RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 3
BEREUNUEN
Kelas / Semester :
III (Tiga) / 2
Tema 7 : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 2 :
Perubahan Energi
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru
dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Memberikan
contoh pengamalan sila kelima Pancasila
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menunjukkan
perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan
sila kelima Pancasila
PPKn
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.1 Memahami
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Memberikan
contoh pengamalan sila kelima Pancasila
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan
pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila
4.1.1 Menunjukkan
perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan
sila kelima Pancasila
Matematika
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam
diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Memahami
keliling segitiga dan persegi panjang menggunakan benda konkrit (benang, tali,
batang korek api, lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu
satuan luas)
3.10.1 Memperkirakan
panjang sisi segitiga menggunakan alat ukur tidak baku
4.7. Memperkirakan
dan mengukur panjang, keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu
menggunakan satuan baku dan tidak baku
4.7.1 Memperkirakan
keliling segitiga menggunakan alat ukur tidak baku
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Latihan
gerakan meroda
¡ Menguraikan
perubahan energi yang terjadi pada suatu kegiatan
¡ Menentukan
keliling segitiga
D. METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan)
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam
dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema
yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan
Energi”.
¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Guru mengajak siswa menuju area olahraga.
¡
Siswa menyimak gerakan olahraga yang akan mereka
pelajari melalui gambar dan penjelasan guru.
(Mengamati)
¡
Guru memulai kegiatan olahraga dengan kegiatan
pemanasan.
¡
Setelah pemanasan guru menjelaskan tentang gerak
meroda. Penjelasan meliputi apa dan bagaimana gerak meroda serta manfaat
gerakan tersebut.
(Mengkomunikasikan)
¡
Siswa mempraktikkan gerak meroda dengan arahan guru. (Mengekplorasi)
¡
Setelah semua siswa mencoba, guru meminta siswa
satu-persatu menunjukkan kemampuannya secara mandiri.
¡
Semua siswa mempraktikkan gerakan tersebut secara
mandiri
¡
Setelah semua siswa melakukan praktik, siswa melakukan
pendinginan dengan arahan guru.
¡
Guru melakukan review kegiatan.
¡
Siswa membentuk kelompok diskusi. (Mengasosiasi)
¡
Siswa melakukan diskusi sesuai dengan topik yang ada
di buku teks. Guru mengawasi dan mengarahkan siswa. (Mengekplorasi)
¡
Setelah diskusi masing-masing kelompok menyampaikan
hasil diskusinya.
¡
Setelah itu siswa diminta menyelesaikan LK.
¡
Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan pengukuran
keliling segitiga dengan menggunakan batang korek api.
¡
Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang
sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari
itu. (Mengasosiasi)
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru.
¡
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
¡
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
F. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema 7 : ”Sumber Energi” Kelas III (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Gambar
G. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi
selama kegiatan
No
|
Nama
|
Perubanan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Tang. Jawab
|
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sultan Haykal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy Anindya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan
Tes
tertulis
3. Penilaian Keterampilan
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Melakukan gerak meroda
|
Melakukan gerakan dengan tepat tanpa intervensi guru
|
Melakukan gerakan dengan tepat namun dengan intervensi
minimal
|
Gerakan kurang tepat dan perlu intervensi yang cukup
|
Belum mampu melakukan gerakan dengan tepat
|
Menyampaikan gagasan dalam diskusi
|
Sesuai dengan topik, struktur kalimatnya benar, isi
kalimat jelas, dan lancar dalam menyampaikan
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Format Penilaian Keterampilan:
1. Melakukan
gerak meroda
No
|
Nama
|
Melakukan kedua gerakan tanpa intervensi guru
|
Melakukan kedua gerakan dengan intervensi guru
|
Melakukan hanya salah satu gerakan dengan tepat
|
Belum mampu melakukan kedua gerakan
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
4
|
Sangat baik
|
2
|
Aisy Anindya
|
ü
|
ü
|
ü
|
-
|
3
|
Baik
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
2. Menyampaikan gagasan dalam diskusi
No
|
Nama
|
Sesuai denagn topik
|
Kalimat jelas
|
Lancar dalam penyampaian
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
4
|
Sangat baik
|
2
|
Aisy Anindya
|
ü
|
ü
|
ü
|
-
|
3
|
Baik
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Keliling= 5+6+6 =17 Batang Korek Api
Perkirakan keliling bangun segitiga
berikut ini.
Gunakan satuan tidak baku berupa
batang korek api yang diberikan berikut ini.
MEDIA
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 2
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment