaya 40 watt, dan ada sebuah lampu berdaya 25 watt. Jika semua lampu itu menyala, berapa besar daya listrik seluruh lampu tersebut?







2.   Daya listrik di rumah Udin adalah 1300 watt. Sedang digunakan untuk menyalakan mesin air 150 watt, untuk menyeterika 400 watt, dan menyalakan kipas angin 50 watt. Berapa watt daya yang belum digunakan?





3.   Ayah Edo membeli 2 buah lampu neon. Harga sebuah lampu Rp. 15.000. Berapa ayah harus membayar untuk dua buah lampu tersebut?






4.   Ayah Lani mengganti 4 buah lampu di rumahnya yang semula berdaya 20 watt menjadi 10 watt. Berapakah daya listrik yang sudah dihemat Ayah Lani untuk kebutuhan rumahnya?


MEDIA
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 5

TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors