Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 4

TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 23 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan          :  SD NEGERI 3 BEREUNUEN
Kelas / Semester             :  III (Tiga) / 2
Tema 7                             :  Energi dan Perubahannya
Sub Tema 2                      :  Perubahan Energi
Pembelajaran                   :  4
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1    Memberikan contoh pengamalan sila kelima Pancasila
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Menunjukkan perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan sila kelima Pancasila

PPKn
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1.1    Memberikan contoh pengamalan sila kelima Pancasila
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila
4.1.1    Menunjukkan perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan sila kelima Pancasila

Matematika
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Memahami keliling segitiga dan persegi panjang menggunakan benda konkrit (benang, tali, batang korek api, lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu satuan luas)
3.10.1  Memperkirakan panjang sisi segitiga menggunakan alat ukur tidak baku
4.7.   Memperkirakan dan mengukur panjang, keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu menggunakan satuan baku dan tidak baku
4.7.1    Memperkirakan keliling segitiga menggunakan alat ukur tidak baku

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Latihan gerakan meroda
¡  Menguraikan perubahan energi yang terjadi pada suatu kegiatan
¡  Menentukan keliling segitiga

D.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Energi”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Guru mengajak siswa menuju area olahraga.
¡  Siswa menyimak gerakan olahraga yang akan mereka pelajari melalui gambar dan penjelasan guru. (Mengamati)
¡  Guru memulai kegiatan olahraga dengan kegiatan pemanasan.
¡  Setelah pemanasan guru menjelaskan tentang gerak meroda. Penjelasan meliputi apa dan bagaimana gerak meroda serta manfaat gerakan tersebut. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa mempraktikkan gerak meroda dengan arahan guru. (Mengekplorasi)
¡  Setelah semua siswa mencoba, guru meminta siswa satu-persatu menunjukkan kemampuannya secara mandiri.
¡  Semua siswa mempraktikkan gerakan tersebut secara mandiri
¡  Setelah semua siswa melakukan praktik, siswa melakukan pendinginan dengan arahan guru.
¡  Guru melakukan review kegiatan.
¡  Siswa membentuk kelompok diskusi. (Mengasosiasi)
¡  Siswa melakukan diskusi sesuai dengan topik yang ada di buku teks. Guru mengawasi dan mengarahkan siswa. (Mengekplorasi)
¡  Setelah diskusi masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya.
¡  Setelah itu siswa diminta menyelesaikan LK.
¡  Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan pengukuran keliling segitiga dengan menggunakan batang korek api.
¡  Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu. (Mengasosiasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

F.      SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 7 : ”Sumber Energi” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Gambar

G.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Tang. Jawab
Percaya Diri
Kerjasama
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Sultan Haykal












2
Aisy Anindya












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis
 
3.    Penilaian Keterampilan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Melakukan gerak meroda

Melakukan gerakan dengan tepat tanpa intervensi guru

Melakukan gerakan dengan tepat namun dengan intervensi minimal

Gerakan kurang tepat dan perlu intervensi yang cukup
Belum mampu melakukan gerakan dengan tepat

Menyampaikan gagasan dalam diskusi

Sesuai dengan topik, struktur kalimatnya benar, isi kalimat jelas, dan lancar dalam menyampaikan

Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu

Format Penilaian Keterampilan:
1. Melakukan gerak meroda
No
Nama
Melakukan kedua gerakan tanpa intervensi guru
Melakukan kedua gerakan dengan intervensi guru
Melakukan hanya salah satu gerakan dengan tepat
Belum mampu melakukan kedua gerakan
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal
ü
ü
ü
ü
4
Sangat baik
2
Aisy Anindya
ü
ü
ü
-
3
Baik
3
……………..






dst
……………..







2.    Menyampaikan gagasan dalam diskusi
No
Nama
Sesuai denagn topik
Kalimat jelas
Lancar dalam penyampaian
Keaktifan dalam berdiskusi
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal
ü
ü
ü
ü
4
Sangat baik
2
Aisy Anindya
ü
ü
ü
-
3
Baik
3
……………..






dst
……………..







Mengetahui
Kepala Sekolah,


( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III


( ___________________ )
NIP ..................................




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
 

Keliling= 5+6+6 =17 Batang Korek Api
Perkirakan keliling bangun segitiga berikut ini.
Gunakan satuan tidak baku berupa batang korek api yang diberikan berikut ini. 

MEDIA

 
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 2
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors