Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 3

TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 22 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan          :  SD NEGERI 3 BEREUNUEN
Kelas / Semester             :  III (Tiga) / 2
Tema 7                             :  Energi dan Perubahannya
Sub Tema 2                      :  Perubahan Energi
Pembelajaran                  :  3
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1    Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2    Menjelaskan gagasan pokok tiap alinea di dalam teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1.2    Menyusun gagasan berupa teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat

Matematika
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian
3.1.1    Mengidentifikasi operasi hitung yang tepat untuk memecahkan masalah
4.2.   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya
4.2.1    Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan

SBdP
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
2.3    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.1    Mengenal karya seni gaya dekoratif
3.1.1    Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif
3.4    Mengetahui cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya
3.4.1    Menjelaskan cara penggunaan bahan alam untuk membuat karya dekoratif
4.4    Membentuk karya dekoratif dari bahan lunak
4.4.1    Membuat karya seni dekoratif dari bahan lunak

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Bermain sosio drama
¡  Membuat karya dekoratif dari tanah liat
¡  Menyelesaikan soal cerita matematika
 
D.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Energi”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Guru memulai pelajaran dengan menanyakan apakah di antara siswa ada yang sudah pernah berkunjung ke waduk. Lalu guru meminta siswa memberi contoh beberapa waduk yang mereka ketahui. (Mengkomunikasikan)
¡  Lalu guru meminta siswa membaca percakapan yang ada di buku teks. (Mengamati)
¡  Guru membahas bahwa teks percakapan tersebut termasuk teks laporan informatif karena percakapan itu memuat informasi tentang sesuatu yang sesuai dengan kenyataan.
¡  Setelah membaca, siswa diminta melakukan sosiodrama sesuai percakapan tersebut. Sebelumnya guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berlatih. (Mengekplorasi)
¡  Setelah waktu latihan dirasa cukup, siswa secara berkelompok maju untuk menampilkan sosiodramanya tersebut.
¡  Setelah semua kelompok maju guru melakukan konfirmasi apa yang sudah dilakukan siswa.
¡  Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan membuat karya dekoratif dari tanah liat. (Mengekplorasi)
¡  Sebelum memulai kegiatan, guru menjelaskan bahwa karya dekoratif juga dapat dibuat dari bahan lunak yang ada di sekitar. Salah satu contoh bahan lunak yang biasa digunakan untuk membuat karya dekoratif adalah tanah liat. Guru menjelaskan karakteristik tanah liat dan manfaatnya. (Mengkomunikasikan)
¡  Guru memberikan contoh karya dekoratif dengan menggunakan tanah liat (Guru mendemonstrasi-kan cara membuat karya dekoratif dari bahan tanah liat).
¡  Siswa membuat karya dekoratif dari tanah liat seperti yang dicontohkan guru. (Mengekplorasi)
¡  Setelah selesai siswa diminta merapikan kembali bekas-bekas pekerjaannya.
¡  Kemudian tanah liat yang sudah dibuat dibakar/dikeringkan.
¡  Sambil menunggu tanah liat kering, siswa mengerjakan soal cerita matematika.
¡  Sebelumnya guru memberikan contoh soal terlebih dahulu dan menjelaskan bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut.
¡  Siswa mengerjakan soal-soal dan setelah waktu yang diberikan habis siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya. (Mengekplorasi)
¡  Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

F.      SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 7 : ”Sumber Energi” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Contoh karya dekoratif dari tanah liat
¡  VCD percakapan

G.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Tang. Jawab
Percaya Diri
Kerjasama
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Sultan Haykal












2
Aisy Anindya












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis

3.    Penilaian Keterampilan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Melakukan percakapan

Kalimat yang diucapkan lancar, intonasinya tepat, alur percakapan runut, percaya diri
Hanya memenuhi 3 kriteria

Hanya memenuhi 2 kriteria

Hanya memenuhi 1 kriteria

Membuat karya dekoratif dari bahan lunak
Sesuai dengan tema, mengguna-kan lebih dari 3 kombinasi bentuk, komposisi seimbang, dan hasil karya rapi
Hanya memenuhi 3 kriteria
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memehuni 1 kriteria

Format Penilaian Keterampilan:
1. Melakukan percakapan
No
Nama
Kalimat yang diucapkan lancar
Intonasinya tepat
Alur percakapan runtu
Percaya diri
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal





Sangat baik
2
Aisy Anindya





Baik
3
……………..






dst
……………..







2.    Membuat Karya Dekoratif dari Bahan Lunak
No
Nama
Sesuai dengan tema
Menggunakan Minimal 3 kom-binasi garis
Menggunakan  Minimal 3 kom-binasi bentuk
Menggunakan  Minimal 5 kom-binasi warna
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal





Sangat baik
2
Aisy Anindya





Baik
3
……………..






dst
……………..








Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

1.   Untuk membuat 1 buah hiasan tanah liat dibutuhkan 1500 gram tanah liat. Dayu ingin membuat 3 buah hiasan yang sama. Berapa gram tanah liat yang Dayu butuhkan?
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................   

 
2.   Pak Tagor ingin membuat pot bunga, teko, dan piring dari tanah liat.
Untuk pot bunga dibutuhkan 2000 gram, untuk teko dibutuhkan 1500 gram, dan untuk piring dibutuhkan 500 gram. Hitunglah berapa tanah liat yang harus disiapkan Pak Tagor?
 .....................................................................................................

.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................

 
3.   Beni membeli 1000 gram tanah liat.
Digunakan untuk membuat hiasan berbentuk buah -buahan 750 gram.
Berapakah sisa tanah liat Beni?
 .....................................................................................................

.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................

 
4.   Ibu membeli pot bunga dari tanah liat seharga Rp. 5.000. Ibu membayar dengan uang Rp. 10.000.
Berapa jumlah uang kembaliannya?

.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................


MEDIA
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 3

TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 3

TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors