RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 3
BEREUNUEN
Kelas / Semester :
III (Tiga) / 2
Tema 7 : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 2 :
Perubahan Energi
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru
dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasi
isi teks laporan informatif tentang perilaku hemat energi
3.1.2 Menjelaskan
gagasan pokok teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan
atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan dan
tulisan
4.1.2 Menyusun
gagasan berupa teks laporan informatif tentang pnghematan energi secara lisan
atau tulis dengan tepat
PPKn
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Mengetahui
hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi
sikap hemat energi sebagai contoh kewajiban sebagai warga negara di rumah dan
di sekolah
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1 Menunjukkan
perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila
Matematika
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam
diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.2 Mengetahui
hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi
sikap hemat energi sebagai contoh kewajiban sebagai warga negara di rumah dan
di sekolah
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1 Menunjukkan
perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Diskusi
tentang perilaku hemat sebagai contoh pengamalan sila kelima dan
mengidentifikasi macam-macam perilaku hemat
¡ Membuat
laporan hasil pengamatan tentang tentang penhematan listrik di sekolah
¡ Menyelesaikan
soal cerita yang melibatkan operasi penjumlahan dan pengurangan
D. METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan)
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam
dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema
yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan
Energi”.
¡
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Guru memulai pelajaran dengan menjelaskan kembali
tentang kebutuhan energi sehari-hari, misalnya di sekolah. (Mengkomunikasikan)
¡
Guru melakukan diskusi dan tanya jawab tentang
perilaku hemat dalam menggunakan energi di sekolah. (Menanya)
¡ Setelah diskusi, siswa diminta mengidentifikasi perilaku
yang menunjukkan sikap hemat dengan menyelesaikan soal-soal pada lembar kerja
di buku teks. (Mengekplorasi)
¡
Setelah mengisi LK, siswa diminta membentuk kelompok.
¡
Siswa dibagi beberapa kelompok, masing-masing kelompok
diminta untuk melakukan pengamatan tentang penggunaan energi terutama air dan
lampu di sekitar sekolah.
¡
Setelah pengamatan masing-masing kelompok menuliskan
laporan hasil pengamatan lalu menyampaikan hasil pengamatannya di depan
kelas. Sebelumnya guru mengingatkan bagaimana sebaiknya membuat laporan. (Mengekplorasi)
¡
Setelah semua kelompok menyampaikan laporannya, guru
melanjutkan kegiatan dengan menjelaskan bagaimana menyelesaikan soal cerita
matematika. Setelah guru memberikan contoh, siswa diminta menyelesaikan soal-soal
cerita yang ada di buku teks.
¡
Sebagai penutup guru mengulas kembali semua kegiatan
yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan
hari itu. (Mengasosiasi)
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru.
¡
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
¡
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
F. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema 7 : ”Sumber Energi” Kelas III (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Gambar fasilitas-fasilitas di sekolah
yang menggunakan energi listrik
G. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi
selama kegiatan
No
|
Nama
|
Perubanan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Tang. Jawab
|
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sultan Haykal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy Anindya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang)
: 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB
(Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan
Tes
tertulis
3. Penilaian Keterampilan
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Menyusun teks laporan informatif
|
Sesuai dengan topik, struktur kalimatnya benar, alur teks
runut, penggunaan tanda baca dan ejaan sesuai EYD
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Menyampaikan gagasan dalam diskusi
|
Sesuai dengan topik, struktur kalimatnya benar, isi
kalimat jelas, dan lancar dalam menyampaikan
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Format Penilaian Keterampilan:
1. Menyusun teks laporan informatif
No
|
Nama
|
Sesuai dengan topik
|
Struktur kalimatnya benar
|
Alur cerita runut
|
Tanda baca dan ejaan sesuai EYD
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
4
|
Sangat baik
|
2
|
Aisy Anindya
|
ü
|
ü
|
ü
|
-
|
3
|
Baik
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
2. Menyampaikan gagasan dalam diskusi
No
|
Nama
|
Sesuai denagn topik
|
Kalimat jelas
|
Lancar dalam penyampaian
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
4
|
Sangat baik
|
2
|
Aisy Anindya
|
ü
|
ü
|
ü
|
-
|
3
|
Baik
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Selesaikan soal-soal berikut ini.
1. Di rumah Siti ada 3 buah lampu berdaya
10 watt, ada 2 lampu berdaya 40 watt, dan ada sebuah lampu berdaya 25 watt.
Jika semua lampu itu menyala, berapa besar daya listrik seluruh lampu tersebut?
2. Daya listrik di rumah Udin adalah 1300
watt. Sedang digunakan untuk menyalakan mesin air 150 watt, untuk menyeterika
400 watt, dan menyalakan kipas angin 50 watt. Berapa watt daya yang belum
digunakan?
3. Ayah Edo membeli 2 buah lampu neon.
Harga sebuah lampu Rp. 15.000. Berapa ayah
harus membayar untuk dua buah lampu tersebut?
4. Ayah Lani mengganti 4 buah lampu di
rumahnya yang semula berdaya 20 watt menjadi 10 watt. Berapakah daya listrik
yang sudah dihemat Ayah Lani untuk kebutuhan rumahnya?
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment