RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 3 BEREUNUEN
Kelas / Semester :
III (Tiga) / 2
Tema 7 : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 2 :
Perubahan Energi
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru
dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii
teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan
tepat
3.1.2 Menjelaskan
gagasan pokok tiap alinea di dalam teks laporan informatif tentang perubahan
energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan kembali
isi teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis
dengan tepat
4.1.2 Menyusun gagasan
berupa teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis
dengan tepat
Matematika
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam
diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1 Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan
dan perkalian
3.1.1 Mengidentifikasi
operasi hitung yang tepat untuk memecahkan masalah
4.2. Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang,
berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya
4.2.1 Menggunakan
pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan penjumlahan
SBdP
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Memuji
keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai
anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui
berkarya seni
3.1 Mengenal
karya seni gaya dekoratif
3.1.1 Mengidentifikasi
karya seni gaya dekoratif
3.4 Mengetahui
cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya
3.4.1 Menjelaskan
cara penggunaan bahan alam untuk membuat karya dekoratif
4.4 Membentuk
karya dekoratif dari bahan lunak
4.4.1 Membuat
karya seni dekoratif dari bahan lunak
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Bermain
sosio drama
¡ Membuat
karya dekoratif dari tanah liat
¡ Menyelesaikan
soal cerita matematika
D. METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam
dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema
yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan
Energi”.
¡
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Guru memulai pelajaran dengan menanyakan apakah di
antara siswa ada yang sudah pernah berkunjung ke waduk. Lalu guru meminta
siswa memberi contoh beberapa waduk yang mereka ketahui. (Mengkomunikasikan)
¡
Lalu guru meminta siswa membaca percakapan yang ada di
buku teks. (Mengamati)
¡
Guru membahas bahwa teks percakapan tersebut termasuk
teks laporan informatif karena percakapan itu memuat informasi tentang
sesuatu yang sesuai dengan kenyataan.
¡
Setelah membaca, siswa diminta melakukan sosiodrama
sesuai percakapan tersebut. Sebelumnya guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk berlatih. (Mengekplorasi)
¡
Setelah waktu latihan dirasa cukup, siswa secara
berkelompok maju untuk menampilkan sosiodramanya tersebut.
¡
Setelah semua kelompok maju guru melakukan konfirmasi
apa yang sudah dilakukan siswa.
¡
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan membuat karya
dekoratif dari tanah liat. (Mengekplorasi)
¡
Sebelum memulai kegiatan, guru menjelaskan bahwa karya
dekoratif juga dapat dibuat dari bahan lunak yang ada di sekitar. Salah satu
contoh bahan lunak yang biasa digunakan untuk membuat karya dekoratif adalah
tanah liat. Guru menjelaskan karakteristik tanah liat dan manfaatnya. (Mengkomunikasikan)
¡
Guru memberikan contoh karya dekoratif dengan
menggunakan tanah liat (Guru mendemonstrasi-kan cara membuat karya dekoratif
dari bahan tanah liat).
¡
Siswa membuat karya dekoratif dari tanah liat seperti
yang dicontohkan guru. (Mengekplorasi)
¡
Setelah selesai siswa diminta merapikan kembali
bekas-bekas pekerjaannya.
¡
Kemudian tanah liat yang sudah dibuat
dibakar/dikeringkan.
¡
Sambil menunggu tanah liat kering, siswa mengerjakan
soal cerita matematika.
¡
Sebelumnya guru memberikan contoh soal terlebih dahulu
dan menjelaskan bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut.
¡
Siswa mengerjakan soal-soal dan setelah waktu yang
diberikan habis siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya. (Mengekplorasi)
¡
Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang
sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari
itu.
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru.
¡
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
¡
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
F. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema 7 : ”Sumber Energi” Kelas III (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Contoh karya dekoratif dari tanah liat
¡ VCD percakapan
G. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi
selama kegiatan
No
|
Nama
|
Perubanan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Tang. Jawab
|
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sultan Haykal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy Anindya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang)
: 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB
(Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan
Tes
tertulis
3. Penilaian Keterampilan
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Melakukan percakapan
|
Kalimat yang diucapkan lancar, intonasinya tepat, alur
percakapan runut, percaya diri
|
Hanya memenuhi 3 kriteria
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Membuat karya dekoratif dari bahan lunak
|
Sesuai dengan tema, mengguna-kan lebih dari 3 kombinasi
bentuk, komposisi seimbang, dan hasil karya rapi
|
Hanya memenuhi 3 kriteria
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memehuni 1 kriteria
|
Format Penilaian Keterampilan:
1.
Melakukan percakapan
No
|
Nama
|
Kalimat yang diucapkan lancar
|
Intonasinya tepat
|
Alur percakapan runtu
|
Percaya diri
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
Sangat baik
|
|||||
2
|
Aisy Anindya
|
Baik
|
|||||
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
2. Membuat Karya Dekoratif dari Bahan Lunak
No
|
Nama
|
Sesuai dengan tema
|
Menggunakan Minimal 3 kom-binasi garis
|
Menggunakan Minimal 3 kom-binasi bentuk
|
Menggunakan Minimal 5 kom-binasi
warna
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
Sangat baik
|
|||||
2
|
Aisy Anindya
|
Baik
|
|||||
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
1. Untuk membuat 1 buah hiasan tanah liat
dibutuhkan 1500 gram tanah liat. Dayu ingin membuat 3 buah hiasan yang sama.
Berapa gram tanah liat yang Dayu butuhkan?
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
2. Pak Tagor ingin membuat pot bunga,
teko, dan piring dari tanah liat.
Untuk pot bunga dibutuhkan 2000 gram, untuk teko dibutuhkan 1500 gram, dan
untuk piring dibutuhkan 500 gram. Hitunglah berapa tanah liat yang harus
disiapkan Pak Tagor?
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
3. Beni membeli 1000 gram tanah liat.
Digunakan untuk membuat hiasan
berbentuk buah -buahan 750 gram.
Berapakah sisa tanah liat Beni?
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
4. Ibu membeli pot bunga dari tanah liat
seharga Rp. 5.000. Ibu membayar dengan uang Rp. 10.000.
Berapa jumlah uang kembaliannya?
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment